Diet Golongan Darah B, Apa dan Bagaimana 5 Penerapannya Agar Berhasil Menurunkan Berat Badan?

Diet Golongan Darah B, Apa dan Bagaimana 5 Penerapannya Agar Berhasil Menurunkan Berat Badan? – Beragam cara dilakukan orang yang bertubuh gemuk agar bisa terlihat langsing dan proporsional. Salah satu caranya adalah dengan melakukan diet. Beragam jenis diet yang terbukti efektif menurunkan berat badan seseorang adalahdiet food combining, diet nasi, diet rendah lemak dan masih banyak lagi.

Perhatikan Kandungan Lektin  Pada Diet Golongan Darah B

Selain beberapa jenis diet di atas, ada juga diet golongan darah. Diet ini merupakan salah satu jenis diet yang sedikit unik. Mengapa? Karena diet ini harus berdasarkan golongan darah yang tentunya berbeda-beda. Seperti yang diketahui, ada 4 jenis golongan darah yaitu golongan darah O, A, B dan AB. Setiap jenis golongan darah tersebut memiliki cara dan menu diet  yang berbeda.

Semua itu dikarenakan diet golongan darah ternyata dapat memengaruhi sistem pencernaan seseorang, demikian yang dikatakan seorang dokter Narupati, Peter D’Adamo. Berdasarkan teori dikatakan bahwa setiap golongan darah hanya dapat mencerna lektin atau sejenis protein dengan cara yang berbeda. Misalnya untuk diet golongan darah B, jika kandungan lektin dari makanan tidak sesuai dengan golongan darah B, maka akan timbul masalah dalam tubuh.

diet golongan darah B
diet golongan darah B

Masalah yang dimaksud adalah tubuh secara otomatis akan mengalami gangguan kesehatan seperti peradangan, gangguan terhadap sistem metabolisme tubuh, perut yang kembung atau timbulnya penyakit berbahaya seperti kanker dan lain sebagainya. Untuk hal itu beberapa cara dalam diet ini perlu diperhatikan.

Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Diet Golongan Darah B

Sebelum mengikuti tata cara diet golongan darah B, beberapa hal yang harus diperhatikan dan juga jenis makanan yang harus dicermati. Misalnya, jenis makanan tersebut adalah makanan netral, makanan yang bermanfaat bagi tubuh dan makanan  yang memang harus dihindari oleh pemilik golongan darah B. Agar lebih jelas, mari simak dalam ulasan berikut ini.

1. Jenis Makanan

Lebih lanjut tentang apa itu makanan netral, bermanfaat dan yang harus dihindari untuk diet golongan darah iniadalah sebagai berikut. Jenis makanan netral adalah makanan yang hanya akan dianggap sebagai asupan tubuh semata. Sedangkan makanan bermanfaat merupakan makanan yang bisa menjadi obat untuk tubuh, dan makanan yang harus dihindari adalah makanan yang jika dimakan akan menjadi racun dalam tubuh.

Beberapa jenis makanan yang bermanfaat dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi bagi diet golongan darah B agar berhasil dalam dietnya adalah ayam, jagung, wijen, tomat, gandum, sayur-sayuran hijau, telur, daging dan beberapa produk olahan susu yang rendah lemak. Sedangkan hal lain yang harus diperhatikan dalam diet ini adalah :

2. Jenis Olahraga untuk Diet Golongan Darah B

Tidak hanya memilih jenis makanan yang tepat untuk menu diet sehari-hari, diet ini juga memerlukan arahan untuk pola hidup sehat selanjutnya, seperti memilih jenis olahraga yang tepat untuk menunjang keberhasilan program diet. Di antara jenis olah raga yang dianjurkan adalah olahraga yang dilakukan dengan intensitas sedang.

Apa saja olahraga yang baik dilakukan sebagai penunjang diet golongan darah B? Anda yang memiliki golongan darah B, ada baiknya rutin berjalan kaki. Karena berjalan kaki termasuk ke dalam olahraga dengan intensitas sedang. Namun, jika Anda ingin sedikit berkeringat dalam berolahraga, tenis merupakan pilihan terbaik.

Selanjutnya untuk Anda yang gemar melakukan hobi sambil berolahraga, tak ada salahnya sesekali mendaki gunung bersama teman-teman. Karena dalam mendaki, Anda juga akan berjalan kaki, dan walau pendakian gunung terkesan berat untuk dilakukan, namun olahraga ini masih terglong ke dalam olahraga berintensitas sedang.

3. Risiko dalam Diet Golongan Darah B

Diet golongan darah B ini bukan tanpa resiko, beberapa resiko yang perlu Anda waspadai jika hendak melakukan diet ini adalah pola makan yang mungkin tidak sesuai dengan penderita penyakit tertentu. Seperti pola makan yang tidak mempertimbangkan apakah orang tersebut memiliki kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi.

Hal ini jelas akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Walau tujuan diet adalah membuat Anda sehat dan langsing, namunbukan berarti hanya karena kecocokan antara golongan darah dan pola makan Anda merasa aman dalam melakukannya. Selain itu pembatasan jenis makanan tertentu yang terlalu ketat, bisa saja akan malah menimbulkan kondisi seseorang menjadi kekurangan gizi.

4. Diet Golongan Darah B Belum Didukung Bukti Ilmiah

Pada dasarnya tidak hanya diet golongan darah B saja yang belum mendapat dukungan secara ilmiah, secara umum diet golongan darah memang belum bisa dibuktikan secara ilmiah dalam dunia kesehatan dan kedokteran. Diet ini malah cenderung tidak dianjurkan bagi mereka yang telah memiliki riwayat penyakit tertentu.

Selain tidak adanya pengukuran untuk jumlah kalori atau lemak yang harus dikonsumsi, beberapa orang cenderung menilai berat dan kesulitan dalam menjalani diet ini. Walau beberapa lainnya merasa lebih sehat setelah menjalani pola diet golongan darah ini. Jadi, tentu saja pola diet ini masih harus diuji dan dilengkapi dengan bukti-bukti ilmiah lainnya.

Tak hanya itu, diet golongan darah B ini juga tidak cocok dilakukan untuk jangka panjang dan lama, karena adanya pembatasan jenis makanan yang mungkin malah akan mengganggu nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Sayangnya, hingga kini memang belum ada hasil penelitian yang membuktikan diet ini juga dapat membantu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

Jadi, jika Anda ingin menurunkan berat badan, ada baiknya Anda melakukan riset terlebih dahulu. Pola diet mana yang tepat dan tidak memberatkan bagi Anda untuk dilakukan dalam jangka panjang dan lama. Ada baiknya pula, sebelum Anda memutuskan diet golongan darah, Anda melakukan konsultasi terlebih dahulu pada ahli gizi atau dokter.

5. Menu Diet Golongan Darah B

Meskipun diet golongan darah B ini masih diragukan secara ilmiah, namun beberapa menu diet untuk golongan darah B ini tidak ada salahnya Anda coba. Misalnya memulai sarapan dengan makanan yang berserat tinggi seperti oatmeal yang ditambah buah-buahan segar sebagai topping-nya atau bisa juga dibuat jus.

Selanjutnya untuk menu makan siang, Anda bisa mengonsumsi ikan salmon yang dipanggang dengan air perasan lemon, garam dan merica. Tak hanya ikan salmon, Anda juga dapat menambahkansayuran seperti selada untuk keseimbangan menu yang Anda makan di siang hari.

Simak juga artikel lainnya disini.

Selain menu makan, beberapa menu minuman seperti susu kambing atau produk olahan susu seperti yogurt juga baik untuk diet golongan darah B. Beberapa jus dari buah atau sayur juga bisa Anda kreasikan sebagai menu minuman sehat, seperti jus dari buah nanas dan pepaya.

Demikian sedikit kajian tentang diet golongan darah B, apa dan bagaimana diet itu dilakukan, beberapa resiko yang mungkin terjadi dari melakukan diet ini serta menu pilihan yang bisa Anda konsumsi. Jadi, bagaimana pendapat Anda tentang diet ini? Dan apakah Anda telah memutuskan untuk mencoba pola diet ini dalam hidup Anda? Semua keputusan ada pada Anda.

About admin

Check Also

cara mengecilkan badan dan perut

8 Cara Mengecilkan Badan dan Perut yang Ampuh untuk Dilakukan

diet.sumbersehat.com – Cara mengecilkan badan dan perut dapat Anda lakukan untuk mendapatkan perut ideal. Memiliki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *