5 Tips Mengatur Pola Makan Diet Sehat yang Benar

5 Tips Mengatur Pola Makan Diet Sehat yang Benar. Berbagai macam cara dilakukan untuk menurunkan berat badan demi memperoleh bentuk badan idaman. Diet-diet yang dilakukan tak jarang mengutamakan kontrol pola makan. Hal tersebut tentu bukanlah hal yang mudah. Malah semakin diatur, kita akan semakin merasa kelaparan. Duh, repot ya. Berikut ini adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan untuk mengatur pola makan yang benar.

pola makan diet sehat
pola makan diet sehat

Mengatur Pola Makan Diet Sehat Dengan Mengatur Jumlah Asupan Kalori

Kalori yang dihasilkan dari makanan yang sudah Anda makan harus seimbang untuk menjaga kesehatan tubuh. Jika Anda terus makan dapat menyebabkan kalori dalam tubuh akan melebihi batas dan tidak terserap kemudian tersimpan menjadi lemak. Hal tersebut akan memicu terjadinya peningkatan berat badan (obesitas).

Kebutuhan kalori setiap orang berbeda-beda. Untuk menjaga keseimbangan kalori dalam tubuh, dibutuhkan pengaturan pola makan diet sehat berupa asupan kalori harian, seperti yang direkomendasikan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia 2019 berikut ini:

  1. Anak-anak usia 1 – 6 tahun (1.350 – 1.400 kalori)
  2. Anak-anak usia 7 – 9 tahun (1.650 kalori)
  3. Remaja (2.000 – 2.500 kalori)
  4. Dewasa (2.550 – 2.650 kalori)
  5. Wanita hamil dan menyusui (2.850 kalori)

Pilihan Makanan Untuk Pola Makan Diet Sehat

Pemilihan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi sangat penting untuk merealisasikan diet sehat. Anda harus benar-benar selektif dalam memilih. Jika Anda mengonsumsi makanan cepat saji atau fast food, biasanya dalam kemasan sudah tertera jumlah kalori yang terkandung. Akan tetapi, sebaikanya Anda menghindari mengosumsi makanan tersebut agar tidak mengganggu program diet.

Apakah jenis makanan dibatasi ketika diet? Jawabannya adalah iya. Lalu bagaimana cara menegtahui apakah makanan ini bisa dikonsumsi atau tidak? Tenang. Berikut terdapat beberapa pilihan makanan yang dapat Anda jadikan referensi untuk dikonsumsi saat mengatur pola makan diet sehat, diantaranya:

  1. Sumber protein tinggi, misalnya telur, daging, kacang-kacangan, unggas, dan makanan laut.
  2. Buah-buahan, misalnya apel, alpukat, manga, pisang, dan manga.
  3. Sayuran, misalnya kentang, jamur, ubi, sawi, bayam, brokoli, dan wortel.
  4. Susu dan produk olahan susu rendah lemak, misalnya keju dan yoghurt.
  5. Biji-bijian, misalnya nasi merah, gandum, oatmeal, dan roti gandum.
  6. Minyak sehat, misalnya minyak zaitun dan minyak kelapa.

Tips Pola Makan Diet Sehat Yang Benar

Bukan hal mudah untuk mengubah kebiasaan dari yang bebas hingga sangat mengatur pola makan kemudian dilanjut dengan konsisten terhadap hal tersebut. Akan tetapi demi terwujudnya tujuan utama Anda memang harus siap berkorban. Adapun tips-tips untuk mengatur pola makan diet sehat yang bisa Anda ikuti adalah sebagai berikut.

Hindari melewatkan waktu makan

Melewatkan atau menunda waktu makan terlebih sarapan dapat mengakibatkan tubuh menjadi kekurangan energi. Selain itu, tidak sarapan juga memicu tubuh untuk kekurangan nutrisi tertentu, seperti vitamin A, vitamin C, kalsium, magnesium, protein, folat, dan zinc.

Saat makan Anda juga harus memperhatikan porsi makan. Idealnya, bagilah piring Anda menjadi 4 bagian kemudian isi dengan seperempat untuk daging (sumber protein lain), seperempat untuk karbohidrat, dan dua perempaat terakhir untuk sayuran hijau yang berwarna-warni.

Jangan membuat tubuh kelaparan

Menahan lapar justru bisa membuat Anda balas dendam dengan makan dalam porsi yang berlebihan. Rasa lapar yang berlebihan dengan mudah menghilangkan pengaturan pola makan diet sehat yang sudah Anda jalankan dengan mengonsumsi makanan apa saja yang ada didepan mata.

Batasi kebiasaan memakan cemilan

Salah satu kebiasaan yang amat sangat sulit untuk ditinggalkan adalah kebiasaan ngemil. Semua cemilan hadir sebagai godaan yang terlihat melambai-lambai meminta untuk dimakan. Usahakan sebisa mungkin untuk menghindari ngemil, tapi jika tidak bisa pilihlah cemilan yang sehat dan tetap batasi porsinya.

Buat jadwal makan teratur

Untuk menghindari telat makan Anda sebaiknya membuat jadwal makan teratur. Jangan memilih untuk tidak sarapan, atau tidak makan siang, atau bahkan makan malam karena hal tersebut bukanlah hal yang tepat. Setiap waktu makan tersebut penting untuk tubuh. Cukup dengan tetap memperhatikan pola makan diet sehat, semua akan bisa diatasi.

Tidak masalah makan 3 kali sehati yang penting tetap memperhatikan porsi. Jika Anda ingin mengurangi porsi makan, bisa dilakukan dengan membagi 3 waktu makan besar menjadi 6 kali makan sepanjang dengan dengan porsi yang lebih kecil. Jangan lupa untuk menghindari makanan yang mengandung kalori dan lemak yang tinggi.

Batasi mengonsumsi gula dan garam

Makanan yang memiliki kandungan minya, garam, gula, serta lemak yang tinggi dapat memberikan dampak yang buruk untuk tubuh. Hal tersebut dapat menyebabkan terjadinya kolesterol tinggi, kenaikan berat badan, diabetes, penyakit jantung, dan hipertensi. Jika terjadi demikian berarti pola makan diet sehat Anda akan gagal.

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) telah merekomendasikan untuk membatasi porsi garam, lemak, dan gula dengan menggunakan prinsip G4G1L5, yaitu Gula 4 sendok makan (sdm) per hari, Garam 1 sendok the per hari, dan lemak 5 sendok makan per hari.

Perhatikan artikel lain disini.

Rekomendasi Menu Diet Sehat

Apakah Anda merasa bingung atau kesulitan memikirkan menu diet sehat untuk sehari-hari? Sebenarnya mudah, cukup mengatur pola makan diet sehat, kemudian pilihlah makanan yang mengandung serat, karbohidrat kompleks, protein, dan sedikit lemak. Akan tetapi, jika masih bingung, Anda bisa mengikuti rekomendasi beberapa menu diet sehat berikut.

  1. Sarapan (dua lembar roti gandum utuh dengan mentega & teh atau kopi dengan gula, jangan menambahkan susu); makan siang (sayuran rebus seperti wortel, jagung, kentang tumbuk atau biasa disebut dengan mashed potato, dan brokoli & air); makan makan malam (mashed potato, steak daging tanpa lemak, dan segelas itu putih); serta cemilan bisa menggunakan apel.
  2. Sarapan (satu buah pisang, secangkir yoghurt plain dengan madu, & segelas air putih); makan siang (salad sayur ditambah makaroni, bisa dengan minyak zaitun agar lebih sehat, & segelas air putih); makan malam (dada ayam rebus tanpa kulit, setup kacang merah dan brokoli, & segelas air putih); serta cemilan bisa menggunakan granola bar.
  3. Sarapan (telur rebus ditambah dengan keju); makan siang (nasi merah, pepes ikan, & tahu atau tempe rebus), makan malam (salad sayuran ditambahkan dengan sedikit perasan jeruk lemon, jamur, minyak zaitun, potongan dada ayam atau udang dan taburan keju, & segelas air putih); serta cemilan bisa menggunakan jus buah asli tanpa tambahan gula.
  4. Selain 3 rekomendasi diatas, jika Anda tipe orang sibuk dan tidak punya waktu untuk memasak, Anda bisa menggunakan jasa catering yang memperhatikan pola makan hidup sehat serta menu-menu yang ditawarkan. Hal tersebut dapat mempermudah untuk makan teratur karena biasanya pihak catering mengantar setiap jam makan.

Nah itulah tips-tips mengatur pola makan diet sehat yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan program diet Anda. Selain menurunkan berat badan, mendapatkan tubuh ideal impian, Anda juga akan mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Semangat ya untuk dietnya.

Originally posted 2020-10-07 12:38:00.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *