5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur. Bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas perlu melakukan diet untuk menurunkan berat badannya. Dengan melakukan program diet, maka secara perlahan berat badan akan menurun hingga mencapai berat badan ideal. Ada banyak pilihan diet, namun sebaiknya hindari program diet instan dan ekstrim. Selain belum terbukti efektif dan aman, ada efek samping yang ditimbulkannya, seperti gangguan elektrolit, lemas, malnutrisi dan gangguan pada otot.

Diet bukan berarti tidak makan. Karena makan adalah sumber energi bagi tubuh. Dengan makan, tubuh dapat beraktivitas dan kebutuhan nutrisi dalam tubuh tercukupi. Diet dilakukan dengan mengatur pola makan, seperti mengurangi porsi makan, makan di jam-jam tertentu saja, dan mengurangi makanan yang manis atau mengandung karbohidrat tinggi. Dengan mengatur pola makan, berat badan dapat menurun dengan sendirinya.

menu diet sarapan pagi
menu diet sarapan pagi

Menu Diet Sarapan Pagi

Bagi orang yang sedang menjalani diet, seringkali melalaikan sarapan. Sebagian orang menganggap dengan tidak serapan, berat badan akan lebih mudah turun. Nyatanya anggapan itu salah, sarapan merupakan hal yang penting bagi mereka yang tidak sedang diet atau sedang diet. Sarapan bagi seseorang yang sedang menjalani diet justru dapat mengendalikan berat badan. Sarapannya tentu saja dengan takkaran yang tepat. Takaran tersebut disajikan menjadi menu diet sarapan pagi.

Seseorang yang menjalani diet, harus mengetahui menu yang tepat untuk sarapan pagi. Ketika sarapan harus mengonsumsi sesuai dengan menu diet yang telah ditentukan. Sarapan pagi untuk orang dewasa besar kalorinya adalah tidak lebih dari 400 kalori. Dengan sarapan sesuai dengan menu yang telah ditentukan, maka tubuh bisa beraktivitas seperti biasa, mudah berkonsentrasi, dan tidak lemas. Selain memberikan manfaat, sarapan juga mencegah kegagalan dalam diet.

Telur

Telur adalah salah satu menu diet sarapan pagi. Telur mengandung  protein yang tinggi dan mudah untuk dikonsumsi. Kandungan potein yang tinggi pada telur, membuat seseorang menjadi tidak mudah lapar. Makanan yang mengandung protein mengenyangkan perut lebih lama dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat. Untuk menu diet, sebaiknya pilih telur yang direbus. Telur yang direbus tentu lebih sehat daripada telur yang digoreng karena tidak ada kandungan minyak.

Telur adalah makanan yang rendah kalori. Dalam sebutir telur rebus mengandung 78 kalori. Seseorang yang memiliki berat badan berlebih harus mengurangi asupan kalori harian. Dengan mengonsumsi telur rebus, asupan kalori harian akan berkurang dari biasanya. Kalori tersebut digunakan tubuh untuk meningkatkan laju metabolisme. Laju metabolisme semakin meningkat karena kalori yang terbakar makin banyak. 

Biji Gandum

Selain telur, biji gandum juga dapat digunakan sebagai menu diet sarapan pagi. Hal ini karena kandungan proteinnya yang tinggi. Biji gandum mengandung enam gram protein per sajinya. Kandungan protein yang banyak memicu keluarnya hormon ghrelin yang akan menekan nafsu makan. Hormon ghrelin akan memberi tahu otak kalau perut masih terasa kenyang. Mengonsumsi biji gandum membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga diet yang dijalani tidak akan gagal.

Selain protein, biji gandum juga kaya akan serat. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat membuat rasa kenyang lebih lama dibandingkan nutrisi lainnya. Dengan mengonsumsi serat, pencernaan menjadi lebih sehat. Serat membantu sistem pencernaan menjadi lancar. Mengonsumsi makanan berserat mengurangi resiko sembelit atau susah buang air besar.

Pisang

Pisang adalah salah satu menu diet sarapan pagi yang bisa Anda coba. Penggunaan pisang sebagai menu diet sangat diminati karena mudah ditemukan di sekitar dan sangat praktis. Pisang dijadikan menu diet karena mengandung serat yang tinggi dan rendah kalori. Dengan mengonsumsi pisang, maka berat badan dapat turun dan melancarkan pencernaan tubuh. Kandungan mineral dan vitamin dalam pisang juga dapat mencegah tekanan darah tinggi, resiko penyakit jantung, dan dapat menangkal radikal bebas.

Memilih pisang sebagai menu sarapan, membantu Anda tetap kenyang dan membakar banyak kalori dalam tubuh. Kandungan pati resisten dalam buah pisang membantu mengurangi asupan makanan dan lemak di perut. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda hanya perlu mengonsumsi buah pisang segar, yaitu buah pisang yang belum diolah. Selain itu, jangan lupa minum air putih yang cukup. Apabila setelah mengonsumsi pisang dan air putih Anda masih merasa lapar, beri jeda sekitar 15 sampai 30 menit sebelum mengonsumsi makanan lainnya. 

Yhogurt

Yoghurt atau susu fermentasi termasuk menu diet sarapan pagi yang menyehatkan. Bagaimana tidak, kandungan probiotiknya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh. Seseorang yang mengonsumsi yoghurt, tidak hanya mendapatkan manfaat sehatnya saja tetapi juga membuat berat badan menjadi ideal. Namun, Anda harus behati-hati dalam memilih produk yhogurt. Supaya mendapatkan penurunan berat badan yang efektif, Anda harus memilih yhogurt yang tidak mengandung gula dan pemanis buatan.

Sebaiknya mengonsumsi yhogurt pada saat perut kosong, misalnya mengonsumsinya untuk sarapan pagi. Pada saat perut kosong, penyerapan nutrisi dan probiotik pada yhogurt akan lebih efektif daripada saat perut dalam keadaan penuh. Apabila ingin mengonsumsinya, pastikan memilih yhogurt yang rendah lemak supaya program diet yang Anda jalankan berhasil. Apabila Anda alergi susu sapi, Anda bisa mencoba varian yoghurt lainnya, seperti yhogurt susu kedelai, yoghurt susu almond, atau yoghurt santan kelapa.       

Simak artikel lainnya disini.

Smoothie

Masih banyak masyarakat Indonesia yang tidak suka mengonsumsi buah dan sayur. Padahal buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Kandungan seratnya yang tinggi menjadikan buah dan sayur sebagai menu diet. Untuk mengatasinya, buah dan sayur dapat dibuat menjadi smoothie. Pernahkah Anda mencoba smoothie? Smoothie adalah minuman yang berbahan pokok buah-buahan dan sayur-sayuran. Anda dapat mencoba smoothie sebagai menu diet sarapan pagi.

Apa Anda tertarik mencoba smoothie? Anda perlu menyiapkan buah atau sayur dan beberapa komponen tambahan lainnya, seperti yhogurt, almond, atau susu rendah lemak yang diblender menjadi satu. Minum segelas smoothie sebagai pengganti sarapan pagi membantu perut Anda terasa kenyang dalam waktu yang lebih lama. Hal ini karena teksturnya yang lebih padat dan kaya serat. Selain lebih lama merasa kenyang, kandungan serat dan gizi dalam smoothie dapat memperlancar sistem pencernaan tubuh. Selain itu juga menyeimbangkan kadar gula dalam darah.

Itulah deretan menu diet sarapan pagi. Apa Anda tertarik untuk mencoba menu diet di atas? Dengan mengonsumsi menu makanan di atas sebagai sarapan pagi diharapkan perut akan terasa kenyang lebih lama sehingga ada jeda waktu yang cukup lama untuk mengonsumsi makanan lainnya. Selain menu yang disampaikan di atas, masih banyak menu diet sarapan pagi lainnya yang bisa Anda coba. Ketika memilih menu diet, pastikan makanan tersebut mengandung nutrisi dan rendah lemak. Hal tersebut penting dilakukan supaya program diet yang sedang Anda jalankan berhasil. Diet dikatakan berhasil ketika berat badan Anda sudah mencapai berat badan ideal.

Originally posted 2020-10-08 14:24:00.

Tinggalkan komentar