7 Cara Diet Alami Cepat dan Aman, Simak Disini!


DietSehat
– Diet alami cepat dan aman tidak hanya bisa membuat badan memiliki berat yang ideal. Diet yang alami dan aman juga akan membuat tubuh tetap sehat dan bugar. Diet pun bukan semata diperuntukkan bagi orang dengan badan berlebih. Namun diet juga berguna untuk proses penyembuhan penyakit tertentu. Untuk apapun tujuannya, pastikan melakukan diet dengan benar dan memilih cara yang alami serta aman.

Dalam melakukan diet tidak hanya butuh mengurangi porsi makan. Diet juga harus dilakukan dengan menghitung asupan makanan yang dikonsumsi. Aktivitas keseharian juga masuk dalam perhitungan diet. Semua itu perlu dilakukan agar diet tidak sampai membuat tubuh lemah dan menghindari masalah kesehatan lainnya. Inilah cara diet alami cepat dan aman yang bisa Anda coba.

Diet alami cepat dan aman

Inilah Cara Diet Alami Cepat dan Aman

Diet cepat selalu identik dengan penggunaan obat atau suplemen pelangsing. Tapi berikut ini adalah cara diet alami cepat dan aman tanpa obat atau suplemen berbahaya.

Tetapkan Target

Diet yang gagal sebenarnya bukan tentang kurangnya disiplin dalam hal mengonsumsi makanan. Diet alami cepat dan aman juga bisa gagal sebab tidak ada target yang ditetapkan. Tanpa target, diet hanya akan menjadi usaha yang sia-sia. Target akan membantu Anda lebih fokus serta nantinya berguna untuk mengukur setiap perubahan yang terjadi. Jadi jangan sampai memulai diet hanya dengan niat, namun tetapkan juga target.

Target dalam diet dimulai dengan menentukan berapa kilogram berat badan yang harus dikurangi. Jumlah ini didapat dari menyesuaikannya dengan tinggi badan. Setelah memperoleh jumlah berat badan yang perlu dikurangi, kemudian bagi dalam target waktu. Misalnya Anda ingin mengurangi 10 kilogram berat badan dalam 3 bulan. Artinya dalam sebulan harus berkurang setidaknya 3 kilogram.

Tentukan Jenis Aktivitas

Tips diet alami cepat dan aman setelah menentukan target yaitu menentukan jenis aktivitas yang akan dilakukan. Aktivitas yang dimaksud tentu saja olahraga atau gerak tubuh yang bisa mengurangi timbunan kalori. Anda bisa mencoba olahraga mulai dari yang paling ringan, seperti berjalan, berlari atau bersepeda. Dalam diet, intinya adalah sering melakukan gerak tubuh dan tidak membiarkan diri sendiri nyaman dalam kemalasan.

Sambil menentukan olahraga apa yang bisa dilakukan, tentukan juga waktu pelaksanaannya. Ini berkaitan dengan kesibukan atau aktivitas Anda sehari-hari. Contohnya, jadwal lari dilakukan pagi hari sebelum berangkat bekerja. Kemudian saat akhir pekan atau hari libur, jam olahraga bisa ditambah. Untuk semakin memudahkan, catat target dan aktivitas ini di tempat khusus. Akan lebih baik jika Anda bisa melihat catatan itu dengan mudah sebagai pengingat.

Cukupi Kebutuhan Air Putih

Keberhasilan diet alami cepat dan aman juga ditentukan oleh cukupnya asupan cairan. Tidak ada yang lebih bagus sebagai sumber cairan tubuh selain air putih. Maka Anda harus memastikan kebutuhan air putih cukup dalam satu hari. Porsi air putih yang dikonsumsi bisa dibagi dalam beberapa waktu. Contohnya, segelas setelah bangun tidur, segelas lagi menjelang sarapan, segelas setelah sarapan dan seterusnya sampai menjelang tidur di malam hari.

Air putih dikatakan penting untuk mendukung keberhasilan diet alami dan aman karena air membantu metabolism tubuh. Kinerja ginjal juga akan semakin ringan jika asupan air putih tercukupi. Selain itu, air putih juga membantu melancarkan pencernaan sehingga Anda terhindar dari perut buncit. Kinerja otak juga akan meningkat sehingga Anda bisa bekerja dengan baik. Bonusnya, kulit akan terasa lembab dan tetap sehat.

Perhatikan Asupan Makanan

Saat sudah memutuskan untuk diet alami cepat dan aman, maka Anda harus siap meninggalkan jenis-jenis makanan tertentu. Makanan yang mengandung gula tinggi, lemak dan rasa yang terlalu asin sebaiknya ditinggalkan. Sebaliknya, mulailah perbanyak makan buah, sayur, biji-bijian dan kacang. Anda tetap bisa mengonsumsi daging, susu dan produk olahan susu namun pastikan yang rendah lemak. Makanan sehat tersebut membantu kesuksesan diet alami cepat dan aman.

Sebaiknya mengonsumsi makanan sehat dan menghindari makanan tidak sehat tidak berhenti begitu target diet sudah tercapai. Pasalnya berat badan masih mungkin bisa bertambah lagi jika kembali ke kebiasaan makan tidak sehat. Jadi jika ingin berat badan ideal terus terjaga, jaga juga kebiasaan makan makanan sehat. Jangan tinggalkan pula kebiasaan sehat lain seperti olahraga walaupun berat badan ideal sudah terbentuk.

Atur Porsi sesuai Kalori yang Dibutuhkan

Selain tentang kebiasaan makan sehat, diet alami cepat dan aman juga harus memperhatikan porsi makan. Tidak akan berguna makanan sehat jika ternyata porsinya melebihi kebutuhan kalori tubuh. Artinya, Anda harus tahu berapa banyak kebutuhan kalori setiap harinya. Angka kebutuhan kalori ini bisa berbeda antar individu tergantung usia dan aktivitas. Anda bisa melihat di pedoman kebutuhan kalori harian.

Setelah tahu berapa kalori yang dibutuhkan, tentukan makanan yang bisa memenuhi kebutuhan tersebut. Ingat, hanya memenuhi dan tidak perlu melebihi. Banyaknya kalori tidak selalu sebanding dengan besarnya porsi makanan. Jadi Anda harus sangat teliti dalam hal ini. Bisa saja makanan dengan porsi kecil tapi nilai kalorinya sudah cukup besar. Perhatikan poin penting ini agar tubuh Anda tidak menimbun kalori yang berlebihan hingga akhirnya menjadi kegemukan.

Lengkapi Kebutuhan Nutrisi

Banyak orang beranggapan bahwa orang diet tidak memerlukan karbohidrat. Makanan yang mengandung karbohidrat tinggi hanya akan membuat tubuh semakin gemuk. Kenyataannya tubuh tetap memerlukan nutrisi yang lengkap termasuk karbohidrat. Jadi jangan sampai tidak mendapatkan karbohidrat sama sekali dengan alasan takut berat badan naik. Hanya saja memang karbohidratnya perlu ditakar alias tidak boleh berlebihan.

Cara mudah mengatur kebutuhan nutrisi saat diet adalah dengan membagi piring. Seperempat bagian piring untuk sumber protein seperti daging dan ikan. Seperempat lainnya untuk karbohidrat, seperti nasi atau kentang. Seperempat berikutnya untuk sayuran berwarna-warni dan seperempat yang terakhir untuk buah-buahan. Itulah yang dinamakan makanan dengan nutrisi seimbang sesuai dengan kebutuhan asli tubuh.

Patuhi Jadwal Makan

Setelah menghitung kalori yang dibutuhkan dan menyesuaikan porsi, selanjutnya Anda harus displin dalam jadwal makan. Sarapan pagi tidak boleh dilewatkan terlebih bagi Anda yang harus bekerja di luar rumah. Makan siang juga penting untuk memasok energi baru dalam tubuh. Begitu juga waktu makan malam yang harus tetap dipatuhi. Melewatkan waktu makan hanya akan menimbulkan masalah yang justru bisa menggagalkan proses diet alami cepat dan aman.

Di tiga waktu makan utama, pastikan porsinya sesuai dan nutrisinya lengkap seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Di sela waktu makan utama, tidak ada salahnya memakan camilan sehat yang tidak mengandung lemak dan berkalori tinggi. Penting diperhatikan saat makan malam, sebaiknya Anda menghindari makanan yang mengandung gula tinggi. Pasalnya saat malam tubuh tidak terlalu banyak membutuhkan energi.

Hal yang tidak kalah penting dari 7 tips diet alami cepat dan aman adalah kedisiplinan dan konsistensi. Tanpa keduanya, semua usaha Anda untuk mendapatkan berat badan ideal tidak akan tercapai.

About admin

Check Also

diet penderita kanker

Jalani Diet Penderita Kanker? Perhatikan 11 Hal Ini!

Diet Sehat – Diet penderita kanker menjadi pilihan yang tepat apalagi sebagai upaya penyembuhan penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *