5 Diet Sehat Alami: Panduan dan Menu Sehatnya!

DietSehat – Diet sehat alami nampaknya saat ini sedang jadi topic hangat pembicaraan. Diet cara ini dinilai lebih aman dalam menurunkan berat badan. Cara ini pun sudah banyak dilakukan, meskipun masih terdapat beberapa yang mempraktikkan diet tidak sehat. Cara yang dinilai lebih instan, tapi menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan. Bahkan dapat memicu timbulnya penyakit berbahaya.

Diet sehat  yang alami dan cepat dapat dilakukan siapapun. Dengan langkah yang sederhana dan murah. Diet dengan cara ini pun akan mengurangi risiko penyakit kronis dan menjaga tubuh tetap sehat. Kini diet sehat ini bahkan dijadikan gaya hidup sehat mengingat manfaatnya yang cukup banyak.

5 Diet Sehat Alami: Panduan dan Menu Sehatnya!

Cara Diet Sehat Alami dan Sederhana Untuk Menurunkan Berat Badan

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan. Akan tetapi, banyak juga yang hasilnya tidak memuaskan, membuat tubuh sakit dan akhirnya tidak bertahan lama. Untuk itulah diet sehat alami cara cepat ini direkomendasikan untuk menurunkan berat badan karena tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Berikut adalah beberapa cara yang dapat dipraktikkan secara mandiri;

1.Jangan Makan Dengan Buru-Buru

Berdasarkan teori,kecepatan makan dapat mempengaruhi seberapa banyak makanan yang masuk ke tubuh. Otomatis akan berpengaruh pada pertambahan berat badan. Makan dengan kecepatan tinggi, berpotensi menimbulkan obesitas dibanding mereka yang memiliki kecepatan makan lebih lambat.

Nafsu makan dikendalikan oleh hormon yang bekerja untuk memberi sinyal pada otak saat merasakan kenyang atau lapar. Namun, pesan tersebut dapat diterima otak sekitar 20 menit.

Jadi, ketika makan dengan pelan dapat memberikan waktu pada otak untuk menangkap dan memahami bahwa Anda telah kenyang. Makan dengan pelan juga dapat mengurangi asupan kalori sehingga berat badan bisa dikendalikan.

2. Perbanyak Asupan Protein

Dikenal tidak hanya sebagai sumber energi, protein adalah nutrisi makronutrien yang dapat mempengaruhi hormon lapar dan kenyang. Dengan meningkatkan asupan nutrusi protein, dapat membuat tubuh mengonsumsi makanan lebih sedikit. Terlebih jika protein yang dikonsumsi dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan mempertahankan massa otot. Dengan ini massa otot dapat dipertahankan saat berat badan turun.

Sehingga penting sekali menambah asupan protein agar kenyang lebih lama dan dapat mengekang nafsu untuk makan dalam jumlah banyak. Nutrisi protein bisa didapat dari kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak dan produk susu. Diet sehat alami dengan menambah protein bukan sesuatu yang sulit bukan?

3. Perbanyak Konsumsi Air

Asupan air putih yang cukup sangat bermanfaat untuk diet sehat alami bagi pemula. Sebab air putih punya banyak manfaat untuk menurunkan berat badan. Jumlah kalori yang terbakar juga semakin banyak. Alhasil berat badan akan tetap ideal terjaga.Kesehatan tubuh pun dapat terjaga. Sederhana dan mudah dilakukan setiap hari.

4. Perbanyak Makanan Rebus Atau Kukus

Metode mudah untuk diet sehat alami adalah dengan mengurangi makanan gorengan. Sebagai gantinya, makan makanan yang diolah dengan cara direbus atau dikukus. Makanan yang diolah dengan cara digoreng berpotensi menghasilkan senyawa toksik. Toksik ini seringkali dikaitkan dengan berbagai penyakit seperti kanker dan jantung. Sedangkan makanan kukus atau rebus minim akan toksik.

5. Banyak Mengonsumsi Omega-3 dan Vitamin D

Sedang menjalankan diet sehat alami tanpa obat? cara ini sepertinya mudah untuk dilakukan. Perbanyak konsumsi omega-3 dan vitamin D. Vitamin ini sangat penting bagi kesehatan tulang serta dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Sedangkan omega-3 adalah asam lemak baik yang tidak bagus untuk menurunkan berat badan, mengurangi peradangan, kesehatan jantung dan meningkatkan fungsi otak.

6. Meningkatkan Konsumsi Sayur

Cara diet alami yang ampuh adalah dengan memperbanyak konsumsi sayuran hijau. Banyak konsumsi sayuran ini saat lapar, akan menurunkan komponen makanan yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu kalori sehat akan lebih banyak diperoleh. Manfaat lain banyak mengonsumsi sayuran hijau sebelum makan makanan kaya karbohidrat adalah dapat menurunkan kadar gula darah.

7. Lebih Aktif Ketika Diet

Diet sehat alami dengan konsumsi makanan tertentu tidak akan berjalan maksimal apabila tidak diiringi dengan olahraga. Keseimbangan keduanya harus terjaga. Olahraga yang dilakukan tidak harus berat. Cukup dengan lebih banyak aktif bergerak. Tubuh yang lebih aktif bergerak akan menurunkan tingkat stres dan meningkatkan mood. Dua hal yang mempunyai pengaruh penting dalam menurunkan berat badan.

Menu Sederhana Untuk Diet Sehat Alami

Menu diet sehat alami dan murah sebenarnya mudah untuk membuatnya. Mungkin bagi sebagian orang sulit untuk membuatnya. Nah, berikut ini akan disajikan beberapa menu sehat untuk mereka yang sedang melakukan diet. Bahan yang digunakan bisa menggunakan bahan yang telah tersedia di rumah. Gunakan bahan makanan yang sehat dan banyak mengandung vitamin serta protein. Simak menunya berikut ini;

1.Salad

Menu ini sepertinya tidak terlalu asing karena sudah familiar. Salad kerap menjadi menu andalan saat melakukan diet sehat alami. Komposisi salad bisa murni sayuran, buah-buahan atau keduanya. Untuk bahannya gunakan sayur hijau serta sayur dengan warna lain. Tambahkan makanan dengan kandungan protein tinggi, ayam atau daging sapi. Untuk salad buah bisa mencampur berbagai jenis buah bervitamin.

2. Sup

Menu mudah lainnya untuk diet sehat alami adalah sup. Campuran berbagai jenis sayur, daging atau seafood sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan vitamin dan protein yang ada dalam sup bermanfaat pula dalam menurunkan berat badan. Menu ini pun relatif mudah untuk dibuat, bahan sederhana dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

3. Pasta

Pasta terbuat dari bahan yang mengandung karbohidrat tinggi. Untuk yang sedang diet sehat secara alami, pasta yang dikonsumsi juga harus sehat. Yakni terbuat dari tepung gandum. Sedangkan untuk pemenuhan proteinnya bisa mengonsumsi ikan, ayam atau daging sapi yang tidak berlemak. Untuk saos pastanya pilih yang terbuat daru tomat original. Konsumsi pasta usahakan tidak terlalu sering.

4. Camilan Sehat

Saat sedang santai tentu wajar apabila ingin mengonsumsi camilan. Saat sedang diet, sebaiknya camilan yang dikonsumsi adalah camilan sehat. Tidak sulit sekarang mencari camilan sehat di berbagai supermarket. Banyak biscuit atau roti yang terbuat dari bahan yang kalorinya rendah.

Alternatif lainnya bisa membuat camilan sehat sendiri. Misalnya keripik buah, sandwich buah atau sayur, smoothies dan yang lainnya. Gunakan bahan yang berkualitas untuk mendukung penurunan berat badan. Bahan yang banyak mengandung protein, vitamin dan rendah kalori.

5. Makanan Rendah Lemak

Menu diet sehat alami yang satu ini punya peran penting dalam menurunkan berat badan. Idealnya untuk mendapatkan makanan dengan kadar lemak tidak hanya dari bahan yang digunakan. Cara pengolahannya juga harus diperhatikan. Akan lebih baik jika mulai menghindari makanan dengan lemak tinggi, seperti gorengan atau daging yang berlemak.

Diet sehat alami yang dilakukan tanpa menggunakan obat sama sekali memang butuh waktu yang lebih lama, tapi hasilnya lebih sehat. Serta memiliki manfaat untuk jangka waktu lebih panjang. Berat badan turun dan tubuh selalu sehat adalah anugerah yang mungkin tidak ada dalam diet ketat yang berbahaya. Jadi, sudah yakin untuk selalu konsisten melakukan diet sehat ini?selamat mencoba.

Originally posted 2020-11-07 15:12:17.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *