Diet Sehat Tanpa Olahraga? Bisa Kok Ikuti 8 Langkah Ini!

Diet Sehat – Diet sehat tanpa olahraga adalah solusi bagi Anda yang tidak punya cukup waktu untuk berolahraga. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk memulai program diet tanpa tambahan latihan fisik, ternyata terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan demi mendapat hasil yang maksimal.

Salah satunya adalah dengan cara mengubah pola makan dan gaya hidup, karena kunci utama sukses menurunkan berat badan terletak pada aktivitas fisik yakni olahraga. Maka, bila Anda menghapusnya, Anda terpaksa bekerja lebih keras untuk mengatur pola makan agar dapat seimbang dengan aktivitas sehari-hari untuk membakar lemak. Simak beberapa langkah diet tanpa olahraga yang dapat Anda lakukan dengan mudah!

diet sehat tanpa olahraga

Inilah Langkah Diet Sehat Tanpa Olahraga

Seperti program diet lainnya, hal paling utama yang wajib Anda persiapkan adalah menyesuaikan porsi makan dengan menu harian. Ikuti langkah-langkah mudah berikut agar diet Anda berjalan lancar tanpa siksaan.

1. Mengatur Porsi Makan

Mengatur porsi makan berpengaruh terhadap kenaikan berat badan Anda secara signifikan. Ketika Anda melakukan diet dengan olahraga, maka kalori yang didapat dari konsumsi nutrisi dapat dibakar habis dengan beragam olahraga. Sementara itu, ketika tidak melakukan olahraga maka kunci utama menurunkan berat badan terdapat pada porsi makanan Anda.

Melakukan diet sehat tanpa olahraga berarti Anda harus mulai mengurangi konsumsi atau porsi makan. Salah satu trik mudahnya adalah dengan mengganti bentuk piring, gunakan piring yang lebih kecil dari biasanya. Hal ini dapat meminimalkan jumlah makanan yang akan Anda konsumsi.

2. Mengunyah Secara Perlahan

Percaya atau tidak, bagaimana Anda mengunyah makanan akan mempengaruhi rasa kenyang. Ketika Anda mengunyah makanan secara cepat, secara tidak langsung membuat perut terus merasa lapar walaupun Anda sudah mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Hal ini dikarenakan Anda tidak menikmati dengan benar ketika makanan tersebut berada di mulut Anda.

Sementara itu, untuk melakukan diet sehat tanpa olahraga, Anda dapat mengunyah secara perlahan untuk mendapatkan rasa kenyang lebih lama. Nikmatilah makanan yang ada di mulut dengan seksama. Sebisa mungkin hindari kegiatan seperti berbicara atau menonton televisi agar semakin fokus dalam mengunyah makanan.

3. Perbanyak Sayuran Dan Vitamin

Selain mengurangi porsi makanan dan mengunyah lebih lama, dalam menerapkan diet sehat tanpa olahraga Anda dapat memperbanyak konsumsi sayuran atau vitamin. Hal ini terutama karena Anda menghindari kegiatan olahraga, maka satu-satunya cara mengurangi kalori yang didapat dari konsumsi karbohidrat adalah dengan mengurangi konsumsi karbohidrat itu sendiri.

Usahakan untuk melakukan beberapa variasi makanan dengan sayuran agar Anda semakin bersemangat dalam melakukan diet sehat tanpa olahraga. Selain itu, perbanyak pula konsumsi buah-buahan. Baca juga 10 Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga!

4. Hindari Makan Di Malam Hari

Dalam melakukan diet sehat tanpa olahraga, sangat disarankan untuk menghindari konsumsi berbagai makanan di malam hari. Khususnya makanan seperti nasi, lemak, atau berbagai jenis makanan berat lainnya. Sebenarnya tak hanya diet tanpa olahraga saja, melainkan semua diet pasti menganjurkan untuk tidak mengonsumsi makanan di malam hari.

Justru ketika Anda merasa lapar di malam hari, maka buah dan sayuran dapat menjadi makanan pilihan Anda. Konsumsi buah dan sayur memiliki sedikit kemungkinan penimbunan lemak atau kalori di dalam tubuh. Sebaliknya konsumsi sayur dan buah mampu meningkatkan vitamin di dalam tubuh.

5. Kurangi Konsumsi Kafein Dan Gula

Berbagai cara diet tanpa olahraga dalam 1 minggu selalu menyatakan bahwa konsumsi gula maupun kafein secara berlebihan berkontribusi pada penimbunan lemak di dalam tubuh. Beberapa penelitian sempat mengungkapkan bahwa konsumsi kafein mampu menurunkan berat badan bila dilakukan dengan diet yang tepat.

Padahal pada penerapannya, sebagian besar masyarakat melupakan kata diet yang tepat sehingga justru banyak yang mengalami kenaikan berat badan. Lebih lanjut, konsumsi makanan yang mengandung gula dapat Anda kurangi secara bertahap karena menjadi penyumbang kalori terbesar sekaligus meningkatkan risiko terkena diabetes.

6. Rutin Minum Air Putih

Selanjutnya, cara diet sehat tanpa olahraga dalam 1 minggu juga dapat Anda lakukan dengan rutin mengonsumsi air putih. Konsumsi air putih dapat menjadi detoks bagi tubuh sekaligus membuat Anda merasa lebih kenyang. Manfaat lain dari air putih juga mampu meningkatkan elastisitas kulit, serta memperbaiki kulit kering.

Sementara untuk diet, air putih dapat Anda konsumsi 1-2 jam sebelum makan secara berkala. Sehingga ketika makan, maka rasa kenyang akibat air putih akan menimbulkan pengurangan pada porsi makan.

7. Tidur Yang Cukup

Cara efektif diet sehat tanpa olahraga tidak hanya berbicara mengenai porsi makan yang Anda konsumsi, melainkan juga kondisi maupun kualitas tidur Anda. Salah satu penyebab bagi Anda kaum hawa yang memiliki pipi chubby ialah tidur yang tidak teratur. Di luar masalah gen, tidur yang tidak teratur atau bahkan kurang dari 6 sampai 7 jam, akan membuat pembengkakan pada bagian pipi.

Demi menghindari hal ini, pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan tidur berkualitas selama 7 sampai 8 jam dalam sehari. Hal ini juga membantu merehatkan berbagai organ di dalam tubuh dan membantu meregenerasi kulit serta sel-sel di dalam tubuh.

8. Hindari Stress

Yang tidak kalah penting, dalam menjalani diet sehat tanpa olahraga, pikiran juga menjadi kunci penting keberhasilan diet ini. Bila Anda mengalami beban maupun tekanan di dalam pekerjaan, maka sempatkan santai sehari dalam seminggu agar otak maupun tubuh Anda beristirahat.

Hal ini dikarenakan stress dapat menimbulkan berbagai efek samping mulai dari kelebihan makan sampai pola makan tidak teratur. Bahkan beberapa kecenderungan seperti mengonsumsi alkohol maupun merokok juga dapat menjadi pelarian yang akhirnya menggagalkan diet.

Rekomendasi Menu Diet Sehat Tanpa Olahraga

Setelah mengetahui beberapa langkah dalam diet tanpa olahraga, kini Anda juga perlu mengetahui beberapa referensi menu diet yang bisa dicoba. Tujuannya sederhana, agar Anda tidak merasa bosan dan terus bersemangat dalam melakukan diet.

1. Ikan + Sayur + Susu

Menu diet yang pertama ialah ikan, sayur, dan susu. Bisa dibilang, ini adalah menu diet tanpa olahraga yang cukup berat. Usahakan bagi Anda yang melakukan pekerjaan cukup berat secara seharian penuh, dapat mengonsumsi menu ini. Kombinasikan beberapa jenis ikan dan sayuran. Anda juga bisa menggunakan beberapa jenis saus atau kecap. Sementara itu, susu yang bisa diminum adalah yang rendah lemak atau whey milk.

2. Ayam + Buah + Air putih

Rekomendasi menu diet sehat tanpa olahraga berikutnya adalah ayam, buah, dengan air putih. Konsumsi dada ayam baik bagi Anda yang melakukan diet. Namun, perlu diingat bahwa ayam diolah dengan cara direbus saja. Hindari makanan yang digoreng karena mengandung kolesterol tinggi.

Nah, di atas adalah beberapa langkah diet sehat tanpa olahraga yang dapat Anda lakukan. Jangan lupa untuk menghindari berbagai junk food maupun makanan yang digoreng. Selain itu, untuk menunjang kebutuhan nutrisi bagi tubuh, Anda juga bisa mengonsumsi beberapa butir pil vitamin setiap harinya.

Originally posted 2020-10-25 12:38:28.

About admin

Check Also

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga seringkali menjadi salah satu pilihan terutama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *