8 Cara Diet Alami Tanpa Makan Nasi, Aman Dilakukan!

Diet Sehat – Cara diet alami tanpa makan nasi dapat disebut sebagai salah satu cara menurunkan berat badan secara efektif. Sebenarnya, kandungan karbohidrat di dalam nasi harusnya digunakan untuk melakukan segala aktivitas secara seimbang agar tidak terjadi penumpukan lemak berlebih di salah satu bagian tubuh.

Akan tetapi, seringkali Anda lalai untuk memperhitungkan asupan nutrisi bagi tubuh dengan berbagai aktivitas yang dimaksudkan untuk membakar lemak. Misalnya saja, Anda mengonsumsi nasi sebanyak 4 kali dalam sehari, sementara aktivitas yang Anda lakukan hanyalah tidur atau rebahan saja. Tentu hal ini akan menimbulkan penumpukan lemak di tubuh. Berikut terdapat cara diet alami pengganti karbohidrat yang dapat Anda terapkan.

Cara diet alami tanpa makan nasi

Inilah Cara Diet Alami Tanpa Makan Nasi

Sumber karbohidrat tak hanya berasal dari nasi. Meski merupakan salah satu makanan pokok orang Asia, khususnya Indonesia, konsumsi nasi secara berlebihan nyatanya tidak selalu baik bagi kesehatan. Simak tips diet tanpa nasi di bawah ini:

1. Ketahui Kebutuhan Nutrisi Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan diet tanpa nasi adalah mengetahui kebutuhan nutrisi Anda. Bagaimana aktivitas Anda sehari-hari? Apakah Anda bekerja selama 12 jam dalam sehari, melakukan aktivitas tertentu yang mungkin membakar lemak, atau sebagian besar waktu Anda dihabiskan untuk beristirahat saja?

Anda harus mengetahui secara pasti seberapa padatnya kegiatan Anda dalam sehari. Sebagai cara diet alami tanpa makan nasi yang hendak Anda lakukan, hal ini bertujuan untuk mengetahui secara tepat apakah Anda memang memerlukan nasi atau mungkin Anda bisa mengurangi karbohidrat dari nasi dan menggantinya dengan asupan yang lain.

2. Konsultasi Ke Ahli Gizi Atau Dokter

Cara berikutnya ialah mengonsultasikan keinginan Anda untuk melakukan diet tanpa nasi ke ahli gizi atau dokter ahli. Hal ini bertujuan agar saat melakukan diet Anda tidak melakukan kesalahan seperti mengurangi jumlah karbohidrat secara ekstrim tanpa memperhitungkan kalori yang dibutuhkan.

Selain itu, cara diet alami tanpa makan nasi sangat membutuhkan  konsultasi dengan dokter atau ahli gizi agar mereka dapat mengawasi diet Anda dengan baik. Apabila dirasa kurang mampu menyelesaikan diet ini atau mungkin malah menimbulkan gejala sakit tertentu, maka jangan ragu untuk menanyakannya kepada dokter Anda.

3. Membuat Jadwal Makan

Cara diet alami tanpa makan nasi yang berikutnya adalah membuat jadwal makan. Ada baiknya untuk mengatur konsumsi makanan Anda sehari-hari. Alasannya untuk memastikan secara tepat asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh, jadi tidak hanya berdasarkan perhitungan yang asal-asalan,  melainkan benar-benar diatur secara tepat.

4. Ganti Asupan Nasi

Melakukan diet alami tanpa makan nasi bukan berarti Anda tidak mengonsumsi nasi sama sekali. Untuk pemula, Anda dapat mengganti konsumsi nasi dengan berbagai makanan yang mengandung karbohidrat rendah seperti ubi maupun jagung. Anda juga perlu mengetahui bahwa ada efek tidak makan nasi seminggu yang sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Pastikan juga bahwa kalori yang Anda peroleh dari makanan pengganti nasi tidak lebih dari kalori nasi Anda. Jangan lupa untuk mengatur porsi makan, sehingga sesuai dengan pola diet tanpa nasi yang sedang Anda lakukan. Baca juga 7 Tips Diet Sehat Remaja Berikut, Tetap Bisa Makan Enak!

5. Berolahraga

Cara diet alami tanpa makan nasi yang tak kalah penting adalah melakukan aktivitas olahraga atau kegiatan fisik lainnya yang membantu membakar lemak di dalam tubuh. Cara ini sangat efektif untuk menurunkan berat badan secara signifikan dan permanen. Bila biasanya Anda melakukan diet tanpa olahraga dan mengalami penurunan berat badan secara cepat, maka kemungkinan besar berat badan Anda justru akan naik semakin tinggi.

Banyak kegiatan olahraga yang dapat Anda lakukan di sekitar rumah atau bahkan di dalam ruangan, yang mampu membakar lemak secara efektif. Contohnya seperti senam, berbagai gerakan di workout, sampai menggunakan alat bantu seperti treadmill.

6. Wajib Minum Air Putih

Berbagai efek tidak makan nasi seminggu seperti munculnya beberapa penyakit juga akan terjadi bila Anda tidak mencukupi kebutuhan cairan tubuh. Seperti dehidrasi, lemas, sampai pusing akan menjadi efek samping bila Anda tidak mengonsumsi air putih secara rutin. Hal ini dikarenakan air putih memiliki sejuta manfaat untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang saat Anda melakukan beragam aktivitas fisik.

Air putih juga memperlancar pencernaan, sehingga pola makan Anda dapat lebih teratur dan terjaga kestabilannya. Bahkan manfaat air putih lainnya juga mampu membuat anda merasa kenyang lebih lama. Sehingga mengonsumsi air putih dengan jumlah yang tepat merupakan cara diet alami tanpa makan nasi yang wajib dilakukan.

7. Perbanyak Sayuran Dan Protein

Cara diet alami tanpa makan nasi berikutnya ialah memperbanyak sayuran dan protein. Walaupun Anda mengurangi asupan karbohidrat, tetapi tidak berlaku demikian pada asupan sayuran dan protein. Justru pada saat Anda melakukan diet, asupan sayuran dan protein harus diperbanyak agar kestabilan nutrisi bagi tubuh dapat terjaga dengan baik.

Anda dapat mengonsumsi sayuran yang berwarna hijau maupun kacang-kacangan, yang baik untuk kesehatan tubuh dan memperbaiki beberapa jaringan di dalam tubuh yang mengalami kerusakan.

8. Lakukan Diet Secara Bertahap

Terakhir, cara diet alami tanpa makan nasi adalah melakukan diet secara bertahap. Salah satu kesalahan paling fatal dalam melakukan diet tanpa nasi adalah mengurangi konsumsi nasi secara ekstrim tanpa mempertimbangkan berbagai efek sampingnya. Padahal cara yang tepat dan aman adalah Anda harus mengurangi asupan karbohidrat secara bertahap.

Setelah itu, Anda juga wajib memperbanyak asupan sayuran, protein, sampai vitamin untuk menggantikan beberapa konsumsi karbohidrat yang biasanya digunakan untuk melakukan aktivitas fisik.

Menu Diet Tanpa Nasi Selama Seminggu

Tak perlu risau, Anda bisa menambahkan berbagai variasi menu ke dalam menu diet harian Anda. Apa saja?

1. Roti Gandum

Menu pertama yang dapat dicoba saat melakukan cara diet alami tanpa makan nasi adalah roti gandum sebagai pengganti nasi. Anda dapat memadukan roti gandum dengan beberapa sayuran seperti selada, tomat, jagung, maupun kol ungu. Jangan lupa untuk menambahkan asupan protein yang bisa didapat melalui telur rebus.

2. Ubi Jalar

Menu diet tanpa nasi selama seminggu selanjutnya ialah ubi jalar. Anda bisa melakukan variasi menu seperti ubi jalar rebus atau dengan tambahan berbagai sayuran seperti kol ungu, wortel, jagung, dan sayuran lainnya. Tambahkan pula asupan karbohidrat lain dari telur rebus, ikan, maupun daging ayam rebus.

3. Sereal Atau Oatmeal

Terakhir, cara diet alami tanpa makan nasi berikutnya ialah mengonsumsi sereal atau oatmeal sebagai menu sarapan. Untuk menu makanan ini, Anda dapat menambahkan berbagai buah-buahan demi menjaga asupan nutrisi ke dalam tubuh.

Usahakan untuk memilih berbagai macam buah yang tinggi serat dan dapat membuat kenyang lebih lama. Contohnya seperti pisang, buah naga, kiwi, maupun blueberry; tambahkan beberapa potong buah ini di atas oatmeal anda.

Cara diet alami tanpa makan nasi di atas dapat diikuti dengan mudah. Cara diet ini terbilang cukup efektif bila dilakukan secara rutin dengan porsi makan yang terjaga. Anda dapat mencobanya mulai dari sekarang. Ingat, selama melakukan diet ini, usahakan untuk menghindari berbagai makanan berminyak atau mengandung kolesterol tinggi.

About admin

Check Also

susu protein untuk diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet kata protein whey protein memang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *