5 Cara Diet Alami dengan Jeruk Nipis, Serai dan Teh, Simak Langkahnya!

Diet Sehat – Memiliki tubuh langsing dengan berat badan ideal menjadi dambaan hampir semua wanita. Cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh akhir-akhir ini banyak diperbincangan dan menjadi pilihan diet. Jeruk nipis, serai, dan teh merupakan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan.

Manfaat rebusan serai dan jeruk nipis untuk menurunkan berat badan sudah diketahui sejak lama. Senyawa yang terdapat dalam serai dan jeruk nipis juga mampu membantu tubuh untuk membakar lemak dan kalori. Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C dan asam sitrat yang tinggi. Asam sitrat dalam jeruk nipis ini akan menaikan metabolisme tubuh sehingga akan membakar lemak lebih banyak.

Cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh

Inilah Cara Diet Alami dengan Jeruk Nipis, Serai dan Teh

Memulai pagi dengan mengkonsumsi seduhan jeruk nipis, serai, dan teh dapat meningkatkan mood sepanjang hari. Aroma yang dihasilkan dari serai bercampur dengan jeruk nipis akan memberikan efek menenangkan. Mengkonsumsi seduhan jeruk nipis, serai, dan teh secara teratur dapat membuat tubuh bugar dan berat badan menurun. Berikut adalah tips cara diet alami dengan jeruk nipis serai dan teh.

1. Buat Ramuan Jeruk Nipis, Serai, dan Teh

Cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh sangat mudah dilakukan. Bahan-bahan yang dibutuhkan sangat mudah diperoleh dan cara membuatnya pun cukup sederhana. Bahan dan cara membuat minuman jeruk nipis, serai, dan teh adalah sebagai berikut.

Bahan :

  • 2 buah jeruk nipis
  • 3 batang serai
  • 1 kantong teh celup
  • 5 gelas air

Cara Membuat :

  • Potong serai masing-masing menjadi 4 bagian kemudian digeprek
  • Potong jeruk nipis menjadi bulatan-bulatan tipis
  • Masukan potongan serai dan jeruk nipis ke dalam panci
  • Tambahkan teh celup atau teh apapun sesuai selera
  • Tuangkan air ke dalam panci
  • Rebus hingga air tersisa kurang lebih sebanyak dua gelas
  • Saring dan bagi menjadi dua gelas
  • Dinginkan dan minuman siap dikonsumsi

2. Minum Seduhan Jeruk Nipis, Serai dan Teh 2 kali Sehari

Seduhan jeruk nipis, serai, dan teh yang telah disiapkan sebaiknya dikonsumsi dua kali sehari. Pagi hari dan malam hari sebelum tidur adalah saat yang tepat untuk mengkonsumsi ramuan ini. Manfaat serai dan jeruk nipis untuk mengecilkan badan akan semakin maksimal jika dikonsumsi tanpa gula. Oleh karena itu pastikan untuk tidak menambahkan pemanis atau gula ketika mengkonsumsi ramuan tersebut. 

3. Menghindari Minum Apapun Saat Makan

Untuk memaksimalkan cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh, sebaiknya hindari untuk mengkonsumsi minuman apapun saat sedang makan. Minum hanya dilakukan sebelum makan dan setelah makan, bukan saat sedang makan. Jika terpaksa harus minum saat sedang makan, sebaiknya minumlah air putih dengan jumlah sesedikit mungkin.  

4. Batasi Konsumsi Makanan dan Minuman Manis

Membatasi konsumsi makanan dan minuman manis harus dilakukan untuk mendukung cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh. Makanan dan minuman manis justru akan membuat tubuh semakin sulit untuk diturunkan beratnya. Asupan gula yang berlebih ke dalam tubuh dapat menyebabkan penumpukan kalori sehingga tubuh akan menjadi gemuk. Defisit kalori sangat penting untuk mendukung diet alami dengna jeruk nipis, serai dan teh.

5. Rajin Berolahraga

Cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh haruslah didukung dengan olahraga yang teratur. Banyak jenis olahraga yang akan membantu mempercepat proses penurunan berat badan. Jenis olahraga kardio sangat disarankan untuk rutin dilakukan. Olahraga akan mempercepat proses pembakaran kalori di dalam tubuh sehingga berat badan akan semakin menurun.

Serai memiliki kandungan citral yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Senyawa-senyawa yang terkandung dalam serai sangat bagus untuk mengatasi beragam masalah perut seperti misalnya perut kembung, sembelit dan gangguan pencernaan lainnya. Cara mengecilkan perut dengan serai dan jeruk nipis kini banyak dilakukan oleh para wanita.

Manfaat Cara Diet Alami dengan Jeruk Nipis, Serai dan Teh

Diet alami selalu memberikan manfaat yang baik bagi tubuh jika dilakukan dengan benar. Cara-cara diet yang memanfaatkan bahan-bahan alami tidak bisa memberikan hasil secara instan. Manfaat cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh antara lain sebagai berikut:

1. Bahan Mudah Didapatkan

Jeruk nipis, serai dan teh adalah bahan-bahan yang sangat mudah didapatkan. Serai merupakan salah satu bumbu dapur yang dapat dengan mudah didapatkan di pasar atau pedagang sayur keliling. Banyak juga keluarga yang menanam serai di pekarangan rumah. Teh dan jeruk nipis juga bukanlah barang yang sulit untuk didapatkakn. Hampir semua keluarga memiliki persediaan teh di rumahnya.

2. Mudah Dibuat dan Murah

Seperti telah dijelaskan pada bagian sebelumnya, cara membuat ramuan jeruk nipis, serai dan teh sangatlah mudah. Tidak memerlukan keahlian dan kecakapan khusus. Selain mudah, bahan-bahan yang digunakan juga relatif murah dibandingkan harus membeli obatan-obatan atau suplemen pelangsing tubuh. Baca juga Diet Alami dan Cepat Langsing, Cukup 3 Langkah Kurus Tanpa Tersiksa!

3. Menyehatkan Saluran Pencernaan

Kandungan citral yang ada pada serai akan membantu proses pencernaan makanan. Proses pencernaan makanan yang berlangsung baik akan membuat saluran pencernaan menjadi sehat. Cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh tidak hanya akan membuat tubuh menjadi langsing namun juga akan menyehatkan saluran cerna.

4. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C  dan antioksidan yang tinggi pada jeruk nipis akan membantu membantu tubuh untuk melawan radikal bebas. Sama halnya dengan jeruk nipis, serai juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Kandungan vitamin C yang tinggi pada jeruk nipis akan menutrisi kulit sehingga membuat kulit semakin sehat dan berseri.

5. Menstabilkan Tekanan Darah

Cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh ternyata tidak hanya menurunkan berat badan namun juga menstabilkan tekanan darah. Selain itu ramuan jeruk nipis, serai dan teh ternyata juga mampu menjaga detak jantung agar tetap normal. Meski demikian, orang yang mengalami gangguan pada jantung sebaiknya menghindari minuman ini karena dapat semakin melemahkan detak jantung.  

6. Menyehatkan Gigi

Tahukah bahwa cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh ini ternyata mampu menyehatkan gigi? Serai mengandung minyak esensial yang mampu melawan kuman yang berpotensi  merusak gigi dan juga mampu melawan infeksi mulut. Mengkonsumsi minuman seduhan jeruk nipis, serai dan teh dipercaya dapat menghilangkan bau mulut sehingga membuat nafas lebih segar.

Meskipun belum ada penelitian khusus mengenai efek samping ramuan jeruk nipis, serai dan teh, namun sebaiknya tidak mengkonsumsi secara berlebihan. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu mungkin akan sensitif dengan kandungan atau senyawa yang terdapat pada jeruk, serai dan teh. Berkonsultasi dengan dokter  bagi orang dengan kondisi kesehatan khusus sangatlah disarankan.

Cara diet alami dengan jeruk nipis, serai dan teh tetaplah harus diimbangi dengan pola makan yang baik, gaya hidup sehat dan juga olahraga teratur. Konsumsi ramuan jeruk nipis, serai dan teh secara teratur untuk menurunkan berat badan sesuai keinginan. Disiplin dan konsistensi menjadi kunci keberhasilan diet. Selamat mencoba.

Originally posted 2020-10-28 14:11:29.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *