Bingung Diet Penderita Diabetes? Simak 3 Wacana Ini!

Diet Sehat – Diet penderita diabetes merupakan salah satu hal yang disarankan untuk dilakukan bagi penderita diabetes. Diet diabetes dapat dilakukan dengan membatasi atau mengurangi asupan makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi.  Meskipun sedang melalukan diet, namun kebutuhan tetap harus terpenuhi sesuai dengan kebutuhan tubuh.  Bagi seseorang yang melakukan diet diabetes tidak harus memakan menu-menu tertentu saja.

Orang dengan diabetes memiliki risiko hampir dua kali lipat terkena penyakit jantung dan berisiko lebih besar mengalami gangguan kesehatan mental seperti depresi. Menurunkan berat badan dan makan lebih sehat juga dapat berdampak besar pada suasana hati, energi, dan kesehatan tubuh.

diet penderita diabetes

1. Manfaat Diet bagi Penderita Diabetes

Kegiatan diet merupakan salah satu kegiatan mengatur pola makan yang disesuaikan dengan kebutuhan harian. Diet makanan terkadang harus dilakukan untuk mengurangi berat badan. Selain untuk mengurangi berat badan, diet diperlukan untuk jenis penyakit tertentu, salah satunya adalah diet penderita diabetes. Seperti yang kita ketahui, pantangan terbesar untuk penderita diabetes adalah makanan yang mengandung kadar gula tinggi.

Dengan membatasi kadar gula yang masuk kedalam tubuh, diharapkan kadar gula yang ada di dalam tubuh penderita penyakit diabetes dapat dikontrol. Diet memiliki berbagai manfaat yang dapat dirasakan. Kehilangan hanya 5% hingga 10% dari total berat badan  dapat membantu menurunkan gula darah, tekanan darah, dan kadar kolesterol.

Selain itu dengan menerapkan menu sehat untuk diet, tubuh akan lebih aktif secara fisik, menurunkan berat badan, dan mengurangi gejala diabetes. Mengambil langkah untuk melakukan diet diabetes guna mengendalikan diabetes tidak berarti hidup dalam kekurangan makanan yang enak.

Mengendalikan asupan makanan melalui diet berarti mengkonsumsi makanan yang enak dan seimbang yang juga akan meningkatkan energi dan memperbaiki suasana hati. Selain itu diet juga bermanfaat untuk mengandalkan nafsu makan. Nafsu makan yang terkendali akan memberikan dampak yang positif bagi tubuh karena tubuh tidak akan mudah lapar sehingga kontrol makanan dapat dilakukan dengan baik.

2. Cara Mengatur Diet Penderita Diabetes

Melakukan diet memerlukan beberapa cara yang dapat diterapkan untuk mendukung kesuksesan program diet. Cara untuk mengatur program diet penderita diabetes adalah sebagai berikut:

Makan dengan Porsi Kecil

Beberapa orang sulit untuk mengurangi porsi makanan secara langsung. Oleh karena itu, pada awal program diet penderita diabetes mengurangi makanan dengan porsi kecil dengan menggunakan tempat makan yang lebih kecil mampu memberikan sugesti untuk meningkatkan rasa kenyang. Porsi makanan yang kecil mampu menyukseskan program diet yang dilakukan.

Mengkonsumsi Makanan Rendah Lemak

Salah satu pantangan yang banyak dilarang dikonsumsi ketika sedang melakukan diet penderita diabetes adalah makanan yang mengandung lemak. Lemak merupakan salah satu senyawa yang sukar larut dalam air. Kebanyakan tujuan melakukan diet adalah untuk mengurangi lemak dengan melakukan defisit kalori.

Maka dari itu hindari makanan yang mengandung lemak tinggi ketika sedang melakukan program diet. Jika penderita diabetes sedang mengonsumsi insulin atau tablet diabetes maka sangat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung lemak terutama lemak jenuh. Baca juga Cara Diet Sehat dan Murah Bagi Penderita Diabetes di Usia 40 Tahunan.

Perbanyak Minum Air Putih

Ketika sedang melakukan program diet disarankan untuk memperbanyak minum air putih setiap hari. Idealnya air putih dibutuhkan oleh tubuh sekitar 7-8 gelas atau sebanyak 1,5 liter. Air putih dapat memperlancar proses diet dikarenakan dengan meminum air putih, maka dapat mengurangi rasa lapar ketika sedang diet. Selain itu air putih mencegah dehidrasi yang dapat dialami tubuh.

Meminum segelas air putih sebelum makan terbukti ampuh untuk memperlancar program diet penderita diabetes. Pasalnya, dengan meminum air putih sebelum makan, maka porsi makan akan berkurang daripada tidak meminum air putih sebelum makan. Hal ini karena meminum air putih sebelum makan, mampu memberikan rasa kenyang lebuh awal. Selain itu meminum air putih turut meningkatkan kemampuan metaoblisme tubuh.

Perbanyak Konsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang baik untuk perkembangan dan kesehatan tubuh. Mengkonsumsi sayur dan buah yang rendah gula sangat direkomendasikan sebagai pengganti konsumsi nasi. Serat pada sayuran dapat meningkatkan rasa kenyang lebih lama daripada nasi sehingga membantu program diet.

3. Rekomendasi Makanan untuk Diet Penderita Diabetes

Ada beberapa rekomendasi makanan untuk penderita diabetes yang tepat, diantaranya adalah:

Gula Stevia

Makanan atau minuman yang mengandung gula yang tinggi adalah hal yang harus dihindari ketika melakukan program diet penderita diabetes. Gula pasir memiliki kadar gula yang tinggi. Jika dikonsumsi berlebihan maka dapat meningkatkan kadar gula dalam tubuh dan hal ini sangat berbahaya bagi penderita diabetes. Mengganti gula pasir ke gula stevia menjadi salah satu pilihan yang dapat dilakukan oleh para penderita diabetes.

Jagung

Sudah menjadi kebiasaan bagi masyarakat Indonesia untuk mengkonsumsi nasi sebagai sumber karbohidrat utama. Namun, nasi memiliki kandungan gula yang cukup tinggi sehingga sangat tidak disarankan bagi penderita diabetes. Mengkonsumsi diabetes justru dapat memperparah penyakit diabetes. Oleh karena itu lebjh baik mengganti nasi putih menjadi nasi jagung yang memiliki kandungan gula yang lebih rendah.

Jagung memiliki kandungan karbohidrat yang cukup tinggi. Hal ini menjadikan jagung sebagai pilihan yang ideal sebagai pengganti nasi untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat.

Sayuran Hijau

Sayuran hijau dapat menjadi pilihan makanan yang dapat dipilih ketika sedang melakukan diet penderita diabetes. Sayuran hijau memiliki antioksidan lutein dan zeaxhantien yang tinggi. Kedua jenis antioksidan tersebut berfungsi untuk melindungi mata dari kompilikasi yang biasanya timbul dari penyakit diabetes yaitu degenerasi makula dan katarak.

Sayuran hijau yang disarankan untuk dikonsumsi para penderita diabetes adalah sayuran brokoli, bayam, sawi, bok choy, dan kubis. Tidak harus selalu direbus saja, sayuran tersebut dapat diolah menjadi berbagai masakan lezat seperti tumis, sup, lalapan, salad, dan lain-lain.

Ikan

Salah satu bahan makanan yang dapat dibuat untuk menu program diet penderita diabetes adalah ikan. Ikan banyak dimasak dan diolah menjadi makanan yang lezat dan menggugah selera. Ikan mengandung lemak yang baik sehingga membantu diet tinggi lemak. Menu makanan yang terbuat dari ikan akan mengendalikan kadar gula darah sekaligus menekan kadar lemak dalam tubuh.

Ikan yang kaya akan omega 3 merupakan jenis ikan yang disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jenis ikan tersebut adalah ikan salmon, ikan trout, ikan tuna, ikan kembung, dan lain-lain. Lebih baik ikan dimasak tanpa digoreng misalnya dibakar, dipanggang, atau dijadikan sup.

Mie Shirataki

Para penderita diabates tetap dapat mengkonsumsi mie. Namun jenis mie yang digunakan tentu berbeda dari mie-mie lainnya. Mie yang direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah mie shirataki. Jenis  mie ini terbuat dari akar tanaman konjak yang kaya akan kandungan air. Selain itu serat glucomannan dalam mie ini dapat menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Diet penderita diabetes dapat dilakukan dengan sukses dengan melakukan cara diet dan mengkonsumsi makanan yang telah direkomendasikan di atas. Namun, selain kedua hal di atas, berolahraga dan menghindari stres juga tidak kalah penting. Bagaimana? Diet penderita diabetes dapat dilakukan dengan mudah bukan?

Originally posted 2020-10-16 15:10:27.

About admin

Check Also

diet penderita kanker

Jalani Diet Penderita Kanker? Perhatikan 11 Hal Ini!

Diet Sehat – Diet penderita kanker menjadi pilihan yang tepat apalagi sebagai upaya penyembuhan penyakit

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *