Selain Buat Jadwal Diet Sehat, Ini 7 Cara Cepat Turunkan Berat Badan

DietSehat – Selain Buat Jadwal Diet Sehat, Ini 7 Cara Cepat Turunkan Berat Badan! Banyak hal tidak menyenangkan yang sering diterima oleh orang dengan kelebihan berat badan. Salah satunya adalah tidak dapat dilepaskannya ia dari bullying. Inilah yang kemudian menjadikan tidak sedikit orang mencari banyak cara untuk lakukan diet. Juga menjadi keputusan yang tepatlah jika memilih dengan jalan diet sehat.

Diet sehat digadang-gadang menjadi cara yang paling aman untuk menurunkan berat badan. Hal ini karena pada dasarnya, diet ini dilakukan dengan perubahan menuju gaya hidup yang lebih sehat. Sehingga bisa dikatakan, jika diet yang sehat ini merupakan cara penurunan BB dengan pembiasaan hal-hal yang baik dan menghindari kebiasaan yang tidak baik.jadwal diet sehat

Selain Buat Jadwal Diet Sehat, Ini 7 Cara Cepat Turunkan Berat Badan

Tidak dapat dipungkiri jika membuat jadwal diet sehat menjadi salah satu cara yang efektif untuk susutkan berat badan. Tapi nyatanya, ada banyak cara lain yang bisa dilakukan untuk maksimalkan hasil tersebut. Nah, berikut ini adalah 7 cara cepat turunkan berat badan.

Memilih jenis makanan

Ada banyak hal yang dapat menjadi faktor resiko kegemukan. Salah satunya ialah karena tidak memilah dan memilih makanan yang dikonsumsi. Kebiaasaan ini menjadi kebiasaan nomor satu yang harus Anda hindari ketika Anda telah memutuskan untuk diet. Sebab, mengonsumsi sembarang makanan tanpa memperhatikan kebutuhan kalori harian dapat membuat Anda mengalami kegemukan.

Dalam usaha memilih jenis makanan, setidak-tidaknya ada beberapa jenis makanan yang wajib anda hindari. Di antaranya ialah makanan yang tinggi gula dan garam yang diolah dengan cara yang tidak sehat. Maka dari itu, Anda memiliki keharusan untuk memerhatikan betul menu yang ada dalam jadwal diet sehat anda.

Mengatur jumlah makanan

Cara diet sehat berikutnya ialah dengan mengatur jumlah makanan. Cara yang satu ini bukan berarti Anda memangkas asupan makanan Anda secara signifikan dalam sekali waktu. Namun, dilakukan dengan sedikit demi sedikit mengurangi porsi makan anda. Dan nutrisi yang dapat menjadi sasarannya ialah karbohidrat. Bahkan pada jenis diet tertentu, Anda dituntut untuk konsumsi sangat sedikit karbohidrat atau tidak mengonsumsinya sama sekali.

Sementara itu, alternatif cara yang bisa anda lakukan untuk mengatur jumlah makanan adalah dengan gunakan piring yang lebih kecil. Hal ini karena berdasar pada penelitian yang dilakukan oleh America’s Cornell University, menggunakan pirng kecil ketika makan dapat kurangi BB bingga 0,9 kg per bulan. Tentu hasil yang cukup signifikan, bukan? Alasan inilah yang membuat cara ini bisa Anda lakukan untuk diet selain membuat jadwal diet sehat.

Membuat jadwal mengonsumsi makanan

Jadwal maka menjadi satu komponen penting dalam metode diet yang menerapkan 3J, yakni mengatur jenis makanan, jumlah makanan, dan jadwalnya. Hal ini karena ketepatan mengonsumsi makanan dengan jumlah tertentu saja tidak cukup efektif untuk turunkan berat badan. Sementara itu, diet dengan menerapkan 3J ini bisa Anda lengkapi dengan membuat jadwalnya sekalian.

Pertanyaannya, jadwal diet sehat seperti apa yang bisa percepat munculkan hasil diet yang diinginkan? Jawabannya yakni jadwal diet yang berisi menu-menu apa saja yang akan Anda konsumsi untuk sarapan, makan siang, dan makan malam. Hal ini karena meski pun anda disarankan untuk kurangi porsi makan, Anda tidak diperbolehkan meninggalkan sarapan ini. Sebab, sarapan pagi merupakan pasokan energi untuk anda beraktivitas sepanjang hari.

Konsumsi lebih banyak protein ketimbang karbohidrat

Tak sedikit dari ahli gizi yang menyarankan untuk Anda lebih banyak konsumsi protein ketimbang karbohidrat. Hal ini tentu bukan tanpa alasan. Sebab, beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa protein akan membuat anda merasa kenyang lebih lama. Bahkan, hanya dengan mengonsumsi sedikit makanan saja. Dan bukan itu saja, yang menarik dari nutrisi ini adalah kemampuannya mengurangi kadar hormon ghrelin yang picu munculnya rasa lapar.

Hal tersebutlah yang menjadikan makanan sumber protein baik nabati maupun hewani menjadi salah satu komponen penting yang harus ada di jadwal diet sehat anda. Di antara sumber nutrisi tersebut adalah telur, yogurt, tuna, dan lain sebagainya. Selain baik untuk diet, makanan sumber protein ini pun juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan tulang.

Perbanyak konsumsi serat

Cara diet sehat berikutnya ialah dengan konsumsi makanan yang kandung banyak serat. Sebab, selain dapat mengontrol kadar kolestrol dan lancarkan BAB, serat juga dapat bantu mengurangi berat badan. Akan tetapi, fakta yang diungkap oleh The American Dietetic Association menunjukkan jika sangat sedikit orang yang memenuhi kebutuhan seratnya setiap hari.

Lalu, berapa kebutuhan serat setiap hari? Berdasarkan studi dan uji klinis yang dilakukan oleh Badan Kesehatan Dunia, seseorang memerlukan setidak-tidaknya 25-29 gram serat setiap harinya. Kebutuhan harian ini harus dipenuhi untuk mendapatkan hasil kesehatan yang optimal. Di antara sumber serat alami yang bisa anda masukkan pada menu dalam jadwal diet sehat Anda adalah kacang dan biji-bijian.

Perbanyak konsumsi air putih

Tidak dapat dipungkiri jika air merupakan mineral yang penting dalam tubuh. Inilah yang kemudian membuat tubuh memiliki kebutuhan harian terhadap cairan yang harus Anda penuhi. Setidaknya, laki-laki harus mengonsumsi 2 liter air setiap harinya. Sementara perempuan lebih sedikit yakni dengan konsumsi 1,6 liter atau setara dengan 3 botol saja.

Kebutuhan air tersebut wajib untuk dipenuhi. Sebab jika tidak, tubuh akan mengalami dehidrasi. Sebaliknya banyak manfaat yang anda dapat dengan mencukupi kebutuhan harian tubuh ini. Salah satunya yakni bantu turunkan berat badan karena air membuat anda kenyang lebih lama. Karenanya, selain tetapkan jadwal diet sehat, anda pun wajib penuhi kebutuhan cairan harian ini.

Simak artikel lainnya disini.

Tidak tidur larut malam

Cara diet sehat terakhir yang bisa Anda biasakan adalah dengan tidak tidur larut malam. Hal ini karena banyak efek buruk yang muncul karena terlalu sering begadang. Selain membuat Anda mengantuk ketika siang hari, tidur larut malam juga pengaruhi kemampuan kognitif, emosi, dan tingkatkan risiko masalah kesehatan lainnya.

Sehingga selain membuat jadwal diet sehat, Anda pun harus memperhatikan jadwal tidur Anda. Yakni 7—9 jam setiap hari untuk orang dewasa dan 10—13 jam setiap hari untuk anak-anak. Cukup tidur juga akan memudahkan anda bangun lebih pagi. Bukankah pagi adalah waktu terbaik untuk berolahraga, kan? Dengan membiasakan diri untuk bangun pagi juga akan membuat Anda merasa segar sebelum berangkat sekolah maupun berangkat kerja.

Demikianlah pemaparan mengenai beberapa cara cepat turunkan berat badan yang bisa Anda lakukan selain membuat jadwal diet sehat. Cara-cara tersebut juga merupakan cara yang efektif untuk bantu membentuk tubuh Anda. Juga satu lagi, gaya hidup sehat berangsur-angsur menjadi kebiasaan ini pun akan berikan dampak positif bagi Anda sendiri.

About admin

Check Also

jadwal diet sehat

3 Jadwal Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui, Simak!

DietSehat – 3 Jadwal Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui! Setiap wanita yang hamil pasti mengalami

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *