5 Cara Diet Penderita Maag, Mudah, Sehat dan Murah!

Diet Sehat – Diet penderita maag harus diperhatikan dengan baik. Pasalnya penderita maag sangat rentan kambuh ketika jumlah asupan makanan berkurang atau jadwal makan yang berubah. Bagi beberapa orang yang sedang mengalami kenaikan berat badan, menurunkan berat badan melalui program diet sering kali harus dilakukan. Program diet dilakukan dengan cara mengurangi kalori yang masuk dan memaksimalkan kalori yang keluar dari tubuh.

Penderita maag harus lebih berhati-hati ketika melakukan program diet untuk menurunkan berat badan. Program diet yang tidak tepat, justru dapat membuat penyakit maag kambuh. Oleh karena itu, terdapat cara-cara khusus yang harus diterapkan agar penderita maag tetap dapat melakukan program diet. Hal ini agar penderita maag tetap dapat menjaga berat badan melalui program diet.

diet penderita maag

Inilah Cara Diet bagi Penderita Maag

Diet penderita maag harus dikakukan dengan memperhatikan banyak faktor. Faktor yang paling penting yang harus diperhatikan dalam menjalani program diet bagi penderita maag adalah mencegah kambuhnya penyakit maag tersebut. Cara untuk tetap menjalankan program diet namun tetap aman bagi lambung adalah sebagai berikut:

Makan Sesuai dengan Jadwal

Bagi penderita maag, jadwal makan merupakan hal yang tidak boleh terlewatkan untuk dilakukan. Jadwal makan yang telat dapat membuat asam lambung meningkat yang dapat menyebabkan kambuhnya penyakit maag. Kunci utama untuk tetap menjalankan program diet meskipun memiliki penyakit maag adalah dengan makan secara teratur sesuai jadwal, namun dengan porsi yang telah dikurangi.

Prinsip yang harus diterapkan adalah dengan tidak membiarkan perut dalam keadaan kosong untuk waktu yang lama. Oleh karena itu, makan dengan porsi kecil namun sesuai dengan jadwal makan diperlukan untuk mencegah perut kosong dalam jangka waktu lama. Memakan porsi kecil selang beberapa jam lebih baik daripada makan porsi banyak namun hanya sekali makan dalam sehari.

Hindari Pemicu

Maag merupakan penyakit yang cenderung mudah kambuh jika pola makan tidak dilakukan dengan benar. Beberapa jenis makanan tidak cocok bagi penderita maag dan dapat mengakibatkan menjadi pemicu kambuhnya penyakit ini. Maka dari itu, lebih baik menghindari jenis-jenis makanan yang dapat memicu penyakit maag. Lebih baik untuk mengkonsumsi makanan sehat untuk mendukung program diet penderita maag.

Makanan dapat menjadi salah satu pemicu kambuhnya penyakit maag. Beberapa makanan yang dapat menjadi pemicu kambuhnya penyakit maag ini adalah penyakit yang dapat meningkatkan kadar asam lambung. Penderita maag perlu menghindari makanan pedas, makanan asam, kopi, durian, keju, dan lain-lain. Jenis makanan tersebut lebih baik dikurangi untuk dikonsumsi bukan hanya ketika diet saja, tetapi juga untuk waktu seterusnya.

Tidak Mengharapkan Hasil Cepat

Proses diet harus dilakukan secara step by step. Penurunan berat badan yang benar tidak dilakukan dengan waktu yang cepat. Biasanya diet yang ekstrim akan menurunkan berat badan yang drastis, namun setelah itu berat badan akan cenderung turun. Berbeda dengan diet yang sehat, dimana penurunan berat badan tidak terlalu banyak namun berat badan selalu turun tiap minggunya.

Seseorang yang mengharapkan hasil diet yang cepat cenderung untuk membatasi makanan secara ekstrim. Hal ini berdampak buruk terhadap lambung karena meningkatkan potensi kambuhnya penyakit maag. Oleh karena itu, dengan menerapkan diet yang sehat dan ideal dapat menjadi pilihan bagi diet penderita maag.

Olahraga Teratur

Diet tidak hanya bergantung pada makanan yang masuk ke dalam tubuh. Aktivitas yang dilakukan setiap hari turut menjadi kunci sukses program diet yang dijalankan. Aktivitas yang baik untuk mendukung program diet adalah aktivitas yang dapat membakar kalori tubuh, contohnya adalah dengan berolahraga. Olahraga secara rutin dapat mengurangi lemak dan meningkatkan masa otot tubuh.

Berolahraga dapat dilakukan dengan olahraga ringan namun rutin dilakukan setiap hari. Misalnya dengan berjalan di sekeliling kompleks rumah selama 30 menit. Berolahraga secara rutin mampu menurunkan berat badan secara efektif dan meningkatkan kebugaran tubuh. Baca juga Jalani Diet Penderita Kanker? Perhatikan 11 Hal Ini!

Menu Diet Penderita Maag

Menu makanan yang dikonsumsi saat diet penderita maag menjadi hak yang harus benar-benar diperhatikan. Menu diet harus memiliki kalori yang rendah namun tetap sehat untuk dikonsumsi. Pilihan menu makanan menjadi faktor penting dalam kesuksesan program diet yang sedang dijalani. Beberapa menu berikut ini sangat sesuai sebagai pilihan menu diet untuk penderita maag. Selain rendah kalori, menu makanan ini memiliki rasa yang enak untuk dimakan.

Dada Ayam

Menu makanan pertama yang disarankan untuk diet penderita maag adalah dada ayam. Dada ayam memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga baik untuk dikonsumsi ketika sedang menjalankan diet. Pada saat sedang menjalankan program diet, lebih baik untuk memperbanyak konsumsi protein sebagai sumber energi. Selain itu, dada ayam memiliki kadar lemak yang rendah namun memiliki rasa yang lezat.

Dada ayam dapat diolah menjadi masakan yang lezat. Namun, dada ayam lebih disarankan untuk dikukus atau dipanggang daripada digoreng untuk menghindari kandungan lemak pada minyak yang tinggi. Namun, jika Anda ingin menggoreng dada ayam, hal tersebut dapat dilakukan dengan mengganti minyak dengan minyak zaitun yang rendah lemak.

Telur

Telur dapat menjadi piliha menu diet penderita maag yang tepat. Telur memiliki kandungan protein yang tinggi namun memiliki kadar lemak yang rendah. Hal ini naik untuk membantu proses diet yang sedang dilakukan. Konsumsi telur sebagai sarapan lebih disarankan untuk mengisi tenaga. Lebih disarankan mengkonsumsi bagian putih telur karena mengandung lemak yang sangat sedikit sehingga baik untuk dikonsumsi ketika diet.

Daging Tanpa Lemak

Mengkonsumsi daging sebagai menu diet penderita maag dapat dilakukan asalkan memilih daging yang bebas lemak. Daging kaya akan protein yang sangat tepat untuk dikonsumsi saat melakukan program diet. Cukup dengan memanggang atau menggoreng tanpa minyak dengan menambahkan sedikit bumbu saja, maka daging siap untuk dikonsumsi.

Meskipun konsumsi daging diperbolehkan, membatasi porsi makan tetap diperlukan untuk menyukseskan diet penderita maag ini. Cukup dengan porsi yang sewajarnya saja dan secukupnya saja. Disarankan untuk memakan daging tidak menggunakan nasi namun menggunakan sayuran seperti kentang, sayuran hijau, wortel, dan lain-lain.

Sayuran dan Buah

Pada saat dalam upaya diet penderita maag disarankan untuk mengurangi makanan yang mengandung lemak dan karbohidrat yang tinggi. Cara untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat bagi tubuh adalah dengan mengganti sumber karbohidrat dengan sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat yang rendah.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Mengkonsumsi sayur dan buah ketika diet sangat dianjurkan. Namun, pilihlah sayur dan buah yang tidak mengandung kadar asam yang tinggi. Kadar asam yang tinggi dapat memicu penyakit maag kambuh.

Penderita penyakit maag tetap dapat melakukan proses diet, asalkan menjalankan diet penderita maag yang tepat dan benar. Cara diet dan menu makanan diet di atas dapat menjadi referensi ketika sedang menjalani program diet. Tetap semangat untuk menjalani progra diet dan jangan lupa menjaga asupan nutrisi tubuh Anda.

About admin

Check Also

menu diet mayo

7 Panduan Menu Diet Mayo Sehat dan Mengenyangkan

DietSehat – Pada umumnya, diet menjadi salah satu cara seseorang untuk memperoleh tubuh yang ideal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *