10 Jadwal Diet Sehat Setiap Hari Yang Perlu Kamu Perhatikan

DietSehat – 10 Jadwal Diet Sehat Setiap Hari Yang Perlu Kamu Perhatikan!  Program diet untuk mendapatkan tubuh yang langsing dan ideal telah dilakukan oleh orang bayak. Baik laki-laki maupun perempuan. Namun, tak sedikit yang mengalami kegagalan meskipun sudah mengurangi karbohidrat atau olahraga ketat. Pasalnya, jadwal makan atau olahraga yang seharusnya diikuti tetapi diabaikan sehingga diet yang sudah mati-matian diperjuangkan pupus sudah.

Jadwal makan saat diet merupakan suatu langkah yang akan membawa kamu menuju tubuh yang menjadi dambaan setiap orang. Jadwal yang teratur membuat tubuh kita dapat bekerja dengan baik. Tidak terlalu berat atau terlalu ringan. Oleh karena itu, supaya diet berhasil dengan sempurna sebaiknya patuhi jadwal diet yang sudah ada.

jadwal diet sehat

Jadwal Diet Sehat Dengan Mengatur Makan dan Olahraga

Meskipun jadwal diet sehat terlihat mudah untuk dilakukan tetapi jika tidak dapat konsisten, maka percuma saja. Mulai dari olahraga sampai makan tetap harus diatur untuk mendukung proses diet yang sedang ditekuni. Supaya hasil didapatkan makasimal sudah seharusnya kamu mengikuti jadwal diet setiap hari. Jadwal diet setiap hari di antaranya:

Olahraga di Pagi Hari

Apakah olahraga untuk menurunkan berat badan harus pagi? Tentu saja tidak. Akan tetapi olahraga di pagi hari memberikan banyak manfaat untuk tubuh. Olahraga di bawah paparan sinar matahari pada pukul 06.00-08.00 membuat tubuh lebih bugar dan mendapatkan lebih banyak energi. Lalu, bagaimana dengan waktu selain pagi? Sebenarnya sah-sah saja. Pasalnya, tidak semua orang memiliki waktu di pagi hari untuk melakukan olahraga.

Olahraga Sebelum Sarapan

Jadwal diet sehat adalah melakukan olahraga sebelum sarapan. Dari penelitian Gonzales tahun 2013 lalu menyebutkan bahwa lemak dapat terbakar sebanyak 20% apabila dilakukan sebelum sarapan. Saat perut masih kosong sangat membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Dengan demikian, olahraga sebelum sarapan perlu diterapkan. Untuk melakukan olahraga, minimal setengah jam sebelum sarapan.

Konsumsi Makanan yang Rendah Karbohidrat

Selain olahraga, hal yang perlu kamu tekankan saat diet adalah mengkonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Hal ini sudah dibuktikan melalui beberapa penelitian yaitu mengurangi asupan karbohidrat dapat membantu menurunkan berat badan. Sebagai alternatif makanan yang rendah karbohidrat adalah telur. Kamu dapat menggunakannya untuk sarapan setelah selesai olahraga.

Jadwal Diet Sehat Dengan Mengatur Jam Makan dan Tidur

Mengatur jam makan saat diet sangat penting lho. Dengan langkah ini, kamu dapat memastikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh tidak berlebihan. Bahkan, jadwal tidur saat diet tidak boleh terlewatkan. Kendati demikian, semua akan bergantung terhadap konsistensi yang kamu lakukan setiap hari. Berikut ini jadwal diet sehat yang bisa kamu terapkan untuk menurunkan berat badan secara cepat.

Minum Air Putih Pukul 07.00-08.00

Sebelum menyantap sarapan pagi, sebaiknya minum air putih sebanyak dua gelas. Dari banyak penelitian yang sudah dilakukan minum air putih sebelum sarapan dapat membantu menurunkan berat badan secara cepat. Ini terjadi karena asupan makanan yang masuk akan terkurangi karena sudah merasa kenyang.

Sarapan Pagi Pada Pukul 08.00-09.00

Saat bangun tidur, perut akan terasa lapar. Secara bersamaan hormon grhelin yang membuat perut terasa lapar juga bangun. Melakukan jadwal diet sehat dengan sarapan telur atau roti gandum sangat tepat untuk mengatasinya. Untuk mencegah semakin banyak tubuh memproduksi hormon ghrelin ini, sebaiknya pagi harus sarapan. Jika tidak, hormon tersebut akan menumpuk hingga siang hari yang akan mengakibatkan kelaparan dan porsi makan siang kamu berlebihan.

Makan Cemilan Sehat Pada Pukul 10.00-11.00

Setelah sarapan pagi, hormon ghrelin akan berhenti diproduksi sehingga perut akan merasa kenyang selama beberapa jam. Nah, hormon ini akan aktif kembali beberapa jam sebelum jam makan siang tiba. Supaya perut tidak terlalu lapar saat makan siang, kamu dapat makan potongan buah atau yogurt. Namun, perlu diingat makanlah dalam porsi yang kecil untuk menahan rasa lapar tersebut.

Makan Siang Pada Pukul 12.00-13.00

Jadwal diet sehat selanjutnya adalah makan siang tepat waktu. Pada jam-jam ini tubuh memproduksi hormon galanin. Yakni hormon yang membuat perut merasa lapar dan ingin makan makanan yang mengandung lemak. Nah, saat diet makanan tersebut harus dihindari. Solusinya kamu bisa mengkonsumsi ayam, sop atau sayur kacang-kacangan.

Tidur Siang Sebentar Pada Pukul 14.00-15.00

Apabila kamu memiliki waktu luang saat siang, sebaiknya gunakan istirahat sekitar 15-20 menit untuk tidur. Durasi ini ideal untuk mengembalikan energi tubuh tanpa mempengaruhi kualitas tidur pada malam hari. Akan tetapi jika kamu bekerja mungkin tidak memiliki waktu untuk sekedar tidur sebentar. Tenang saja, hal tersebut tidak berpengaruh terhadap proses diet yang kamu jalani.

Hentikan Minum Kopi Setelah Pukul 15.30

Jadwal Diet Sehat berikutnya yang harus kamu lakukan adalah berhenti minum kopi setelah pukul 15.30. Saat mata mengantuk dan butuh energi kamu dapat mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein. Akan tetapi, perlu diingat setelah pukul 15.30 lebih sebaiknya berhenti. Pasalnya, mengkonsumsi setelah jam tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur malam. Bisa jadi susah tidur.

Latihan Kekuatan Pada Pukul 16.00-18.00

Sore hari merupakan waktu yang tepat untuk melakukan latihan kekuatan dan pembentukan otot. Bahkan, dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa olahraga sore  memiliki kekuatan 22 persen lebih banyak dalam membangun otot dibanding olahraga pagi. Salah satu olahraga yang dapat membangun otot adalah jogging

Makan Malam Pada Pukul 18.00-19.00

Supaya diet berhasil dalam waktu yang relatif singkat kamu harus ketat dalam mematuhi jadwal diet sehat ini. Yakni makan malam pada pukul 18.00-19.00. Hal ini berguna untuk mencegah rasa lapar saat terbangun di tengah malam. Namun, yang harus kamu cermati adalah asupan yang masuk ke dalam tubuh merupakan lemak sehat dan konsumsi secukupnya. Nah, itulah waktu yang tepat untuk jika ingin makan malam.

Makan Cemilan Sehat Pada Pukul 21.00

Sebelum tidur kamu dapat menikmati cemilan ringan yang dapat membantu produksi hormon serotonin yang memicu hadirnya hormon melatonin, hormon tidur. Cemilan ini dapat berupa yogurt yang rendah lemak. Selain itu, kamu juga dapat mengkonsumsi cemilan seperti buah-buahan berair, sayuran dan popcorn original.

Simak artikel lainnya disini.

Matikan Elektronik dan Tidur pada pukul 21.00-23.00

Jadwal diet sehat yang terakhir adalah mematikan elektronik sebelum tidur. Pasalnya, benda elektronik yang menyala menghasilkan sinar biru yang akan mengganggu kualitas tidur kamu. Nah, apabila waktu tidur terganggu dapat berakibat pada obesitas. Setelah elektronik dimatikan sebaiknya kamu tidur kisaran pukul 21.30-23.00. Memiliki waktu tidur yang sealu sama setiap harinya membuat tubuh kembali bugar di pagi hari.

Apabila kamu konsisten dalam menjalani jadwal diet sehat di atas, tidak diragukan lagi diet yang kamu jalani akan sukses dalam waktu yang cepat. Namun, kembali kepada konsistensi saat melakukan menjadi poin utama. oleh sebab itu, sebaiknya gunakan jadwal diet sebaik mungkin sehingga masalah berat badan yang kamu alami dapat teratasi. Semoga tulisan ini bermanfaat. Selamat mencoba!

Originally posted 2020-10-10 11:04:00.

Tinggalkan komentar