10 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami, Mudah Turun 10 kg

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan secara alami yang dilakukan dengan tepat dapat mewujudkan impian Anda memiliki tubuh ideal. Terutama di era kini, ketika kaum hawa berlomba-lomba untuk menjadi cantik dengan berbagai cara, termasuk mengikuti budaya Barat atau Korea. Padahal, di Indonesia terdapat berbagai ramuan alami yang efektif membantu menurunkan berat badan.

Meski begitu, tidak sedikit pula yang memilih menggunakan berbagai cara instan ataupun menggunakan cara ekstrim, mulai dari pil diet sampai konsumsi jenis cacing tertentu. Tentu hal ini berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Nah, di bawah ini beberapa cara untuk menurunkan berat badan secara alami dengan bahan-bahan yang dapat Anda temukan di sekitar Anda.

cara menurunkan berat badan secara alami

Inilah Cara Menurunkan Berat Badan secara Alami

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan secara alami, berikut ini akan dijelaskan mengenai beberapa tips yang bisa dilakukan di rumah. Yuk, simak ulasan lengkapnya.

1. Kurangi Asupan Kalori

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurangi asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya kesalahan pada orang yang ingin melakukan diet adalah mengurangi konsumsi kalori secara berlebihan dalam waktu yang relatif pendek. Kemudian, ketika berat badan telah turun dan bentuk tubuh yang diinginkan telah tercapai, maka langsung kembali ke pola makan semula.

Hal ini yang menjadi kesalahan diet. Padahal, cara menurunkan berat badan secara alami bukan dengan mengurangi jumlah kalori banyak dalam waktu singkat, melainkan secara bertahap. Pertama, Anda bisa mengurangi seperempat, kemudian setengah, dalam rentang waktu seminggu. Hal ini bertujuan agar perut atau pencernaan Anda juga terbiasa.

2. Bentuk Piring

Percaya atau tidak, bentuk piring secara tidak langsung juga memengaruhi pola makan Anda. Ketika Anda menggunakan piring yang besar dan lebar, secara naluriah Anda akan mengambil berbagai makanan dalam porsi besar. Sebaliknya ketika Anda menggunakan piring dengan bentuk yang lebih kecil, maka porsi makan Anda juga akan berkurang sesuai dengan kondisi piring.

Pengaruh bentuk piring ini memang termasuk ke dalam cara menurunkan berat badan secara alami. Bahkan beberapa penelitian pun telah dilakukan untuk menguji pengaruh piring. Hasilnya pun membuktikkan bahwa kebanyakan wanita dapat menurunkan berat badan secara signifikan dengan mengganti ukuran piring yang digunakan menjadi lebih kecil.

3. Hindari Makan Malam

Beberapa orang yang sedang berdiet sering menghindari makan atau melakukan puasa di pagi dan siang hari, sementara pada malam hari mereka makan dalam porsi besar. Hal ini justru tidak baik bagi kesehatan pencernaan Anda. Bukan hanya meningkatkan lemak dan kalori di dalam tubuh, tetapi juga dapat mengganggu kinerja organ kesehatan.

Bahkan menghindari makan malam termasuk sebagai cara menurunkan berat badan secara alami dengan cepat. Apabila Anda mulai menghindari makan malam di atas jam 6 sore dan mengganti makan sore Anda dengan buah, maka selama seminggu berlangsung Anda dapat menurunkan berat badan mulai dari 0,5 kg sampai 1 kg.

4. Kurangi Begadang

Beban pekerjaan maupun tugas kuliah yang menumpuk seringkali membuat Anda harus begadang sampai semalaman suntuk. Hal ini tentu berdampak pada pola makan, karena seringkali secara tidak langsung Anda merasa kelaparan di malam hari. Hal ini terjadi karena otak dan fisik dipaksa bekerja lebih keras saat waktunya beristirahat.

Akibatnya, ketika Anda bangun di pagi hari, Anda mungkin menemui area pipi Anda mengalami pembengkakan karena kalori yang tidak dicerna dengan baik. Sehingga salah satu cara menurunkan berat badan secara alami adalah dengan mengurangi kegiatan begadang. Anda dapat membuat agenda atau mengatur waktu dengan baik agar tubuh tetap mendapatkan waktu istirahat dengan cukup.

5. Perbanyak Konsumsi Air Putih

Selain bisa menggunakan berbagai buah, cara menurunkan berat badan secara alami dapat dilakukan dengan mengonsumsi air putih. Cukupi kebutuhan air putih sesuai dengan berat badan Anda. Konsultasikan dengan pakar kesehatan atau pakar diet untuk asupan air putih untuk diet sehat Anda. Baca juga 8 Cara Mengecilkan Badan dan Perut yang Ampuh untuk Dilakukan.

Bagi Anda yang memiliki kondisi kulit kering pun dapat secara alamiah diatasi dengan memperbanyak konsumsi air putih. Selain itu, air putih dapat menjadi cara menurunkan berat badan secara alami yang dapat dilakukan orang yang sibuk sekalipun. Anda cukup mengonsumsi air putih dan menghindari jenis minuman lainnya.

6. Hindari Stress

Banyak wanita yang bekerja di wilayah urban mengalami stress sampai depresi diakibatkan beban pekerjaan yang tinggi. Hal ini adalah perwujudan dari tuntunan ekonomi yang tak pernah stabil dan menimbulkan kekhawatiran berlebih pada sebagian besar masyarakat.

Secara tidak langsung, akibat yang ditimbulkan adalah konsumsi makanan yang berlebihan sebagai wujud mengalihkan perasaan stress itu sendiri. Beberapa makanan yang menjadi pilihan pun dinilai tidak mudah terserap ke dalam tubuh. Oleh karena itu, untuk menjaga bentuk badan, Anda juga harus menjaga kesehatan pikiran sebagai cara menurunkan berat badan secara alami.

7. Hindari Fast Food

Tahukah Anda berapa kalori yang diperoleh tubuh setiap kali memakan junk food atau fast food? Nyatanya, ketika Anda mengonsumsi makanan cepat saji, kalori yang diperoleh dapat mencapai setengah dari konsumsi harian Anda. Apalagi ketika Anda mengonsumsi junk food di malam hari maka tak ayal bila Anda mengalami lonjakan berat badan.

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat mengurangi atau bahkan tidak mengonsumsi makanan cepat saji dalam waktu dekat secara berkala. Hal ini sebagai salah satu cara menurunkan berat badan dengan cepat. Mau info cantik menarik tanpa efek samping? simak ulasannya disini!

8. Kurangi Konsumsi Gula

Beberapa wanita gemar sekali mengonsumsi berbagai jenis makanan dan minuman yang mengandung kadar gula tinggi. Misalnya saja donat, thai tea, sampai berbagai jenis kue yang mengandung tinggi gula. Kandungan ini dapat meningkatkan berat badan Anda dalam tempo yang terbilang cepat. Cara terbaik dan paling tepat adalah dengan mengurangi konsumsi gula harian Anda.

Sebagai cara menurunkan berat badan secara alami, Anda bisa melakukan aktivitas ini dalam waktu 1-2 bulan dan lihat hasilnya. Tubuh Anda akan mengalami pengurangan berat badan, dengan catatan 7 poin di atas dilakukan dengan benar.

9. Minum Jeruk Nipis Atau Madu Jahe

Indonesia kaya akan berbagai buah untuk menurunkan berat badan sampai jenis ramuan dengan manfaat yang beragam. Mulai dari masalah pencernaan, mengatasi jerawat, sampai menurunkan berat badan.

Salah satu ramuan yang dapat Anda coba sebagai cara menurunkan berat badan secara alami adalah madu jahe maupun perasan jeruk nipis. Anda dapat mengonsumsi ramuan ini di pagi hari dan malam hari setelah makan. Hal ini dipercaya dapat meluruhkan kolestrol maupun lemak yang ada di dalam tubuh dan mengeluarkannya dalam bentuk air seni.

10. Menghindari Rokok Dan Minuman Beralkohol

Terakhir, untuk menurunkan berat badan, hindari rokok serta berbagai minuman yang mengandung alkohol dan soda. Konsumsi yang berlebihan akan mengganggu kesehatan ginjal maupun lambung Anda. Akibatnya, Anda akan mengalami gangguan pada paru-paru dan mendapatkan perut buncit karena konsumsi alkohol.

Nah, di atas adalah beberapa cara menurunkan berat badan secara alami yang dapat Anda lakukan dengan mudah. Cara-cara di atas juga bertujuan untuk mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat, sehingga tentu khasiatnya bisa Anda rasakan dalam jangka panjang.

Originally posted 2020-10-21 12:53:29.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *