6 Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag Agar Tidak Datang setiap Hari

6 Tips Diet Sehat Untuk Penderita Maag Agar Tidak Datang setiap Hari. Melakukan diet bagi penderita maag menjadi tantangan tersendiri. Bagaimana tidak, saat diet seseorang akan merubah pola makannya bahkan akan berkurang. Sementara itu, penderita maag tidak boleh telat makan, karena bisa menyebabkan perut terasa sakit karena naiknya asam lambung.

Namun, bukan berarti sebagai penderita sakit maag Anda tidak bisa melakukan diet. Menurunkan berat badan juga bisa dilakukan oleh penderita maag. Anda hanya perlu mengatur pola makan dan makanan apa saja yang harus dikonsumsi. Hal tersebut agar tidak membuat perut sakit.

diet sehat untuk penderita maag
diet sehat untuk penderita maag

Pilihan Makanan Sehat Untuk Diet Sehat Penderita Maag

Hal pertama yang dilakukan dalam diet sehat untuk penderita maag, yaitu memilih makanan yang tepat untuk dikonsumsi. Agar lambung Anda tetap aman selama program diet, pilihlah makanan yang mengandung rendah kalori dan lemak namun tinggi protein. Jenis makanan tersebut, seperti daging ayam tanpa kulit, ikan, daging sapi tanpa gajih dan telur ayam bagian putihnya. Selain dari jenis makanan itu, penderita maag juga harus memerhatikan asupan karbohidrat.

Anda harus mengganti asupan karbohidrat dengan jenis makanan yang mengandung serat tinggi. Hal demikian karena mengonsumsi karbohidrat terlalu banyak dapat menyebabkan naiknya berat badan dengan cepat. Selain itu juga bisa membuat gejala asam lambung menjadi lebih parah. Jenis makanan yang mengandung serat, yaitu beras merah, kacang-kacangan, biji-bijian dan buah-buahan segar.

Hindari Konsumsi Makanan Pedas

Tipsdiet sehat untuk penderita maagselanjutnya, yaitu hindari mengonsumsi makan-makanan pedas. Penderita maag harus menghindari jenis makanan yang dapat memicu munculnya penyakit tersebut. Salah satu jenis makanan yang dapat memicu timbulnya sakit maag, yaitu makanan pedas. Makanan pedas dapat mengakibatkan kondisi lambung lebih parah dan sulit untuk disembuhkan. Selain makanan pedas, hindari pula jenis makanan yang tinggi akan kadar lemak, seperti cokelat, keju, krim kue, gorengan dan lainnya.

Konsumsi Makanan yang Mudah Dicerna

Bagi Anda penderita maag, pilihlah makanan yang mudah dicerna untuk dikonsumsi. Mengonsumsi makanan yang sulit dicerna dapat mengakibatkan kondisi lambung semakin parah. Hal tersebut karena makanan yang keras membuat kerja lambung lebih keras dan membuat lambung tidak dapat bekerja secara optimal. Anda bisa mengonsumsi makanan seperti, jus, buah, sayur, bubur dan lainnya.

Mengatur Porsi Makan

Mengatur porsi makan sangat penting dalam menjalankan diet sehat untuk penderita maag. Jadi, selain mengatur pilihan makanan, Anda juga harus mengatur porsinya. Jangan sampai Anda mengurangi porsi makan secara ekstrem. Anda bisa menguranginya secara bertahap, sedikit demi sedikit agar lambung tidak terkejut.

Apabila Anda biasa mengonsumsi makanan 3 kali sehari dalam porsi yang besar, sebaiknya mengubah pola tersebut menjadi 5 sampai 6 kali sehari namun dalam porsi kecil. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah dalam mengendalikan berat badan. Selama program diet, hindari makan hanya satu atau dua kali sehari apalagi tidak makan sama sekali. Hal tersebut dapat mengakibatkan maag Anda menjadi lebih parah.

Jangan Lupa Untuk Berolahraga

Seperti yang Anda ketahui bahwa berolahraga sangat baik untuk kesehatan, termasuk dalam melakukan program diet sehat untuk penderita maag. Berolahraga tidak hanya dapat membuat berat badan menjadi ideal, melainkan juga baik untuk mengurangi asam lambung. Asam lambung dalam tubuh akan dibuang bersamaan dengan keringat menjadi uap. Nah, berolahraga menjadi sangat efektif buat Anda yang menderita maag tapi ingin melakukan diet.

Namun sebaiknya, Anda melakukan olahraga yang ringan saja. Karena olahraga berat dapat membuat tubuh kehabisan cadangan energi dan air. Anda bisa mencoba olahraga jogging, jalan, bersepeda dan olahraga ringan lainnya. Anda harus ingat bahwa Anda sedang diet, apalagi dalam kondisi sakit maag.

Perhatikan Jadwal Tidur

Dalam diet sehat untuk penderita maag, memerhatikan pola tidur juga penting, loh. Pasalnya, lambung penderita maag sangat sensitif dan mudah lapar. Jika Anda tidak mengatur jam tidur dimalam hari, maka rasa lapar akan tidak dapat tertahankan. Anda harus tidur yang cukup selama 7 sampai 8 jam sehari, agar proses diet dapat berlangsung tanpa membuat maag kambuh.

Nah, selain tips tersebut di atas, selama program diet Anda juga perlu membuat daftar makanan apa saja yang harus dikonsumsi. Pasalnya, tidak semua jenis makanan bisa diterima lambung penderita maag. Untuk itulah mengatur jenis makanan untuk dikonsumsi selama diet sangat penting. Agar selain membuat barat badan ideal, lambung juga sehat.

Jenis Makanan Diet Sehat Untuk Penderita Maag

Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari jika ingin diet. Akan tetapi bukan berarti meninggalkan jenis makanan tersebut sama sekali. Anda hanya harus menggantinya dengan yang lebih baik dan aman untuk lambung. Berikut ini jensi makanan diet sehat untuk penderita maag.

1. Makanan Dengan Karbohidrat yang Pas

Selama diet, Anda memang disarankan untuk menghindari karbohidrat. Namun, tubuh juga membutuhkan kombinasi antara lemak, protein, dan karbohidrat sebagai sumber utama energi. Oleh sebab itu, Anda harus memilih makanan dengan karbohidrat yang pas, seperti oatmeal, roti, beras merah atau gandum. Jenis makanan alternatif tersebut dapat membuat Anda kenyang lebih lama dan juga membuat kadar asam lambung stabil.

Selain itu, kentang rebus serta biji-bijian juga baik dikonsumsi selama diet dan aman untuk penderita maag. Anda bisa mengganti dengan sumber karbohidrat lain sesuai selera. Selama Anda dalam program diet sehat untuk penderita maag, hindari mengonsumsi karbohidrat secara berlebihan. Terutama karbohidrat yang berasal dari makanan manis seperti kue dan donat.

2. Daging dan Ikan Tanpa Lemak

Protein merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan tubuh. Namun, seperti penjelasan di atas, bagi penderita maag lambung tidak boleh bekerja terlalu keras dengan mengelola makanan yang berat. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi daging dan ikan tanpa lemak. Anda bisa mengonsumsi jenis ikan seperti salmon, tuna, kod dan sarden.

Jenis makan itu baik dikonsumsi dalam diet sehat untuk penderita maag. Karena tinggi protein namun rendah lemak. Untuk daging, Anda bisa mengonsumsi daging sapi dan ayam tanpa kulit. Anda juga bisa memilih putih telur untuk dikonsumsi, karena aman untuk penderita maag.

3. Sayuran Rendah Asam

Tidak semua jenis sayuran aman dikonsumsi saat diet bagi penderita maag. Anda harus memilih sayuran yang rendah kadar asam, sepeti brokoli, asparagus, kacang hijau, seledri, kentang, wortel dan bit. Hindari jenis sayuran kol, sawi dan kubis. Hindari pula sayuran yang diolah menjadi makanan dengan tingkat keasaman yang tinggi seperti acar dan asinan.

Perhatikan artikel lain disini.

4. Tanaman Herbal

Makanan yang baik dalam program diet sehat untuk penderita maagselanjutnya, yaitu tanaman herbal. Anda bisa mengonsumsi tanaman herbal seperti jahe dan lidah buaya. Jahe dapat mengendalikan rasa lapar dan mempercepat pembakaran lemak pada tubuh. Selain dari itu, jahe juga mampu mengatasi iritasi lambung. Sedangkan lidah buaya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan.

Nah, itulah tipsdiet sehat untuk penderita maagyang bisa Anda lakukan. Lakukan secara teratur agar hasilnya tampak. Sebaiknya Anda juga mengatur isi piring Anda dengan makanan-makanan pilihan tersebut. Semoga tips-tips ini bermanfaat untuk Anda.

Originally posted 2020-10-06 11:14:52.

Tinggalkan komentar