10 Cara Membuat Ramuan Diet Alami yang Efektif dan Ampuh

DietSehat – Cara membuat ramuan diet alami sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan tanpa efek samping. Ramuan diet yang dibuat dari bahan alami ini dipercaya cukup ampuh menurunkan berat badan. Pembuatannya pun cukup mudah dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Jadi, tidak akan rugi mencobanya.

Namun, menggunakan ramuan alami untuk menurunkan berat badan tentu harus diimbangi dengan olahraga dan mengurangi porsi makan. Hal ini agar proses diet bisa mendapatkan hasil lebih maksimal. Berikut 10 cara membuat ramuan diet alami yang bisa Anda coba di rumah. 

cara membuat ramuan diet alami

Inilah Cara Membuat Ramuan Diet Alami

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk membuat ramuan diet yang ampuh, diantaranya:

Jahe

Rempah-rempah jahe merupakan salah satu ramuan diet yang ampuh dan menyehatkan. Sejak dahulu jahe dijadikan sebagai obat tradisional. Adanya kandungan termal dalam jahe sangat bermanfaat untuk menghangatkan tubuh serta meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Selain itu jahe juga bisa menurunkan berat badan dan mengontrol nafsu makan. 

Cara membuat ramuan diet alami menggunakan jahe yaitu dengan menyiapkan 1 rimpang jahe yang telah dicuci bersih.  Setelah itu iris-iris tipis dan rebus dengan 2 gelas air, biarkan hingga mendidih. Kemudian tuang air rebusan jahe ke dalam gelas dan minumlah dalam keadaan hangat. Konsumsi air rebusan jahe secara rutin sebelum tidur pada malam hari untuk hasil lebih maksimal. 

Teh Hijau

Cara membuat ramuan diet alami selanjutnya yaitu menggunakan teh hijau. Teh hijau memiliki kandungan yang dipercaya mampu menurunkan berat badan secara efektif. Bahkan teh hijau juga bermanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung. Anda bisa menyeduh daun teh dengan air panas dan minum saat hangat. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, Anda bisa mengonsumsi teh hijau antara 2-5 kali sehari dengan takaran tepat. 

Lemon

Cara membuat ramuan diet alami yaitu menggunakan lemon. Lemon banyak mengandung vitamin C yang berperan penting dalam proses diet. Selain itu lemon juga akan mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga membuat tubuh lebih sehat. Cara membuat ramuan diet dari lemon yaitu dengan membelah lemon menjadi 4 bagian. Setelah itu peras air lemon dan campur dengan segelas air hangat.

Setelah tercampur, minumlah ramuan ini 3 kali sehari sebelum makan. Agar mendapatkan hasil lebih maksimal, Anda harus mengonsumsi ramuan air lemon secara teratur. Meski bisa membantu proses penurunan berat badan, namun lemon memiliki sifat asam. Sehingga ramuan ini tidak disarankan bagi Anda yang menderita sakit maag. 

Air Jeruk Nipis

Selain air perasan lemon, air perasan jeruk nipis juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan. Jeruk nipis mengandung asam sitrat bisa meningkatkan metabolisme dan membakar  kalori dalam tubuh. Dengan begitu, maka berat badan bisa lebih terjaga dan terhindar dari kelebihan berat badan. Agar mendapatkan manfaat air perasan jeruk nipis secara maksimal, Anda harus mengonsumsinya secara rutin.

Daun Jati Cina

Daun jati cina juga bisa dijadikan sebagai ramuan diet yang ampuh. Daun jati cina banyak digunakan oleh masyarakat Arab sebagai obat pencahar alami. Adanya kandungan zat laksatif di dalamnya berfungsi menurunkan kadar lemak dalam tubuh dan memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, daun jati cina banyak dijadikan sebagai ramuan tradisional penurun berat badan. 

Cara membuat ramuan diat alami dengan daun jati cina yaitu dengan menyiapkan 1 sendok makan daun jati cina kering. Setelah itu seduh dengan air hangat dan biarkan hingga air berwarna kemerahan. Setelah berwarna kemerahan, minumlah air daun jati cina sebanyak 3 kali sehari setelah makan. Agar mendapatkan hasil maksimal dari ramuan daun jati cina, Anda bisa mengonsumsinya secara rutin. 

Daun Salam

Ramuan alami penurun berat badan selanjutnya yaitu menggunakan daun salam. Daun salam yang biasanya digunakan dalam masakan ternyata juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satu khasiat dari daun salam yaitu mampu menurunkan berat badan. Adanya kandungan vitamin dan mineral di dalam daun salam mampu melunturkan lemak dalam tubuh. 

Cara membuat ramuan diet alami dari daun salam yaitu dengan menyiapkan 30 lembar daun salam segar yang telah dicuci bersih. Setelah itu didihkan 2 gelas air putih. Lalu setelah air mendidih, masukkan semua daun salam dan rebus hingga airnya tinggal separuh. Minum air sebusan daun salam 1-2 kali sehari setelah makan. Agar lebih maksimal, usahakan untuk mengonsumsi air rebusan daun salam secara rutin. Anda bisa mengonsumsi air rebusan daun salam ini dalam keadaan hangat maupun dingin. 

Kopi Hijau

Ramuan diet selanjutnya, berupa kombinasi dari kopi hijau atau green coffee. Kopi hijau mengandung asam klorogenat yang bisa mengurangi penyerapan karbohidrat dan glukosa, sehingga mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Selain itu mengonsumsi kopi hijau secara tepat juga terbukti mampu menurunkan berat badan. Cara membuat ramuan diet alami dengan kopi hijau adalah langsung menyeduhnya. Lalu, konsumsi 3 kali sehari dalam 3 bulan.

Asam Jawa

Selanjutnya, ramuan diet alami bisa dibuat dari asam jawa. Asam jawa mengandung flavonoid yang berfungsi menangkal radikal bebas mencegah penggumpalan darah, dan mencegah alergi. Selain itu, asam jawa juga bisa menekan nafsu makan dan membantu program diet.

Sedangkan cara membuat ramuan diet alami dengan asam jawa adalah memasukkan asam jawa ke dalam gelas. Setelah itu tuangkan air hangat atau dingin sesuai selera Anda. Lalu aduk hingga tercampur rata dan minumlah ramuan tersebut secara rutin. Usahakan untuk mengonsumsi ramuan asam jawa secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Buah Mengkudu

Mengkudu juga bisa menjadi ramuan diet yang ampuh. Meski memiliki rasa yang sangat pahit, namun ramuan tradisional menggunakan buah mengkudu cukup ampuh untuk menurunkan berat badan. Buah mengkudu mengandung alkaloid triterpenoid dan moridon yang berfungsi untuk melancarkan BAB. 

Cara membuat ramuan diet alami yaitu menyiapkan 2 buah mengkudu yang telah dicuci bersih. Selanjutnya rebus buah mengkudu dan tambahkan sedikit garam ke dalam rebusannya. Selanjutnya minumlah air rebusan buah mengkudu secara rutin agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jika Anda merasakan hal yang tidak mengenakkan sebaiknya, kurangi jumlah buah mengkudu atau hentikan penggunaan.

Lemon dan Madu

Lemon dan madu merupakan salah satu ramuan tradisional yang bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Adanya kandungan vitamin C di dalam lemon bisa membantu tubuh untuk mengoksidasi lemak. Sedangkan madu berperan penting sebagai penurun lemak. Cara membuat ramuan diet alami dengan lemon dan madu aitu dengan menyiapkan 2 sendok teh madu, 1/2 lemon, dan 1 gelas air hangat. 

Kemudian peras lemon ke dalam gelas yang berisi air hangat. Setelah itu masukkan madu ke dalam gelas dan aduk hingga merata. Selanjutnya minumlah ramuan lemon dan madu dengan segera. Agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mengonsumsi ramuan ini sekitar 3-4 kali dalam sehari. 

Terdapat berbagai cara membuat ramuan diet alami, mulai dari menggunakan air jahe hingga ramuan lemon dan madu. Anda bisa memilih salah satu ramuan di atas sebagai ramuan penurun berat badan secara alami. Selain lebih menyehatkan, bahan-bahannya pun mudah didapatkan. 

Originally posted 2020-11-11 13:18:04.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *