8 Panduan Diet Sehat Untuk Pemula yang Tidak Ribet dan Membosankan

8 Panduan Diet Sehat Untuk Pemula yang Tidak Ribet dan Membosankan. Memiliki tubuh ideal adalah impian hampir semua orang. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan tubuh idaman tersebut, salah satunya dengan menurunkan berat badan atau diet. Meskipun diet terdiri dari banyak jenis, namun Anda harus tetap cermat dalam memilih dengan tetap memperhatikan tingkat keamanan dan kesehatannya.

Kata diet memang sudah tidak asing lagi ditelinga, khususnya dikalangan perempuan. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa pria juga sering melakukan diet. Banyak orang terobesesi dengan sistem diet cepat (bisa menurunkan berat badan dalam waktu yang relatif singkat). Padahal berbagai penelitian telah menjelaskan tentang diet sehat tanpa harus membatasi diri untuk mengonsumsi makanan tertentu dan tidak menyebabkan stress.

Diet sehat pada umumnya tidak menurunkan berat badan secara cepat dan signifikan. Dibutuhkan konsistensi dan ketekunan untuk menjalani diet sehat agar dapat memperoleh hasil yang maksimal. Lalu bagaimana sih cara melakukan diet tersebut? Jangan khawatir. Berikut ini terdapat panduan diet sehat untuk pemula yang wajib Anda coba :

diet sehat untuk pemula
diet sehat untuk pemula

Faktor makanan dan minuman bagi pelaku diet sehat untuk pemula

Makanan dan minuman adalah faktor utama yang wajib diperhatikan ketika menjalankan diet. Hal tersebut akan memberikan dampak besar terhadap berhasil tidaknya program yang kita jalankan. Bukan hanya sekedar mengurangi porsi makan, tapi juga harus memperhatikan hal penting lainya. Adapun beberapa faktor makanan dan minuman yang wajib diketahui bagi pelaku diet sehat untuk pemula adalah sebagai berikut.

Wajib sarapan

Menghindari sarapan dengan alasan diet adalah cara yang kurang tepat. Anda disarankan untuk makan 30 hingga 45 menit setelah bangun tidur dipagi hari. Hal ini sangat penting untuk dilakukan karena metabolisme tubuh seseorang saat terbangun dipagi hari sangat rendah, sehingga Anda harus meningkatkannya dengan mengisi dengan makanan.

Saat sarapan, pelaku diet sehat untuk pemula disarankan untuk memilih menu makanan yang mengandung nutrisi seimbang, seperti telur rebus, omlete, roti gandum dan sejenisnya. Usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak yang terlalu banyak, seperti gorengan, hidangan manis, hingga nasi putih.

Makanan yang tinggi karbodirat dan lemak sulit dicerna oleh usus dan menyebabkan rasa lapar Anda meningkat. Selain itu, juga dapat membuat Anda sulit berkonsentrasi atau tidak fokus saat beraktivitas pada siang hari.

Makan Secara Perlahan

Kecepatan makan pelaku diet sehat untuk pemula akan berpengaruh terhadap jumlah makanan yang masuk ke dalam tubuh. Sebuah penelitian juga menjelaskan bahwa seseorang yang memiliki kecepatan makan yang mencapai 115 % atau lebih cenderung mengalami obesitas dibandingkan dengan yang lambat.

Nafsu makan dikendalikan oleh hormon yang berfungsi untuk memberi sinyal pada otak saat lapar atau kenyang. Otak membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk menerima pesan tersebut. Sehingga makan dengan lambat akan memberikan waktu pada otak untuk memahami bahwa tubuh Anda sudah kenyang.

Perbanyak Minum Air Putih

Peranan air dalam kesehatan tubuh sangatlah penting. Air dapat mencukupi kebutuhan cairan, mencegah dehidrasi, melancarkan saluran pencernaan, dan mengoptimalkan laju metabolisme dalam tubuh. Seseorang yang sedang menjalani program diet sehat untuk pemula disarankan untuk minum air putih sebanyak 2 liter atau 8 – 9 gelas setiap hari.

Biasakan untuk meminum air putih sekitar 30 menit sebelum makan untuk membuat lambung terisi sebagian sehingga Anda akan merasa cepat kenyang dan tidak akan mengonsumsi makanan dalam porsi yang banyak.

Makan Sering Dengan Porsi Sedikit

Tidak perlu takut makan ketika diet. Pelaku diet sehat untuk pemula malah disarankan untuk sering makan akan tetapi dalam jumlah sedikit (mengurangi porsi). Anda masih bisa mengonsumsi cemilan-cemilan sehat dan gizi seimbang, misalnya biji-bijian, kacang-kacangan, dan buah kering. Tiga kali makan berat ditambah dua kali cemilan dengan porsi yang cukup masih diperbolehkan.

Konsumsi Makanan Yang Segar

Jika Anda adalah pecinta fast food, dimohon dengan sangat meninggalkan kesukaan itu ketika sedang diet sehat. Makanan yang disarankan adalah makanan segar atau makanan yang berasal secara langsung dari sumbernya (tidak melewati proses pengawetan terlebih dahulu).

Makanan yang sudah diawetkan dapat kehilangan manfaat jika diproses terlalu lama. Selain pengawet, makanan yang dikemas dalam kaleng biasanya telah ditambahkan campuran lain seperti gula, garam maupun lemak. Hal tersebut tentu saja akan mengganggu program diet sehat untuk pemula Anda.

Konsumsi Omega-3 Dan Vitamin D

Sebuah penelitian menjelaskan mendapatkan vitamin D yang cukup pada tubuh dapat memudahkan penurunan berat badan. Untuk itu, bagi para pelaku diet sehat untuk pemula disarankan untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup pada pagi hari. Selain untuk menurunkan berat badan, vitamin D juga bagus untuk kesehatan tulang dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Asam lemak Omega-3 adalah nutrisi lain yang berfungsi untuk mengurangi peradangan, meningkatkan fungsi otak, dan menjaga kesehatan jantung. Umumnya Omega-3 terdapat pada ikan salmon, ikan teri, kacang kenari, kedelai, dan makanan lainnya.

Memilih Merebus Daripada Menggoreng Makanan

Menggoreng makanan menyebabkan beberapa senyawa berpotensi membentuk toksik, misalnya hidrokarbon aromatic polisiklik (PAH), amina heterosiklik (HCA)dan produk akhir glikasi maju (ASEs). Ketiga senyawa tersebut dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

Merebus makanan disarankan dilakukan oleh seseorang yang sedang melakukan diet sehat untuk pemula agar menghindari terbentuknya senyawa-senyawa berbahaya dan menyebabkan makanan yang dikonsumsi menjadi lebih sehat dan aman untuk tubuh.

Banyak Mengonsumsi Sayuran Hijau

Ciri diet sehat adalah dengan banyak mengonsumsi sayuran hijau. Mengonsumsi sayuran dapat menyebabkan perut lebih cepat kenyang dan sehat, sehingga porsi makan untuk makanan berat pasti akan berkurang. Selain itu, jika dikonsumsi sebelum makan, sayuran yang mengandung karbohidrat akan memberikan efek yang baik terhadap kadar gula darah dalam tubuh.

Faktor Aktivitas Fisik Bagi Pelaku Diet Sehat Untuk Pemula

Setelah mengatur pola dan jenis makanan dengan baik, orang yang melakukan program diet juga harus memperhatikan faktor aktivitas fisik. Mindset untuk beraktivitas terus-menerus untuk membunuh kalori agar mempercepat proses penurunan badan adalah hal yang kurang tepat. Untuk itu, pelaku program diet sehat untuk pemula wajib memahami hal-hal berikut.

Istirahat Yang Cukup

Secara umum, orang dewasa membutuhkan waktu tidur selama 7 – 8 jam sehari untuk mendapatkan kondisi tubuh yang maksimal. Jika kurang dari jam tersebut, metabolisme tubuh Anda akan terganggu. Selain itu, orang yang kurang tidur akan mengalami gangguan regulasi makan, yaitu kecenderungan meningkatkan nafsu makan.

Perhatikan artikel lain disini.

Olahraga

Diet dengan hanya mengantur pola dan jenis makanan tidak akan memberikan hasil yang maksimal jika tidak diiringi dengan olahraga. Pada dasarnya, olahraga bermanfaat untuk membakar kalori dalam tubuh sehingga dapat seimbang dengan kalori yang masuk setelah mengonsumsi makanan. Untuk itu, disarankan bagi pelaku diet sehat untuk pemula rutin melakukan olahraga untuk menunjang program tersebut.

Nah, itulah panduan melakukan diet sehat untuk pemula yang wajib anda ketahui sebelum melakukan program. Jangan pernah tergiur dengan tawaran diet cepat tapi tidak memperhatikan faktor kesehatan Anda. Tubuh ideal memang menjadi idaman, tapi tubuh yang sehat jauh lebih penting.

About admin

Check Also

susu protein untuk diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet kata protein whey protein memang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *