Ini 5 Cara Diet Alami Yang Cepat Turunkan Berat Badan, Jangan Lewatkan!

Diet Sehat – Cara diet alami yang cepat turunkan berat badan ini patut untuk diberikan perhatian lebih. Sebab, masih ada segilintir orang yang menyalahartikan makna dan cara diet, sehingga memicu permasalahan lain. Hal ini sangat wajar, karena diet bukan hanya mengendalikan jarum timbangan agar mau bergerak ke kiri. Namun, arti diet yang sesungguhnya lebih kepada pola hidup.

Meski faktor genetika memiliki pengaruh tersendiri, tetapi berat badan memang menjadi salah permasalahan yang bersumber pada gaya hidup. Jika hidup yang dijalani cenderung semaunya sendiri, maka risiko kenaikan berat badan juga semakin tinggi. Oleh karena itu, terapkanlah gaya hidup sehat, serta lebih selektif dalam memilih cara diet alami yang cepat turunkan berat badan.

Cara diet alami yang cepat turunkan berat badan

Cara Diet Alami yang Cepat Turunkan Berat Badan

Jika diartikan menurut bahasa, diet alami berarti melakukan upaya untuk menurunkan berat badan tanpa bantuan obat atau suplemen apapun. Jujur saja, keputusan ini jauh lebih berat untuk dijalani karena memerlukan ketelatenan. Berikut adalah cara diet alami yang cepat turunkan berat badan yang dapat diikuti:

1. Perhatikan Jenis dan Porsi Makan

Meski sedang menjalani program diet, makan 3 kali dalam sehari tetap harus dilakukan. Sebab, setiap waktu makan memiliki manfaat dan tugas masing-masing untuk tubuh. Jika hal ini diabaikan, maka kesehatan yang akan menjadi taruhannya. Cara diet alami yang cepat turunkan berat badan bukanlah menghapus jam makan, melainkan berusaha untuk mengaturnya.

Pertama, pastikan makanan yang dikonsumsi adalah makanan sehat dan segar. Artinya, makanan harus mengandung nutrisi yang diperlukan oleh tubuh (makanan sehat). Selain itu, pilihlah jenis makanan yang bersumber dari hewani maupun nabati yang belum mengalami pengolahan dalam jenis apapun (makanan segar).

Kedua, perhatikan porsi makan yang berada di piring saji. Jangan menghilangkan salah satu jenis asupan apapun, karena dapat mengganggu keseimbangan metabolisme tubuh. Pembagian porsi yang dianjurkan, yaitu ¼ untuk karbohidrat, ¼ untuk protein (nabati dan hewani), serta ½ untuk sayur dan buah. Isi piring memiliki peran penting dalam cara diet alami yang cepat untuk turunkan berat badan.

2. Perhatikan Cara Makan

Memerhatikan cara makan menempati urutan kedua dari cara diet alami yang cepat turunkan berat badan. Pasalnya, masih banyak orang yang makan dengan sembarangan, bahkan menjadikan momen tersebut seperti selingan atau camilan. Hal ini tentu kurang tepat, karena justru dapat menghambat penyampaian pesan rasa kenyang. Adapun hal-hal yang harus dilakukan saat makan, yaitu:

Makanlah sambil duduk

Ada yang tahu tentang fungsi dari meja makan? Ternyata tidak hanya untuk mengumpulkan semua anggota keluarga, tetapi agar sesi makan dapat berlangsung dengan tenang dan fokus. Hal ini dipercaya mampu memberikan rasa kenyang lebih cepat daripada makan sambil jalan. Baca juga Ketahui 15 Cara Makan Diet Alami Tanpa Tersiksa.

Hindari Gangguan

Berusahalah untuk meminimalisir gangguan saat sedang makan, seperti menelepon, menonton televisi, mengoperasikan komputer, dan lain-lain. Kegiatan tersebut dapat mengganggu kinerja hormon ghrelin dan leptin, yaitu hormon pemberi sinyal lapar dan kenyang. Sebab, otak akan berfokus pada kegiatan lain yang dijalani bukan pada makanan, sehingga tidak menyadari jika sudah menghabiskan porsi banyak.

Makanlah Perlahan

Siapa sangka, mengunyah makanan secara perlahan termasuk cara diet alami yang cepat turunkan berat badan ala dokter. Hal ini dikarenakan mengunyah perlahan dapat melancarkan sistem pencernaan tubuh serta mencegah heartburn. Lebih dari itu, langkah tersebut juga memberikan kelonggaran waktu kepada otak untuk menyampaikan sinyal kenyang.  

3. Membatasi Gula serta Karbohidrat Olahan

Gula merupakan salah satu bahan makanan yang harus dihindari saat menerapkan cara diet alami yang cepat turunkan berat badan. Bahkan, kandungan gula yang terdapat pada minuman jauh lebih tinggi dan berbahaya daripada makanan. Sebab, tidak hanya melebihi batas takar tetapi juga mengandung bahan pemanis sintetis atau buatan.

Sementara karbohidrat olahan adalah jenis makanan yang mengandung karbohidrat dan sudah diolah menjadi makanan matang, seperti pasta atau nasi putih. Selain tidak mengandung nutrisi, jenis makanan tersebut juga sangat mudah diubah menjadi glukosa.

Kelebihan glukosa di dalam tubuh dapat masuk ke dalam peredaran darah, sehingga memicu hormon insulin untuk menumpuk lemak. Kondisi tersebut yang dapat mengacaukan cara diet alami yang tepat dan cepat turunkan berat badan. Oleh karena itu, gantilah sumber karbohidrat yang lebih ramah tubuh, seperti beras merah, kentang, ubi, dan lain-lain.

4. Seimbangkan Bakteri di Usus

Berdasarkan hasil dari beberapa penelitian, bakteri di dalam usus memiliki peranan yang cukup penting dalam mengelola berat badan. Jumlah dan jenis bakteri di dalam usus setiap orang mungkin saja berbeda, tetapi kurang lebih sebanyak 37trilliun. Keberadaan mereka berperan penting dalam keberhasilan cara diet alami yang cepat turunkan berat badan.

Sayang, ada beberapa jenis bakteri yang justru dapat memengaruhi peningkatan jumlah energi dari pengolahan makanan. Hal inilah yang sedikit banyak memicu penumpukan lemak, sehingga berat badan terus naik. Oleh karena itu, perlu dilakukan usaha untuk memilih dan memilah makanan secara lebih efektif. Berikut adalah beberapa jenis makanan yang bagus untuk peningkatan jumlah bakteri baik:

Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi yaitu jenis makanan yang cara pengolahannya dibantu dengan jenis mikroorganisme tertentu, seperti ragi. Ternyata pemanfaatan ragi tersebut tidak hanya menambah keawetan makanan saja, tetapi juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik atau probiotik. Contoh, kefir, kimchi, tempe, yogurt, miso, dan lain sebagainya.

Makanan Berserat

Sudah bukan rahasia lagi, cara diet alami yang cepat turunkan berat badan tidak dapat terlepas dari keberadaan makanan berserat. Serat dapat melancarkan sistem pencernaan, meningkatkan probiotik, serta dapat bertahan lebih lama daripada jenis makanan lain. Oleh karena itu, pastikan untuk menyukai beberapa jenis makanan kaya serat, seperti buah, sayur, biji-bijian, dan lain sebagainya.

Makanan Prebiotik

Makanan prebiotik adalah jenis makanan yang berisi nutrisi penting bagi probiotik atau bakteri baik di dalam usus. Dengan rutin mengonsumsi makanan prebiotik, maka keseimbangan bakteri akan terjaga, dan bonusnya adalah berat badan turun. Adapun jenis makanan prebiotik, yaitu pisang, bawang merah, bawang putih, asparagus, buah beri, dan lain-lain.

5. Cukupi Asupan Cairan

Air tidak hanya penting bagi tubuh, tetapi juga dalam cara diet alami yang cepat turunkan berat badan. Sebab, kecukupan air memiliki pengaruh besar dalam proses pembakaran kalori. Konon, ½ liter air putih dapat meningkatkan pembakaran kalori sebanyak 24 sampai 30% dalam kurun waktu satu jam. Selain itu, minum air sebelum mulai makan juga terbukti dapat mengurangi asupan makanan.

Untuk meningkatkan peluang keberhasilan diet, pastikan untuk memaksimalkannya dengan cukup beristirahat dan berolahraga. Pergilah tidur sebelum jam 11 malam, agar dapat tidur berkualitas selama 6-7 jam setiap hari. Selain itu, luangkan waktu untuk melakukan olahraga secara rutin minimal 30 menit per hari.

Demikian 5 cara diet alami yang cepat turunkan berat badan yang dapat mulai diterapkan. Bersabarlah untuk menikmati setiap proses yang harus dilakukan, karena semua perubahan butuh waktu untuk memberikan hasil. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dijadikan sebagai referensi dalam menjalani kehidupan.

Originally posted 2020-10-29 15:53:27.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *