7 Pola Makan Diet Sehat Turunkan Berat Badan yang Sangat Efektif

7 Pola Makan Diet Sehat Turunkan Berat Badan yang Sangat Efektif. Banyak cara akan ditempuh demi menurunkan berat badan. Mulai dari diet yang ketat, sampai mengonsumsi suplemen tertentu untuk membantu mempercepat penurunan berat badan. Namun, ternyata ada metode sederhana untuk menurunkan berat badan yang yang lebih sehat. Tentu saja tanpa menyakiti tubuh atau mengeluarkan biaya banyak.

Selama dilakukan dengan bertahap dan konsisten, cara-cara diet yang sehat tidak akan menyiksa. Pastinya dibutuhkan komitmen dan disiplin dalam menjalaninya, agar berat badan dapat turun bertahap dan mencapai ideal. Cara diet yang salah tentu akan membahayakan tubuh. Lantas, seperti apa cara menurunkan berat badan dengan diet yang sehat?

Pola makan diet sehat
Pola makan diet sehat

Tujuan Diet Sehat

Diet seringkali diartikan sebagai upaya untuk menurunkan berat badan saja, dengan mengurangi porsi makan. Oleh karenanya, hal tersebut yang membuat orang berpikir jika diet hanya harus dijalankan oleh orang yang kegemukan saja. Padahal, pengertian diet demikian kurang tepat. Diet yang baik diartikan sebagai pola makan dengan gizi seimbang, untuk banyak tujuan yang berbeda-beda. Pola makan diet sehat tidak hanya untuk menurunkan berat badan saja.

Ada yang berdiet justru untuk menaikan berat badan. Bagi orang yang sudah terbiasa dengan pola hidup sehat, diet dijalani untuk menjaga kesehatan. Bisa juga dalam rangka memulihkan kesehatan setelah sakit atau mengelola kondisi kesehatan tertentu. Jadi, dengan banyak tujuan baik dari diet sehat, setiap orang dari segala kalangan tentu dianjurkan untuk menerapkan diet sehat.

Keuntungan Diet Sehat

Pola makan diet sehat yang seimbang akan membantu setiap organ tubuh bekerja lebih efisien. Jika nutrisi dalam tubuh tidak tercukupi, maka metabolisme tubuh pun akan menurun. Hal ini yang menyebabkan, mudahnya seseorang terserang berbagai penyakit. Oleh karena itu, keuntungan menerapkan diet sehat akan menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Dengan terjaganya kondisi tubuh, turut juga menjaga berat badan lebih stabil.

Pola Makan Diet Sehat, Turunkan Berat Badan

Jika tujuan utamanya untuk menurunkan berat badan, beberapa hal harus direncanakan untuk memulai diet sehat. Berikut ini aturan sehat yang dapat diterapkan. Tidak hanya akan mencapai berat badan ideal, namun dalam jangka panjang, diet sehat akan membantu tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

1. Pilih Makanan Tepat

Segera tinggalkan makanan yang berlemak, berminyak, asin atau manis. Sebaikanya mulai tukar perlahan dengan menu makan yang lebih sehat. Pemilihan jenis makanan yang tepat dalam pola makan diet sehat adalah kuncinya. Selain itu hindari juga makanan kemasan serta gorengan. Konsumsi makanan yang dikukus atau direbus. Makanan yang digoreng, tingi kalori. Jika memang harus menggunakan minyak, pilihlah minyak dengan kalori rendah.

Pilihan makanan yang dapat mendukung rencana diet sehat seperti sayur dan buah segar, daging merah atau putih tanpa lemak, ikan, produk susu rendah lemak, dan biji-bijian. Memperbanyak makanan berserat tinggi seperti sereal, oats, dan gandum, akan baik untuk tubuh, selain itu lebih membuat perut kenyang lebih lama. Usahakan juga untuk mengonsumsi 7-9 porsi sayur dan buah dalam sehari.

Selain itu, dalam pola makan diet sehat juga harus bijak dalam membatasi konsumsi gula dan garam. Makanan tinggi gula, garam, minyak, dan lemak memiliki kalori tinggi, yang akan memperburuk kondisi tubuh. Ingat, makanan berkalori tinggi merupakan awal berbagai masalah kesehatan. Mulai dari berat badan yang tidak konsisten naik-turun, diabetes, hipertensi, kolesterol tinggi, hingga penyakit jantung.

2. Atur Porsi Makanan

Semua jenis makanan sebenarnya tetap dibutuhkan oleh tubuh. Hanya saja tinggal diatur porsinya, tentunya tidak baik jika kekurangan atau bahkan berlebihan. Kuncinya adalah, makan sesuai dengan kebutuhan kalori per hari. Menjaga asupan kalori tetap penting agar fungsi tubuh berjalan optimal.

Total kebutuhan kalori setiap orang tentunya berbeda. Namun, jika sedang menurunkan berat badan, idealnya perlu mengurangi 500 kalori per hari dari total kebutuhan. Hasilnya, tubuh dapat kehilangan berat badan secara konsisten kurang lebih 0,5 kg per minggu. Tentu lebih sehat bukan dengan pola makan diet sehat?

Wajib diingat adalah, tubuh harus dipenuhi dengan semua zat gizi yang diperlukan dalam satu porsi makan. Pastikan ada sumber karbohidrat, protein nabati dan hewani, lemak sehat, serat, serta vitamin dan mineral. Porsi makan yang sehat idealnya membagi piring menjadi 4 bagian. Seperempat untuk sumber protein, seperempat lagi untuk karbohidrat dan dua perempat terakhir untuk porsi sayuran hijau dan berwarna.

3. Jadwal Makan Teratur

Pola makan diet sehat justru tidak menganjurkan untuk melewatkan waktu makan utama, terutama makan pagi. Melewatkan waktu makan justru hanya akan menambah rasa lapar yan berlebih sehingga akan membuat nafsu makan lebih banyak. Makan tiga kali sehari secara tepat waktu, akan membantu tubuh mengolah rasa lapar yang baik. Selain itu dapat menghindarkan gula darah naik-turun secara drastis, yang justru dapat mengacaukan diet sehat.

4. Perbanyak Minum Air Putih

Menurut penelitian, minum air sebelum makan dapat membantu menjaga metabolisme tubuh, dan menjaga berat badan. Tiga puluh menit sebelum makan adalah waktu yang tepat untuk mengonsumsi air putih. Hal tersebut akan membantu melancarkan sistem pencernaan bekerja lebih baik.

Pola makan diet sehat, tetap harus memperhatikan kondisi cairan dalam tubuh. Bila tubuh merasa lemas atau tidak bertenaga meskipun sudah mengonsumsi makanan sehat, mungkin saja tubuh dehidrasi akibat kekurangan cairan. Minum satu gelas air putih akan membantu membakar kalori sekitar 24%-30% dalam tubuh. Selain itu, tubuh akan tetap segar dan bugar sepanjang hari.

5. Tidak Menghindari Makanan Tertentu

Tidak perlu menghindari makanan tertentu dalam menjalani diet sehat. Silahkan untuk mengonsumsi makanan sehat, asalkan sesuai dengan porsi kebutuhan tubuh. Menjauhi makanan justru akan membuat rasa ingin makan semakan kuat, sehingga justru dapat memperburuk nafsu makan yang berakibat pada gagalnya diet sehat.

Meski demikian, sebaiknya tetap batasi waktu ngemil. Kebiasaan ini akan membuat waktu makan berantakan, karena rasa kenyang yang tertutupi di saat tersebut. Oleh karena itu, jika menerapkan pola makan diet sehat, penuhi makanan kaya nutrisi dapat memnuhi kebutuhan kalori sehingga terhindar dari kebiasaan makan cemilan yang justru kurang sehat.

6. Konsumsi Probiotik

Mengonsumsi probiotik yang merupakan bakteri baik akan bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Termasuk dalam hal menurunkan berat badan. Bakteri ini terdapat pada makanan dan minuman yang difermentasi antara lain yogurt, tempe, atau kimchi. Sebagai salah satu pilihan makanan diet sehat, konsumsi probiotik akan membantu mencegah penumpukan lemak di tubuh.

Perhatikan artikel lain disini.

7. Kunyah Makanan Perlahan

Menurut penelitian, mengunyah makanan secara perlahan akan memberikan efek pada keseimbangan hormon dan tingkat energi. Kegiatan mengunyah makanan yang lebih banyak akan menyebabkan penurunan tingkat energi dan kadar ghrelin. Dalam pola makan diet sehat, mengunyah makanan dengan tepat akan membantu melancarkan sistem pencernaan.

Selain mengatur pola makan dalam diet sehat, perlu juga didukung dengan aktivitas pola hidup yang sehat. Misalnya tidur cukup 7-8 jam per malam, hindari kebiasaan konsumsi alkohol dan merokok, serta olah raga rutin. Hal-hal tersebut akan membantu menurunkan berat badan berjalan lebih mudah.

Mempraktikan hal-hal di atas dalam pola makan diet sehat tidak sulit jika dilakukan perlahan. Penting untuk diingat adalah lakukan dengan konsisten. Tetapkan tujuan diet, tidak hanya untuk menurunkan berat badan, namun demi kesehatan tubuh. Jika demikian, maka berat badan alkan lebih stabil.

Originally posted 2020-10-07 09:15:18.

Tinggalkan komentar