7 Langkah Mudah Diet Nutrisi Seimbang Agar Sehat dan Menarik

Diet Sehat – Diet nutrisi seimbang mengintegrasikan antara pola makan dengan nutrisi yang seimbang, membiasakan hidup bersih, dan gaya hidup yang sehat. Pola diet seimbang tidak hanya berguna untuk menurunkan berat badan namun juga dapat menjaga kesehatan tubuh.

Pola makan diet gizi seimbang adalah makan dengan jumlah kalori yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas harian. Anda harus mengonsumsi makanan yang beragam untuk memastikan tubuh memperoleh nutrisi dalam jumlah yang cukup. Berikut adalah langkah mudah diet seimbang yang bisa Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

diet nutrisi seimbang

Inilah Langkah Mudah Diet Nutrisi Seimbang

Menjaga berat badan ideal melalui program diet kini bukan hanya melulu tentang penampilan. Memiliki berat badan ideal membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit berbahaya yang disebabkan oleh makanan. Lalu bagaimana langkah-langkah melakukan diet nutrisi seimbang? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Jangan Hindari Karbohidrat

Di dalam menu diet nutrisi seimbang, makanan yang mengandung karbohidrat harus berjumlah sepertiga dari total makanan yang Anda makan. Banyak orang menghindari karbohidrat dengan alasan dapat menggemukkan. Sebenarnya karbohidrat sangat penting bagi tubuh dan tidak boleh diabaikan.

Anda hanya harus mengetahui jenis karbohidrat yang aman untuk dikonsumsi. Pilihlah makanan berkarbohidrat dengan indeks glikemik rendah sebagai langkah diet nutrisi seimbang yang Anda jalani. Karbohidrat dengan indeks glikemik rendah mengandung lebih banyak pati dan serat daripada gula. Baca juga 13 Makanan yang Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ketahui Yuk!

Pati sangat dibutuhkan sebagai sumber energi bagi tubuh saat melakukan aktivitas. Kandungan seratnya yang tinggi membuat Anda cepat merasa kenyang dan rasa kenyangnya bertahan lebih lama. Anda dapat memilih makanan untuk diet seperti nasi beras merah, kentang beserta kulitnya, dan roti atau pasta dari gandum.

Hindari makanan berkarbohidrat dengan indeks glikemik tinggi karena mengandung gula. Kandungan gula inilah yang berpotensi menyebabkan berat badan naik. Anda harus menghindari makanan dan minuman olahan saat melakukan diet nutrisi seimbang karena dapat menaikkan kadar gula di dalam darah. Hal ini juga berpotensi untuk menyebabkan penyakit berbahaya.

2. Perbanyak Makan Ikan Berminyak

Masukkan ikan berminyak (oily fish) ke dalam menu diet pagi, siang malam karena merupakan sumber protein yang sangat tinggi. Ikan juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang penting untuk aktivitas yang terjadi di dalam tubuh. Makanlah paling sedikit dua porsi ikan setiap minggu.

Mengonsumsi ikan berminyak saat melakukan diet nutrisi seimbang dapat membantu mencegah penyakit jantung karena mengandung asam lemak omega-3. Ikan tongkol, tuna, salmon, sarden, dan makarel termasuk dalam golongan ikan berminyak. Pilihlah ikan segar atau ikan beku dalam bentuk tidak kalengan, karena ikan kalengan biasanya mengandung banyak garam dan bahan pengawet.

3. Makan Buah dan Sayuran

Menu diet sehat 30 hari tidak pernah melewatkan seharipun tanpa konsumsi sayur dan buah-buahan. Makanlah paling sedikit lima porsi sayur dan buah aneka rupa dalam sehari. Apabila Anda kebingungan dalam menentukan porsinya, silahkan gunakan panduan berikut.

Satu gelas jus buah berukuran 150ml bisa dianggap sebagai satu porsi dalam diet nutrisi seimbang. Jangan menambahkan gula lagi karena dapat meningkatkan kalorinya. Sayuran yang direbus dan memenuhi sepertiga piring makan dianggap satu porsi. Satu buah apel, pir, atau pisang juga dapat dihitung sebagai satu porsi.

Jika saat makan pagi, siang, dan malam makan sayur, berarti Anda sudah makan sebanyak tiga porsi. Agar menjadi lengkap 5 porsi dalam sehari Anda tinggal pilih. Hendak menambahkan satu porsi sayur lagi, atau satu piring buah potong, atau satu gelas jus buah tanpa pemanis. Mudah sekali, bukan? Tanpa terasa Anda sudah melengkapi kebutuhan sayur dan buah harian dalam diet nutrisi seimbang.

4. Jauhi Lemak Jenuh, Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Terlalu banyak mengonsumsi lemak jenuh dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat di dalam darah. Hal ini akan meningkatkan risiko penyakit berbahaya seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung. Lemak jenuh dapat ditemui pada daging merah yang berlemak dan olahannya seperti sosis, susu, keju, dan mentega.

Hindari makanan olahan yang mengandung lemak jenuh saat melakukan diet nutrisi seimbang. Aneka kue, biskuit, krim, pai, keripik kentang, dan semua makanan yang pengolahannya menggunakan lemak jenuh harus dijauhi. Sebaliknya pilihlah makanan yang mengandung lemak tak jenuh.

Lemak tak jenuh banyak diperoleh dari bahan-bahan alami. Biji-bijian, kacang-kacangan, minyak ikan, alpukat adalah bahan makanan yang kaya akan lemak tak jenuh. Apabila terpaksa menggunakan minyak untuk menumis masakan, gunakan sedikit minyak sayur. Sebaiknya rebus atau kukus masakan untuk menghindari penggunaan minyak.

5. Kurangi Gula dan Garam

Menambahkan gula sangat tidak dianjurkan dalam diet nutrisi seimbang. Makanan dan minuman kemasan, termasuk minuman beralkohol, mengandung banyak kalori yang sangat berpotensi meningkatkan berat badan. Banyak risiko yang terjadi bila Anda mengonsumsi gula berlebihan. Selain obesitas, risiko kerusakan gigi dan penyakit diabetes juga mengintai setiap saat.

Anda dapat mengganti minuman kemasan dengan jus buah buatan sendiri tanpa tambahan pemanis. Pemanis alami dari buah sudah cukup untuk memberikan rasa manis pada minuman tanpa menimbulkan risiko yang berbahaya. Anda juga dapat memperbanyak konsumsi air putih untuk menghindari keinginan makan dan minum yang manis.

Akan halnya dengan garam, konsumsi garam yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah Anda. Hal ini menimbulkan risiko terjadinya stroke dan penyakit jantung. Orang dewasa seharusnya mengonsumsi kurang dari 6 gram garam setiap hari. Kurangi membeli makanan dalam kemasan atau kaleng karena produsen sudah menambahkan banyak garam untuk mengawetkan makanan tersebut.

6. Rajin Minum Air Putih

Setiap orang dewasa membutuhkan sekitar dua liter cairan setiap hari agar tetap terhidrasi. Minumlah air putih untuk pilihan terbaik. Hindari minuman ringan dan minuman bersoda karena malah membuat Anda akan semakin merasa kehausan. Hal ini menyebabkan Anda akan terus-terusan minum yang justru mengakibatkan penumpukan kalori di dalam tubuh.

Air putih memiliki banyak manfaat. Selain mampu mencegah dehidrasi, minum air putih dalam jumlah banyak dapat mengenyangkan perut sehingga menunda lapar. Hal ini dapat mengurangi nafsu makan Anda. Tingkatkan konsumsi cairan saat cuaca panas, aktivitas sangat tinggi, dan banyak mengeluarkan keringat.

7. Olahraga Secara Rutin

Melakukan aktivitas olahraga secara rutin sangat bagus untuk membakar kalori. Lakukan olahraga minimal tiga kali seminggu untuk menguatkan tubuh dan menjaga kesehatan. Sering bergerak dapat melancarkan aliran darah sehingga proses metabolisme yang sedang berlangsung di dalam tubuh dapat berlangsung dengan baik.

Apabila Anda tidak sempat melakukan aktivitas di pusat kebugaran, lakukan olahraga ringan di sekitar rumah. Jogging, bersepeda, atau sekadar berjalan kaki selama setengah hingga satu jam setiap pagi sudah cukup untuk membakar kalori. Melakukan aktivitas harian di dalam rumah seperti menyapu dan membereskan rumah juga dapat dijadikan sarana untuk berolah tubuh.

Demikianlah ulasan mengenai diet nutrisi seimbang yang bisa disampaikan. Pada dasarnya melakukan diet sehat tidak menghindari salah satu unsur nutrisi, melainkan menyeimbangkan semua nutrisi penting agar memenuhi kebutuhan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

Originally posted 2020-10-27 13:38:10.

About admin

Check Also

makanan khusus diet alami

15 Makanan Khusus Diet Alami yang Menyehatkan, Apa Aja?

Diet Sehat – Ada makanan khusus diet alami bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *