25 Makanan Terbaik untuk Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

DietSehat – Banyak cara yang dapat dilakukan sebagai cara diet sehat menurunkan berat badan. Penurunan berat badan secara bertahap akan memberikan efek yang lebih baik bagi kesehatan dibandingkan penurunan berat yang mendadak. Olah raga teratur dan menjaga pola makan menjadi pilihan untuk dapat menurunkan berat badan secara sehat.

Saat sedang diet biasanya orang cenderung akan mencari informasi tentang jenis makanan apa saja yang bisa mendukung program diet mereka. Beberapa jenis makanan yang biasanya dihindari adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat tinggi, gula tinggi dan juga memiliki kadar lemak yang tinggi. Cara diet sehat untuk menurunkan berat badan haruslah memperhatikan asupan gizi setiap hari.

diet sehat menurunkan berat badan

Jenis Makanan untuk Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Pola makan dan gaya hidup sehat tentu saja akan mendukung program penurunan berat badan. Aneka makanan yang memiliki kandungan gizi tinggi sangat dibutuhkan oleh orang yang sedang berusaha menurunkan berat badan. Berikut ini adalah 25 jenis makanan yang dapat dikonsumsi untuk diet sehat menurunkan berat badan.

1. Alpukat

Alpukat merupakan salah satu jenis buah yang sangat cocok dikonsumsi saat sedang menjalani program diet sehat menurunkan berat badan. Alpukat memiliki kandungan karbohidrat yang rendah namun kaya akan lemak sehat, serat serta air. Kebutuhan tubuh akan lemak sehat dapat terpenuhi dengan rajin mengkonsumsi alpukat. Sebaiknya konsumsi alpukat tanpa tambahan gula atau susu.

2. Apel

Makanan untuk diet sehat yang selanjutnya adalah apel. Siapa yang tidak mengenal kelezatan buah ini. Apel mengandung serat yang cukup tinggi sehingga mampu  membantu tubuh merasa lebih kenyang. Mengkonsumsi buah apel akan menunda rasa lapar sehingga makanan yang dikonsumsi dapat berkurang jumlahnya.

3. Telur Utuh

Mengkonsumsi telur utuh yang telah direbus ternyata mampu menjadi asupan nutrisi saat sedang diet sehat menurunkan berat badan. Telur memiliki kandungan protein serta lemak sehat yang cukup tinggi. Meski demikian kandungan karbohidrat dalam telur rebus sangatlah sedikit sehingga cocok dikonsumsi bagi yang sedang diet. Mengkonsumsi telur rebus juga akan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.

4. Pepaya

Pepaya adalah salah satu jenis buah yang cukup mudah ditemui di Indonesia. Meski harganya terbilang cukup ekonomis, namun buah ini sangat kaya akan vitamin A dan vitamin C. Kandungan air dan serat yang cukup tinggi pada pepaya akan membantu melancarkan pencernaan. Selain itu, pepaya juga dapat membuat tubuh lebih kenyang sehingga cocok dikonsumsi sebagai makanan penunda lapar.

5. Mentimun

Mentimun tidak hanya berfunsi untuk menurunkan tekanan darah namun juga merupakan salah satu jenis makanan yang bagus dikonsumsi saat diet. Cara diet sehat dengan makanan salah satunya adalah mengkonsumsi mentimun. Kandungan air yang cukup tinggi pada mentimun sangat bagus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan air. Baca juga 5 Cara Diet Menurunkan Berat Badan 5 kg Dalam 1 Hari yang Patut Dipertimbangkan.

6. Pisang

Masyarakat Indonesia mengenal banyak sekali jenis pisang. Buah pisang merupakan salah satu jenis buah yang tidak mengenal musim sehingga bisa dijumpai setiap hari. Kandungan karbohidrat yang tinggi pada pisang akan membuat tubuh merasa kenyang setelah mengkonsumsinya. Meskipun kaya akan karbohidrat namun mengkonsumsi pisang tidak akan membuat tubuh menjadi gemuk.  

7. Kacang Merah

Protein tinggi yang ada di dalam tubuh akan membantu proses pembakaran kalori. Kacang merah sebagai salah satu sumber protein nabati sangat cocok dikonsumsi saat sedang diet sehat menurunkan berat badan. Kacang merah dapat diolah menjadi beragam jenis makanan yang lezat. Sub kacang merah adalah salah satu jenis olahan makanan berbahan dasar kacang merah yang sangat cocok sebagai menu diet.

8. Kentang

Kentang yang diolah dengan cara dikukus, direbus atau dibakar sangatlah sehat untuk dikonsumsi sebagai menu diet sehat menurunkan berat badan. Kandungan nutrisi pada kentang cukup tinggi dan rasanya yang lezat menjadikannya disukai banyak orang. Cara sehat menurunkan berat badan salah satunya adalah mengganti konsumsi nasi beras dengan kentang. Saat diet, hindari mengkonsumsi kentang goreng dengan kandungan garam tinggi.

9. Ubi

Saat sedang diet, konsumsi nasi biasanya sangatlah dibatasi. Untuk memperoleh rasa kenyang tanpa harus mengkonsumsi nasi, maka ubi dapat menjadi pilihan. Ubi memiliki kandungan karbohidrat yang jauh lebih rendah dibanding dengan nasi. Diet sehat menurunkan berat badan dengan mengkonsumsi ubi rebus atau ubi kukus akan membuat tubuh tetap bertenaga.

10. Buncis

Salah satu jenis sayuran yang termasuk kacang-kacangan ini ternyata bagus dikonsumsi saat sedang menjalani program diet. Kandungan protein dan serat yang tinggi pada buncis membantu tubuh untuk melakukan proses detoksifikasi. Selain itu, mengkonsumsi buncis dalam takaran yang cukup dapat memberikan efek kenyang pada tubuh karena kandungan seratnya yang tinggi.

11. Nasi Beras Merah

Kandungan nutrisi dan serat pada beras merah lebih tinggi dibandingkan dengna beras putih. Oleh karena itu saat sedang diet sehat menurunkan berat badan sebaiknya mengkonsumsi nasi beras ketika belum bisa terlepas dari konsumsi nasi. Serat yang cukup tinggi pada beras merah akan memberikan efek mengenyangkan yang lebih lama dibandingkan beras putih.

12. Jamur

Salah satu jenis jamur yang biasa dikonsumsi adalah jenis jamur merang. Kandungan gizi pada jamur cukup tinggi sehingga sangat disarankan untuk dikonsumsi. Antioksidan dan serat yang terkandung dalam jamur dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan menurunkan berat badan. Jamur dapat diolah menjadi aneka makanan lezat sehingga tidak membosankan ketika dikonsumsi.  

13. Semangka

Asupan nutrisi saat sedang diet sehat menurunkan berat badan salah satunya dapat dilakukan dengan mengkonsumsi semangka. Buah yang mengandung lycopene ini mampu membantu tubuh untuk melawan aneka penyakit berbahaya seperti  misalnya penyakit jantung dan kanker. Kandungan air, vitamin A, B, dan C pada semangka juga cukup tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi.

14. Bayam

Bayam adalah salah satu jenis sayuran yang cukup mudah dijumpai. Sayuran hijau ini kaya akan nutrisi sehingga cocok untuk dikonsumsi setiap hari. Kandungan serat yang tinggi namun rendah kalori menjadikan bayam cocok sebagai menu diet sehat menurunkan berat badan. Cara mengolah bayam cukup mudah dan dapat dikreasikan menjadi anekan olahan pangan yang lezat.

15. Kacang-kacangan

Aneka jenis kacang-kacangan seperti misalnya kacang tanah dan kacang almon sangatlah bagus untuk dikonsumsi saat sedang menjalani program diet. Kacang mengandung banyak protein yang diperlukan oleh tubuh. Saat tubuh mendapat asupan protein maka protein-protein tersebut akan membantu proses pembakaran kalori. Semakin banyak protein yang masuk maka akan semakin banyak kalori yang terbakar.

Selain 15 makanan tersebut di atas, ternyata masih banyak jenis makanan yang bagus dikonsumsi saat sedang menjalankan program penurunan berat badan secara alami dan sehat. 10 jenis makanan di bawah ini juga sangat bagus untuk dikonsumsi karena dapat membantu tubuh dalam diet sehat menurunkan berat badan.

  • Tahu
  • Cabai
  • Asparagus
  • Popcorn
  • Oatmeal
  • Kembang Kol
  • Salmon
  • Tuna
  • Dada Ayam
  • Yoghurt Rendah Lemak

Menurunkan berat badan secara alami tentu saja memerlukan proses yang lebih lama dibandingkan dengan mengkonsumsi obat pelangsing. Mengatur pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi sebaiknya tetap diikuti dengan gaya hidup sehat. Berolahraga secara teratur merupakan gaya hidup sehat yang sangat mendukung program diet sehat menurunkan berat badan. Selamat mencoba.

About admin

Check Also

nutrisi untuk diet sehat

3 Nutrisi Untuk Diet Sehat yang Tepat, Cara Hitung dan Aturan Diet

Diet Sehat – Nutrisi untuk diet sehat ini harus dipertimbangkan dengan baik, sebelum memutuskan untuk

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *