5 Cara Diet Menurunkan Berat Badan 5 kg Dalam 1 Hari yang Patut Dipertimbangkan

Diet Sehat – Diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari memang terdengar sangat mustahil. Namun, bukan sesuatu yang tidak mungkin jika orang tersebut mau menjalani dan mematuhi aturan diet cepat. Hal ini perlu dipastikan terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk melakukannya.

Sebab, tak dapat dipungkiri bahwa tujuan tersebut memang terkesan sedikit lebih ekstrim. Oleh karena itu, jangan melakukannya secara sembarangan, apalagi sampai tidak makan sama sekali. Keputusan tersebut sama saja menurunkan berat badan dengan mengorbankan kesehatan.

Cara Diet Menurunkan Berat Badan 5kg Dalam 1 Hari

Inilah Metode Diet Menurunkan Berat Badan 5 kg Dalam 1 Hari

Menyambut momen spesial seperti pernikahan adalah sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu, terutama bagi seorang wanita. Namun, berat badan seringkali menjadi persoalan yang dapat muncul secara tiba-tiba. Gaun pengantin sudah dipesan, tetapi berat badan semakin membengkak. Lantas, adakah diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari?

Jawabannya adalah ada. Sekali lagi, pastikan menerapkan metode diet ini atas sepengetahuan serta pendampingan orang yang mumpuni di bidangnya. Selain itu, kontrol kondisi kesehatan tubuh secara keseluruhan, agar tidak terjadi efek samping yang tidak diinginkan. Berikut adalah beberapa cara diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari:

1. Diet Atkins

Metode pertama yang dapat diterapkan adalah diet atkins atau biasa yang dikenal dengan istilah diet rendah karbo. Sesuai dengan namanya, kunci dari diet ini ada pada pemilihan makanan. Alih-alih mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat, diet atkins lebih menyarankan kandungan lemak dan protein.

Dengan begitu, tubuh akan membakar kalori yang berasal dari lemak dan protein untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Diet yang sudah dicetuskan sejak tahun 1972 ini terbilang cukup efektif sebagai diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari. Ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat menerapkan diet atkins, yaitu:

  • Biji-bijian, seperti gandum, rami, delima, dan lain-lain.
  • Minuman dengan gula tinggi, seperti jus buah, soft drinks, permen, kue, dan lain-lain.
  • Minyak goreng (ganti dengan yang lebih ramah, seperti minyak zaitun).
  • Sayuran bertepung (tinggi karbohidrat).
  • Buah-buahan yang mengandung karbohidrat.
  • Semua jenis makanan yang berlabel “rendah lemak”.

Namun, hasil dari diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari ini akan jauh lebih maksimal jika dilakukan secara perlahan dan konsisten. Sebab, diet atkins sebenarnya memerlukan 4 tahapan untuk memberikan hasil sesuai keinginan, yaitu fase pengenalan, keseimbangan, mencari kecocokan, dan pemeliharaan.

2. Diet Militer

Diet untuk menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari selanjutnya adalah diet militer. Meski mengandung nama dunia kemiliteran, penerapan diet ini tidak sepenuhnya sama. Hanya beberapa teknik dan cara pelaksanaannya saja yang sedikit sama, tetapi tetap ada penyesuaian dengan keadaan. Baca juga 8 Cara Diet Alami untuk Mengecilkan Perut Buncit, Pasti Berhasil!

Diet militer lebih dikenal sebagai diet rendah kalori, artinya pelaku diet harus benar-benar membatasi asupan kalori yang masuk ke tubuh. Caranya yaitu dengan memangkas sedikit kebutuhan kalori harian tubuh. Jika ingin mengonsumsi makanan tambahan atau camilan, maka jumlah kalori dalam menu makan besar harus dipangkas.

Dengan kata lain, diet militer tidak mengenal camilan. Cukup makan besar sebanyak 3 kali dalam sehari dengan porsi yang sudah ditentukan. Oleh karena itu, diet ini tidak disarankan untuk jangka panjang, cukup diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari. Meski demikian, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan terlebih dahulu, yaitu:

  • Diet militer memang dapat menurunkan berat badan super cepat, tetapi saat berhenti maka tubuh akan kembali naik dengan cepat juga.
  • Tidak dianjurkan untuk dilakukan lebih dari 2 minggu.
  • Ada beberapa menu pada diet militer yang berupa makanan olahan. Hal ini cukup berisiko pada kesehatan.
  • Ada kemungkinan terjadi kesalahpahaman pada tubuh. Pembakaran kalori dapat berjalan dengan lambat, karena otak mengira sedang merasa lapar.

3. Diet Keto

Hampir mirip dengan diet atkins, diet keto juga menerapkan pola makan rendah karbohidrat serta tinggi lemak. Meski masih menjadi kontroversi, metode ini dianggap ampuh untuk diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari. Oleh karena itu, hendaknya penerapan diet keto harus diawasi oleh dokter yang memahami kondisi tubuh dan aturan diet.

Kunci dari diet keto adalah pengurangan asupan karbohidrat yang cukup banyak. Adapun standar porsi makan pada diet keto yang dianjurkan, yaitu 75% lemak, 20% protein, dan 5% karbohidrat. Melihat minimnya asupan karbohidrat yang diperlukan, maka pelaku diet dapat memilih sumber karbo yang lebih sehat, seperti beras merah.

Jenis makanan yang disarankan dalam diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari yaitu makanan tinggi lemak. Seperti telur, daging ayam, sapi, kalkun, ikan salmon, tuna, mentega, keju, kacang dan biji-bijian, sayuran hijau, dan lain sebagainya. Sementara makanan yang harus dihindari yaitu nasi putih, gandum, kentang, ubi, alkohol, makanan atau minuman manis, serta lemak tak sehat.

4. Diet Zona

Diet zona termasuk salah satu metode terbaru, terutama dalam daftar diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari. Tujuan awal metode ini adalah penyetelan ulang sistem metabolisme di dalam tubuh, sehingga dapat berjalan lancar kembali. Caranya dengan mengikuti standar porsi makan orang dahulu, yaitu:

a. 40% Asupan Karbohidrat

Pilihlah makanan yang rendah gula serta minim proses pengolahan, baik pemanggangan, penggorengan, pembakaran, dan lain-lain. Beberapa makanan tersebut adalah pasta, roti, ataupun mi. Alangkah lebih baik, jika memperbanyak asupan sayur dan buah-buahan segar.

b. 30% Asupan Protein

Sama seperti karbohidrat, diet zona juga memiliki pilihan sumber protein tersendiri. Minimal, pilihlah makanan yang tinggi protein tetapi juga rendah lemak. Sebab, lemak memiliki ukuran terpisah, sehingga jangan sampai terjadi double porsi. Beberapa di antaranya, yaitu ikan salmon, kacan-kacangan, ataupun dada ayam yang tanpa kulit.

c. 30% Asupan Lemak

Poin terakhir dari menu diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari adalah asupan lemak. Pelaku diet lebih disarankan untuk memilih makanan dengan sumber lemak tak jenuh, seperti almond, minyak zaitun, alpukat, biji-bijian, dan lain-lain. Sumber makanan tersebut dinilai lebih ramah terhadap tubuh, terutama berat badan.

5. Diet Tinggi Protein

Cara terakhir yang patut dicoba untuk diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari adalah diet tinggi protein. Sesuai dengan namanya, metode ini lebih menekankan asupan protein serta menekan karbohidrat. Hal ini didasarkan pada kemampuan protein yang dapat membuat tubuh merasa kenyang lebih lama, sehingga menekan rasa lapar.

Wajar, jika lantas diet ini menjadi cukup populer di kalangan wanita, karena terbukti mampu menekan keinginan untuk makan secara berlebihan. Adapun cara menghitung asupan protein yang dibutuhkan, yaitu 0.8-1 gram protein/pon berat badan (1pon = 0.5 kilogram).

Sementara jenis makanan yang dianjurkan, yaitu telur, susu, ikan, unggas, daging, kacang-kacangan, buncis, dan lain-lain. Asupan tersebut boleh ditingkatkan sedikit, jika pelaku diet juga menjalani olahraga yang menguras tenaga. Namun, jangan sampai makan berlebihan, agar berat badan tidak kembali naik.

Demikian beberapa jenis diet yang konon dapat menggeser jarum timbangan lebih cepat. Meskipun begitu, ahli kesehatan tidak menyarankan untuk melakukan diet menurunkan berat badan 5 kg dalam 1 hari. Terutama bagi penderita penyakit tertentu atau sedang menjalani pengobatan, diet ketat dapat menimbulkan kontraindikasi yang cukup parah.

Originally posted 2020-11-03 15:19:59.

About admin

Check Also

diet penderita kanker

Jalani Diet Penderita Kanker? Perhatikan 11 Hal Ini!

Diet Sehat – Diet penderita kanker menjadi pilihan yang tepat apalagi sebagai upaya penyembuhan penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *