15 Cara Diet Alami yang Paling Ampuh dan Cepat, Coba Ya!

Diet Sehat – Cara diet alami yang paling ampuh dan cepat kini banyak dicari agar tubuh segera mencapai berat yang ideal. Beragam cara dilakukan demi bisa mendapatkan berat badan yang diidamkan. Untuk menurunkan berat badan secara instan, beberapa orang memilih mengkonsumsi suplemen pelangsing sehingga dalam waktu singkat berat badan bisa menurun.

Cara diet alami yang aman tetap harus diperhatikan, tidak hanya mengejar turun berat badan secara cepat. Penurunan berat badan secara drastis tanpa diimbangi dengan pemenuhan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh justru bisa berisiko membahayakan diri sendiri. Berkonsultasi dengan ahli gizi atau melakukan diet dengan pangawasan ahli perlu untuk dilakukan agar program dapat berjalan maksimal.

cara diet alami yang paling ampuh dan cepat

Cara Diet Alami yang Paling Ampuh dan Cepat

Bagaimana cara diet alami yang paling ampuh dan cepat untuk dilakukan? Diet secara alami memiliki keterkaitan erat dengan pola makan dan juga gaya hidup. Cara diet ini secara tidak langsung juga akan memiliki dampak yang bagus bagi kesehatan tubuh. Berikut ini 15 cara melakukan diet alami yang paling ampuh dan cepat untuk mencapai berat badan ideal.

1. Minum Air Jeruk Nipis

Konsumsi jeruk nipis nipis secara teratur dapat menjadi cara menurunkan berat badan secara alami. Jeruk nipis kaya akan vitamin C, vitamin B1, kalsium, fosfor, dan zat gizi lainnya. Rasa asam dari jeruk nipis seringkali membuat orang enggan mengkonsumsinya. Jika memiliki riwayat penyakit maag atau penyakit lambung lainnya, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan diet dengan jeruk nipis.

2. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi. Kalori tinggi tentu saja akan menghambat proses penurunan berat badan. Salah satu cara diet alami yang paling ampuh dan cepat adalah dengan menghindari makanan cepat saji. Pilihlah jenis makanan sehat yang akan menurunkan berat badan dengan cepat.

3. Gunakan Piring Kecil

Makan dengan menggunakan piring berukuran kecil merupakan salah satu cara diet alami yang paling ampuh dan cepat baik.  Piring kecil akan membuat seoalah makanan yang ada di dalamnya berjumlah banyak karena piringnya penuh. Hal tersebut juga akan memanipulasi otak sehingga berfikir bahwa makanan yang disantap dalam porsi besar.

4. Perbaiki Komposisi Isi Piring

Cara diet alami yang paling ampuh dan cepat adalah dengan memperbaiki komposisi isi piring. Jika selama ini isi piring paling banyak komposisinya adalah sumber karbohidrat, maka harus segera diubah. Komposisi karbohirat di dalam piring maksimal adalah seperempat bagian. Bagian terbesar atau setengah bagian dari piring harus terisi sayuran dan buah-buahan.

5. Hindari Makanan Tinggi Gula

Makanan tinggi gula akan menghasilkan kalori yang tinggi pula bagi tubuh. Gula akan dicerna tubuh dengan sangat cepat. Hal ini akan menyebabkan otak tidak memiliki kesempatan untuk memberikan sinyal kenyang kepada tubuh. Tubuh akan terus merasa lapar sehingga mengakibatkan konsumsi makanan secara berlebih.

6. Batasi Asupan Karbohidrat

Mengurangi atau membatasi asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh penting dilakukan sebagai cara diet alami yang paling ampuh dan cepat. Mengurangi konsumsi karbohidrat sangat efektif untuk menurunkan berat badan dalam jangka pendek. Baca juga 5 Cara Diet Alami dengan Jeruk Nipis, Serai dan Teh, Simak Langkahnya!

7. Perbanyak Konsumsi Protein

Protein yang dikonsumsi akan sangat membantu tubuh untuk membakar kalori. Semakin banyak protein yang dikonsumsi maka tubuh akan semakin banyak membakar kalori. Protein hewani ataupun protein nabati bisa menjadi pilihan untuk dikonsumsi. Daging sapi tanpa lemak, dada ayam, aneka jenis ikan, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein tinggi yang bagus untuk mendukung program diet.

8. Perbanyak Konsumsi Sayuran dan Buah-buahan

Cara diet alami yang paling ampuh dan cepat salah satunya adalah dengan mengkonsumsi banyak sayuran dan buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan kaya akan serat dan aneka vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh. Serat tinggi yang dikonsumsi tubuh akan memperlancar proses metabolisme dan pengeluaran racun dari dalam tubuh. Serat tidak dapat disimpan tubuh sehingga harus dikonsumsi setiap hari.

9. Rutin Berolahraga

Olahraga yang dilakukan secara rutin dan dalam durasi waktu tertentu ampuh untuk menurunkan berat badan. Jenis kardio merupakan olahraga yang efektif untuk menurunkan berat badan. Saat ini tersedia banyak sekali panduan olahraga kardio yang dapat dilihat dan diunduh secara gratis dari internet. Rutin melakukan olahraga kardio secara teratur ampuh sebagai cara menurunkan berat badan secara sehat.

10. Jangan Lupa Makan Pagi

Makan pagi atau sarapan seringkali diabaikan dengan harapan berat badan akan menurun. Melewatkan sarapan justru berakibat kurang baik dalam upaya menurunkan berat badan. Saat makan pagi terlewatkan maka orang cenderung makan lebih banyak pada siang hari atau justru mengkonsumsi makanan kurang sehat sebelum jam makan siang. Makan pagi justru menjadi cara diet alami yang paling ampuh dan cepat.

11. Makan dengan Perlahan

Makan dengan perlahan memberi kesempatan kepada otak untuk menerima sinyal kenyang dari tubuh. Mengunyah makanan secara perlahan juga terbukti membuat tubuh merasa kenyang lebih cepat. Selain itu dengan mengunyah makanan secara perlahan, enzim-enzim pencernaan yang ada di dalam mulut akan bekerja secara optimal.

12. Fokus pada Acara Makan

Cara diet alami yang paling ampuh dan cepat lainnya adalah dengan fokus pada acara makan. Mengkonsumsi makanan sambil melakukan kegiatan lain akan membuat tidak fokus pada apa yang dimakan sehingga cenderung tidak terkontrol. Hindari makan sambil menonton televisi atau menggunakan ponsel. Saat kegiatan hanya terfokus pada acara makan, maka otak bisa memberikan isyarat kenyang.

13. Perbanyak Minum Air Mineral

Tubuh selalu membutuhkan air dalam jumlah yang cukup untuk dapat melakukan proses metabolisme secara maksimal. Kekurangan konsumsi air mineral dapat membuat tubuh tidak dapat bekerja dengan baik. Selain itu kotoran dan racun yang ada di dalam tubuh juga akan sulit dibuang saat asupan air mineral tidak tercukupi. Konsumsi air mineral setiap hari secara cukup. 

14. Rutin Mengkonsumsi Kopi Tanpa Gula

Suka mengkonsumsi kopi kekinian yang sedang hits? Bukan kopi tersebut yang cocok untuk melakukan diet. Jenis-jenis kopi kekinian justru harus dihindari saat sedang melakukan penurunan berat badan. Konsumsi kopi hitam tanpa gula yang efektif untuk membakar kalori dan dapat menghindarkan dari diabetes. Selain itu kopi hitam tanpa gula juga dapat memberikan asupan energi bagi tubuh.

15. Konsumsi Teh Hijau Tanpa Gula

Teh hijau merupakan salah satu jenis minuman yang memicu pembakaran lemak di dalam tubuh. Mengkonsumsi teh hijau tanpa gula secara teratur menjadi cara diet alami yang paling ampuh dan cepat. Sama halnya dengan mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula, maka mengkonsumsi teh hijau tanpa gula juga dapat memberikan asupan energi bagi tubuh.

Untuk menurunkan berat badan secara alami tidak harus melakukan 15 cara tersebut secara bersamaan. Pilihlah cara yang paling tepat dengan situasi dan kondisi. Salah satu kunci cara diet alami yang paling ampuh dan cepat adalah konsistensi untuk melakukannya. Diet alami dan sehat akan memberikan banyak keuntungan, berat badan menjadi normal dan tubuh semakin sehat. Semoga bermanfaat.

About admin

Check Also

cara mengecilkan badan dan perut

8 Cara Mengecilkan Badan dan Perut yang Ampuh untuk Dilakukan

diet.sumbersehat.com – Cara mengecilkan badan dan perut dapat Anda lakukan untuk mendapatkan perut ideal. Memiliki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *