Simak 2 Metode Diet Nutrisi Lengkap, Aman Tanpa Tersiksa!

DietSehat – Diet nutrisi lengkap merupakan pilihan paling tepat bagi seseorang yang sedang berusaha untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, diet bukan hanya sekadar ingin kurus, lalu mengabaikan kondisi kesehatan. Pola pikir yang benar adalah meningkatkan kesehatan, agar proses penurunan berat badan dapat memberikan hasil yang maksimal. Bagaimana cara kerjanya?

Saat tubuh dalam keadaan optimal, maka metode diet apapun dapat memberikan hasil yang maksimal. Berbeda jika orang tersebut sedang lemah atau sakit, maka program sehebat apapun tidak akan berhasil. Oleh karena itu, kecukupan nutrisi dalam diet harus benar-benar diperhatikan dengan baik.

diet nutrisi lengkap

Inilah Metode Diet Nutrisi Lengkap

Dalam dunia kesehatan, nutrisi diartikan sebagai substandi organik yang diperlukan makhluk hidup untuk menjalankan fungsi normal, bertumbuh, serta memelihara kesehatan. Lebih dari itu, nutrisi juga memiliki peran yang cukup besar dalam penurunan berat badan.

Oleh karena itu, diet nutrisi lengkap lebih dianjurkan oleh beberapa pakar kesehatan. Sebab, metode ini dianggap lebih minim risiko jika dibandingkan dengan diet ketat yang menghapus beberapa nutrisi penting. Berikut adalah beberapa komponen nutrisi yang harus dipenuhi saat diet:

1. Makronutrisi

Makronutrisi adalah makanan utama yang diperlukan tubuh untuk membentuk energi atau tenaga. Oleh karena itu, makronutrisi dibutuhkan dalam jumlah lebih banyak, agar tubuh mendapat kecukupan energi untuk beraktivitas. Adapun zat-zat yang termasuk dalam kategori makro nutrisi, yaitu:

a. Karbohidrat

Karbohidrat adalah bahan bakar utama pembentukan energi. Saat menjalankan diet dengan nutrisi lengkap, keberadaan karbohidrat tidak boleh diabaikan. Jangan pernah berpikir untuk menghapusnya, karena tubuh tetap memerlukan zat tersebut untuk beraktivitas. Selain itu, karbohidrat juga memiliki peran dalam menjaga massa otot, menurunkan kolesterol, baik untuk saluran cerna serta jantung.

Pada orang dewasa, tubuh memerlukan karbohidrat sebesar 45-65% dari dari total kebutuhan kalori harian atau sekitar 325gram per hari. Namun, jika sedang diet nutrisi lengkap persentase tersebut boleh dipangkas menjadi 150gram. Karbohidrat dapat diperoleh dari gandum, nasi putih atau merah, oatmeal, ubi jalar, kentang, singkong, dan lain-lain.

b. Lemak

Selain karbohidrat, lemak juga berfungsi sebagai sumber tenaga. Bahkan, molekul di dalam lemak digadang-gadang memiliki kandungan energi yang lebih banyak daripada karbohidrat dan protein. Sayang, kehadirannya juga sering dianggap sebagai penyebab kenaikan berat badan. Baca juga 25 Makanan Terbaik untuk Diet Sehat Menurunkan Berat Badan.

Hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena tubuh tetap membutuhkan lemak sekitar 20-35% dari total kebutuhan kalori harian atau sekitar 67gram. Namun, berhati-hatilah dalam mencari sumber asupan lemak. Pastikan lemak yang terkandung di dalam makanan tersebut adalah lemak tak jenuh.

Jenis lemak tersebut tidak hanya baik untuk diet nutrisi lengkap, tetapi juga meningkatkan HDL serta membantu proses regenerasi sel-sel tubuh. Adapun jenis makanan yang mengandung lemak baik, yaitu alpukat, chia seed, ikan, dark chocolate, serta minyak zaitun. 

c. Protein

Menurut Recommended Dietary Allowance atau RDA, manusia dewasa membutuhkan asupan protein sebanyak 0.8gram per satu kilogram berat badan. Seandainya pelaku diet memiliki berat badan sebesar 70kg, maka kebutuhan protein per harinya yaitu 56gram.

Sementara menurut data dari USDA, manusia dewasa membutuhkan asupan protein sebesar 10-35% dari total kebutuhan kalori harian. Untuk menjalani program diet nutrisi lengkap, keduanya boleh dijadikan dasar perhitungan. Jika ingin menerapkan diet rendah karbo, maka jumlah asupan protein boleh ditingkatkan.

Protein terbagi menjadi 2 sumber, yaitu protein nabati yang berasal dari tumbuhan, serta protein hewani yang berasal dari hewan. Adapun jenis makanan yang direkomendasikan, yaitu telur, daging, seafood, susu dan produk olahannya, tempe, tahu, edamame, almond, dan lain-lain.

2. Mikronutrisi

Berbeda dengan makronutrisi, mikronutrisi diperlukan tubuh dalam jumlah mini atau sedikit. Meski demikian, keberadaan nutrisi tersebut tetap harus disediakan, tidak boleh dihapus. Sebab, kekurangan mikronutrisi juga berisiko menimbulkan gangguan kesehatan, terutama saat sedang menerapkan diet nutrisi lengkap. Adapun zat-zat yang termasuk ke dalam kategori mikronutrisi, yaitu

a. Vitamin

Vitamin adalah salah satu anggota mikronutrisi yang memiliki peran penting di dalam tubuh. Fungsi utamanya yaitu membantu proses metabolisme serta memlihara imunitas tubuh. Meski tidak diperlukan dalam jumlah banyak, tetapi tetap harus diperhatikan. Berikut adalah jenis-jenis vitamin beserta manfaatnya yang bagus untuk diet nutrisi lengkap :

  • Vitamin B1 atau tiamin: melakukan sintesis hormon, menghasilkan asam lemak, serta memecah gula.
  • Vitamin B2 atau riboflavin: meningkatkan energi di dalam tubuh, serta membentuk enzim esensial.
  • Vitamin B3 atau niasin: memecah protein, lemak, dan karbohidrat di dalam tubuh.
  • Vitamin B5 atau asam patogen: meningkatkan metabolisme tubuh, serta membuat asam lemak dan enzim.
  • Vitamin B6 atau pyridoxine: membantu produksi dan peningkatan kualitas sel-sel darah merah, serta memproduksi senyawa serotonin.
  • Vitamin B7 atau biotin: membantu proses pembentukan asam amino, serta pemecahan lemak.
  • Vitamin B9 atau folat: membantu proses pembelahan sel-sel di dalam tubuh.
  • Vitamin C: membantu proses metabolisme lemak.

b. Zat Besi

Keberadaan zat besi seringkali terabaikan, terutama dalam menu diet nutrisi lengkap. Hal ini tentu amat disayangkan, karena fungsi dari mineral tersebut cukup besar. Selain memproduksi sel darah merah atau hemoglobin, zat besi juga memegang peranan dalam proses metabolisme protein.

Lebih lanjut, zat besi juga menghasilkan berbagai macam enzim yang diperlukan organ di dalam tubuh untuk bekerja maksimal. Oleh karena itu, pastikan di dalam piring selalu ada makanan yang mengandung zat besi. Beberapa di antaranya, yaitu bayam, kerang, daging merah, kacang-kacangan, ikan, dan sayuran hijaun yang lain.

c. Magnesium

Magnesium adalah salah satu jenis mineral yang memiliki peran sangat penting bagi manusia. Setidaknya, ada 300 proses biologis tubuh yang bergantung kepada keberadaan magnesium. Sementara saat diet nutrisi lengkap, magnesium berperan dalam pembentukan massa otot.

Saat pembentukan massa otot itulah, cadangan lemak yang ada di dalam tubuh akan dibakar menjadi energi. Alasan ini juga yang mendasari keharusan olahraga, jika ingin menurunkan berat badan. Beberapa jenis makanan yang mengandung magnesium, yaitu sayuran hijau, biji-bijian, tahu, kacang-kacangan, ikan, yogurt, dan lain-lain.

d. Zinc

Fungsi mineral zinc dalam diet nutrisi lengkap hampir sama dengan protein, yaitu memberikan sensasi rasa kenyang yang lebih lama. Pada sebuah penelitian menunjukkan, orang gemuk yang mengonsumsi zinc secara teratur mengalami kenaikan indeks massa tubuh.

Itu artinya ada peningkatan kadar senyawa trigliserida, serta penurunan berat badan di dalam tubuh. Lebih dari itu, zinc berperan dalam proses metabolisme lipid dan karbohidrat, serta menghasilkan enzim yang baik untuk pencernaan. Mineral tersebut dapat ditemukan di dalam kerang, kepiting, buncis, kacang-kacangan, telur, daging sapi, dan lain-lain.

e. Kalsium

Masih ada yang berpikir, jika kalsium hanya dibutuhkan oleh orang-orang yang ingin tumbuh tinggi? Faktanya, saat melakukan diet nutrisi lengkap kebutuhan akan kalsium juga tidak terbantahkan. Sebab, kalsium memiliki kemampuan yang sangat baik dalam penyerapan nutrisi, serta mencerna makanan.

Demikian sederet nutrisi yang memiliki peran penting dalam proses diet nutrisi lengkap. Pastikan mengonsumsinya sesuai dengan takaran yang dihitung berdasarkan kebutuhan kalori harian tubuh masing-masing pelaku diet. Semoga bermanfaat dan semoga metode yang diterapkan memberikan hasil sesuai harapan.

About admin

Check Also

nutrisi untuk diet sehat

3 Nutrisi Untuk Diet Sehat yang Tepat, Cara Hitung dan Aturan Diet

Diet Sehat – Nutrisi untuk diet sehat ini harus dipertimbangkan dengan baik, sebelum memutuskan untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *