9 Cara Menurunkan Berat Badan Di Rumah, Praktikkan Yuk!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan di rumah selalu menjadi topik terhangat bagi yang mendambakan berat badan ideal. Pasalnya, tidak sedikit wanita yang masih belum percaya diri untuk melakukan kegiatan diet di luar rumah, seperti di tempat gym. Hal ini sebenarnya dapat dimaklumi, karena stereotip yang terlanjur melekat di masyarakat.

Pada dasarnya, tidak ada satu pun wanita yang ingin memiliki permasalahan berat badan berlebih. Bukan hanya cantik atau tidak cantik, terlalu gemuk juga dapat memicu gangguan kesehatan serta menghambat mobilitas diri. Terutama bagi yang memiliki anak balita, kondisi ini sedikit banyak akan memperlambat aktivitas. Oleh karena itu, cara menurunkan berat badan di rumah dianggap sebagai jalan keluar.

cara menurunkan berat badan di rumah

Inilah Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Di Rumah

Ada yang masih berpikir bahwa untuk kurus harus pergi ke pusat kebugaran? Hal ini memang dapat membantu, tetapi bukan satu-satunya jalan keluar bagi yang ingin sehat dan ideal. Sebab, diet bukan hanya tentang olahraga tetapi gaya hidup yang dijalani. Berikut adalah beberapa cara menurunkan berat badan di rumah yang dapat diikuti:

1. Kelola Pikiran

Pikiran merupakan kunci utama kedamaian dalam menjalani kehidupan. Pikiran yang kalut dapat menimbulkan gangguan kesehatan serta berat badan berlebih. Sebab, orang yang banyak pikiran atau stres biasanya akan mudah merasa lapar, sehingga lebih banyak mengonsumsi makanan. Baca juga 11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

2. Istirahat Cukup

Hal yang sering diabaikan dalam cara menurunkan berat badan di rumah adalah beristirahat. Jika terus dibiarkan, maka hormon ghrelin dan leptin di dalam tubuh akan terganggu. Hormon ghrelin sering disebut dengan hormon lapar, karena tugasnya untuk memberikan sinyal lapar pada otak.

Sementara hormon leptin adalah salah satu jenis hormon yang bertugas untuk memberikan sinyal kenyang pada otak. Jika keseimbangan kedua hormon ini terganggu, maka besar kemungkinan hasrat makan lebih tinggi. Dan hal tersebut menjadi permasalahan sendiri bagi seorang wanita.

3. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Air menjadi kebutuhan yang sangat vital, karena 70% bagian tubuh adalah cairan. Oleh karena itu, ahli gizi menganjurkan untuk minum air putih minimal 8 gelas setiap hari. Jangan salah, air putih tidak dapat digantikan dengan cairan jenis apapun, termasuk cairan isotonik maupun jus kemasan.

4. Jangan Lupa Sarapan

Sarapan juga termasuk ke dalam daftar cara menurunkan berat badan di rumah. Anggapan ini seringkali menjadi sumber kesalahpahaman bagi pelaku program diet. Banyak di antara mereka yang berpikir bahwa sarapan dapat membuat seseorang menjadi gemuk. Hal ini justru berbanding terbalik dengan pendapat ahli gizi yang menyatakan, bahwa sarapan memiliki fungsi penting dalam diet.

Sarapan adalah cara tubuh mendapatkan bekal energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Jika hal ini diabaikan, maka perut akan menjadi sangat lapar. Dan saat tiba jam makan siang, maka porsi menjadi lebih banyak dari yang seharusnya. Kondisi inilah yang menyebabkan tubuh kelebihan karbohidrat dan menyimpannya dalam bentuk lemak.

5. Atur Porsi Makan

Satu hal yang harus dipahami dalam cara menurunkan berat badan di rumah adalah mengatur porsi makan. Jadi bukan salah satu nutrisi yang dihilangkan, tetapi porsinya yang lebih disesuaikan. Untuk menerapkannya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui jumlah kalori yang diperlukan tubuh.

Perlu diketahui, bahwa kebutuhan kalori harian setiap orang berbeda. Ada banyak hal yang memengaruhinya, seperti usia, jenis kelamin, aktivitas, riwayat kesehatan, dan lain-lain. Sementara untuk mengetahui takarannya dapat dilakukan dengan cara berkonsultasi ke ahli gizi, maupun menghitung dengan menggunakan tabel kalori.

6. Perbanyak Buah dan Sayur

Cara untuk menurunkan berat badan di rumah tidak dapat terlepas dari peran buah dan sayur. Kedua jenis makanan ini kaya akan vitamin dan mineral, tetapi aman untuk tubuh. Dapat dikatakan, buah dan sayur akan benar-benar habis dicerna sehingga tidak meninggalkan lemak sisa pengolahan.

Selain itu, serat yang terkandung di dalamnya dapat memberikan efek kenyang lebih lama. Sebab, organ tubuh memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengolah semua serat dari makanan. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri, karena dapat mengurangi hasrat untuk mengemil atau makan besar.

7. Batasi Konsumsi Garam dan Gula

Cara menurunkan berat badan di rumah yang selanjutnya yaitu membatasi asupan garam yang masuk ke dalam tubuh. Garam memang tidak akan memengaruhi kenaikan berat badan secara langsung, melainkan kemampuannya dalam menahan air. Semakin banyak air yang ditahan di dalam tubuh, maka risiko kenaikan berat badan semakin tinggi.

Selaras dengan garam, gula pun harus mulai diatur penggunaannya agar cara menurunkan berat badan di rumah berhasil. Minuman dan makanan manis merupakan penyumbang lemak jahat terbesar. Selain membatasi asupannya, gantilah gula pasir dengan sumber gula lain yang lebih ramah tubuh.

8. Hindari Junk Food

Sesuai dengan namanya, junk food adalah makanan sampah yang tidak akan memberikan manfaat apapun bagi tubuh. Oleh karena itu, coret jenis makanan ini jika ingin program diet yang dijalani berhasil. Untuk sesekali diperbolehkan, tetapi harus tetap ada batasan.

9. Aktif Bergerak

Ingin praktik cara menurunkan berat badan di rumah, tetapi malas bergerak? Berat badan memang turun, tetapi kesehatan pun akan terganggu. Bagaimana pun tubuh butuh bergerak untuk menyalurkan energi dari asupan makanan yang masuk. Jika hanya berdiam diri, maka energi tersebut tidak dapat keluar dan akan disimpan menjadi lemak di dalam tubuh.

Sekali lagi, berolahraga tidak harus dilakukan di luar rumah. Bagi yang memiliki keterbatasan waktu, membakar lemak dapat dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Berikut adalah beberapa aktivitas di rumah yang dapat membakar kalori di dalam tubuh:

a. Membersihkan Rumah

Usahakanlah untuk selalu meluangkan waktu satu jam setiap dua atau tiga hari sekali. Lalu lakukan kegiatan bersih-bersih rumah dalam skala besar. Mulailah dengan membersihkan kotoran di sela sempit dan atas lemari. Lanjutkan dengan mengelap perabotan yang dimiliki, menyapu, lalu mengepelnya secara manual.

b. Bercocok Tanam

Manfaatkan sisa lahan yang ada untuk mempraktikkan cara menurunkan berat badan di rumah. Selain dapat mewujudkan swasembada pangan, kegiatan ini juga bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Menurut pakar kesehatan, kegiatan bercocok tanam selama satu jam dipercaya mampu membakar kalori hingga 330 kalori.

c. Mencuci Mobil

Bagi yang memiliki kendaraan pribadi, jadikan kesempatan ini untuk membakar kalori lebih banyak. Saat mencuci mobil selama 30 menit, maka ada 150 kalori yang habis dibakar. Oleh karena itu, bersihkan mobil semaksimal mungkin dengan menggosok bagian body hingga mencuci aksesori bagian dalamnya.

d. Membersihkan Kamar Mandi

Membersihkan kamar mandi merupakan salah satu kegiatan yang sering dijadikan ajang pelepasan emosi bagi wanita. Siapa sangka, jika satu jam membersihkannya dapat membakar kalori hingga 180 kalori. Sangat mudah dan menarik, bukan? Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencoba cara menurunkan berat badan di rumah yang satu ini.

Demikian 9 cara menurunkan berat badan di rumah yang dijamin berhasil. Tentunya dengan catatan, tidak ada satu poin pun yang terlewat. Bersabarlah untuk berproses karena diet yang sehat tidak didapatkan dengan cara yang mudah. Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai motivasi.

Originally posted 2020-10-23 13:24:37.

About admin

Check Also

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga seringkali menjadi salah satu pilihan terutama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *