Terbukti Ampuh, Cara Menurunkan Berat Badan 5 kg dalam 1 Minggu Secara Alami

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami terdengar sangat memaksa, namun hal itu tidaklah mustahil. Diet yang ideal sebaiknya dilakukan secara bertahap sehingga tidak berpengaruh buruk terhadap metabolisme. Diperlukan konsultasi dengan ahli gizi sebelum melakukan diet ketat.

Situasi khusus kadangkala membuat seseorang harus menurunkan berat badan secara drastis dalam waktu singkat. Pengantin perempuan yang ingin penampilan memesona dengan tubuh langsing, seringkali rela melakukan diet ketat tanpa obat demi bisa mengenakan gaun pengantin idaman.  

Cara Menurunkan Berat Badan 5 kg dalam 1 Minggu Secara Alami

Inilah Cara Menurunkan Berat Badan 5 kg dalam 1 Minggu Secara Alami

Perlu usaha maksimal dan juga disiplin tinggi untuk bisa menurunkan berat badan secara drastis secara alami tanpa mengkonsumsi suplemen penurun berat badan. Meski sepertinya tidak mungkin, namun hal itu bisa saja terjadi asalkan dilakukan dengan sungguh. Berikut adalah cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami.

1. Rutin Sarapan

Menurunkan berat badan dalam waktu satu minggu bukan berarti tidak makan sama sekali. Justru untuk menurunkan berat badan secara cepat, sarapan menjadi salah satu hal yang wajib untuk dilakukan. Baca juga Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami Dalam 3 Hari, Bisa Dicoba!

Sarapan akan menjaga tubuh tetap merasa kenyang hingga waktu makan siang dan juga memberikan energi bagi tubuh. Rutin sarapan justru menjadi cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami. Pilihlah aneka makanan sehat sebagai menu sarapan.

Buah-buahan, sayuran, telur, yogurt rendah lemak dan kacang-kacangan dapat menjadi pilihan sarapan sehat. Telur yang dicampur dengan sayuran juga dapat menjadi sarapan sehat. Jika ingin menggabungkan sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan dan yogurt rendah lemak, maka smoothie adalah pilihan tepat untuk darapan.

2. Batasi Asupan Karbohidrat

Cara menurunkan berat badan 5 kg secara alami dalam 1 minggu dapat dilakukan dengan membatasi asupan karbohidrat. Karbohidrat olahan yang terdapat pada aneka makanan dapat menyebabkan proses penurunan berat badan menjadi sulit. Karbohidrat merupakan sumber lemak jenuh yang utama di dalam tubuh. Lemak jenuh inilah yang menjadi salah satu penyebab kegemukan.

3. Kurangi Asupan Gula

Mengurangi asupan gula bukan berarti sama sekali tidak boleh mengkonsumsi makanan manis. Konsumsi gula berlebih justru akan membuat seseorang semakin sering makan camilan karena terus merasa lapar. Hal ini disebabkan karena gula sangat cepat diproses oleh tubuh sehingga otak tidak sempat mengirimkan sinyal kenyang kepada tubuh.

4. Hindari Makanan Cepat Saji

Aneka makanan cepat saji terutama yang digoreng dengan sistem deep frying memiliki kalori yang sangat tinggi. Mengkonsumsi makanan cepat saji selama dalam proses penurunan berat badan tentu saja akan berakibat kurang baik. Hindari makanan cepat saji sebagai salah satu cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami.

5. Perbanyak Konsumsi Makanan Berserat Tinggi

Makanan berserat tinggi wajib dikonsumsi sebagai salah satu cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami. Serat tinggi yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan akan memperlanar proses metabolisme tubuh. Serat tinggi juga akan membantu tubuh untuk mengeluarkan kotoran sehingga berat badan dapat menurun. 

6. Berpuasa

Cara diet dengan puasa satu minggu menjadi salah satu metode yang banyak dipilih untuk menurunkan berat badan secara alami. Berpuasa menjadikan pola makan seseorang lebih terkontrol baik jumlah maupun waktunya. Dengan berpuasa juga dapat menekan asupan karbohidrat dan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

7. Berpantang

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami juga dapat dilakukan dengan melakukan pantang. Pantang karbohidrat olahan dan juga gula wajib dilakukan untuk dapat menurunkan berat badan selama satu minggu. Karbohidrat olahan yang terdapat pada biskuit, roti putih, kue kering, pasta putih dan aneka olahan yang mengandung karbohidrat tinggu wajib untuk dihindari.

Selama proses penurunan berat badan ini, konsumsi gula tidak diperbolehkan baik gula yang ada dalam makanan, minuman ataupun permen. Tubuh akan memperoleh gula dari sayuran dan buah yang dikonsumsi. Selain karbohidrat dan gula, alkohol merupakan minuman yang wajib dihindari.

8. Makan 5 Kali Sehari

Makan lebih sering dalam porsi kecil akan membuat tubuh selalu merasa kenyang. Karena itulah makan porsi kecil termasuk cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami. Siapkan camilan sehat dua kali sehari yang dapat dikonsumsi pagi hari antara waktu sarapan dengan makan siang dan sore hari.

Siapkan makanan dalam porsi kecil-kecil dalam tempat yang mudah dibawa sehingga memudahkan ketika akan mengkonsumsi. Perbanyak camilan yang sehat seperti buah-buahan dan kacang-kacangan. Mau info kecantikan alami dan fashion terkini? simak disini!

9. Perbanyak Minum Air Putih

Salah satu cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami adalah dengan mengeluarkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Proses pengeluaran racun sangat membutuhkan bantuan air. Oleh karena itu penting untuk mengkonsumsi banyak air putih. Minumlah segelas air putih sebelum tidur dan juga saat bangun pagi.

Minum air putih sebelum makan dapat memberikan efek rasa kenyang sehingga jumlah makanan yang dikonsumsi akan terbatas jumlahnya. Biasakan untuk membawa air putih dalam botol saat bepergian sehingga ingat untuk selalu mengkonsumsi air putih. Tubuh akan selalu merasa berenergi ketika terhidrasi dengan baik. Rajin mengkonsumsi air putih akan memberi efek kenyang.

10. Olahraga

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami harus diimbangi dengan olahraga yang memadai. Olahraga yang tepat akan membantu tubuh membakar lemak dan kalori. Olahraga jenis kardio akan membakar kalori lebih cepat dibanding dengan olahraga kekuatan. Aerobik, tenis, basket, renang dan lompat tali merupakan beberapa olahraga kardio yang dapat dilakukan untuk mendukung program diet.

11. Perbanyak Aktivitas Fisik

Aktivitas fisik selain olah raga penting dilakukan untuk menunjang cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami. Aktivitas fisik dengan melakukan kegiatan sehati-hari akan membantu tubuh untuk membakar kalori. Semakin banyak kalori yang terbakar maka akan semakin cepat pula berat badan akan menurun.

12. Hindari Makan Malam di Atas Jam 7

Makan malam di atas jam 7 beresiko meningkatkan berat badan. Hal ini terjadi karena biasanya tubuh sudah tidak beraktivitas berat di atas jam 7 sehingga makanan yang dikonsumsi akan diubah menjadi lemak tubuh. Menghindari makan malam di atas jam 7 menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan.

13. Waktu Tidur yang Cukup

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami salah satunya adalah dengan memenuhi kebutuhan akan waktu tidur. Waktu tidur yang kurang akan menyebabkan orang mudah lapar. Selain itu, waktu tidur yang tidak tercukupi juga menjadikan seseorang rentan mengalami stres. Kurang tidur dan stres akan menyebabkan kekacauan hormon sehingga membuat mudah merasa lapar.

14. Berbagi dan Membuat Catatan Harian

Ceritakan rencana untuk menurunkan berat badan kepada orang yang dipercaya. Hal ini memungkinkan orang lain untuk turut membantu melakukan kontrol terhadap proses diet yang sedang dijalani. Selain itu penting untuk membuat catatan harian tentang program diet lengkap dengan target serta capaiannya.

Cara menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 minggu secara alami hendaknya dilakukan dengan pengawasan dokter atau ahli gizi. Menurunkan berat badan secara drastis sebenarnya tidak dianjurkan karena jika tidak dilakukan secara tepat dapat membahayakan tubuh. Konsultasikan dengan ahli gizi atau dokter sebelum sebelum melakukan diet ketat. Selamat mencoba.

Originally posted 2020-10-22 16:25:02.

Tinggalkan komentar