7 Tips Turunkan Berat Badan, Tetapkan Jadwal Diet Sehat Salah Satunya

DietSehatJadwal diet sehat bisa menjadi panduan disiplin dalam menjalankan diet. Tidak dapat dipungkiri jika standar cantik tidak dilihat dari ukuran tubuh. Namun seringkali masalah kesehatan karena kelebihan berat badan ini menjadikan penyandangnya merasa tidak nyaman. Ini karena orang dengan kelebihan berat badan akan cenderung merasa tidak percaya diri dengan penampilannya sendiri.

Alasan tersebutlah yang tidak jarang menjadi motivasi diri untuk mulai memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat. Hal ini karena penerapan gaya hidup rupanya memberikan pengaruh yang cukup vital untuk mengontrol berat badan. Maka dari itu, dapat disimpulkan jika upaya diet yang dilakukan baiknya dimulai dengan perubaan gaya hidup saja.

jadwal diet sehat

Tips Turunkan Berat Badan, Tetapkan Jadwal Diet Sehat Salah Satunya

Perubahan gaya hidup tentunya sangat kompleks. Mulai dari kebersihan lingkungan, pola makan, hingga perilaku atau kebiasaan-kebiasaan baik lainnya. Nah, di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk kurangi BB, dengan menetapkan jadwal diet sehat salah satunya. Tips ini adalah tips ampuh yang dapat turunkan berat badan tanpa efek samping.

Tetapkan target diet

Tips turunkan berat badan yang pertama adalah dengan memantapkan niat dan menetapkan target diet. Langkah ini meskipun sering disepelekan merupakan langkah yang paling penting untuk dilakukan. Sebab akan percuma saja jika Anda melakukan serangkaian diet jika tidak tahu tujuan apa yang hendak dicapai.

Begitu pun dengan target. Penetapan target yang realistis tak kalah penting ketika hendak lakukan diet sehat. Hal ini karena umumnya, hasil yang ditunjukkan dengan diet sehat tidak langsung muncul secara signifikan. Namun perlahan-lahan. Maka dari itu, di samping menetapkan jadwal diet sehat, Anda pun wajib memiliki target diet. Di awal-awal, Anda bisa gunakan target yang ringan saja, misal dengan menurunkan BB 2 kg dalam satu bulan.

Buat jadwal diet harian

Tips kurus yakni dengan membuat jadwal harian. Pembuatan jadwal ini sangat membantu jika Anda adalah tipikal orang yang mudah lupa dengan apa yang sudah anda kerjakan. Lupa sudah makan, suka sudah ngemil ini-itu misalnya. Mengingat pola makan adalah hal yang dapat pengaruhi program diet yang Anda jalankan, maka sudah menjadi keharusan anda untuk mulai membuat jadwal sekarang juga.

Menurut para ahli, jadwal makan terdiri atas tiga waktu, yakni pagi, siang, dan sore. Yang perlu diingat, sarapan adalah jadwal makan yang tidak boleh Anda lewatkan. Sebab sarapan diibaratkan seperti pemasok energi untuk Anda gunakan hingga siang hari. Jika kebutuhan kalori harian anda ialah 1500—1700-an, setidak-tidaknya sarapan membutuhkan 300—400 kalori di antaranya. Inilah yang membuat sarapan wajib ada di jadwal diet sehat.

Perbanyak konsumsi serat

Ada banyak alasan mengapa Anda disarankan untuk mengonsumsi banyak buah dan sayur. Hal ini karena melalui dua sumber nutrisi tersebutlah Anda mendapat pasokan serat yang cukup untuk kesehatan pencernaan. Serat adalah nutrisi yang tidak dapat dicerna oleh tubuh sebagaimana nutrisi lain seperti karbohidrat, protein, maupun lemak. Sebaliknya serat yang dapat mengikat air dengan efektif ini akan lewat begitu saja di dalam tubuh.

Selain itu, serat alami juga digadang-gadang dapat bantu Anda turunkan berat badan. Manfaat ini bisa Anda dapat karena konsumsi serat akan membuat Anda kenyang lebih lama. Keadaan ini akan memungkinkan Anda dapat mengurangi asupan kalori melalui camilan atau makanan besar yang Anda konsumsi. Sehingga selain protein, makanan kaya serat menjadi daftar makanan yang wajib ada pada menu di jadwal diet sehat Anda.

Pilih-pilih makanan untuk dikonsumsi

Diet yang Anda lakukan memang mau tidak mau mengharuskan Anda mulai memilih-milih makanan untuk dikonsumsi. Bahkan, bisa dibilang mulai harus menghindari berbagai makanan yang memberikan efek atau dampak buruk bagi tubuh. Seperti makanan cepat saji, makanan dalam kemasan, bahkan makanan yang diolah dengan cara yang tidak sehat. Gorengan, misalnya.

Banyak alasan mengapa berbagai gorengan sebaiknya Anda hindari. Di antaranya ialah karena tingginya kandungan kalori dan kolestrolnya. Selain itu, terlalu banyak konsumsi gorengan juga dapat memicu hipertensi. Namun seringkali, meski telah tetapkan jadwal diet sehat pun, Anda akan dengan mudah tergoda untuk konsumsi makanan-makanan ini. Nah, solusinya ialah mengganti minyak goreng dengan minyak jagung atau minyak zaitun yang lebih sehat.

Hilangkan kegemaran ngemil

Ngemil merupakan satu di antara kebiasaan buruk yang dapat sebabkan kenaikan berat badan. Sehingga ketika jalankan diet sehat, Anda tentunya akan sangat diwanti-wanti supaya menghindari kegemaran yang satu ini. Ini karena umumnya, diet adalah waktu ketika anda harus memiliki jam puasa untuk tubuh Anda tidak mendapat asupan kalori sama sekali. Sebab inilah waktu untuk tubuh memproses makanan yang sudah Anda masukkan dalam tubuh.

Nah, untuk Anda yang tidak bisa menahan diri dari kebiasaan ini. Ada alternatif cara yang bisa Anda lakukan. Salah satunya ialah mengganti camilan Anda menggunakan makanan 0 kalori, seperti mentimun, semangka, asparagus, wortel, dan lain sebagainya. Sangat sedikitnya kalori yang dikandung makanan tersebut membuat makanan ini aman untuk anda konsumsi di sela-sela jadwal diet sehat. Meski begitu, hanya dalam jumlah wajar yaaa.

Hilangkan kebiasaan mager

Tips turunkan berat badan tanpa efek samping yang bisa Anda lakukan berikutnya adalah dengan hilangkan kebiasaan mager. Mager atau males gerak yang seringkali muncul ketika kelelahan atau ketika bosan ini adalah rasa yang harus anda buang jauh-jauh. Hal ini karena mager dan malas-malasan yang sering dalam waktu yang lama dapat sebabkan masalah kesehatan yang cukup serius. Otot kaku, sakit kepala, dan lain sebagainya.

Mengapa demikian? Hal ini karena ketika Anda mager, tubuh tidak akan memiliki keseimbangan antara dari energi yang masuk dari makanan dan energi yang keluar melalui aktifivitas. Nah, energi tidak terpakai inilah yang ditimbun tubuh sebagai cadangan makanan dalam bentuk lemak. Anda tidak mau tubuh penuh gelambir karena timbunan lemak, bukan? Karenanya, selain tetapkan jadwal diet sehat, anda tidak boleh bermalas-malasan.

Simak artikel lainnya disini.

Lakukan olahraga ringan

Kemudian, tips turunkan berat badan yang terakhir adalah dengan lakukan olahraga ringan dan itu harus masuk dalam jadwal diet sehat. Manfaat olahraga bukan saja dapat memperkuat otot dan tulang, namun dapat juga untuk membakar kalori tubuh. Sementara itu, bagi Anda yang super sibuk, ada beberapa rekomendasi olahraga ringan yang bisa Anda lakukan. Olahraga yang bahkan bisa Anda lakukan di rumah. Di antaranya ialah skipping, push up dan sit up, plank, dan lain sebagainya.

Demikianlah pemaparan mengenai beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk turunkan berat badan tanpa efek samping memakai jadwal diet sehat. Dengan patuh dan konsisten pada jadwal diet serta hindari pantangan-pantangan diet sehat, niscaya keinginan Anda untuk kurus bukan khayalan lagi. Sebaliknya, segera mantapkan niat dan buat target diet sehat Anda.

About admin

Check Also

jadwal diet sehat

Jadwal Diet Sehat Bagi Remaja? Ikuti 7 Tips Di Bawah Ini

DietSehat – Ingin Turunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Bagi Remaja dengan jadwal diet sehat? Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *