7 Cara Diet Alami dan Mudah untuk Mengurangi Berat Badan

Diet Sehat – Berbagai cara diet alami dan mudah dapat dilakukan untuk mengurangi berat badan. Banyak orang yang menginginkan untuk menurunkan berat badan karena berbagai alasan. Mulai dari alasan kesehatan, alasan kecantikan, dan alasan-alasan lainnya. Oleh karena itu, diet merupakan pilihan yang baik untuk mencapai berat badan ideal. Berat badan ideal dapat dicapai dengan berbagai usaha yang harus dilakukan melalui program diet yang sehat.

Banyak orang yang menginginkan berat badan ideal melalui berbagai cara. Bahkan tak jarang, seseorang menggunakan cara diet ekstrim yang dapat membahayakan tubuh. Selain itu penggunaan obat untuk melangsingkan badan kerap kali digunakan untuk mencapai tubuh ideal. Makadari itu, cara diet alami lebih baik digunakan untuk mengurangi berat badan dengan cara yang sehat. Berikut ini cara diet alami dan mudah untuk mengurangi berat badan.

cara diet alami dan mudah

Inilah Cara Diet Alami dan Mudah

Adapun cara diet alami, mudah dibuat dan ampuh adalah :

Tingkatkan Konsumsi Sayur

Cara diet alami dan mudah yang pertama adalah dengan meningkatkan konsumsi sayur-sayuran. Pada saat diet, umumnya rasa lapar akan lebih mudah dirasakan karena porsi makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak dikurangi. Dibutuhkan sumber serat yang tinggi untuk mengatasi rasa lapar sekaligus menjadi menu diet sehat untuk menurunkan berat badan. Sayur merupakan makanan yang mengandung banyak serat tinggi di dalamnya.

Sayuran termasuk ke dalam makanan yang rendah kalori. Bahkan, beberapa jenis sayuran seperti lada memiliki jumlah kalori yang sangat rendah. Makanan yang memiliki kalori rendah berguna untuk mendukung proses diet. Hal ini karena pada proses diet dibutuhkan kalori yang rendah untuk melakukan defisit kalori. Dengan defisit kalori, maka berat badan secara berangsur-angsur akan turun dan tercapai bentuk badan ideal.

Memperbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan kebutuhan dasar setiap manusia. Ternyata, air putih dapat digunakan untuk memperlancar proses diet yang sedang dilakukan. Meminum air putih dengan jumlah banyak dapat meningkatkan proses metabolisme tubuh yang baik untuk pembakaran lemak di dalam tubuh. Maka dari itu, disarankan untuk memperbanyak minum air putih untuk menurunkan berat badan dalam cara diet alami dan mudah.

Setiap bangun dari tidur, biasakan untuk meminum satu gelas penuh air putih. Pada saat tidur dengan durasi 7-8 jam, maka tubuh akan kekurangan cairan sehingga dimungkinkan terjadi dehidrasi. Dengan meminum air putih, maka tubuh akan terhindar dari dehidrasi dan memberirasa kenyang. Selain itu, meminum segelas air putih sebelum makan dapat membantu untuk membatasi porsi makan karena memberikan rasa kenyang di awal.

Jangan Terpaku pada Angka pada Timbangan

Dalam menjalankan cara diet alami dan mudah sehat, maka harus bersabar dan rajin mengikuti prosedurnya. Diperlukan beberapa waktu untuk mendapatkan berat badan yang ideal. Oleh karena itu, jika berat badan tidak cepat turun buka berarti diet telah gagal. Justru lemak yang ada di badan sedang dibakar karena penurunan berat badan karena pembakaran lemak lebih lambat daripada penurunan berat badan karena penurunan jumlah air dalam tubuh.

Oleh karena itu jangan terlalu terpaku terhadap angka yang tertera pada timbangan. Selama usaha yang dilakukan telah maksimal dengan melakukan olahraga dan pola makan yang sehat, maka berat badan pasti berangsur-angsur menurun. Hasil tersebut lebih baik daripada diet ekstrim yang dapat memicu efek samping karena kurangnya asupan nutrisi tubuh. Hal tersebut justru berdampak buruk terhadap tubuh ke depannya. Baca juga 8 Ramuan untuk Diet Alami Cepat dan Efektif, Patut Dicoba!

Konsumsi Nasi Merah

Sebagai salah satu makanan pokok, sangat sulit membatasi konsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat tubuh. Meskipun nasi putih banyak dihindari ketika sedang melakukan diet, namun karena kebiasaan memakan nasi putih, maka larangan tersebut sulit untuk dilakukan bagi beberapa orang. Bagi orang yang tidak dapat meninggalkan konsumsi nasi, maka nasi merah dapat menjadi solusinya sebagai cara diet alami dan mudah.

Kemudian nasi merah juga telah dikenal sebagai menu diet yang digunakan untuk menggantikan nasi putih. Nasi merah memiliki kalori yang lebih rendah daripada nasi putih sehingga lebih aman dikonsumsi ketika diet. Selain itu nasi merah lebih banyak mengandung serat sehingga memberikan efek kenyang yang lebih lama. Nasi merah dapat dikombinasikan dengan lauk lainnya seperti layaknya mengkonsumsi nasi pada umumnya.

Jalan Kaki

Salah satu cara diet alami dan mudah adalah dengan melakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki. Olahraga penting dilakukan ketika sedang diet agar lemak yang dibakar dalam tubuh lebih banyak. Jika pola makan sudah sehat namun tidak diiringi dengan olahraga, maka pembakaran lemak kurang maksimal. Maka dari itu, penting untuk melakukan olahraga. Olahraga dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari olahraga santai maupun berat.

Dengan berbagai kesibukan aktivitas, terkadang sulit menyisihkan waktu untuk olahraga. Namun, sebenarnya olahraga dapat dilakukan dengan mudah. Cukup dengan berjalan kaki selama 15 menit setiap hari, maka hal tersebut membantu proses pembakaran lemak di dalam tubuh. Cara diet alami dan mudah ini cukup efektif sebagai salah satu bentuk olahraga untuk membantu proses menurunkan berat badan secara efektif dan mudah dilakukan.

Olahraga RinganSebelum Tidur

Waktu luang yang dapat dimanfaatkan untuk berolahraga adalah ketika hendak tidur. Olahraga ketika hendak tidur dapat dilakukan di atas kasur. Hal ini cocok bagi seseorang yang sedang malas bergerak atau terlalu lelah untuk berolahraga berat. Beberapa jenis gerakam olahraga yang dapat dilakukan sebelum tidur adalah dengan melakukansit-up, push-up, gerakan mengangkat kaki, dan gerakan ringan lainnya.

Dengan tetap olahraga ringan meskipun sambil memegang handphone atau melihat televisi, hal tersebut lebih baik daripada sedikit bergerak. Olahraga ringan membantu proses pembakaran lemak yang baik untuk mengurangi berat badan dalam cara diet alami dan mudah.Olahraga ringan ini cocok untuk dilakukan bagi orang yang tidak memiliki banyak waktu luang.

Minum Air Jeruk Nipis

Buah-buah yang mengandung vitamin C, baik untuk dikonsumsi ketika sedang diet. Contoh buah yang baik untuk dikonsumsi ketika diet adalah lemon. Namun, lemon memiliki harga yang cukup mahal daripada buah-buah lainnya. Sebagai solusi, konsumsi lemon pada proses diet dapat diganti dengan jeruk nipis yang memiliki harga lebih murah. Jeruk nipis dapat menjadi salah satu ramuan diet yang baik untuk menyukseskan program diet.

Cara menggunakan jeruk nipis sebagai salah satu minuman ketika diet adalah menggunakan air sari jeruk nipis. Pertama, peras jeruk nipis untuk mendapatkan sarinya. Kemudian tambahkan air hangat atau air dingin ke dalam sari air jeruk nipis. Minum ramuan jeruk nipis setiap hari pada saat pagi hari atau malam hari untuk membantu proses pembakaran lemak yang ada di dalam tubuh. Jangan lupa untuk meminumnya secara rutin.

Cara diet alami dan mudah di atas dapat menjadi pilihan untuk membantu mengurangi berat badan. Setelah membaca artikel ini, cukup mudah bukan untuk melakukan diet? Pastikan tetap menjaga kesehatan dengan asupan nutrisi yang cukup ketika menjalani program diet. Semoga artikel mengenai cara diet alami dan mudah ini membantu program diet Anda.

Tinggalkan komentar