Diet Sehat Tanpa Nasi: Perhatikan 3 Hal Ini!

Diet Sehat – Diet sehat tanpa nasi tentunya sulit untuk dilakukan oleh banyak orang karena orang Asia, khususnya Indonesia terbiasa makan nasi setiap hari. Nasi adalah sumber karbohidrat sederhana yang mengandung banyak kalori dengan indeks glikemik tinggi yang memicu kadar gula darah meningkat secara drastis. Oleh sebab itu, nasi sebaiknya digantikan dengan sumber karbohidrat lainnya sehingga asupan kalori berkurang.

Faktanya, diet ini bisa jadi solusi untuk menurunkan berat badan asalkan asupan kalorinya memang ideal. Pengurangan karbohidrat pun tidak boleh sembarangan, tetapi harus dibarengi dengan asupan lemak, protein, gula yang seimbang sehingga proses detoksifikasi tubuh bisa berhasil tanpa adanya rasa lapar yang berlebihan sehingga asupan lemak dan gula dalam tubuh melonjak.

diet sehat tanpa nasi

Menu Diet Sehat Tanpa Nasi

Anda perlu memperhatikan tentang efek samping dan resiko buruk jangka panjang dari diet bila program yang dijalankan tidak sesuai. Untuk menurunkan berat badan secara efektif, pola makan harus diubah secara menyeluruh dengan prinsip bahwa kalori yang dikonsumsi lebih sedikit daripada kalori yang dibakar oleh tubuh (deficit calories). Berikut ini contoh menu diet tanpa nasiuntuk mencukupi nutrisi harian tubuh. 

1. Kentang

Kentang adalah alternatif sumber karbohidrat yang bagus untuk tubuh karena mampu mencukupi asupan energi yang mengandung serat, vitamin B, dan kalium. Cara mengolah kentang sebagai menu diet antara lain direbus, dibakar, dihaluskan (mashed potato), atau dipanggang dengan sedikit minyak tanpa garam. Baca juga Ini Manfaat Dan Cara Diet Menggunakan Jeruk Nipis.

2. Roti Gandum

Roti gandum adalah salah satu contoh menu diet tanpa nasi yang mampu memberi energi dengan kandungan vitamin B, Vitamin E, serat, dan berbagai macam mineral. Roti gandum coklat atau roti gandum utuh mengandung serat yang lebih tinggi daripada roti putih. Dengan mengonsumsi roti gandum untuk sarapan, Anda akan merasa kenyang lebih lama sehingga tidak ingin konsumsi makanan lainnya.

3. Sereal

Pilihan produk sereal untuk diet sehat tanpa nasi biasanya terdiri dari biji-bijian utuh yang mengandung zat besi, serat, vitamin B, dan protein. Gandum, oat, barley, dan gandum hitam bisa menjadi pilihan menu sarapan yang sehat. Sereal dapat dipadukan dengan susu rendah lemak (low fat) dan rendah gula (low sugar) sehingga rasanya tetap nikmat untuk disantap.

Jika dibandingkan dengan sereal lainnya, oatmeal lebih efektif menurunkan berat badan. Berdasarkan Journal of American College of Nutrition, oatmeal mampu memberikan rasa kenyang lebih lama sehingga nafsu makan berkurang karena adanya kandungan serat beta-glucan. Rahasianya adalah molekul dari beta-glucan lebih berat dan berkonsentrasi lebih tinggi daripada sereal lainnya.

Kombinasi Karbohidrat dengan Makanan Lain

Tubuh tetap membutuhkan asupan nutrisi lainnya karena sumber karbohidrat utama, yaitu nasi sudah diganti. Keberhasilan diet tanpa nasibisa terwujud dengan memadukan sumber karbohidrat alternatif dengan beberapa makanan lain. Hasilnya, gizi yang masuk ke tubuh menjadi lebih seimbang sehingga program diet sehat tanpa nasi akan berhasil. Penurunan berat badan yang teratur dan efektif bisa dilakukan dengan kombinasi menu makan sebagai berikut.

1.    Telur

Penyeimbang menu diet sehat tanpa nasi ini sangat mudah diolah antara lain menjadi scrambled egg, telur mata sapi atau ceplok, telur dadar, telur rebus, dan cara lainnya. Sumber protein hewani sebagai pelengkap karbohidrat ini bisa menjadi teman makan yang lezat untuk berbagai sumber karbohidrat seperti roti gandum dan kentang.

2.    Daging

Daging ayam dan daging sapi adalah penyeimbang menu diet sehat tanpa nasi yang tepat. Gizi yang dikandung dalam daging seperti zat besi, protein, seng (zinc), dan berbagai vitamin dapat menyeimbangkan kebutuhan nutrisi harian. Paduan daging panggang dengan kentang panggang tentunya sangat nikmat. Perhatikan takaran kentang dan daging agar program diet tetap berjalan sebagaimana mestinya.

3.    Sayuran

Sayuran adalah komposisi yang harus ada dalam menu diet sehat tanpa nasi. Kombinasi antara kentang panggang dengan sayuran membuat kenyang lebih lama dan rasanya juga enak. Pilihlah sayuran hijau seperti bayam, selada, seledri, dan brokoli yang mempunyai kandungan fosfor, magnesium, zat besi, dan kalium yang tinggi. Asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang dapat tetap didapatkan, meskipun sedang berdiet.

4.    Buah-Buahan

Konsumsi buah-buahan dalam menu diet sehat tanpa nasi untuk makan malam. Sumber vitamin yang melimpah ini juga bisa dipadukan dengan oatmeal atau sereal sebagai menu sarapan. Pilihlah buah-buahan yang mengandung antioksidan seperti pisang, strawberry, apel, kiwi, dan plum. Kurangi atau malah hindari buah-buahan yang mengandung banyak air dan rasanya manis seperti melon karena tinggi kadar gula.

5.    Ikan

Ikan terutama ikan laut adalah penyeimbang menu diet sehat tanpa nasi yang bisa dipilih. Ikan laut memiliki kandungan omega-3 terbaik untuk kesehatan otak. Padukan kentang atau roti gandum dengan salmon, mackerel, tuna, atau ikan laut lainnya. Cara memasaknya dengan dipanggang atau cara lain asalkan tidak digoreng. Diet akan terasa nikmat tanpa merasa tersiksa.

Tips Diet Sehat

Bagi penderita diabetes dan tekanan darah tinggi, diet sehat tanpa nasi sangat direkomendasikan oleh banyak orang. Namun, pengurangan asupan nutrisi atau kalori per hari harus tetap berada dalam pengawasan dokter. Beberapa tips diet sehat yang bisa dijalani dengan mudah tanpa makan nasi sebagai berikut.

  • Konsumsi sumber karbohidrat kompleks untuk mengganti karbohidrat sederhana seperti nasi, roti tawar putih, dan pasta yang terbuat dari tepung terigu dengan kandungan glikemik yang tinggi supaya kadar gula darah tidak naik dengan cepat
  • Jagalah pola makan dengan asupan kalori sekitar 1,200 hingga 2,000 saja per hari agar prinsip deficit calories bisa terlaksana. 
  • Gantilah nasi dengan sumber karbohidrat yang tinggi serat sehat seperti biji-bijian dan produk olahan gandum lainnya. Cara lainnya adalah konsumsi nasi merah, nasi coklat, atau shirataki dengan kadar kalori yang lebih rendah.
  • Tambahkan serat dengan konsumsi sayuran dan buah-buahan yang lebih banyak agar proses metabolisme tubuh dan sistem pencernaan menjadi lebih lancar.
  • Tidak mengonsumsi junk food, soda, permen, coklat, makanan beku, gorengan, atau makanan dengan kadar gula tinggi selama diet.

Keberhasilan diet sehat tanpa nasi harus ditunjang dengan gaya hidup yang sehat. Gaya hidup sehat yang dimaksud antara lain menjaga pola tidur, menghindari alkohol, olahraga secara teratur, minum banyak air putih, dan menjauhi stres. Ketika makan, orang yang sedang berdiet harus memperhatikan menu makanan. Namun, hal ini bukan berarti harus menolak ketika diajak makan siang atau makan malam bersama teman. 

Pilihlah alternatif menu diet sehat tanpa nasi yang sesuai dengan kondisi tubuh Anda. Kuncinya, diet harus dilakukan tanpa siksaan karena mengurangi kenikmatan rasa dari makanan. Jalani diet dengan senang hati dan tidak usah terlalu menahan diri secara berlebihan. Beberapa menu diet tanpa nasi yang sudah dijelaskan bisa diterapkan di rumah. Disiplin itu wajib karena hasil akan tercapai secara maksimal. Selamat berjuang!

About admin

Check Also

susu protein untuk diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet

Ampuh Mengurangi Berat Badan dengan Menggunakan Susu Protein Untuk Diet kata protein whey protein memang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *