13 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat Tanpa Olahraga

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga harus dilakukan secara konsisten untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Berat badan yang ideal menjadi dambaan banyak orang. Tidak hanya para wanita yang menginginkan berat badan ideal, para pria pun banyak yang berharap bisa memiliki berat badan ideal.

Berat badan ideal tidak selalu berarti memiliki bentuk badan yang bagus. Bentuk badan ideal lebih bersifat subyektif dan relatif, tegantung siapa yang menilai. Berbeda dengan bentuk badan, berat badan ideal merupakan sesuatu yang obyektif karena terdapat standar yang jelas. Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga dapat membantu seseorang memiliki berat badan ideal.

cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga

Wajib Diketahui, Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami dan Cepat Tanpa Olahraga

Banyak orang yang rela melakukan diet ketat demi memiliki berat badan yang ideal. Diet sebaiknya dilakukan dengan tetap memperhatikan faktor kesehatan. Diet yang terlalu ekstrim justru dapat membahayakan kesehatan tubuh. Cari tahu tentang diet sehat sebelum melakukannya. 13 cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga berikut ini dapat diikuti.

1. Menentukan Target

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara menurunkan berat badan secara alami tanpa obat adalah dengan menentukan target. Buatlah target berat badan yang ideal yang disesuaikan dengan kondisi tubuh. Tidak perlu terobsesi untuk menurunkan berat badan secara drastis karena justru dapat berbahaya. Ahli gizi dan konsultan diet dapat membantu untuk menentukan target.

2. Mengkonsumsi Banyak Air Mineral

Tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air. Mengkonsumsi air mineral dan jumlah banyak dapat membantu tubuh untuk melakukan proses metabolisme. Konsumsi air mineral juga dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga salah satunya dilakukan dengan memenuhi kebutuhan tubuh akan air mineral.

Biasakan pula untuk mengkonsumsi air mineral sebelum makan. Minumlah segelah air mineral 30 menit sebelum makan. Hal ini dapat membantu tubuh merasa kenyang sehingga makanan yang dikonsumsi jumlahnya akan lebih sedikit. Konsumsi air putih sebelum tidur dan setelah bangun pagi dapat memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama pada tubuh.

3. Makan dengan Porsi Lebih Kecil Namun Sering

Jika selama ini makan dalam porsi besar namun tidak teratur, sebaiknya ubah kebiasaan tersebut. Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang berikutnya adalah dengan sering mengkonsumsi makanan namun dalam porsi kecil. Porsi makanan yang biasanya disantap dalam sekali makan, bisa dipecah menjadi beberapa porsi kecil yang dapat disantap beberapa kali.

Memecah porsi makan akan membuat tubuh selalu merasa kenyang namun makanan yang dikonsumsi jumlahnya sedikit. Sediakan kudapan sehat seperti misalnya buah-buahan, aneka jenis kacang atau yogurt rendah lemak sebagai selingan diantara waktu makan. Baca juga 10 Tips Diet Sehat Ibu Menyusui yang Aman Dilakukan, Wajib Baca!

4. Kunyah Makanan Secara Perlahan

Mengunyah makanan secara perlahan ternyata memiliki banyak manfaat. Mengunyah makanan secara perlahan memberi kesempatan bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik. Otak memiliki waktu untuk mengirimkan sinyal kenyang ketika proses mengunyah dilakukan secara perlahan.

Manfaat kedua dari mengunyah makanan secara perlahan adalah berfungsinya enzim-enzim yang ada di dalam mulut secara maksimal. Saat mengunyah makanan, mulut akan menghasilkan enzim yang akan membantu proses pencernaan makanan. Hal ini akan menjadi tidak maksimal ketika makanan dikunyah secara cepat.

5. Hindari Makan Sambil Melakukan Kegiatan Lain

Makan sambil melakukan kegiatan lain bukanlah cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga. Makan sambil melakukan kegiatan lain justru dapat menyebabkan seseorang makan secara tidak terkontrol. Makan hanya menjadi kegiatan sambil lalu sehingga tidak fokus memperhatikan jumlah makanan yang dikonsumsi.

6. Mengurangi Karbohidrat

Cara diet secara alami dan cepat tanpa olahraga dapat dilakukan dengan membatasi jumlah karbohidrat yang dikonsumsi. Meski demikian bukan berarti sama sekali tidak mengkonsumsi karbohidrat. Pilihlah makanan dengan kandungan karbohidrat alami yang rendah. Hindari mengkonsumsi makanan olahan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi.

7. Hindari Makanan Berkadar Gula Tinggi

Kadar gula yang tinggi di dalam tubuh akan membuat tubuh menjadi lebih mudah lapar. Hal ini terjadi karena tubuh memproses gula dengan sangat cepat sehingga tidak memberikan rasa kenyang. Untuk mengimbangi hal tersebut, maka tubuh akan terus merasa lapar sehingga orang cenderung mengkonsumsi makanan dalam jumlah banyak.

8. Perbanyak Konsumsi Protein

Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga yang kedelapan adalah dengan memperbanyak konsumsi protein. Protein yang ada di dalam tubuh akan membantu proses pembakaran lemak dan kalori. Protein banyak terdapat pada produk-produk hewani atau nabati. Aneka jenis kacang-kacangan merupakan sumber protein tinggi yang sangat cocok dikonsumsi orang yang sedang diet.

9. Makan Sayur dan Buah Lebih Banyak

Kandungan serat tinggi yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran sangat efektif untuk menurunkan berat badan. Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga haruslah diimbangi dengan mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan dalam porsi besar. Serat tinggi akan membantu proses pencernaan makanan sehingga cepat menurunkan berat badan.

10. Selalu Makan Pagi

Diet bukan berarti tidak makan pagi. Makan pagi justru menjadi salah satu hal yang wajib dilakukan bagi orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Makan pagi dengan menu makanan sehat akan membantu tubuh memiliki energi yang cukup untuk beraktivitas. Makan pagi juga akan membuat tubuh tidak mudah merasa lapar.

11. Berjalan Setelah Makan

Berjalan setelah makan menjadi cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga yang cukup efektif. Berjalan kaki selama sepuluh menit setelah makan akan membantu tubuh membakar kalori. Selain itu, berjalan kaki setelah makana juga akan membantu tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih baik. Mau tahu info kecantikan alami yang murah? simak disini!

12. Tidur yang Cukup dan Hindari Stres

Sekilas tidak ada hubungannya antara waktu tidur dengan penurunan berat badan. Tahukah bahwa ternyata kualitas tidur memiliki pengaruh terhadap berat badan? Waktu tidur yang kurang akan memicu munculnya hormon ghrelin dan leptin. Kedua hormon tersebut memiliki peran untuk mengatur nafsu makan. Jika terjadi ketidak seimbangan hormon ghrelin dan leptin, maka nafsu makan menjadi tidak terkontrol.

Cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga haruslah mampu untuk menghindari stress. Saat sedang stres, tubuh akan memproduksi hormon kortisol. Kadar hormon kortisol yang tinggi dapat menyebabkan seseorang terus merasa lapar sehingga makan dalam jumlah besar. Mengendalikan tubuh agar tidak memproduksi hormon kortisol penting dilakukan agar diet dapat berhasil.

13. Konsumsi Madu dan Jahe

Siapa sangka jika mengkonsumsi seduhan madu dan jahe dapat menjadi cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga? Madu sebagai pemanis alami akan membantu tubuh untuk membakar lemak secara tidak langsung. Sementara itu jahe berfungsi untuk menekan nafsu makan. Mengkonsumsi seduhan madu dan jahe akan sangat membantu proses penurunan berat badan.

Saat ini di pasaran tersedia banyak suplemen penurun berat badan secara instant. Meski demikian, cara menurunkan berat badan secara alami dan cepat tanpa olahraga layak untuk dicoba. Cara-cara alami sebaiknya lebih dahulu dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Siap melakukan 13 cara diet alami tanpa olahraga? Selamat mencoba.

Originally posted 2020-10-21 14:42:59.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *