Apa yang Dimaksud Dengan Makanan Sehat dan Cara Memperolehnya

DietSehat – Cara sehat paling praktis dan tidak melelahkan adalah dengan mengatur pola makan sehat. Tapi tahukah Anda, apa yang dimaksud makanan sehat? Apakah semua makanan yang kita makan sehari-hari sudah tergolong makanan sehat? Atau justru makanan yang mengundang penyakit masuk ke dalam tubuh?

Ulasan berikut akan memaparkan apa yang dimaksud makanan sehat dan bergizi. Agar kita dapat mengoreksi diri tentang pola makan selama ini. Apakah sudah memenuhi standar sehat dan gizi seimbang, atau apa yang perlu diperbaiki pada menu makan selanjutnya.

apa yang dimaksud makanan sehat

Apa Yang Dimaksud Makanan Sehat?

Apa yang dimaksud makanan sehat adalah segala jenis makanan yang tersedia di sekitar kita dan mampu memenuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh. Setiap hari, tubuh membutuhkan asupan nutrisi dari berbagai sumber makanan. Jika kebutuhan nutrisi ini terpenuhi dan tubuh dapat mengolahnya dengan baik, maka tubuh dapat disebut sehat. Meskipun untuk mencapai predikat “sehat”, kita tidak hanya perlu memahami apa yang dimaksud makanan sehat bergizi dan seimbang.

Karena ada faktor lain yang juga harus dipenuhi untuk disebut sehat: pola pikir dan mental yang sehat. Percuma jika hanya pola makan sehat namun pola pikir dan mentalnya tidak sehat, bisa terindikasi menderita gangguan kejiwaan. Untuk memahami apa yang dimaksud makanan sehat, dalam artikel ini kita akan membahas nutrisi apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh. Kemudian kriteria makanan yang termasuk dalam makanan sehat. Dan pembahasan selanjutnya menjelaskan tentang kriteria makanan bergizi seimbang.

Pembahasan mengenai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh sudah banyak disampaikan dalam berbagai seminar, diskusi, jurna, bahkan artikel populer. Namun sayang, belum semua orang memahami dengan baik bagaimana memilih makanan yang memang sesuai dengan kebutuhan nutrisi tubuh. Seringkali, kita tergoda dengan makanan yang terkesan enak. Apa yang dimaksud makanan sehat memang tidak selalu makanan yang memenuhi selera kita.

Bahkan tidak jarang, makanan yang kita inginkan untuk nikmati adalah makanan yang dapat merusak organ tubuh karena kandungan nutrisinya yang minimal dari kebutuhan tubuh. Atau bisa jadi karena terlalu banyak zat tertentu yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan tersebut. Contohnya adalah Pizza, apakah termasuk dalam kriteria apa yang dimaksud makanan sehat bergizi dan seimbang? Jika kita memakannya dalam kondisi lapar dan kekurangan glukosa dan lemak, bisa jadi iya.

Karena tepungnya mengandung glukosa dan gluten tinggi. Keju, daging, sosis, atau kornetnya mengandung protein. Sementara tomat segarnya mengandung vitamin C. Namun, kondisinya berbeda jika pizza tersebut dimakan dalam kondisi tubuh sudah kelebihan lemak. Ditambah setelah makan mengantuk kemudian tidur. Apalagi tidak pernah berolahraga. Maka jangan heran jika tubuh merasa kelebihan nutrisi kemudian berat badan naik tak terkendali. Baik, mari kita pahami apa yang dimaksud makanan sehat dan gizi seimbang.

Nutrisi Harian Tubuh

Nutrisi harian tubuh adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap hari. Pada manusia dewasa, umumnya setiap hari membutuhkan sekitar 2000 kalori. Kalori inilah yang akan digunakan tubuh beraktivitas, mengeluarkan energi dan menjalankan sistem metabolisme. Dari 2000 kalori tersebut, anggaplah kebutuhan nutrisi tercukupi 100%.

Untuk memudahkan perhitungan, berdasarkan kalkulator kebutuhan kalori umumnya manusia membutuhkan protein sebesar 10-15%. kebutuhan lemak sebesar 10-25%, dan karbohidrat 60-75% dari total kalori. Untuk menghitungnya dalam bentuk berat makanan (dalam gram), prosentase tersebut dihitung dari total kalori kemudian dibagi 4.

Misalnya untuk karbohidrat sebanyak 60%*2000 kalori= 1200 kalori/4. Maka setiap hari tubuh manusia membutuhkan sekitar 300 g karbohidrat. Ini berarti jika sekali makan manusia menghabiskan 100 g nasi, maka tidak dibutuhkan lagi karbohidrat selain makan pokok 3 kali tersebut. Perhitungan yang sama dapat diberlakukan pada lemak dan protein.

Perhitungan tersebut berlaku untuk kebutuhan makro tubuh. Sedangkan untuk kebutuhan gizi mikro yang mencakup vitamin, mineral, zat besi, magnesium, dan sebagainya tidak bisa dihitung menggunakan rumus. Karena kebutuhan gizi mikro relatif kecil dengan jenis sumber makanan yang sangat beragam. Kebutuhan gizi mikro dianggap terpenuhi selama ada makanan yang mengandung gizi mikro masuk ke dalam tubuh. Maka selama tubuh menerima buah, air mineral cukup, dianggap telah memenuhi kebutuhan gizi mikro.

Kriteria Makanan Sehat

Apa yang dimaksud makanan sehat adalah setiap makanan yang memenuhi beberapa kriteria berikut. Kriteria makanan sehat yang tercantum dalam daftar berikut dibuat berdasarkan pengamatan dan pengalaman. Karena tidak semua makanan yang tampaknya baik benar-benar sehat untuk dikonsumsi.

Segar

Makanan sehat harus segar, jika berupa hasil alam baik berasal dari tanaman maupun hewan. Baik sayur, buah, daging, ikan, dan lainnya, harus dalam kondisi segar agar masuk dalam kriteria makanan sehat. Sedangkan makanan yang layu, berbau busuk, dan tidak lagi menarik perlu diwaspadai sebagai makanan tidak sehat.

Apa yang dimaksud makanan sehat tidak boleh menyertakan makanan yang tidak layak makan. Meskipun tampilannya menarik namun jika makanan tersebut tidak lagi segar, layak dicoret dari daftar belanjaan. Atau jika sudah terlanjur masuk dalam ruang penyimpanan, harus dipastikan benar-benar masih layak makan atau tidak. Jika tidak, maka harus segera dibuang.

Tidak Basi

Makanan basi tentu tidak bisa digolongkan sebagai makanan sehat. Karena makanan basi mengandung zat yang dapat mengganggu sistem pencernaan dan menimbulkan penyakit bagi tubuh. Untuk mengetahui makanan basi, bisa dilihat dari bau, rasa, dan tampilannya. Pasti sangat jauh berbeda dengan makanan yang masih layak makan.

Tidak Busuk

Makanan busuk biasanya disebabkan oleh adanya bakteri patogen atau lalat yang hinggap dan bertelur. Kemudian bakteri dan telur lalat tersebut berkembang biak di dalam makanan dan menyebabkan pembusukan. Makanan busuk dapat ditandai dengan tampilannya yang berulat, bau yang tidak sedap, dan rasa yang berbeda.

Tidak Beracun

Makanan beracun tidak selalu bisa dilihat dengan kasat mata. Namun dengan mengetahui bahan yang digunakan dan proses pembuatannya, kita dapat terhindar dari makan makanan beracun. Makanan beracun yang terlanjur dikonsumsi dapat menyebabkan gangguan pencernaan hingga kematian.

Halal

Kriteria terakhir dari apa yang dimaksud makanan sehat adalah makanan yang halal. Kriteria ini mungkin hanya berlaku bagi muslim. Tapi tidak masalah jika non muslim juga ikut menerapkannya, karena kriteria makanan halal dapat menyelamatkan tubuh manusia dari makanan yang berbahaya bagi tubuh.

Mengatur Menu Harian Makanan Sehat

Untuk mengatur menu makanan harian agar masuk dalam kriteria apa yang dimaksud makanan sehat, kita harus jeli dan hati-hati. Pertama, harus dipastikan bahwa kebutuhan gizi makro harian terpenuhi. Kedua, kebutuhan gizi mikro juga harus terpenuhi meski dalam jumlah sedikit. Untuk mengatur menu harian kita bisa dibantu dengan pertanyaan: apa yang dimaksud makanan sehat 5 sempurna? Karena dari makanan sehat 5 sempurna tersebut terdapat kebutuhan nutrisi lengkap harian: karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral.

Demikianlah pembahasan mengenai apa yang dimaksud makanan sehat. Semoga membantu untuk menghitung kebutuhan nutrisi harian dan menyesuaikan dengan ragam dan jumlah makanan yang dikonsumsi. Dengan makanan sehat yang dikonsumsi setiap hari semoga menjadikan kita sehat selalu.

Originally posted 2020-11-13 12:32:17.

About admin

Check Also

makanan khusus diet alami

15 Makanan Khusus Diet Alami yang Menyehatkan, Apa Aja?

Diet Sehat – Ada makanan khusus diet alami bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *