Ketahui 15 Cara Makan Diet Alami Tanpa Tersiksa

Diet Sehat – Berat badan ideal tentu saja menjadi dambaan hampir semua orang dan dapat dilakukan dengan cara makan diet alami. Melakukan diet secara alami tidak serta merta akan menurunkan berat badan secara drastis. Meski demikian jika dilakukan secara konsisten akan memberikan lebih banyak keuntungan. Diet alami akan membuat berat badan turun secara bertahap sekaligus menjadi sehat dan bugar.

Ada beberapa cara mengatur pola makan untuk diet alami yang dapat dilakukan tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan penurun berat badan. Banyak cara mudah dan sederhana untuk menurunkan berat badan namun seringkali diabaikan. Disiplin dan komitmen menjadi kata kunci agar diet alami yang dijalankan bisa berhasil dan mencapai berat badan ideal.

cara makan diet alami

15 Cara Makan Diet Alami

Diet alami dapat dilakukan dengan memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Cara makan yang dilakukan juga dapat berpengaruh terhadap penurunan berat badan. Jenis makanan tertentu sangat bagus untuk menurunkan berat badan tanpa harus melakukan diet ketat. Berikut ini adalah 15 cara makan diet alami tanpa harus membuat tubuh merasa tersiksa.

1. Makan Pagi

Siapa yang suka melewatkan makan pagi dengan harapan berat badan akan turun? Ternyata makan pagi atau sarapan justru sangat penting untuk dilakukan dalam rangka menurunkan berat badan. Konsumsi telur dan sayuran sebagai menu makan pagi sangatlah dianjurkan. Protein dalam telur dan serat tinggi pada sayuran akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.  

2. Konsumsi Air Putih Sebelum Makan

Mengkonsumsi air putih 30 menit sebelum makan akan membuat tubuh merasa lebih kenyang sehingga akan mengurangi makanan yang dikonsumsi. Air putih yang dikonsumsi juga akan membantu proses metabolisme di dalam tubuh. Pencernaan akan menjadi lebih lancar ketika kebutuhan air putih dalam tubuh terpenuhi.

3. Makan Lebih Sering dengan Porsi Kecil

Saat sedang diet, mengkonsumsi makanan dengan porsi kecil namun sering justru disarankan. Mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil tetapi sering akan memberikan rasa kenyang lebih lama. Makan pagi, makan siang, dan makan malam wajib untuk dilakukan. Diantara makan pagi dan makan siang, konsumsi makanan selingan dalam jumlah kecil. Begitu juga diantara makan siang dan makan malam.

4. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Enzim-enzim pencernaan yang ada di dalam mulut akan berfungsi dengan baik saat sedang mengunyah makanan. Ketika makanan dikunyah secara perlahan, maka enzim tersebut akan bekerja dengan maksimal. Baca juga 15 Cara Diet Alami yang Paling Ampuh dan Cepat, Coba Ya!

Cara makan diet alami dengan mengunyah makanan secara perlahan sangatlah disarankan. Mengunyah makanan secara cepat bukan saja kurang baik bagi oencernaan namun juga bisa membahayakan tubuh.

5. Hindari Makan Sambil Melakukan Aktivitas Lain

Cara diet alami tanpa mengurangi makan ternyata tetap bisa dilakukan. Salah satu caranya adalah dengan menghindari melakukan aktivitas lain saat sedang makan. Fokus pada makanan yang sedang dikonsumsi meningkatkan kepedulian tentang jenis dan jumlah makanan yang disantap. Hal ini akan membuat tubuh mampu memproses makanan dengan baik sehingga bisa memberikan sinyal kenyang.

6. Tidak Perlu Menghindari Makanan Tidak Sehat yang Disukai

Cara makan diet alami bukan berarti harus menghindari makanan yang disukai. Menghindari makanan yang disukai justru akan membuat tubuh semakin ingin untuk menyantap makanan tersebut. Keinginan yang besar kemungkinan akan diikuti dengan menyantap dalam jumlah besar ketika ada kesempatan. Tidak perlu menghindari makanan tidak sehat yang disukai, hanya saja kurangi dan batasi jumlahnya.

7. Mengurangi Konsumsi Karbohidrat

Karbohidrat olahan yang banyak terdapat pada makanan seperti misalnya roti dari tepung terigu bukanlah jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi saat sedang menjalani diet. Makanan dengan karbohidrat tinggi justru harus dihindari. Mengurangi konsumsi karbohidrat menjadi cara makan diet alami yang dianjurkan.

8. Kurangi Makanan yang Memiliki Kadar Gula Tinggi

Makanan yang memiliki kadar gula tinggi sangat tidak disarankan sebagai menu makanan saat sedang menjalani diet. Gula tinggi dalam makanan atau minuman akan diproses tubuh dengan sangat cepat. Gula tinggi akan menambah jumlah kalori yang ada di dalam tubuh. Cara makan diet alami harus menghindari makanan dengan kandungan gula yang tinggi.

9. Hindari Makanan dengan Kalori Tinggi

Cara menurunkan berat badan secara alami dapat dilakukan dengan menghindari makanan dan minuman berkalori tinggi. Melakukan diet kalori sehingga tubuh mengalami defisit kalori akan membuat massa tubuh semakin mengecil. Hal ini akan berdampak terhadap berat badan. Semakin sedikit kalori yang masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan mengalami penurunan berat badan.

10. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji merupakan makanan yang harus dihindari ketika sedang menjalankan program penurunan berat badan. Makanan cepat saji terutama yang diolah dengan sistem deep frying memiliki kandungan kalori yang cukup tinggi. Selain itu, beberapa jenis makanan cepat saji juga mengandung karbohidrat dan lemak yang tinggi. Mengkonsumsi makanan cepat saji tidak termasuk cara makan diet alami.

11. Makan Lebih Banyak Sayuran

Sayuran diketahui memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Selain kaya akan serat, sayuran juga memiliki kandungan aneka nutrisi yang diperlukan tubuh. Serat dalam sayur membantu tubuh untuk merasa kenyang lebih lama dan memperlancar proses metabolisme dalam pencernaan. Sayuran segar yang dikonsumsi pagi hari bersama dengan telur rebus mampu memberi kecukupan energi hingga saatnya makan siang.

12. Konsumsi Buah-buahan Dalam Jumlah Banyak

Sama hanya dengan sayuran, aneka jenis buah-buahan termasuk dalam jenis makanan yang kaya akan serat. Selain serat, beberapa jenis buah memiliki kandungan air atau gula yang cukup tinggi. Mengkonsumsi buah-buahan bercitarasa manis dapat digunakan sebagai pengganti konsumsi gula. Cara makan diet alami dengan buah-buahan baik untuk dilakukan.

13. Makan Makanan Berprotein Tinggi

Protein tinggi yang ada pada aneka jenis kacang-kacangan, ikan tuna, ikan salmon, daging sapi tanpa lemak dan dada ayam sangat cocok dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan protein tubuh. Lemak dan kalori yang ada di dalam tubuh akan terbakar dengan bantuan protein. Semakin tinggi kandungan protein di dalam tubuh maka semakin banyak kalori yang akan terbakar.

14. Minum Kopi Hitam Tanpa Gula

Kopi hitam yang dikonsumsi tanpa gula ternyata bagus untuk menurunkan berat badan. Kafein dalam kopi hitam mampu melancarkan metabolisme tubuh dan membantu tubuh untuk membakar lemak. Hindari mengkonsumsi kopi dengan tambahan susu, krim atau gula tinggi. Cara makan diet alami dapat dilakukan secara mudah dengan mengkonsumsi kopi hitam tanpa gula secara teratur.

15. Minum Teh Hijau Tanpa Gula

Mengkonsumsi teh hijau sudah sejak lama dikenal sebagai cara untuk menurunkan berat badan secara alami. Untuk menurunkan berat badan, maka teh hijau dikonsumsi tanpa gula atau tawar. Teh hijau memiliki kandungan epigalokatekin galat (EGCG), yaitu hormon yang berfungsi untuk membantu tubuh membakar lemak.

Memiliki tubuh sehat dengan berat badan ideal tentu saja menjadi dambaan hampir setiap orang. Melakukan cara makan diet alami jika dilakukan secara konsisten akan membuat tubuh mencapai berat badan ideal meskipun tidak bisa instan. Butuh waktu dan proses yang lebih panjang dibandingkan dengan cara diet ekstrim. Berani mencoba menurunkan berat badan secara alami?

Originally posted 2020-10-29 15:49:40.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *