Diet Sehat Dengan Olahraga Ringan, Nomor 3 Wajib Kamu Ketahui!

Diet Sehat Dengan Olahraga Ringan, Nomor 3 Wajib Kamu Ketahui – Memiliki tubuh sehat dan langsing merupakan impian setiap orang. Namun, banyak yang tidak mengetahui bahwa diet yang sehat bukan tentang mengurangi karbohidrat saja, melainkan harus disertai olahraga. Banyak pilihan olahraga yang bisa digunakan untuk mengurai lemak dalam tubuh.

Diet yang sukses adalah diet yang dapat menurunkan berat badan namun tidak menimbulkan penyakit. Oleh karena itu, langkah tepat untuk memulai diet adalah dengan mengurangi porsi makan dan hindari makanan yang mengandung banyak lemak. Kemudian, sebagai penutupnya dapat kamu lakukan dengan olahraga ringan.

diet sehat dengan olahraga ringan
diet sehat dengan olahraga ringan

Diet Sehat Dengan Olahraga Ringan

Olahraga ringan adalah olahraga yang dapat kamu lakukan dengan mudah dan kapan saja tanpa harus mengeluarkan biaya banyak. Olahraga ini sangat cocok untuk ibu-ibu yang menginginkan berat badannya turun akan tetapi tidak memiliki waktu yang cukup. Beberapa macam diet sehat dengan olahraga ringan di antaranya:

Olahraga Renang

Renang merupakan salah satu olahraga favorit yang bisa dilakukan oleh segala usia. Selain itu, olahraga ini menyenangkan dan membuat tubuh menjadi rileks. Nah, siapa sangka olahraga ini dapat menjadi salah satu cara untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Saat melakukan renang semua otot mengalami pergerakan sehingga otot terbentuk dengan baik. Lagi pula dengan rutin melakukan renang dapat membakar kalori tubuh.

Bersepeda

Bersepeda merupakan cara yang tepat untuk diet sehat dengan olahraga ringan. Olahraga satu ini memang digemari berbagai macam kalangan. Mulai dari anak-anak hingga orang tua. tidak membutuhkan energi yang terlalu banyak saat melakukannya. Selain itu, diet sehat dengan olahraga ringan ini dapat dilakukan bersama keluarga untuk mengisi waktu libur.

Bersepeda berdampak pada pembakaran kalori yang sangat tinggi bagi tubuh. Setidaknya 700 kalori terbakar saat melakukan olahraga ini. apabila kamu tidak dapat melakukannya di luar rumah masih ada alternatif lain yaitu bersepeda statis. Kayuh pedal sepeda dengan ritme sedang  selama 30 menit akan membakar lemak sekita 210-310 kalori.

Naik Turun Tangga

Menghabiskan banyak waktu untuk mengurus rumah atau bekera sehingga tidak memiliki waktu untuk berolahraga. Tak perlu khawatir, kamu dapat melakukan diet sehat dengan olahraga ringan naik turun tangga. Lakukan selama 30 menit mampu membakar sebanyak 300 kalori. Naik turun tangga ini bisa kamu lakukan kapan saja, bisa di saat waktu senggang atau istirahat kantor.

Jogging

Jogging merupakan salah satu olahraga yang banyak diminati. Pasalnya olahraga ini ringan dilakukan dan tidak memerlukan banyak biaya. Keuntungan yang paling besar adalah dapat menurunkan berat badan secara cepat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya lakukan 3 kali dalam seminggu.

Skiping

Diet sehat dengan olahraga ringan selanjutnya adalah skiping atau  lompat tali. Olahraga ini sangat mudah untuk dilakukan karena tidak perlu keluar rumah. Skiping bisa kamu lakukan di mana saja misalnya di taman atau halaman rumah bahkan di dalam ruangan. Walaupun terlihat sangat sederhana, akan tetapi olahraga ini mampu membakar kalori dan menghilangkan lemak berlebih.

Yoga

Meskipun terlihat sederhana yoga dapat digunakan sebagai diet sehatuntuk penurun berat badan yang ampuh. Dengan gerakan-gerakan yang lamban dan sederhana jika dilakukan secara rutin dapat membakar kalori dalam jumlah yang banyak. Olahraga ini pun bisa dilakukan di dalam rumah, tanpa mengeluarkan biaya tambahan.

Aerobik

Senam aerobik masih menduduki ajang diet sehat dengan olahraga ringan yang banyak diminati kaum perempuan. Aerobik sudah dikenal sejak lama yang memiliki ciri khas gerakan yang lincah dan cepat. Dengan demikian, tubuh dapat bergerak dengan aktif sehingga mengeluarkan banyak keringat dan kalori dapat terbakar secara maksimal.

Berjalan Kaki

Olahraga terbaik untuk menurunkan berat badan tanpa efek samping adalah berjalan kaki. Berjalan kaki merupakan olahraga yang praktis dan ringan yang dapat dilakukan oleh segala usia. Selain itu, ringan akan resiko cedera. Jika kamu lakukan dengan kecepatan sedang sudah dapat membakara sekitar 167 kalori per 30 menit. Untuk pemula lakukan 3-4 kali dalam seminggu.

Pilates

Diet sehat dengan olahraga ringan seperti pilates menjadi salah satu alternatif yang baik ketika ingin menurunkan berat badan. Meskipun olahraga ini terhitung lebih sedikit dalam membakar kalori dibandingkan dengan olahraga lari, namun banyak yang peminatnya. Pasalnya, mudah dilakukan dari waktu ke waktu tanpa menggunakan alat bantu.

Kick Boxing

Olahraga ini sangat cocok untuk yang menyukai olahraga seru dan mengeluarkan banyak energi. Dengan melibatkan kedua kaki dan tangan membuat seluruh tubuh ikut bergerak. Pembakaran kalori dapat terjadi secara maksimal. Selain menjadi langsing, kamu juga mendapatkan bonus tubuh yang berotot dan sehat.

Alasan Diet Sehat Dengan Olahraga Ringan Sering Gagal

Meskipun diet sehat dengan olahraga ringan tidak sulit, namun ternyata banyak yang gagal, lho. nah, coba kita gali kembali mengapa hal demikian dapat terjadi. Alasan gagalnya diet dengan olahraga erat kaitannya terhadap gaya hidup dan pola makan yang tidak sehat. Jadi, meskipun sudah diet dengan olahraga, namun pola makan pun tetap harus diatur.

Sering lupa, usai melakukan olahraga tetapi makan makanan yang mengandung lemak tinggi bahkan junk food. Mungkin karena terlalu haus, memilih minum es yang manis. Padahal, manis gula mengandung kalori yang sangat tinggi. Nah, jadi sia-sia perjuangan kamu membakar kalori dengan olahraga tadi.

Selain itu, diet sehat dengan olahraga ringan dapat gagal karena tidak mengatur jadwal olahraga, tidak konsisten, tidak memiliki target realistis dan tidak melakukan pemanasan. Ke empat alasan ini seringkali melatar-belakangi gagalnya diet yang sedang kamu perjuangkan. Nah, kalau diet jangan setengah-setengah biar hasilnya pun tidak setengah.

Tips Sukses Diet Sehat Dengan Olahraga Ringan

Semua orang yang sedang menjalani diet menginginkan tubuhnya cepat langsing dalam waktu singkat. Namun, perlu disadari bahwa tubuh ideal dan sehat tidak bisa di dapatkan secara instan. Membutuhkan waktu yang cukup lama dan konsistensi yang tinggi. Pasalnya, meskipun berat badan sudah turun jika tidak konsisten maka tubuh akan kembali membengkak dengan durasi waktu yang pendek.

Perhatikan artikel lain disini.

Untuk itu, ada beberapa tips yang harus kamu terapkan supaya diet sehat dengan olahraga ringan yang sudah kamu perjuangkan tidak gagal. Ingat, diet yang sukses tidak bisa di dapat secara instan. Jadi, ada langkah yang memang harus kamu lakukan secara rutin supaya dietnya berhasil. langkah tersebut adalah:

  • Lakukan olahraga secara rutin
  • Buat jadwal olahraga
  • Lakukan pemanasan
  • Hindari makanan yang mengandung lemak tinggi
  • Kurangi karbohidrat
  • Perbanyak makan sayur dan buah
  • Perbanyak minum air putih
  • Tidur secara teratur
  • Konsisten

Sebenarnya diet dengan olahraga ringan sangat membantu bagi yang menginginkan memiliki tubuh ideal dan sehat. Dengan melakukan beberapa olahraga yang disebutkan di atas lemak yang bersarang dalam tubuh bisa terurai. Akan tetapi, hal yang membuatnya gagal harus kamu hindari dan sebaiknya lakukan sesuai dengan tips yang dapat mendukung suksesnya proses diet. Selamat mencoba!

Tinggalkan komentar