Jadwal Diet Sehat Bagi Remaja? Ikuti 7 Tips Di Bawah Ini

DietSehat – Ingin Turunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Bagi Remaja dengan jadwal diet sehat? Ikuti 7 Tips Di Bawah Ini. Masalah obesitas atau kelebihan badan bukan hanya dialami oleh orang dewasa saja. Tetapi anak remaja pun mengalami hal yang sama. Karena gaya hidup yang serba cepat dan instan, membuat beberapa remaja mengalami kenaikan berat badan. Perlu adanya campur tangan orang tua untuk membuat jadwal diet untuk anaknya yang mengalami masalah obesitas.

Sebelum membahas diet untuk remaja, perlu diingat oleh orang tua. Bahwa anak remaja masih dalam tahap pertumbuhan. Oleh karena itu, tidak disarankan memakai diet ketat. Takutnya akan mempengaruhi tumbuh kembangnya. Untuk itu, di bawah ini akan diberikan tips diet sehat untuk anak remaja.

jadwal diet sehatTips Untuk Memulai Jadwal Diet Sehat Untuk Remaja

Menghadapi masalah obesitas pada remaja merupakan tanggung jawab orang tua juga. Tugas orang tua yaitu memandu dan mengarahkan anaknya untuk menjalani diet yang sehat dan aman ketika dijalankan. Untuk itu, diperlukan jadwal diet sehat yang nantinya akan digunakan oleh remaja. Sebelum melaksanakan, ikuti tips diet untuk remaja di bawah ini.

Mengontrol kebiasaan

Untuk mengontrol kebiasaan baik pada remaja perlu kerjasama dengan orang tua. Karena remaja sering mengubah kebiasaan baik dengan pola kebiasaan yang baru ketika mengikuti jadwal diet sehatnya. Misalnya melewatkan makan sarapan, sering minum minuman ringan, membiarkan tubuh untuk tidak makan dalam waktu yang lama, dan keras ketika olahraga. Mereka beranggapan bahwa yang dilakukan bisa membuat badan lebih cepat turun.

Peran orang tua diperlukan di dalam tahapan ini selain mengontrol jadwal diet sehat remaja. Pastikan anak untuk makan dengan asupan gizi yang cukup. Minum air putih lebih banyak dan menghindarkan remaja dari makanan yang manis. Bukan hanya itu saja, orang tua juga perlu mengontrol cemilan yang tak sehat dan minuman bersoda.

Bacalah label makanan

Bukan hanya mengontrol asupan gizinya. Para remaja juga harus sering membaca label makanan. Jangan sampai membeli makanan tapi kandungan kalorinya kosong. Sehingga bisa menghindari makanan tanpa nutrisi. Diperlukan asupan sekitar 2000 kalori per hari untuk remaja yang aktif. Dan jangan lupa untuk menghindari makanan yang dipanggang, di goreng, dan susu fullcream ketika melakukan diet.

Cukup minum air

Bukan rahasia lagi, konsumsi air putih yang cukup baik untuk kesehatan. Selain itu, air putih akan membuat tubuh bekerja dengan optimal. Air putih juga bisa mengeluarkan sisa-sisa racun di dalam tubuh dan meningkatkan laju metabolisme. Jika metabolisme lancar akan membantu proses penurunan berat badan. Air putih juga salah satu jadwal diet sehat yang tidak boleh dilewatkan.

Sarapan

Sarapan merupakan bagian paling penting untuk meningkatkan metabolisme untuk membuat remaja agar aktif sepanjang hari. Banyak studi yang mengatakan bahwa sarapan bisa membantu seseorang yang melakukan penurunan berat badan. Konsumsi sarapan dengan kandungan serat dan gizi yang tinggi. Misalnya sereal, susu, telor, dan sandwich dengan memakai roti gandum.

Kontrol porsi makanan

Langkah selanjutnya untuk mengatur jadwal diet sehat adalah mengontrol porsi makanan. Karena ketika remaja mulai mengontrol porsi yang dimakannya, maka otomatis juga mengontrol asupan kalori yang masuk. Sehingga mengurangi kalori yang berlebihan. Memakai piring lebih kecil juga bisa dilakukan untuk mengatur porsi makanan.

Kurangi makan di luar rumah

Para remaja cenderung biasanya suka makan di luar rumah. Mereka lebih suka nongkrong dan jajan di pinggir jalan bersama teman-temannya. Padahal kebiasaan tersebut tidak baik untuk tubuh mereka. Selain membuat berat badan tidak terkontrol,  karena asupan kalorinya juga tidak terjaga. Jajan di luar juga tidak baik untuk kesehatan karena gizinya belum terjamin baik untuk tubuh.

 Oleh karena itu, batasi untuk makan di luar. Orang tua bisa membuatkan bekal untuk anak dimakan di sekolah ketika jam makan siang. Sediakan cemilan sehat yang bisa dibawa sekolah, misalnya saja buah-buahan. Selain bisa mengurangi makan di luar, tentunya lebih sehat. Dan tidak mengganggu jadwal diet sehat.

Rutin olahraga

Mengurangi makanan bisa terasa sulit bagi remaja yang mengalami obesitas. Coba untuk lebih sering bergerak atau lakukan olahraga secara rutin. Ajak remaja untuk melakukan kegiatan bersama, misalnya bersepeda bersama. Bisa juga jalan santai di sekitar rumah. Tidak perlu terlalu lama, cukup sekitar 30 menit yang terpenting rutin setiap hari. Dengan mengajaknya olahraga bersama orang tua, mereka akan beranggapan bahwa orang tuanya selalu mendukung.

7 tips di atas bisa dilakukan oleh remaja yang menginginkan untuk mengurangi berat badan. Mulai saja dari hal terkecil dulu dan pelan-pelan agar tubuh mereka tidak menolak. Buatlah diskusi jadwal diet sehat dengan mereka. Apa yang diinginkan, bagaimana mewujudkannya, dan lain sebagainya. Buatlah menu sehari-hari yang akan dikonsumsi oleh remaja. Seperti contoh di bawah ini.

Contoh Menu Jadwal Diet Sehat Untuk Remaja

Setelah mengetahui tips sehat untuk remaja, sekarang waktunya mengatur menu yang akan mereka makan sehari-hari. Usahakan kesehariannya mengonsumsi beberapa makanan. Misalnya oatmeal, susu yang lowfat, telur, roti gandum, nasi merah atau putih, dan lain sebagainya. Berikut contoh menu diet untuk remaja.

Menu pagi

Jadwal diet sehat untuk menu pagi cukup makan dengan 3 sendok makan oatmeal. Yang akan dikonsumsi secara rutin selama 30 hari. Oatmeal bukan hanya bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol, ternyata bisa membantu mengurangi rasa lapar. Karena oatmeal akan lebih tahan lama berada di dalam lambung.

Selanjutnya adalah minum susu, usahakan susu lowfat. Selain rendah gula tapi memiliki kandungan serat dan kalsiumnya tinggi. Ingat, tidak usah memakai gula. Jika belum terbiasa, bisa gunakan gula jagung asalkan tidak berlebihan.  Untuk cemilannya bisa memakan roti gandum sandwich. Isiannya meliputi telur yang bisa ditambahkan garam. Bagi dua sandwich tersebut. Satu bagian langsung dimakan, bagian lainnya disimpan.

Menu siang

Untuk menu siang, bebas boleh memakan makan apa saja, asalkan tidak mengganggu jadwal diet sehat. Disarankan makan makanan yang direbus, panggang, atau bakar. Hindari makanan gorengan. Contohnya pilihan menu nasi plus ayam bakar. Untuk nasi, bisa nasi putih atau merah. Sedangkan ayamnya pilih bagian dada karena rendah lemak. Untuk cemilannya, makan sisa sandwich dari cemilan menu pagi. Atau bisa diganti buah.

Simak artikel lainnya disini.

Menu malam

Untuk menu malam, bisa disamakan dengan menu siang. Tapi kurangi porsi nasinya. Agar menu tersebut sehat, bisa ditambahkan salad sayur lebih banyak. Untuk cemilannya, disarankan makan buah-buahan. Misalnya apel, anggur, alpukat, dan lain sebagainya. Jangan lupa untuk minum air putih secukupnya.

Itulah contoh menu  jadwal diet sehat untuk remaja. Terapkan pola makan sehat, apalagi mereka masih dalam tahap pertumbuhan. Proses diet untuk remaja harus didukung gizi yang seimbang agar tidak mengganggu tumbuh kembang remaja. Kerjasama orang tua sangat diperlukan, supaya mereka menjalankan diet tidak berlebihan. Semoga bermanfaat.

Originally posted 2020-10-10 10:57:00.

Tinggalkan komentar