13 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat, Simak Yuk!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan sebenarnya dapat dilakukan dengan berbagai langkah. Namun, kembali lagi kepada seseorang yang melakukannya apakah mampu untuk konsisten untuk menjalaninya atau tidak. Jika mampu tentu kemungkinan keberhasilan diet sangatlah besar dan begitu juga sebaliknya.

Biasanya seseorang akan mencoba segala cara untuk menurunkan berat badan termasuk dengan melakukan diet ketat. Diet ketat memang dapat menurunkan badan dengan lebih cepat. Namun, diet ini amat menyiksa bukan? Selain itu diet ketat juga dapat membahayakan kesehatan. Oleh karena itu, jangan hanya memikirkan tubuh yang langsing saja, tetapi juga perlu memperhatikan kesehatan Anda sendiri.

Cara menurunkan berat badan

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Diet Ketat

Lelah sudah melakukan berbagai cara tetapi belum berhasil? Jangan menyerah. Cobalah cara menurunkan berat badan di bawah ini:

1. Jangan Sampai Melewatkan Sarapan

Banyak orang yang beranggapan bahwa cara menurunkan berat badan yang tepat ialah dengan melewatkan sarapan. Hal tersebut salah besar, apabila Anda tidak sarapan maka tubuh akan kekurangan energi sehingga akan merasa lapar saat siang harinya. Hal ini tentu dapat membuat Anda makan 2 kali lebih banyak dari biasanya.

2. Mengonsumsi Buah Pisang Di Pagi Hari

Sebelum memulai aktivitas keseharian, alangkah baiknya Anda mengonsumsi buah pisang di pagi. Mengapa buah pisang? Karena pisang merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan serat tinggi dan juga rendah kalori. Dengan mengonsumsi pisang dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan mampu membantu membakar kalori.

Caranya cukup mengonsumsi pisang segar yang belum diolah beserta air putih saja di pagi hari sebagai menu sarapan. Namun, apabila tidak menyukai pisang, cara menurunkan berat badan tanpa olaraga ini bisa Anda ganti dengan buah lain seperti apel.

3. Berolahraga

Cara menurunkan berat badan yang satu ini terbilang sangat populer. Dengan berolahraga akan ada banyak kalori di dalam tubuh yang terbakar sehingga bisa membantu membuat Anda lebih kurus. Baca juga Rekomendasi 9 Asupan Nutrisi Diet Untuk Pria, Simak Apa Aja!

Selain itu, olahraga juga sangat penting untuk menyehatkan tubuh dan mencegah terserang penyakit. Olahraga yang dilakukan tidak melulu harus olahraga yang berat. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging, jalan, bersepeda, berenang, dan lain sebagainya.

4. Sering-Sering Minum Air Putih

Cara menurunkan berat badan di rumah selanjutnya ialah dengan memperbanyak konsumsi air putih. Selain baik untuk kesehatan dan mencegah penyakit, air putih juga baik untuk diet.

Minumlah sebanyak 0,5 liter air putih setengah jam sebelum makan supaya dapat mengurangi porsi makan Anda. Perlu diperhatikan bahwa yang diminum ialah air putih jangan minuman manis seperti teh atau minuman lainnya.

5. Kurangi Mengonsumsi Gula

Apabila Anda pecinta makanan atau minuman yang manis seperti teh, kue, donat, dan lain sebagainya lebih baik mulai sekarang Anda menguranginya. Bahkan kalau bisa Anda tidak mengonsumsi gula dan mulai menggantinya dengan madu alami, kismis, atau gula jagung.

Mengonsumsi gula dapat menyebabkan lemak di dalam tubuh menjadi menumpuk di bawah lutut. Tidak hanya itu, mengonsumsi gula pada saat Anda menjalankan program diet bisa mengakibatkan resiko terkena penyakit diabetes.

6. Mengunyah Makanan Dengan Perlahan

Cara menurunkan berat badan berikutnya ialah dengan mengunyah makanan secara perlahan. Pernahkah Anda mendengar bahwa mengunyah makanan pelan-pelan diklaim dapat memberi efek rasa kenyang? hal tersebut benar adanya. Tidak hanya itu, makanan yang dikonsumsi pun juga akan tercerna dengan baik.

Ada beberapa penelitian yang mengatakan bahwa orang yang makan dengan cepat akan lebih mudah berat badanya meningkat. Berbeda dengan orang yang terbiasa makan secara perlahan dan santai.

7. Hindari Makan Di Atas Jam 7 Malam

Malam hari ialah waktu dimana kebanyakan orang beristirahat dari segala aktivitas kesehariannya. Di malam hari aktivitas yang dilakukan biasanya tidak berat seperti hanya sekedar menonton televisi atau hanya tidur-tiduran.

Dengan demikian, proses metabolisme di dalam tubuh akan melambat dan membuat makanan yang dikonsumsi banyak yang diserap oleh tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Anda perlu menghindari mengonsumsi makanan apapun di atas jam 7 malam kecuali mengonsumsi sayuran dan buah-buahan.

8. Kurangi Mengonsumsi Junkfood

Junkfood atau makanan cepat saji sangat tidak dianjurkan bagi Anda yang sedang menurunkan berat badan. Mengonsumsi junkfood dapat menyebabkan berat badan melonjak naik. Selain itu, apabila makanan cepat saji dikonsumsi secara berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan

Cara menurunkan berat badan ini mungkin agaknya berat untuk dilakukan, mengingat junkfood kini tengah menjadi tren dan rasanya yang lezat. Namun, cara ini dapat berpengaruh besar terhadap keberhasilan diet Anda. Sebagai gantinya, sebaiknya Anda beralih mengonsumsi makanan yang kaya akan protein. Contohnya seperti ikan, telur, ayam, dan lain-lain.

9. Perbanyak Mengonsumsi Makanan Kaya Serat

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga yang satu ini penting untuk Anda terapkan. Dengan mengonsumsi makanan yang kaya serat dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa mengurangi porsi makan Anda.

Makanan yang mengandung serat banyak terdapat pada buah-buahan dan sayuran, seperti brokoli, asparagus, bit merah, alpukat, apel, dan lain-lain. Selain itu, gandum, biji rami, dan kacang-kacangan juga tinggi akan serat.

10. Jangan Malas, Terus Aktif Bergerak

Selain menjaga pola makan dan berolahraga di luar rumah, cara menurunkan berat badan yang perlu Anda terapkan ialah selalu aktif bergerak. Jangan bermalas-malasan di rumah, cobalah melakukan aktivitas-aktivitas seperti mencuci, bersih-bersih rumah, hingga menaiki tangga.

Hal tersebut penting untuk membantu membakar kalori di dalam tubuh Anda supaya tidak menumpuk. Jika Anda memiliki asisten rumah tangga di rumah dan terbiasa meminta bantuannya untuk mengurus segala keperluan Anda. Maka ada baiknya Anda mulai melakukannya secara mandiri.

11. Penuhi Waktu Tidur Dan Jangan Begadang

Ada studi yang menunjukkan bahwa orang yang sering begadang dapat menyebabkan berat badan menjadi naik. Mengapa demikian? karena orang yang begadang biasanya cenderung banyak ngemil pada malam hari. Selain itu, kurang tidur juga dapat mengakibatkan pembakaran lemak menjadi kurang efektif.

12. Kurangi Asupan Karbohidrat

Mengurangi asupan karbohidrat atau biasa dikenal dengan sebutan diet karbo ini juga efektif sebagai cara menurunkan berat badan tanpa olahraga. Contoh makanan karbohidrat yaitu nasi, roti, pasta,dan lain sebagainya.

Alangkah baiknya Anda menggantinya dengan memperbanyak mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat. Contohnya seperti sayuran, telur, ikan, daging tanpa lemak, biji-bijian, dan kacang-kacangan.

13, Jangan Sampai Mengurangi Porsi Makan Secara Drastis

Mengurangi porsi makan secara drastis memang merupakan cara menurunkan berat badan dengan cepat. Namun, cara ini tidaklah efektif karena justru juga bisa mengakibatkan berat badan Anda naik secara drastis pula. Bahkan lebih parahnya lagi, diet semacam ini dapat meningkatkan resiko terkena penyakit kronis.

Tentu Anda tidak ingin hal tersebut terjadi bukan? Maka dari itu, jangan membuat diri Anda sendiri kelaparan. Hal yang terpenting ialah selalu menjaga pola makan dan mengonsumsi makanan dan minuman yang tepat.

Itulah tadi cara menurunkan berat badan tanpa perlu melakukan diet ketat. Menjaga berat badan memang sangat penting, tetapi yang lebih penting ialah kesehatan tubuh Anda. Jangan sampai melakukan cara diet cepat yang dapat membahayakan kesehatan.

About admin

Check Also

jadwal diet sehat

Jadwal Diet Sehat Bagi Remaja? Ikuti 7 Tips Di Bawah Ini

DietSehat – Ingin Turunkan Berat Badan Tanpa Menyiksa Bagi Remaja dengan jadwal diet sehat? Ikuti

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *