11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga seringkali menjadi salah satu pilihan terutama bagi orang dalam kondisi khusus. Tubuh yang ideal menjadi dambaan banyak orang terutama kaum hawa. Banyak cara dilakukan agar berat badan ada pada posisi ideal. Menjaga pola makan dan rutin melakukan olahraga adalah cara yang biasa dilakukan demi mendapatkan berat badan ideal.

Program penurunan berat badan yang harus diimbangi jadwal olahraga dengan durasi waktu tertentu kadangkala menjadikan orang enggan melakukannya. Kesibukan dan banyaknya kegiatan lain seringkali  menjadi hambatan bagi sebagian orang untuk memiliki jadwal olahraga secara khusus. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari cara untuk menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Inilah Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

Menurunkan berat badan ternyata dapat dilakukan tanpa harus diikuti dengan olah raga tertentu. Kebiasaan-kebiasaan kecil dan sederhana bisa mendukung program penurunan berat badan dengan cukup efektif. Inilah 11 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang bisa dicoba untuk dilakukan. Cara ini terbukti mudah dan juga murah, tanpa harus mengkonsumsi suplemen tertentu.

1. Makan dalam Porsi Kecil

Cara menurunkan berat badan tanpa minum obat dan olahraga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi makanan porsi kecil. Mengurangi porsi makanan terutama karbohidrat dan lemak yang masuk ke dalam tubuh terbukti cukup efektif untuk menurunkan berat badan. Untuk memberikan rasa kenyang pada tubuh dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah serta sayuran.

2. Gunakan Piring Kecil

Siapkan piring kecil di rumah atau di kantor. Saat hendak mengkonsumsi makanan terutama makanan yang tidak sehat, gunakanlah piring kecil tersebut. Hal ini akan memanipulasi otak sehingga otak akan berpikir bahwa piring terisi penuh oleh makanan. Hal ini terlepas apakah piring yang digunakan piring kecil atau besar. Dengan demikian makanan tidak sehat yang masuk ke dalam tubuh akan sedikit.

3. Kunyah Makanan Pelan-pelan

Mengunyah makanan secara pelan ternyata cukup efektif sebagai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Hal ini terjadi karena otak mempunyai kesempatan untuk merespon apa yang kita lakukan. Baca juga 11 Cara Menurunkan Berat Badan dengan Cepat.

Saat mengunyah makanan secara perlahan, otak berkesempatan untuk memberikan isyarat kapan perut sudah kenyang ataupun masih perlu tambahan asupan makanan. Mengunyah makanan pelan-pelan akan membuat enzim-enzim pengolah makanan yang ada di dalam mulut bekerja secara maksimal.

Ketika orang mengunyah makanan dengan cepat atau bahkan sambil mengerjakan hal lain, kemungkinan besar jumlah makanan yang dikonsumsi menjadi kurang terkontrol. Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga menjadi kurang efektif jika makanan yang dikonsumsi tidak terkontrol.

4. Konsumsi Banyak Makanan Berserat Tinggi

Makanan yang memiliki serat tinggi terbukti efektif untuk melancarkan pencernaan sehingga sampah tubuh dapat dikeluarkan dengan baik. Cara menurunkan berat badan tanpa diet ketat dapat dilakukan dengan memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi. Sayuran dan buah-buahan menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan akan serat yang tinggi.

5. Kurangi Asupan Karbohidrat

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang selanjutnya adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. Ketahui kebutuhan tubuh akan karbohidrat harian dengan melakukan pengecekan terhadap angka kebutuhan gizi. Dalam sepiring makanan, hendaknya porsi karbohidrat cukup seperempatnya.

6. Perbanyak Konsumsi Protein

Protein yang ada di dalam tubuh salah satu fungsinya adalah meningkatkan rasa kenyang. Mengkonsumsi protein harian dalam jumlah yang cukup tinggi akan efektif untuk mengurangi asupan makanan berkalori tinggi. Protein yang dikonsumsi tidak harus protein hewani, protein juga dapat ditemukan dengan mudah pada biji-bijian yang dikenal sebagai protein nabati.

7. Perbanyak Minum Air Putih

Selanjutnya, cara menurunkan berat badan tanpa olahraga adalah dengan memperbanyak minum air putih. Tubuh memerlukan asupan air putih dalam jumlah yang cukup banyak untuk proses metabolisme. Mengkonsumsi air putih 30 menit sebelum makan sebanyak setengah liter dapat membuat perut merasa kenyang.

Dengan begitu, jumlah makanan yang masuk akan lebih sedikit karena perut cepat kenyang. Kenali pula sinyal lapar yang dikirimkan oleh tubuh. Kadangkala sinyal lapar yang dikirim tubuh merupakan sinyal palsu karena ternyata yang dimaksud oleh tubuh adalah tubuh perlu air putih.

Sering-seringlah minum air putih untuk menghindari terlalu banyak mengkonsumsi camilan tidak sehat untuk menunda rasa lapar. Memperbanyak konsumsi air putih menjadi cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Mau tahu info kecantikan dan fashion terkini? simak ulasannya disini!

8. Hindari Stres dan Tidur dengan Cukup

Stres dan kurang tidur seringkali memiliki keterkaitan erat dengan nafsu makan. Hormon ghrelin dan leptin yang merupakan hormon pengatur nafsu makan akan menjadi kacau saat seseorang kurang tidur. Sementara itu, hormon kortisol akan naik tinggi ketika seseorang sedang dalam kondisi stres.

Apabila hormon-hormon tersebut di atas tidak seimbang, maka besar kemungkinan orang akan terus merasa lapar. Rasa lapar yang terus menerus tentu saja akan sangat berbahaya untuk program penurunan berat badan. Tidurlah dengan porsi cukup dan berkualitas serta mengelola stres ampuh sebagai cara menurunkan berat badan tanpa olah raga.

9. Hindari Makan sambil Melakukan Aktivitas Lain

Kadangkala orang makan sambil melakukan kegiatan lain seperti misalnya menonton televisi atau menggunakan ponsel. Hal ini sangat tidak dianjurkan jika ingin melakukan cara menurunkan berat badan tanpa obat dan olahraga. Makan yang dibarengi dengan melakukan kegiatan lain akan membuat seseorang tidak berfokus pada makanan yang ia santap.

Makan sambil melakukan kegiatan lain membuat orang sulit melakukan kontrol terhadap jumlah makanan yang dikonsumsi. Lakukan kegiatan makan tanpa dibarengi aktivitas lain sehingga hanya terfokus pada makanan yang disantap. Hal ini membuat jumlah makanan yang dikonsumsi menjadi terkontrol jumlahnya dan akan memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama.

 10. Selalu Aktif Bergerak

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang kesepuluh adalah selalu aktif bergerak. Aktif bergerak tidak selalu berarti melakukan olah raga. Kegiatan membersihkan rumah, naik turun tangga atau sekedar berjalan-jalan di sekitar rumah bersama buah hati membuat tubuh aktif bergerak. Aktivitas sehari-hari yang dilakukan seringkali tanpa disadari sudah membakar kalori dan lemak dalam tubuh.

11. Letakkan Makanan Tidak Sehat Jauh dari Pandangan

Makanan tidak sehat yang terhidang di depan mata menjadi godaan saat sedang berusaha melakukan cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Seringkali godaan tersebut sangat besar sehingga tanpa sadar telah mengkonsumsi makanan tidak sehat dalam jumah yang banyak.

Letakkan makanan tidak sehat pada tempat yang tidak mudah dilihat sehingga godaan untuk mengkonsumsinya lebih sedikit. Sebaliknya, letakkan aneka makanan sehat terutama camilan sehat pada tempat yang mudah dilihat serta dijangkau. Apabila rasa lapar datang pada saat belum jam makan siang atau makan malam, kudapan sehat dapat dikonsumsi untuk menunda rasa lapar.

11 cara menurunkan berat badan tanpa olahraga tersebut terlihat sederhana dan sangat mudah. Meski demikian banyak orang yang abai untuk melakukannya. Kesibukan dan juga banyaknya pilihan makanan lezat namun belum tentu sehat menjadi beberapa alasan mengapa orang tidak melakukan hal tersebut.

Menyadari pentingnya tubuh memiliki berat badan yang ideal akan menumbuhkan kesadaran untuk selalu menjaga dan mengupayakannya. Berat badan ideal tidak semata untuk menunjang penampilan namun juga untuk alasan kesehatan. Demikianlah cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Selamat mencoba.

About admin

Check Also

jadwal diet sehat

Jadwal Diet Sehat Bagi Remaja? Ikuti 7 Tips Di Bawah Ini

DietSehat – Ingin Turunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Bagi Remaja dengan jadwal diet sehat? Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *