6 Pola Makan Dalam Jadwal Diet Sehat untuk Penderita Asam Lambung

DietSehat – 6 Pola Makan Mempengaruhi Jadwal Diet Sehat untuk Penderita Asam Lambung!  Berulangkali mencoba melakukan diet untuk menurunkan berat badan agar mendapatkan tubuh yang ideal. Namun, tidak berhasil sebab memiliki penyakit maag atau asam lambung. Makan terlambat akan memicu gejala asam lambung kambuh lalu membuat perut menjadi perih.

Sebelum memutuskan diet, alangkah baiknya mempertimbangkan kondisi kesehatan terlebih dulu. Apabila memliki riwayat penyakit asam lambung, sebaiknya tidak sembarang diet untuk menurunkan berat badan dan menginginkan badan ideal. Jika, tidak berhati-hati berakibat tidak menyenangkan. Asam lambung berisiko naik bisa terjadi kapan saja, sehingga dalam diet diperlukan modifikasi pada menu makan .

Penyakit Asam Lambung (Gastroesophageal Refluk Disease (GERD)) ialah dengan munculnya rasa nyeri seperti terbakar di dada yang diakibatkan asam lambung naik ke kerongkongan. Apabila ingin diet masih bisa dilakukan dengan memperhitungkan jadwal diet sehat supaya kondisi tetap terkendali. 

jadwal diet sehat

Dilansir pada Head of Medical Marketing Kalbe Nutritionals, Muliaman Mansyur bahwa orang yang sakit asam lambung masih diperbolehkan diet, asalkan pemberian snack ringan mesti diperhatikan. Makan camilan sebaiknya dilakukan diantara jam makan utama atau besar, seperti makan siang ke makan malam dan diberikan 5 kali dalam sehari.

Dalam menjalankan diet bagi penderita asam lambung tetap mengatur jadwal diet sehat tetap makan 3 kali sehari. Pilihlah makanan yang mengandung kalori rendah sebagai cara untuk mencegah obesitas atau kegemukan. Dengan gizi penuh maka, tubuh akan cepat merespon dengan sehat, sehingga penurunan berat badan bisa secara alami.

Faktor Penyebab Penyakit Asam Lambung Berkaitan dengan Jadwal Diet Sehat

Apabila di tengah menjalankan diet sehat pada penderita penyakit asam lambung terjadi peningkatan bisa jadi karena adanya faktor penyebab. Faktor penyebab naiknya asam lambung dapat dikaitkan dengan faktor kelebihan berat badan, mengonsumsi makan berlemak tinggi, konsumsi kopi, cokelat, minuman beralkohol, dan merokok, perubahan hormon karena hamil, dan stres atau banyak pikiran.

 Lower Esophageal Sphincter (LES), yaitu suatu lingkaran otot yang berada pada bagian bawah dari esophagus tidak berfungsi disebabkan oleh naiknya asam lambung. LES merupakan pintu masuk otomatis yang akan terbuka jika makanan atau minuman turun ke perut. Seorang penderita maag melaksanakan jadwal diet sehat akan dipengaruhi oleh faktor penyebab penyakit asam lambung. Sehingga, diet sehat harus dilakukan dengan benar.

Diet sehat untuk penderita penyakit asam lambung bisa berjalan dengan lancar, apabila diet dipertimbnangkan dengan baik. Diet merupakan suatu cara yang dilakukan untuk mengatur dan memilih makanan dengan maksud untuk mencapai tujuan tetentu. Seperti menurunkan berat badan, mengendalikan kadar kolesterol pada tubuh, dan mempercepat penyembuhan penyakit tertentu.

Penyakit asam lambung bisa juga disebabkan karena infeksi Helicobacter pylori, lalu efek samping penggunaan obat antiinflamasi nonsteroid (DAINS), luka terbuka yang muncul pada lapisan dalam lambung atau tungkak lambung, dan stres berkepanjangan. Melalui susunan jadwal diet sehat diharapkan bisa mengurangi sakit asam lambung dan berat badan pun ikut turun.

Pola Makan Penderita Penyakit Asam Lambung Yang Diterapkan Pada Jadwal Diet Sehat

Pada dasarnya, jika ingin diet bagi penderita penyakit asam lambung harus memperhatikan kebiasaan makan sehari-hari. Pembiasaan makan tepat waktu dengan porsi menu yang bergizi seimbang tentu akan membantu kelangsungan proses program diet yang dijalankan. Suksesnya program diet sehat bergantung pada diri masing-masing orang yang melakukannya.

Sering kali dalam upaya mengatasi asam lambung mengunakan obat antasida. Mengonsumsi obat antasida belum membantu menyembuhkan penyakit asam lambung. Untuk mengatasi penyakit asam lambung tidak kambuh bisa dengan mengatur jadwal diet sehat pola makan dengan menu yang tidak sembarang. Hal itu efektif membantu meredakan penyakit asam lambung.

Berikut pola makan yang semestinya dilakukan penderita penyakit asam lambung supaya tidak kambuh lagi dalam jangka waktu lama. Pola makan ini harus diimbangi juga dengan tidak mengonsumsi makanan atau minuman yang dapat memicu asam lambung naik. Jadi, harus benar-benr dijaga dengan baik dan teratur.

Sering Makan dengan Porsi Sedikit/Kecil

Melalui jadwal diet sehat untuk penderita penyakit asam lambung perlu menghindari makan dalam porsi besar. Makan dengan porsi sedikit atau kecil sekitar 5-6 kali setiap hari. makan sedikit maka, produksi asam lambung pun sedikit. Sedangkan, bila makan dengan porsi besar maka, tubuh akan menghasilkan asam lambung banyak dalam proses pencernaan. Jumlah asam lambung yang banyak rentan menyebabkan iritasi di lambung.

Tidak Makan Sebelum Tidur

Asam lambung mengalami kenaikan karena melakukan makan sebelum tidur sebagai penyebab utamanya. Agar terhidar dari naiknya asam lambung, maka usahakan makan sebelum tidur kurang lebih 3 jam sebelumnya. Hal itu membantu proses pencernaan makanan bekerja dengan baik dan usahakan posisi duduk tetap tegak untuk mencegah refluks asam.

Cara Masak Diubah

Cara masak berpengaruh pada tingkat keasaman lambung. Sehingga, perlu diubah jika sering mengalami maag atau asam lambung naik. Seperti, makanan yang digoreng mempunyai kecenderungan sebagai pemicu refluks asam. Olahan makanan digoreng sulit untuk dicerna seluruhnya dan bisa tinggal lebih lama di lambung. Nah, perlu dimasukkan dalam jadwal diet sehat makanan yang diolah dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Kunci utama menghindarkan dari penyakit asam lambung adalah memilih makanan sehat untuk dikonsumsi. Jenis makanan yang aman untuk lambung, antara lain sayuran, seperti brokoli, asparagus, kacang hijau, dan seledri sebab mengandung rendah asam. Kemudian, sayuran akar ada bit, kentang, dan wortel ini tidak mengandung gas. Lalu, oatmeal bisa dijadikan pengganti nasi sebab mengandung serat tinggi tapirendah gula.

Pilihlah roti yang terbuat dari gandum whole wheat atau whole grain yang tinggi serat dan vitamin, sehingga aman untuk lambung. Jadwal diet sehat untuk penderita penyakit asam lambung apabila tidak bisa lepas nasi, maka usahakan menggunakan nasi merah sebagai alternatif pengganti nasi putih. Nasi merah memiliki kandungan gula rendah dibandingkan nasi putih. 

Mengonsumsi daging, unggas, ikan, dan sea food yang kandungan lemaknya rendah atau non lemak. Jadi, pada waktu membeli daging pilihlah potongan yang rendah lemak. Lalu, untuk protein bisa diperoleh dari putih telur, hindari kuning telur sebab picu refluks asam. Buah yang bisa dikonsumsi tentunya yang tidak banyak mengandung tinggi asam, seperti lemon, jeruk, dan tomat.

Hindari Makanan yang Mengiritasi Lambung

Makanan atau minuman bagi penederita penyakit asam lambung yang dapat mengiritasi lambung harus dihindari. Seperti alkohol, kafein, susu, makanan berlemak tinggi, daging tinggi lemak, makanan pedas, makanan asin, dan cokelat. Mematuhi jadwal diet sehat itu akan mudah terhindari dari asam lambung naik.

Simak artikel lainnya disini.

Rutin Minum Air Putih

Meminum air putih 1 sampai 3 gelas air putih saat bangun tidur, sebelum makan, dan sebelum tidur akan membantu organ-organ tubuh bekerja secara optimal. Untuk itu, penting sekali mengonsumsi air putih guna mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Jadi, tubuh tidak mengalami dehidrasi dan lambung pun bisa bekerja dengan baik.

Itulah uraian mengenai pola makan terkait jadwal diet sehat untuk penderita penyakit asam lambung atau maag atau refluks asam. Ingin terhidar dari naiknya asam lambung, maka perlu mengubah pola makan menjadi lebih sehat. dengan mengonsumsi makanan maupun minuman sehat tidak banyak mengandung asam tinggi. Semoga bermanfat.

About admin

Check Also

jadwal diet sehat

Jadwal Diet Sehat Bagi Remaja? Ikuti 7 Tips Di Bawah Ini

DietSehat – Ingin Turunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Bagi Remaja dengan jadwal diet sehat? Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *