Cara Menurunkan Berat Badan 20 kg Dalam Seminggu, Nomor 7 Patut Dicoba

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu memang terdengar sedikit aneh, mungkinkah tercapai? Jawabannya adalah sangat mungkin, dengan catatan siap untuk bekerja keras. Namun, tidak dipungkiri juga jika cita-cita ini memang sedikit ekstrim, sehingga harus mendapatkan pendampingan khusus dari para ahli.

Pertama, yaitu ahli gizi untuk menghitung dan memantau asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh. Kedua, personal trainer untuk membimbing tahap pelatihan penurunan berat badan. Ketiga, jangan lupa untuk memastikan tidak ada gangguan kesehatan yang terlalu berarti. Jika ketiga unsur ini dapat dipenuhi, maka cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu tidak lagi menjadi mimpi.

Cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu

Inilah Cara Menurunkan Berat Badan 20 Kg Dalam Seminggu

Konsisten adalah kunci penting yang harus dimiliki para pelaku program diet. Terutama jika ingin praktik cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu, maka kunci ini harus dimiliki. Niat saja memang tidak cukup untuk menyukseskan target ini, karena perubahan yang akan dilalui cukup drastis. Berikut adalah rangkaian cara yang dapat diikuti:

1. Cek Kondisi Tubuh

Pertama, cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu adalah cek kondisi tubuh. Sebelum memulai program ini pastikan tidak memiliki riwayat penyakit tertentu yang terancam. Hal ini perlu dilakukan untuk mengantisipasi kejadian tidak terduga di tengah jalan. Selain itu, pengecekan juga bertujuan untuk menghitung kebutuhan kalori harian tubuh, serta menentukan pelatihan yang tepat.

2. Bentuk Jam Makan

Cara kedua menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu adalah mengatur jam makan. Ingat, jangan menghilangkan salah satu jam makan, baik sarapan, makan siang, maupun makan sore. Ketiganya harus dilakukan untuk memastikan kebutuhan kalori tubuh tetap terpenuhi. Baca juga 9 Cara Menurunkan Berat Badan Di Rumah, Praktikkan Yuk!

Berusahalah untuk makan di jam yang sama setiap hari dan setiap waktu. Langkah ini perlu dilakukan untuk membiasakan perut dalam meminta jatah. Keuntungannya, perut menjadi lebih anteng saat jam makan belum tiba, sehingga keinginan untuk ngemil dapat diminimalisir.

3. Awali dengan Lemon

Buah lemon sangat pantas untuk dilibatkan dalam cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu. Sebab, buah yang identik dengan warna kuning ini kaya akan vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh. Berikut adalah beberapa kandungan beserta manfaat lemon:

  • Elektrolit berupa magnesium, kalsium, dan potassium : memastikan tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik.
  • Vitamin C : meningkatkan imunitas tubuh
  • Anti-oksidan : melindungi tubuh dari radikal bebas, sekaligus mengeluarkan toksin.
  • Citric acid : membantu memelihara dan melancarkan pencernaan.
  • Pectin fiber : menjaga kesehatan usus besar serta menurunkan nafsu makan yang berlebihan.
  • Alkalin : menurukan risiko kanker serta membantu menurunkan berati berlebih.

4. Konsumsi Makanan yang Tepat

Dalam cara menurunkan berat badan hingga 20 kg dalam seminggu, pemiliihan jenis makanan juga memiliki peran yang sangat penting. Masih banyak orang yang salah kaprah dalam menyiapkan menu makanan saat ingin menurunkan berat badan. Kebanyakan, mereka akan menghapus keberadaan karbohidrat dan lemak dari daftar makanan.

Hal ini tentu tidak dibenarkan, apalagi cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu terbilang cukup keras. Karbohidrat dan lemak merupakan sumber energi, jika keduanya dihilangkan justru akan memicu ketidakseimbangan. Langkah yang perlu dilakukan adalah memenuhi perhitungan kebutuhan kalori harian tubuh. Untuk jenis dan takarannya, konsultasikan dengan ahli gizi.

5. Batasi Asupan Gula dan Garam

Gula dan garam seringkali ditemukan pada makanan yang tampak enak dan lezat. Sayang, kedua bahan ini harus mulai dibatasi jika ingin cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu berhasil. Selain memicu rasa haus, keduanya memang meningkatkan hasrat makan atau mengemil.

Di balik rasa manisnya yang menggoda, gula adalah musuh terbesar saat diet. Hal ini dikarenakan gula tidak segan-segan menyumbangkan 16% kalori, sehingga tidak heran jika berat badan semakin bertambah. Sementara garam memiliki kekuatan untuk menyimpan air yang cukup tinggi, sehingga berat badan semakin sulit untuk diturunkan.

6. Minum Banyak Air Putih

Cara menurunkan berat badan 20 kg hanya dalam seminggu juga tidak terlepas dari kecukupan cairan. Jika mengingat pelatihan yang harus dijalankan, maka asupan cairan juga harus ditambah. Sebab, cairan diperlukan tubuh dalam proses metabolisme serta pembakaran energi. Pastikan mengonsumsi air putih sebanyak 2 liter setiap hari, atau tingkatkan jika olahraga yang dilakukan cukup keras.

7. Olahraga

Inilah kunci utama dari cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu, yaitu olahraga. Dengan berolahraga secara rutin, maka target ini semakin terasa mungkin untuk diwujudkan. Bagaimana jika tidak mampu untuk menyewa personal trainer atau tidak ada waktu pergi ke tempat gym? Maka lakukan olahraga sederhana tetapi membakar banyak kalori berikut ini:

Lari

Lari merupakan salah satu olahraga paling mudah dan simpel untuk dilakukan, karena tidak memerlukan tempat maupun peralatan khusus. Sediakan waktu minimal setengah jam setiap hari untuk berlari. Sebab, 30 menit saja sudah mampu membakar hingga 372 kalori.

Skipping

Pada masa kecil, skipping sering dikenal dengan istilah lompat tali. Meski tergolong sederhana, olahraga ini sangat dianjurkan di dalam cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu. Sebab, skipping termasuk olahraga yang dapat membakar kalori sangat cepat. Olahraga ini juga dapat dilakukan di mana saja dengan peralatan sangat sederhana.

Senam

Saat ini, senam pun jenisnya sudah sangat beragam tinggal sesuaikan saja dengan tujuan yang ingin dicapai. Jika ingin menurunkan berat badan, maka senam jenis zumba dapat menjadi alternatif. Sebab, melakukan zumba selama satu jam ternyata dapat membakar sebanyak 700 kalori. Tentunya efektif jika Anda pilih sebagai cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu.

Yoga

Siapa sangka, olahraga yang identik dengan ketenangan pikiran ini juga sangat bagus untuk membakar kalori. Dua keuntungan sekaligus, karena melakukan yoga 30 menit ternyata dapat membakar hingga 149 kalori. Di samping itu, kemampuan mengolah hati dan pikiran dapat mengendalikan nafsu makan berlebih.

Bersepeda

Bersepeda merupakan jenis olahraga yang kembali ramai beberapa bulan terakhir. Ternyata, olahraga sederhana yang satu ini juga bagus untuk dunia kesehatan. Selain melatih pernapasan, bersepeda juga dapat digunakan untuk mendukung cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu. Sebab, kegiatan ini dapat membakar 260 kalori hanya dalam waktu 30 menit saja.

Berenang

Manfaat olahraga yang satu ini memang sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, bahkan ibu hamil pun disarankan untuk melakukannya. Jika ingin memanfaatkannya sebagai pendukung program diet, maka berenanglah dalam berbagai macam gaya agar kalori terbakar sempurna. Saat berenang menggunakan gaya punggung, maka 298 kalori akan terbakar.

Jika menggunakan gaya dada, maka 372 kalori terbakar. Sementara saat menggunakan gaya kupu-kupu, maka 409 kalori dapat terbakar. Sangat menyenangkan, bukan? Dapat bermain air sekaligus mereguk manfaat yang cukup banyak. Karenanya, berenang juga baik digunakan untuk cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu.

Tinju

Saat ini, olahraga tinju tidak hanya sebatas profesi saja, tetapi sudah merambah ke dunia hobi. Orang yang melakukan olahraga tinju tidak harus menjadi atlet terlebih dahulu. Banyak orang yang mulai menggeluti olahraga ini karena mampu membakar hingga 800 kalori per satu jam. Patut untuk dicoba.

Demikian 7 cara menurunkan berat badan 20 kg dalam seminggu berikut dengan jenis olahraga yang dapat dilakukan. Agar target ini terkesan masuk akal, pastikan melakukannya dengan penuh perhitungan. Semoga bermanfaat dan dapat dijadikan bahan pertimbangan, sebelum melakukan program diet.   

Originally posted 2020-10-23 13:37:47.

About admin

Check Also

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga seringkali menjadi salah satu pilihan terutama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *