13 Cara Diet Sehat Dan Murah Beserta Daftar Menu Pilihan

DietSehat – 13 Cara Diet Sehat Dan Murah Beserta Daftar Menu Pilihan! Sebagian besar orang menganggap bahwa menu untuk diet yang sehat itu cukup mahal atau bahkan sangatlah mahal. Tapi ternyata itu semua salah, karena makanan murah pun bisa dimasukkan dalam daftar menu diet harian yang sehat.

Selain memilih menu makanan yang tepat, anda pun harus memaksimalkannya dengan cara diet yang tepat. Saat ini ada banyak cara diet yang bisa dijadikan pilihan untuk penurunan berat badan maupun peningkatan kesehatan. Misalnya saja diet dengan olahraga secara rutin atau pun diet dengan menjaga pola makan yang baik.

Anda bisa memilih jenis diet yang tepat, salah satunya yakni memilah-milah daftar menu makanan yang dikonsumsi. Pilihlah makanan yang sehat dan efektif menunjang tujuan maupun cara diet sehat dan murah yang anda lakukan. Selain itu, hindari pula makanan tak sehat dan gantilah ke menu yang lebih sehat.

Misalnya saja mulai beralih dari konsumsi roti putih ke roti gandum, 1 sdm biji rami ke dalam olahan yogurt, kopi dengan susu skim sebagai tambahan rasa, dan lain sebagainya. Membuat sedikit perubahan pada pola makan atau cara diet sehat dan murah, tentu menunjang keefektivitasan diet.

cara diet sehat dan murah

Daftar Menu beserta Cara Diet Sehat dan Murah

Menambahkan sedikit biji rami ke olahan yogurt atau smoothie

Apabila anda menyukai menuman yogurt atau pun smoothie, tidak ada salahnya menambahkan 2 sdm biji rami. Biji rami memberikan tambahan 4 gram serat, phytoestrogen (lignan), serta 2,4 gram asam lemak omega 3 yang sehat dan efektif dijadikan cara diet sehat dan murah.

Mengonsumsi sayuran daun bayam

Satu porsi daun bayam mentah mengandung omega 3 sekitar 20mg, 260mg kalium, 26mg Vitamin C, vitamin A 9800 IU, 5.890 mikrogram (mcg) beta karoten, 150 mmcg asam folat, 2mg vitamin E dan 68mg kalsium. Kandungan ini pastinya bisa menambah kecukupan nutrisi harian dengan bahan yang sehat untuk menunjang diet.

Minum teh tanpa pemanis

Daftar menu makanan untuk cara diet sehat dan murah berikutnya, yakni rutin mengonsumsi 1 gelas teh tanpa pemanis atau gula tambahan. Teh mengandung antioksidan dan nutrisi lengkap bila dikonsumsi secara rutin setiap harinya. Manfaat dari konsumsi teh adalah mempercepat proses pembakaran lemak dan mengurangi penyerapan lemak di usus, sehingga efektif dijadikan cara diet yang sehat alami.

Memilih ikan panggang daripada steak

Mengonsumsi ikan beberapa kali dalam seminggu ternyata bisa meningkatkan kesehatan organ jantung anda. Konsumsi ikan juga mampu meningkatkan asupan omega 3 dan mengurangi jumlah lemak jenuh yang ada di dalam makanan. Berbeda dengan steak yang kandungan lemak jenuhnya cukup tinggi dan sudah selayaknya dihindari.

Menyiapkan pasta dengan saus tomat

Konsumsilah mentega dengan saus pasta putih yang berbasis krim, di mana makanan ini bisa dijadikan cara diet sehat dan murah. Makanan diet ini sarat dengan lemak jenuh dan kalori, sedangkan saus berbahan tomatnya rendah lemak dan tinggi antioksidan. Selain itu, sausnya juga mengandung fitokimia yang sehat untuk dikonsumsi.

Memilih hidangan pembuka berbahan buah ataupun sayuran segar

Sering kali kita temui, bahwa kentang goreng atau pun keripik kentang biasa jadi makanan pembuka di restoran. Padahal bila ingin memaksimalkan program diet, anda bisa mengganti makanan pembuka dengan buah ataupun sayuran segar.

Mengganti roti tawar putih ke roti gandum ataupun gandum utuh

Cara diet sehat dan murah selanjutnya adalah beralih dari roti putih menjadi roti gandum ataupun gandum utuh 100%. Biji-bijian utuh dibanding biji olahan akan memberi banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya seperti mengendalikan berat badan dan mengurangi risiko penyakit. Risiko penyakit yang bisa dikurangi seperti diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke dan juga penyakit kanker.

Menggunakan mustard dalam menu sandwich dan bukan mayones

Mayones merupakan salah satu pilihan saus yang kurang tepat dijadikan menu tambahan diet, lantaran di dalamnya tinggi kalori, lemak, serta asam lemak omega 6. Menggunakan 1 sdt mustard dan bukan 1 sdt mayones, mampu memangkas sekitar 7,2 gr asam lemak omega 6, 100 kalori, 11 gr lemak, serta 1,5 gr lemak jenuh dari jumlah harian.

Membuat oatmeal menggunakan skim atau susu rendah lemak

Bagi anda lebih suka oatmeal instan, sebaiknya gantilah bahan air dengan skim atau pun susu rendah lemak. Cara diet sehat dan murah ini mampu meningkatkan protein dan kalsium dalam porsi oatmeal anda. Gunakan 2/3 cangkir susu skim sebagai pengganti air, di mana jumlah ini bisa meningkatkan asupan nutrisi yang dikonsumsi. Total penambahan nutrisi dari penggunaan susu dalam oatmeal adalah 6 g protein, 255 mg kalium, serta 205 mg kalsium. 

Memesan minuman ditambahkan susu skim atau rendah gula

Anda bisa memesan minuman dengan susu skim saat sedang nongkrong di luar atau jalan dengan teman-teman. Ketahuilah bahwa banyak orang memanjakan dirinya dengan minuman kopi berbusa seperti cappucino ataupun latte, di mana minuman ini mengandung tinggi gula.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda memastikan bahwa pesanan kopi yang disuguhkan sehat dengan tambahan susu skim di dalamnya. Namun jika ingin memesan minuman lainnya, anda bisa pesan dengan gula yang sedikit atau bahkan tanpa gula. Cara diet sehat dan murah ini efektif menunjang penurunan berat badan, sehingga anda terhindar dari obesitas.

Gantilah sereal sarapan manis menjadi gandum utuh

Bagi anda yang secara rutin mengonsumsi sereal di pagi hari, mulai sekarang beralihlah ke makanan tinggi serat maupun rendah gula seperti produk biji gandum utuh. Penggantian menu makanan ini dapat berdampak besar pada kesehatan, serta penurunan berat badan dengan aman.

Konsumsi minuman teh hijau

Seperti yang kita tahu, teh hijau memang sangat terkenal dan efektif dijadikan minuman pelengkap untuk cara diet sehat dan murah. Konsumsilah teh hijau ini setiap pagi hari, supaya efektif tercapai penurunan berat badan yang anda harapkan. Tapi ingat, pastikan anda minum teh hijau tanpa disertai gula atau pemanis tambahan.

Simak artikel lainnya disini.

Kaldu ayam dari daging rendah lemak

Kaldu ayam mengandung tinggi kalori, namun tidak akan membuat anda terlalu gemuk dan mengalami obesitas. Mengonsumsi kaldu ayam akan tetap membuat anda merasa kenyang dalam jangka waktu lama, tapi pastikan untuk membuatnya sendiri dan menambahkan sayuran.

Pastikan untuk menggunakan daging rendah lemak seperti bagian dada ayam dan hindari bagian paha, ceker, leher, maupun jeroan ati, usus dan ampela. Karena bagian dari daging ayam memiliki kandungan lemak yang berbeda yang perlu anda ketahui saat menerapkan cara diet sehat dan murah.

Itulah tadi daftar menu makanan beserta cara diet sehat dan murah untuk kesehatan maupun penurunan berat badan. Dengan beragam pilihan di daftar tersebut, kini menu diet anda akan sehat dan bervariasi. Jadi tidak ada lagi yang namanya diet membosankan, rasa hambar, serta tidak nikmat.

Originally posted 2020-10-09 12:28:00.

Tinggalkan komentar