Cara Diet Sehat Untuk Remaja 15 Tahun Yang Ampuh, Terapkan Yuk!

DietSehat – Diet sehat untuk remaja 15 tahun sah-sah saja dengan syarat memang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Namun, saat ini banyak remaja yang menginginkan tubuhnya ideal dengan menempuh segala cara. Mereka ingin berat badannya turun dalam waktu singkat padahal diet cepat belum tentu sehat.

Memang remaja membutuhkan energi dan stamina yang banyak untuk  melakukan beragam aktivitas. Sayangnya remaja tersebut lupa untuk menjaga pola makannya sehingga obesitas. Melihat tubuh yang melebar, khususnya perempuan memicu meraka melakukan diet dengan ketat atau mengonsumsi obat. Sesungguhnya ada diet sehat untuk remaja putri, lho. Simak yuk ulasan tentang diet sehat untuk remaja 15 tahun ini!

Diet Sehat Untuk Remaja 15 TahunPengertian Diet Sehat

Diet sehat sebenarnya adalah menjaga pola makan agar kebutuhan gizi dalam tubuh tercukupi. Diet juga bukan semata-mata untuk menurunkan berat badan melainkan memiliki banyak tujuan. Tergantung dengan pelaku diet tersebut. Tetapi, yang umumnya terjadi diet adalah sarana mengurangi porsi makan untuk mendapatkan tubuh yang langsing.

Diet sehat yakni yang dapat menurunkan berat badan 0,5 kg dalam seminggu. Berbeda dengan diet cepat yang beresiko mengakibatkan banyak masalah kesehatan. Misalnya, kekurangan cairan, tubuh lemas bahkan bisa mengganggu sistem kinerja organ tubuh. Pada dasarnya diet sehat untuk remaja 15 tahun adalah tentang mengelola makanan termasuk jenis makanan yang harus dikonsumsi.

Penyebab Obesitas Usia Remaja 15 Tahun

Faktor penyebab tubuh gemuk atau obesitas pada usia remaja cukup banyak, terutama pada remaja putri. faktor tersebut bisa berasal sebab keturunan akan tetapi pemicu utamanya adalah pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat. Untuk lebih jelasnya diet sehat untuk remaja 13 tahun sampai 16 tahun sebagai berikut.

1. Malas Berolahraga

Salah satu penyebab utama berat badan berlebih saat remaja dan gagalnya cara diet sehat untuk remaja 15 tahun adalah karena malas berolahraga. Apalagi anak perempuan zaman sekarang lebih suka pergi ke mall dan bermain gadget daripada jogging. Kecuali disekolah mereka enggan berolahraga. itu berarti hanya seminggu sekali.

2. Gaya Hidup

Diet sehat untuk remaja 15 tahun seringkali kandas. Pasalnya gaya hidup saat ini semakin nyaman dengan teknolgi canggih. Memang dapat mengatasi sebuah masalah, namun juga akan timbul masalah baru. Misalnya saat menginginkan makanan bisa langsung pesan secara daring. Apabila makanan tersebut makanan sehat tidak masalah tetapi jika makanan cepat saji memicu obesitas.

Anak diusia ini belum pandai mengontrol diri sehingga apapun yang diinginkan akan dimakan. Belum lagi ditambah dengan makan es krim atau gorengan yang berlebiha membuat tubuh semakin melebar. Jika sudah seperti baru mereka sadar dan bingung untuk diet.

3. Ketidakseimbangan Hormon

Usia remaja adalah usia dimana hormon dalam tubuh mengalami ketidak-seimbangan. Ditambah dengan gaya hidup dan makanan yang tidak sehat hormon semakin sulit dikendalikan. Oleh sebab itu, gemuk saat ini hal yang lumrah terjadi pada anak usia remaja. Baca juga 7 Tips Diet Sehat Remaja Berikut, Tetap Bisa Makan Enak!

4. Ngemil Berlebihan

Mengisi waktu luang dengan mengemil sah-sah saja, tetapi dengan porsi yang tidak berlebihan. Namun, karena terlalu asyik bermain gadget, biasaya belum akan berhenti makan sebelum makanan tersebut habis. Selain itu, camilan yang dimakan adalah camilan yang tinggi lemak. Alhasil, tubuh semakin lebar. Hal inilah yang sering menyebabkan diet sehat remaja usia 14 tahun kandas.

Cara Diet Sehat Untuk Remaja 15 Tahun

Diet sehat untuk remaja 15 tahun perlu didampingi orang tua. Pasalnya, usia ini masih masa pertumbuhan sehingga diet ketat akan mempengaruhi pertumbuhannya. Anak diusia ini cenderung menyukai cara praktis dengan hasil memuaskan tanpa memikirkan efek sampingnya. Oleh karena itu, perlu bimbingan saat diet. nah, berikut ini beberapa cara untuk diet diusia remaja.

1. Jangan Melewatkan Sarapan

Diet sehat untuk remaja 15 tahun yang pertama adalah rutin sarapan di pagi hari. Sarapan dapat membantu laju metabolisme dan membuat seseorang dapat aktif sepanjang hari. Orang yang rutin sarapan pagi cenderung memiliki tubuh ideal dibandingkan yang tidak. Sarapanlah dengan makanan kaya serat dan protein seperti telur, roti gandum da sereal

2. Olahraga

Untuk memiliki tubuh yang ideal di saat remaja jangan malas berolahraga. para ahli menyarankan diet sehat untuk remaja 15 tahun dengan melakukan olahraga satu jam dalam sehari. Olahraga yang dapat dilakukan oleh remaja diantaranya berenang, jogging, bersepeda, menari atau berlari.

3. Mengurangi Minum Manis

Mengurangi minum manis dapat menurunkan berat badan dan tentunya tidak memiliki efek samping. Minuman manis adalah favorit anak ramaja misalnnya jus, soda dan minuman kemasan lainya. Nah, daripada mengurangi makan sebaiknya kurangi minum manis atau hindari sama sekali.

4. Makan Secara Perlahan

Makan secara perlahan baik sebagai diet sehat untuk remaja 11 tahun. Selain menghindari tersedak makan secara perlahan juga membuat perut terasa kenyang meskipun makan sedikit. Nah, dengan cara ini dapat membantu remaja untuk tidak makan secara berlebihan

5. Tidak Melampiaskan Galau Dengan Makan

Saat galau atau stress menjadi hal yang diam-diam memicu berat badan bertambah. pasalnya, banyak remaja yang melampiaskan rasa kecewa, marah dan kesalnya dengan makanan. Untuk itu, hindari makanan yang mengandung karbohidrat tinggi atau lemak berlebih.

6. Perbanyak Air Putih

Cara diet sehat untuk remaja 15 tahun selanjutnya adalah memperbanyak minum air putih dibandingkan minuman lain. Air putih adalah cairan terbaik yang dapat membantu menghanyutkan lemak dan membuat tubuh selalu terhidrasi. Selain itu, kulit akan tetap bersih dan tidak berjerawat.

7. Istirahat Yang Cukup

Agar diet sehat untuk remaja 15 tahun yang sedang kamu jalani tidak gagal tidurlah dalam waktu yang cukup. Bagi remaja hal ini sering terkendala karena kegiatan belajar. Usahakan istirahat kisaran 8-10 jam setiap harinya. Hal ini dilakukan supaya tubuh dapat beristirahat dan memproduksi hormon yang diperlukan untuk menjaga berat badan tetap stabil.

8. Biasakan Makan Di Rumah

Remaja saat ini cenderung lebih suka makan di luar bersama teman-temannya yang meningkatkan kemungkinan makanan tinggi lemak dan kalori. Jadi, cobalah untuk mengurangi makan di luar dan menggantinya dengan makan bersama keluarga di rumah. Dengan demikian, asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih terkontrol.

9. Hindari Makanan Cepat Saji

Makanan cepat saji saat ini seolah sudah menjadi tradisi padahal sebenarnya tidak sehat untuk tubuh. Apalagi remaja belasan tahun, mereka lebih memilih junk food daripada makanan yang sehat seperti sayur. Nah, diet sehat untuk ramaja 15 tahun wajib mengurangi makanan cepat saji atau bahkan menghindarinya sama sekali.

10. Perbanyak Makan Sayur dan Buah

Tidak hanya untuk diet orang dewasa, memakan buah-buahan dan sayur juga dapat membantu remaja untuk menurunkan berat badan. Ganti makanan camilan kamu dengan buah yang kaya serat dan rendah kalori. Selain air putih, untuk menunda lapar kamu juga dapat mengonsumsi buah.

Demikianla 10 diet sehat untuk remaja 15 tahun yang bisa kamu lakukan apabila memiliki berat badan berlebih. Namun, sebaiknya hindari diet sehat karena dapat mempengaruhi proses pertumbuhan. Kamu dapat melakukannya secara perlahan sehingga berat badan dapat turun perlahan pula. Semoga bermanfaat!

Originally posted 2020-11-04 15:15:59.

About admin

Check Also

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga seringkali menjadi salah satu pilihan terutama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *