Inilah 7 Jenis Makanan Anti Gemuk Untuk Diet Golongan Darah B, Nomor 4 Paling Banyak Digemari

Inilah 3 Jenis Makanan Anti Gemuk Untuk Diet Golongan Darah B, Nomor 2 Paling Banyak Digemar. Diet golongan darah adalah salah satu pola diet yang mulai dikenal sejak 1996. Pertama kali dicetuskan oleh dokter D’Adamo dari Amerika. Melalui bukunya “Eat Right 4 Your Type” yang menulis tentang diet semua golongan darah.

Setiap golongan darah memiliki perbedaan karakteristik dan pilihan makanan yang dianjurkan. Termasuk untuk program diet. Diet golongan darah adalah diet paling enak dan praktis untuk diikuti. Apalagi untuk pemilik golongan darah B, yang tidak perlu menahan diri dari sejumlah makanan lezat.

diet golongan darah B
diet golongan darah B

Menu Diet Golongan Darah B

Dikutip dari berbagai sumber, diet golongan darah B dinilai paling mampu beradaptasi dengan banyak jenis makanan yang mengandung lemak dan kolesterol tinggi. Dokter D’Adamo menyebut pemilik golongan darah B adalah jenis omnivora. Alias pemakan segala. Tapi tetap ada menu diet yang dianjurkan dan perlu diperhatikan, ya.

Diet sehat bukan berarti harus mengurangi jumlah asupan makanan enak. Setidaknya, pemilik golongan darah B tidak perlu menahan diri dari sejumlah makanan lezat. Karena diet berarti mengatur pola makan sehat, sehingga diperoleh tubuh yang sehat.

Jika asupan makanan yang dibutuhkan tubuh terpenuhi dengan baik, maka fungsi tubuh juga bekerja dengan baik. Berat badan ideal adalah bonus, bukan tujuan dari program diet golongan darah B. Biasanya, kalau pola makan dan pola hidup diatur dengan baik, berat badan ideal dapat diperoleh dengan mudah.

Apalagi jika diikuti dengan program workout atau olahraga sesuai anjuran para master olah raga. Gerakan tubuh yang baik membantu perbaikan metabolisme tubuh sehingga tidak ada lemak yang tertimbun tanpa fungsi yang jelas. Dengan pengaturan pola makan dan olahraga, berat badan ideal adalah kenyataan yang indah.

Menu makanan untuk diet golongan darah B yang dianjurkan adalah daging-dagingan, ikan laut tertentu seperti salmon dan sarden, beragam jenis sayur dan buah-buahan, jahe, gingseng dan teh hijau. Dari daftar menu yang dianjurkan ini, beberapa diantaranya menjadi pantangan bagi golongan darah lain namun aman dikonsumsi oleh golongan darah B.

Sedangkan makanan yang menjadi pantangan untuk golongan darah B diantaranya adalah jagung dan gandum beserta produk turunannya. Selain itu perlu dihindari terlalu banyak mengonsumsi kacang lentil, kacang tanah, biji wijen dan tomat. Golongan darah B juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi susu (asli) secara langsung dan daging ayam atau unggas terlalu banyak.

Untuk mempermudah pelaksanaan diet golongan darah B, sebelum mulai perlu dilakukan persiapan. Salah satunya dengan menyiapkan menu diet sebulan. Sehingga tidak perlu bingung mengatur menu setiap hari. Menu makanan diet juga bisa disiapkan setiap akhir pekan, sehingga pekan berikutnya hanya perlu menyiapkan bahan sesuai daftar menu.

Makanan Anti Gemuk Untuk Diet Golongan Darah B

Berdasarkan daftar makanan yang dianjurkan oleh dr.D’Adamo, diet golongan darah B dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan lezat berikut. Artinya, meski dikonsumsi dalam jumlah banyak, beberapa makanan berikut tidak akan otomatis menyebabkan kegemukan. Karena tubuh pemilik golongan darah B mampu mencernanya dengan baik tanpa menimbun lemak.

Daging Kambing

Pada umumnya, daging kambing adalah makanan paling dihindari oleh penderita darah tinggi dan kolesterol tinggi. Karena kebanyakan orang setelah makan daging kambing tekanan darah akan naik. Begitu juga dengan kandungan lemak dalam darah.

Namun bagi orang dengan program diet golongan darah B, tidak perlu terlalu khawatir. Daging kambing dengan beragam olahannya tetap aman dikonsumsi selama dalam jumlah yang wajar. Tidak terlalu banyak sehingga mengacaukan sistem pencernaan, dan dimasak dengan benar sehingga rasanya tetap lezat.

Daging Sapi atau Kerbau

Salah satu jenis sate yang terkenal berasal dari daging sapi atau kerbau adalah sate maranggi. Dengan saus kacang dan nasi hangat, tentu dapat menjadi menu makan siang atau malam yang lezat. Apalagi dilengkapi dengan sambal matah, kecap dan kerupuk.

Menu ini tentu tidak bisa bebas dinikmati oleh mereka yang diet. Kecuali untuk diet golongan darah B, tetap bisa menikmati kuliner dengan bahan dasar daging sapi atau kerbau tanpa khawatir menjadi gemuk. Tentu dengan porsi yang tidak berlebihan. Karena segala sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk bagi tubuh.

Daging Kelinci

Jenis makanan ini banyak tersedia di daerah pegunungan atau objek wisata dengan iklim sejuk. Diantaranya ada di Magetan, Magelang, dan Lembang-Bandung. Selain lezat, daging kelinci dapat menimbulkan sensasi hangat, sehingga cocok dinikmati di tempat dengan suhu rendah.

Keju

Menu diet golongan darah B sungguh baik karena berdamai dengan berbagai jenis keju. Baik cheddar, cottage, maupun mozarela. Selain mengandung protein tinggi, keju ternyata juga memiliki banyak penggemar seperti halnya coklat.

Keju adalah salah satu makanan yang paling praktis untuk dinikmati bersama dengan berbagai sajian. Baik bersama roti, sayur dan buah sebagai campuran saus, maupun cocolan pengganti sambal berbagai pilihan menu modern. Keju juga menjadi rasa favorit sama seperti coklat.

Yogurt

Salah satu produk olahan susu yang memiliki rasa asam segar ini juga baik untuk diet golongan darah B. Mengonsumsi yogurt bagi pemilik golongan darah B tidak akan membuatnya gemuk. Karena tubuh dengan golongan darah B mampu mencernanya dengan baik tanpa menimbunnya menjadi lemak jenuh.

Selain dapat dinikmati secara langsung, yogurt juga bisa dijadikan campuran saus salad dan berbegai resep kuliner lainnya. Yogurt juga tidak hanya bisa dinikmati dalam rasa aslinya. Karena saat ini tersedia beragam varian rasa yogurt: strawberry, leci, jeruk, anggur, dan sebagainya. Kesegaran rasanya tentu bisa menambah selera.

Ikan Salmon

Salmon adalah jenis ikan yang dapat dinikmati selama program diet golongan darah B. Selain mengandung protein tinggi, kandungan omega 3 dalam ikan salmon dapat membantu mencerdaskan otak. Berbagai resep menggunakan ikan salmon sebagai bahan utamanya dapat dimasukkan dalam daftar menu diet tanpa perlu khawatir kegemukan.

Ikan Sarden

Menu ikan sarden dapat menjadi pilihan makanan yang tidak menimbulkan kegemukan pada pemilik golongan darah B. Baik dimasak dengan saus tomat dan bawang, atau beragam bumbu lain. Menu ini biasa menjadi andalan keluarga Indonesia, kan?

Selain tujuh pilihan makanan yang bisa diolah menjadi makanan lezat di atas, masih ada makanan lain yang aman untuk diet golongan darah B. Diantaranya adalah beragam buah dan sayur. Karena golongan darah B dapat mencerna makanan baik berasal dari tanaman atau hewan dengan baik.

Perhatikan artikel lain disini.

Sayuran seperti wortel, kubis baik yang putih maupun merah, baik dikonsumsi pemilik golongan darah B. Untuk buah, yang aman dikonsumsi golongan darah B adalah anggur, pepaya, cranberry, dan nanas. Berbagai jenis sayur dan buah ini dapat dikondumsi secara langsung.

Pada dasarnya, setiap makanan di atas dapat dikonsumsi bebas ketika program diet golongan darah B dilakukan. Tentu dengan porsi secukupnya, tidak akan menimbulkan dampak negatif pada tubuh. Untuk pemilik golongan darah lain, bisa disesuaikan dengan pilihan menu yang dianjurkan dalam program diet sesuai golongan darahnya.

About admin

Check Also

Diet sehat untuk mengecilkan perut

Ingin Perut kecil Yuk, Simak 7 Diet Sehat untuk Mengecilkan Perut

Ingin Perut kecil. Yuk, Simak 7 Diet Sehat untuk Mengecilkan Perut – Bagian perut mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *