7 Daftar Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik dikonsumsi

7 Daftar Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik dikonsumsi. Apa Anda pernah merasa lemas di pagi hari? Bisa jadi pada saat itu Anda kelaparan karena belum sarapan pagi. Saat pagi hari, perut akan kosong . Oleh karena itu, perut harus diisi dengan sarapan pagi supaya tidak lemas. Tubuh yang lemas disebabkan karena kekurangan energi. Dengan sarapan pagi, maka tubuh akan mendapatkan energi sehingga tubuh bisa beraktivitas dan konsentrasi. Oleh karena itu, jangan sepelekan sarapan pagi.

Sarapan pagi kerap kali dilewatkan oleh sebagian orang. Mereka yang melewatkan sarapan pagi biasanya karena bangun kesiangan atau terburu-buru. Ada pula yang beranggapan, sarapan pagi itu tidak penting. Anggapan seperti itu adalah anggapan yang tidak benar. Seseorang yang melewatkan sarapan pagi, tubuhnya akan lemas dan sering menguap ketika sedang bekerja atau beraktivitas lainnya. Meskipun terburu-buru atau bangun kesiangan, usahakan tetap sarapan pagi untuk mengawali hari supaya tubuh berenergi.

menu diet sarapan pagi
menu diet sarapan pagi

Menu Diet Sarapan Pagi

Bagaimana dengan seseorang yang menjalankan diet? Seseorang yang diet tetap harus sarapan pagi. Justru dengan sarapan pagi, seseorang dapat mengendalikan nafsu makannya. Dengan sarapan, perut menjadi kenyang sehingga ada jeda lama untuk makan selanjutnya. Namun, tetap perlu memperhatikan menu sarapan pagi. Bagi seseorang yang ingin menurunkan berat badan, tentu harus memilih menu diet sarapan pagi yang tepat. Hal ini penting dilakukan supaya badan tidak lemas selama menjalankan diet. Menu sarapan pagi bagi mereka yang menjalankan diet, adalah makanan yang mengandung protein, serat, dan makanan yang mengandung rendah kalori.

Makanan yang mengandung protein sangat cocok bagi yang sedang menjalankan diet. Makanan yang mengandung protein dapat memberi rasa kenyang lebih lama dibandingkan dengan makanan yang mengandung karbohidrat.  Sama halnya dengan serat. Selain membuat kenyang lebih lama, serat juga berfungsi untuk melancarkan sistem pencernaan sehingga mengurangi resiko terjadinya sembelit. Anda juga harus memilih makanan yang rendah kalori sebagai menu sarapan pagi. Dengan begitu, maka asupan kalori harian menjadi berkurang sehingga efektif menurunkan berat badan.

Walaupun sudah diketahui bahwa makanan yang mengandung potein, serat, dan makanan berkalori rendah termasuk makanan yang sesuai untuk menu diet sarapan pagi, namun masih banyak yang kesulitan memikirkan menu diet yang tepat. Seseorang seringkali bingung memilih menu makanan dan terkadang justru memilih makanan yang berlemak atau mengandung kolesterol. Untuk menghindari hal tersebut, Anda dapat membuat jadwal menu sarapan pagi seperti berikut ini.

Senin

Anda dapat memilih telur sebagai menu sarapan pagi. Telur lebih baik dimasak dengan cara direbus. Telur rebus lebih sehat karena tidak mengandung minyak atau kolesterol. Sebutir telur disajikan dengan semangkok kecil brokoli. Menu diet telur dan brokoli rebus ini selain mengenyangkan juga mengandung nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Nutrisi itu adalah protein yang berasal dari telur dan serat, vitamin, serta mineral yang berasal dari brokoli. Apabila bosan, Anda bisa mengganti telur rebus dengan omlet dan mengganti brokoli dengan sayuran lainnya. Menu sarapan ini dapat memenuhi kebutuhan protein di pagi hari untuk persedian energi selama seharian.

Selasa

Menu diet sarapan pagi pada hari selasa adalah roti gandum. Roti gandum mengandung serat cukup tinggi sehingga membantu Anda kenyang lebih lama. Gandum utuh dapat membantu menghilangkan lemak sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Gandum utuh juga dapat menurunkan kadar protein C-reaktif yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung dan diabetes. Namun apabila sulit mendapatkan gandum utuh atau roti gandum, Anda dapat menggantinya dengan bubur kacang hijau. Bubur kacang hijau mengandung protein dan serat yang membuat perut kenyang sepanjang hari dan melancarkan sistem pencernaan Anda.  

Rabu

Menu diet sarapan pada hari rabu adalah sereal dengan susu skim (rendah lemak). Sereal dan susu skim merupakan pasangan menu yang cukup banyak diminati karena praktis dalam penyajiannya, selain itu juga mengenyangkan. Namun Anda perlu hati-hati dalam memilih sereal. Sereal yang dikonsumsi baiknya tidak mengandung gula atau pemanis buatan. Selain sereal dan susu skim, Anda juga bisa memilih menu tumis tahu dengan nasi merah. Bila sulit mendapatkan nasi merah, bisa dignti dengan segenggam almond. Kacang almond termasuk biji-bijian yang berkhasiat mengontrol kolesterol dan menurunkan tekanan darah.      

Kamis

Pada hari kamis, Anda bisa memilih sup tempe tahu sebagai menu diet sarapan pagi. Tempe dan tahu merupakan olahan pangan yang berasal dari kedelai. Kedelai termasuk biji-bijian yang kaya protein sehingga dapat mengenyangkan perut lebih lama. Selain kaya protein, tahu dan tempe juga mengandung asam lemak omega-3 yang baik bagi kesehatan tubuh. Supaya tidak bosan, Anda dapat menambahkan jamur atau sayuran lain yang menggugah selera makan.                   

Jum’at

Dalam daftar menu diet sarapan pagi memang dipilih makanan yang mengandung protein, serat, dan makanan yang berkalori rendah. Namun, bukan berarti menghindari makanan yang mengandung karbohidat. Makanan yang mengandung karbohidrat boleh dikonsumsi, namun harus dipilih yang rendah kalori. Untuk  menu hari jum’at, Anda bisa memilih dua buah kentang rebus. Kentang merupakan sumber karbohidrat, namun rendah kalori dan mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh. Anda dapat menambahkan satu butir orak-arik telur di atas kentang rebus. Dengan begitu, Anda juga akan mendapatkan asupan protein yang dibutuhkan tubuh dan supaya perut terasa kenyang lebih lama .  

Sabtu

Menu diet untuk hari sabtu, Anda bisa memilih salad sayur dan buah untuk sarapan. Sayur dan buah mengandung tinggi serat, vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh. Buah dan sayur juga mengandung antioksida yang dapat menangkal radikal bebas. Keunggulan ini menyebabkan buah dan sayur menjadi menu diet andalan untuk sarapan. Buah dan sayur sangat mudah disajikan sebagai menu diet. Anda tinggal memilih buah dan sayur yang diinginkan, misalnya avokad, apel, pisang, anggur, selada, dan kubis. Setelah itu, cuci buah dan sayur sampai bersih! Sajikan dengan taburan biji wijen, kacang almond, dan minyak zaitun.  

Simak artikel lainnya disini.

Minggu

Menu diet sarapan pagi pada akhir pekan bisa dengan minum susu skim. Susu yang rendah lemak ini memiliki kandungan kalsium yang bagus untuk kesehatan tulang . Kandungan lemak yang rendah dalam susu sangat sesuai bagi yang sedang menjalankan diet. Apabila sulit menemukan susu skim, Anda bisa menggantikannya dengan yoghurt. Susu skim atau yoghurt bisa dipadukan dengan pancake dan buah-buahan. Perpaduan ini, akan membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Perut yang kenyang akan menjauhkan Anda dari kebiasaan ngemil sehingga berat badan tetap ideal.

Itu tadi daftar menu diet sarapan pagi yang bisa Anda praktikkan di rumah. Anda juga bisa membuat daftar menu sendiri. Ketika membuatnya pilihlah menu makanan yang mengandung protein, serat, atau makanan yang rendah kalori. Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi tersebut dapat membuat perut terasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama sehingga memudahkan Anda dalam menurunkan berat badan. Selamat mencoba!

Originally posted 2020-10-08 13:17:00.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *