8 Makanan Diet Nutrisi Adalah yang Rendah Kalori, Simak Penjelasannya!

Diet Sehat – Diet nutrisi adalah pengaturan pola makan dengan cara mengonsumsi makanan secara seimbang tanpa mengurangi nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Diet ini berguna untuk menjaga kesehatan tubuh, memperoleh berat badan ideal, dan mengontrol berat badan.

Bagi beberapa orang, melakukan diet atas anjuran dokter bisa disebabkan adanya penyakit tertentu di dalam tubuh yang mengharuskannya mengatur konsumsi makanan. Bila tujuan diet adalah untuk menurunkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, maka Anda harus mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Caranya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori.

diet nutrisi adalah

Ragam Makanan Diet Nutrisi Adalah Rendah Kalori Kaya Nutrisi

Melakukan diet nutrisi adalah mengonsumsi makanan rendah kalori namun kaya nutrisi. Harap diperhatikan bahwa beberapa makanan rendah kalori memiliki nutrisi yang rendah. Bila ini terjadi, maka bisa dipastikan Anda akan mengalami kekurangan nutrisi penting. Maka dari itu kenali ragam makanan yang mengandung sedikit kalori namun kaya akan nutrisi penting bagi tubuh sebagai menu diet Anda.

1. Telur

Telur termasuk makanan untuk diet yang memiliki kalori rendah namun padat nutrisi. Sebutir telur ayam memiliki kandungan kalori tak lebih dari 72 kalori. Telur memiliki kandungan nutrisi lengkap selain kalori, di antaranya adalah protein, lemak, karbohidrat, fosfor, kalsium, vitamin A, dan vitamin B. Baca juga 7 Langkah Mudah Diet Nutrisi Seimbang Agar Sehat dan Menarik.

Mengonsumsi telur dalam diet nutrisi adalah karena makanan ini mengandung protein yang sangat tinggi. Zat protein tidak mudah dicerna oleh tubuh sehingga membuat perut cepat kenyang dan tidak mudah merasa lapar. Kondisi ini juga mencegah Anda melakukan kegiatan mengemil di luar jam makan yang dapat meningkatkan berat badan.

Orang dewasa dapat mengonsumsi telur sebanyak tiga butir dalam seminggu. Tidak perlu kuatir akan kolesterol yang dikandung pada kuning telur. Makanlah sebutir telur utuh, maka putih telur akan menetralisir kolesterol yang terkandung di dalam kuning telur. Makanlah telur rebus, bukan telur yang telah digoreng. Telur rebus lebih sehat karena tidak ada tambahan lemak saat mengolahnya.

2. Kentang

Memanfaatkan kentang dalam diet nutrisi adalah dengan cara merebus atau memanggangnya tanpa minyak atau mentega di dalam oven. Kentang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Makanan ini mengandung nutrisi penting seperti vitamin A, B kompleks, C, dan asam folat. Kentang mengandung solanin yang berguna sebagai anti kejang, anti jamur, dan obat penenang.

Fungsi diet untuk menurunkan berat badan pada kentang terutama karena kandungan serat tinggi yang dimilikinya. Serat pada kentang lama dicerna di dalam tubuh dan mengakibatkan rasa kenyang yang lebih lama. Serat pada kentang juga mampu melancarkan sistem pencernaan yang berpengaruh juga dalam proses penurunan berat badan.

3. Sayuran Hijau

Tidak diragukan lagi, mengonsumsi sayuran hijau sebagai diet nutrisi adalah yang paling populer dilakukan. Semua jenis sayuran hijau mempunyai kandungan serat alami yang dapat membantu program diet. Makanan rendah kalori ini memiliki sejuta nutrisi yang sangat penting bagi tubuh.

Melakukan diet sehat dengan mengonsumsi sayuran hijau selain dapat menurunkan berat badan juga dapat menyehatkan tubuh. Kandungan serat yang tinggi di dalamnya dapat memperlancar proses buang air besar sehingga menjaga sistem pencernaan tubuh. Serat yang lama dicerna oleh tubuh akan memberikan efek kenyang pada perut sehingga dapat mengendalikan nafsu makan.

Makanan ini kaya akan fitokimia seperti flavonoid dan karotenoid, vitamin K dan vitamin C yang dapat menjaga kesehatan jantung. Antioksidan di dalam sayuran hijau sebagai diet nutrisi adalah dapat menurunkan risiko penyakit radang sendi. Kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam sayuran hijau seperti bayam dapat mengurangi risiko katarak.

4. Buah-buahan

Sama populernya dengan sayuran hijau, buah-buahan sering dimanfaatkan sebagai makanan diet. buah-buahan mengandung serat yang tinggi namun rendah kalori. Buah mampu membuat Anda kenyang lebih cepat dan lebih lama sehingga dapat mengurangi nafsu makan. Serat yang dimiliki buah memperlancar proses buang air besar sehingga berperan dalam menjaga fungsi saluran pencernaan.

Manfaat buah sebagai diet nutrisi adalah adanya kandungan vitamin, mineral, dan zat gizi lain yang penting bagi tubuh. Buah mengandung vitamin C yang dibutuhkan untuk menjaga jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Vitamin A yang dikandungnya penting untuk kesehatan mata, kulit, dan kekebalan tubuh.

Buah mengandung antioksidan seperti folat yang penting bagi proses pembentukan darah dan materi genetik. Kalium yang dikandungnya dapat membantu menjaga tekanan darah dan fungsi saraf. Antioksidan lain di dalam buah mampu mencegah penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, kolesterol, diabetes, hingga kanker.

5. Dada ayam tanpa kulit

Dada ayam yang digunakan dalam diet nutrisi adalah dada ayam tanpa kulit. Bagian ini memiliki kandungan kalori yang sangat rendah dibanding yang lain. Dada ayam memiliki protein tinggi yang sangat baik untuk program diet. Selain protein, dada ayam mengandung mineral niasin, selenium, dan vitamin B12. Agar kalorinya tetap rendah, masaklah dada dengan cara dikukus atau direbus tanpa garam.

6. Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal sebagai diet nutrisi adalah karena manfaatnya yang cukup banyak. Diketahui terdapat lebih dari 50 nutrisi penting tubuh yang terkandung di dalam oat. Makanan ini mengandung karbohidrat kompleks yang terdiri atas serat dan pati yang baik untuk program diet.

Zat pati yang dikandungnya menjadi sumber energi yang penting bagi proses metabolisme tubuh. Serat yang dikandung oleh oat dapat berperan menurunkan kadar kolesterol jahat dan kandungan gula di dalam darah. Serat ini juga membantu proses pencernaan di dalam tubuh dengan memperlancar sistem pembuangan.

Oat mengandung protein, magnesium, fosfor, vitamin B, mangan, dan mineral lain. Semua zat ini sangat penting untuk perbaikan jaringan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan lain-lain.

7. Kacang-kacangan

Kacang adalah sumber protein nabati yang tinggi. Kacang juga mengandung lemak sehat dan serat yang cukup untuk membantu program diet Anda. Makanan ini mengandung aneka vitamin dan mineral yang sangat baik untuk meningkatkan proses metabolisme yang berlangsung di dalam tubuh.

Serat dan protein yang terkandung di dalam kacang dapat menahan rasa kenyang sehingga Anda terhindar dari keinginan mengemil. Agar Anda mendapatkan manfaat kacang dengan baik, konsumsilah dalam keadaan direbus atau dipanggang. Jangan beri tambahan garam atau penyedap lainnya. Sangat sayang kalau Anda melewatkan kacang sebagai makanan diet mengingat manfaatnya yang banyak.

8. Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki kandungan protein dan asam amino yang sangat tinggi. Ikan rendah lemak dan rendah kalori ini sangat baik dimanfaatkam sebagai makanan diet. Mengonsumsi tuna dapat membantu pembentukan massa otot dengan cepat karena tingginya protein yang dikandungnya.

Anda dapat mengonsumsi tuna secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya. Ingatlah untuk selalu mengonsumsi tuna segar. Jangan sekali-kali menjadikan tuna dalam bentuk kalengan sebagai pilihan Anda. Biasanya tuna kalengan telah mendapatkan tambahan bahan kimia sebagai bahan pengawetnya. Mengonsumsinya justru akan memberikan efek samping yang tidak diinginkan.

Berdasarkan ulasan di atas dapat diketahui bahwa diet nutrisi adalah memanfaatkan makanan rendah kalori namun tinggi nutrisi sebagai menu diet. hal ini penting untuk mendapatkan nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh, semoga artikel ini bermanfaat.

Originally posted 2020-10-28 13:42:53.

About admin

Check Also

makanan khusus diet alami

15 Makanan Khusus Diet Alami yang Menyehatkan, Apa Aja?

Diet Sehat – Ada makanan khusus diet alami bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *