7 Cara Diet Sehat untuk Pemula agar Tidak Tersiksa, Baca Yuk!

Diet Sehat – Cara diet sehat untuk pemula memang gampang-gampang susah untuk dilakukan, apalagi bila tak mengerti aturan pastinya. Memang, dengan menjalani tipe diet tertentu, Anda bisa mewujudkan impian memiliki tubuh ideal. Namun, sebaiknya Anda mempelajari lebih jauh mengenai jenis diet yang akan Anda jalani, karena hasil pada setiap orang adalah berbeda-beda.

Ada banyak rekomendasi tipe diet yang bisa Anda terapkan, tetapi pasti hanya ada satu atau dua saja yang cocok. Hal ini terutama karena tubuh anda memiliki metabolismenya sendiri untuk bisa menerima pola diet yang dilakukan. Bagaimana menemukan jenis diet yang tepat untuk Anda, terutama para pemula? Simak ulasan singkatnya berikut.

diet sehat untuk pemula

Diet Sehat untuk Pemula Tanpa Tersiksa dan Menderita

Diet sehat untuk pemula ini ternyata bisa dilakukan dengan kombinasi tepat pola makan dan olahraga yang cukup. Dari pentingnya sarapan hingga konsultasi dengan dokter ahli, ini rekomendasi cara diet bagi Anda.

1. Apakah Sarapan Penting?

Melakukan sarapan untuk dimasukkan ke dalam menu diet sehatnya itu sebenarnya tergantung dari dietnya itu sendiri. Ada beberapa diet yang memang mengharuskan sarapan. Tetapi perlu dicatat bahwa sarapan yang dilakukan pun tidak yang mengandung tinggi karbohidrat.

Biasanya tipe diet seperti ini hanya menyarankan memakan buah atau sayur ketika sarapan. Bahkan ada juga yang hanya menyarankan untuk minum air putih saja. Di sisi lain, ada juga beberapa diet yang tidak menyarankan sarapan. Tipe diet sehat untuk pemula seperti ini biasanya berlaku pada pola yang menganut intermittent fasting atau jeda puasa.

Jadi, Anda bisa melewatkan sarapan, dan mulai bisa menyantap makanan sekitar jam 10 ke atas. Di pagi hari, para penganut diet ini harus melakukan olahraga atau workout terlebih dahulu. Maka dari itu mereka tidak membutuhkan sarapan sebagai salah satu menu diet sehat.

2. Melakukan Intermittent Fasting

Salah satu jenis diet sehat untuk pemula yang bisa Anda coba adalah jeda puasa. Maksudnya adalah Anda melakukan waktu makan dan waktu tidak makan. Jadi, dalam satu hari ada jam ketika anda boleh makan, dan juga ada jam yang tidak membolehkan makan.

Ada berbagai macam tipe jendela atau jeda makan yang bisa diikuti. Yang paling penting, Anda harus melakukannya sesuai dengan kemampuan. Anda bisa menggunakan aplikasi pendukung khusus untuk membantu mengatur jadwal makan. Baca juga Mau Diet Sehat Cepat Kurus? Praktikkan 8 Langkah Ini!

Yang menarik dari diet sehat untuk pemulai ini adalah meski Anda hanya punya terbatas untuk makan, tetapi makanan yang anda konsumsi justru tidak dibatasi. Jadi, anda bisa mengonsumsi makanan apapun yang Anda inginkan tanpa ada batasan dan tanpa terkecuali. Meski begitu, ketahui juga batas diri anda, jangan sampai berlebihan. Lakukan dengan porsi yang sewajarnya saja.

3. Olahraga Secara Teratur

Olahraga yang mendampingi diet sehat untuk pemula ini ada banyak pilihannya. Anda bisa melakukan workout, kardio,atau angkat beban di gym. Semuanya bisa dilakukan sesuai dengan kemampuan Anda saja. Namun, lebih disarankan agar Anda melakukan program olahraga diet untuk pemula ini dengan teratur tanpa absen.

Melakukan program olahraga diet untuk pemula biasanya bisa dikombinasikan dengan program diet yang lain. Misalnya dalam satu minggu Anda akan melakukan workout, cardio dan pergi ke gym untuk angkat beban. Disisi lain, Anda juga bisa sambil melakukan intermittent fasting.

Anda akan bisa melihat hasilnya dalam jangka waktu beberapa bulan kedepan. Perlu diingat bahwa diet sehat untuk pemula itu memang sulit, tetapi jika anda berniat dan sungguh-sungguh maka akan menjadi mudah.

4. Konsultasi ke Dokter

Salah satu cara paling aman diet sehat untuk pemula adalah dengan konsultasi ke dokter. Konsultasi itu penting, terutama bila tubuh Anda memang memiliki kondisi spesifik yang berbeda dengan orang lain pada umumnya, misalnya dari segi metabolisme atau ketahanan tubuh yang rendah. Maka cara teraman dan terbaik demi mendapatkan pola diet yang tepat dan sehat adalah dengan berkonsultasi dengan dokter ahli.

Jadi, pada akhirnya semua program dan perubahan Anda akan dipantau  oleh dokter. Cara ini 90% akan bekerja sebab anda ditangani langsung oleh ahlinya.  Namun sayang, biasanya cara seperti ini memerlukan dana yang lumayan besar. Maka dari itu biasanya konsultasi ke dokter ini hanya dilakukan oleh kalangan menengah ke atas.

5. Mengurangi Karbohidrat

Salah satu cara diet sehat untuk pemula adalah dengan mengurangi asupan karbohidrat. Karbohidrat memang sumber tenaga, tetapi jika tidak bisa diolah oleh tubuh akan menjadi gula dan akhirnya menimbun banyak lemak. Sebagai langkah awal, Anda bisa melakukan diet dengan pola cut carbo. Cara ini mengharuskan Anda untuk mengurangi karbohidrat dalam makanan apapun.

Contoh dari cut carbo ini bisa dengan mengurangi porsi nasi pada piring makan Anda. Jadi, jika biasanya Anda makan sepiring penuh nasi, maka sekarang cukup setengah piring nasi saja. Dengan begitu, Anda bisa menambah menu makanannya dengan yang lebih berprotein. Asupan protein akan menyeimbangkan kebutuhan nutrisi diet Anda dan membantu menaikan masa otot dan membakar lemak.

6. Perbanyak Makan Sumber Protein

Perbanyak makan sumber protein jelas sangat membantu keberhasilan diet sehat untuk pemula. Seperti Anda ketahui bahwa protein merupakan sumber terbentuknya massa otot, tentunya dengan bantuan dari karbohidrat.

Maka, diet yang sehat dan dapat berhasil secara maksimal sebenarnya tidak serta merta meninggalkan karbohidrat. Namun, Anda hanya harus mengatur akeseimbangan antara porsi protein dan karbohidrat yang Anda konsumsi.

Banyak rekomendasi makanan sehat dan enak yang mengandung sumber protein tinggi. Misalnya seperti tempe, putih telur, tahu, daging, dan masih banyak lagi. Anda bisa memilih yang mana saja sesuai selera. Ingat untuk tidak memaksakan mengonsumsi makanan yang Anda tidak suka meski mengandung protein tinggi. Bila Anda Tidak suka ataupun alergi terhadap telur, misalnya, maka Anda bisa memilih tempe.

7. Tidur Teratur dan Jangan Begadang

Satu hal yang akan sangat membantu keberhasilan proses diet sehat untuk pemula yaitu kualitas tidur yang baik dan cukup. Hal ini karena waktu tidur adalah waktu yang tepat untuk digunakan oleh tubuh demi membakar lemak serta waktu terbaik pembentukan otot. Dengan kualitas tidur yang baik, Anda akan lebih cepat mencapai body goals. Tidur yang ideal bagi seseorang yang sedang menjalani program diet biasanya sekitar 7 hingga 8 jam per hari.

Selain itu, kebiasaan begadang akan menghambat program diet Anda. Begadang diyakini dapat menyebabkan berubahnya sistem metabolisme tubuh dan menghambat prosesnya, yang tentunya akan merusak semua usaha diet yang tengah Anda jalani.

Dari sekian cara serta tips diet sehat untuk pemula di atas, manakah yang sudah Anda pilih sebagai program diet pilihan Anda? Satu lagi tips penting bagi kesuksesan diet Anda. hindari penggunaan obat-obatan meski diklaim dapat memberikan hasil yang instan atau relatif singkat. Selalu konsultasikan dengan dokter ahli bila Anda ingin menggunakannya.

Originally posted 2020-10-25 13:08:06.

Tinggalkan komentar