Ikuti 6 Anjuran Dokter Nutrisi Diet Ini Agar Langsing Cepat

Diet Sehat – Dokter nutrisi diet menganjurkan program diet yang tepat bagi Anda yang ingin berhasil dalam program penurunan berat badan. Semua orang menghendaki berat badan yang ideal. Kini banyak jenis program diet yang ditawarkan di kalangan masyarakat seperti diet karbo, diet mayo, diet keto, dan lain-lain. Hal ini ustru membuat orang bingung hendak menjalani program diet yang seperti apa.

Beberapa orang akhirnya memutuskan untuk pergi ke klinik penurunan berat badan dalam rangka mendapatkan berat badan ideal. Sebenarnya program diet seperti apa yang dianjurkan oleh para ahli gizi? Sebagian besar ahli gizi sepakat bahwa diet yang benar adalah melakukan diet secara seimbang. Simak penjelasan mengenai diet secara seimbang berikut ini.

dokter nutrisi diet

Cara Diet Seimbang Menurut Dokter Nutrisi Diet

Apakah yang dimaksud dengan diet seimbang menurut dokter nutrisi diet? Diet seimbang adalah cara mengonsumsi makanan yang terdiri kombinasi makanan dengan komposisi yang seimbang dan beragam. Kombinasi ini terdiri dari sumber karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, serat, dan air.

1. Konsumsi Karbohidrat Setiap Hari

Banyak orang yang memilih tidak mengonsumsi karbohidrat karena beranggapan bahwa zat tersebut dapat menggemukkan. Padahal sesungguhnya karbohidrat termasuk dalam daftar menu dokter nutrisi diet sebagai gizi yang tidak boleh ditinggalkan saat menjalankan diet seimbang.

Karbohidrat adalah zat yang penting bagi tubuh manusia. Menurut dokter nutrisi diet, karbohidrat mempunyai peran utama sebagai sumber energi bagi segala aktivitas tubuh. Apabila asupan energi ini tiada, maka tubuh akan mengambilnya dari cadangan protein dan lemak yang ada di dalam tubuh. Bila hal ini berlangsung dalam waktu yang lama maka akan menimbulkan dampak negatif bagi tubuh.

Bagi yang mempunyai pengalaman diet ke dokter gizi akan mendapat penjelasan mengenai jenis karbohidrat yang sebaiknya dikonsumsi. Program diet seimbang menganjurkan konsumsi karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat yang mengandung pati, serat, dan sedikit gula. Baca juga Terbukti! 7 Cara Diet Alami dengan Cepat dan Mudah.

Pati dalam karbohidrat kompleks berperan sebagai sumber energi utama bagi tubuh, sedangkan serat sangat penting dalam program penurunan berat badan. Pencernaan manusia membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mencerna serat. Hal ini menyebabkan perut akan cepat merasa kenyang, dan rasa kenyangnya bertahan lebih lama. Akibatnya nafsu makanpun akan berkurang.

Dokter nutrisi diet menyebutkan contoh makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, seperti gandum dan olahannya, beras merah, ubi, dan jagung. Buah-buahan seperti pisang dan apel juga kaya akan karbohidrat kompleks. Jangan lupakan biji-bijian dan kacang-kacangan seperti kacang merah.

Hindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana. Menurut dokter ahli gizi untuk diet di bandung karbohidrat sederhana hanya tersusun dari komponen gula dan berdampak buruk bagi kesehatan. Karbohidrat sederhana biasanya terdapat pada makanan kemasan termasuk kue-kue dan keripik serta minuman dalam kemasan, minuman soda, dan minuman beralkohol.

2. Kurangi Nafsu Makan dengan Protein

Dokter nutrisi diet mengingatkan untuk mengonsumsi protein setiap hari. Zat ini sangat penting sebagai pembangun sel-sel di dalam tubuh dan mempunyai fungsi penting dalam metabolisme. Protein merupakan komponen utama dalam program penurunan berat badan. Sifatnya yang lama dicerna menjadikan perut cepat merasa kenyang dan memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Anda bisa mengonsumsi hingga tiga butir telur setiap minggu menurut saran dokter ahli gizi untuk diet di bali. Tidak perlu cemas akan mengalami peningkatan kolesterol saat mengonsumsi kuning telur. Makanlah telur secara utuh, maka putih telur akan menetralisir kolesterol yang dikandung oleh kuning telur.

Dapatkan manfaat protein dari daging ayam tanpa kulit. Bagian dada ayam memiliki lemak yang lebih sedikit daripada bagian lain. Dokter nutrisi diet menganjurkan konsumsi dada ayam dengan cara direbus, dikukus, maupun dipanggang tanpa minyak atau mentega. Anda bisa menjadikannya sebagai campuran sup sayuran maupun salad sayur yang diberi sedikit minyak zaitun.

Selain mendapat manfaat protein hewani dari daging ayam, jangan lupakan juga protein yang berasal dari ikan laut dan udang. Ikan laut dan udang tinggi kandungan protein akan tetapi memilik kandungan lemak yang sangat rendah. Oleh karena itu sangat cocok sebagai makanan diet seimbang.

Protein nabati bisa Anda dapatkan dari kacang-kacangan seperti kacang polong kedele, dan produk olahannya yaitu tahu dan tempe. Sayuran berwarna hijau seperti brokoli, bayam, dan sawi hijau mengandung protein nabati yang bisa dimanfaatkan oleh vegetarian.

3. Tidak Melupakan Sayur dan Buah

Sayur dan buah sangat penting dalam program diet seimbang. Dokter nutrisi diet menganjurkan konsumsi minimal 5 porsi sayur dan buah setiap hari. Sayur dan buah mengandung banyak serat yang baik untuk menjaga sistem pencernaan. Selain menyebabkan perut lebih cepat kenyang, adanya serat akan memperlancar buang air besar. Hal ini berpengaruh dalam proses penurunan berat badan.

Sayur dan buah mengandung banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh. Vitamin dan mineral ini berguna dalam proses pembentukan jaringan di dalam tubuh. Selain itu antioksidan yang dikandung oleh sayur dan buah dapat membantu mencegah berbagai penyakit yang mungkin dialami oleh tubuh.

4. Konsumsi Lemak Tak Jenuh

Dokter nutrisi diet menggolongkan dua jenis lemak yang terkandung di dalam makanan, yaitu lemak jenuh dan lemak tak jenuh. Konsumsilah lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. Lemak tak jenuh dapat diperoleh dari buah apukat, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Lemak jenuh berbentuk cair bisa didapatkan dari minyak zaitun, minyak kacang, dan minyak jagung.

Ikan salmon, sarden, makerel, dan tuna memiliki kandungan lemak tak jenuh omega 3 yang sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Lemak tak jenuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Hal ini dapat mengurangi risiko penyakit hipertensi dan stroke.

5. Rajin Minum Air Putih

Menurut dokter nutrisi diet, manusia membutuhkan minimal 2 liter air setiap hari. Kebutuhan air akan meningkat apabila kondisi cuaca panas atau Anda melakukan aktivitas yang berat yang mengeluarkan banyak keringat. Air putih merupakan komponen penting untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi.

Air putih dibutuhkan untuk membantu proses detoksifikasi. Racun dan zat berbahaya dari makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh akan dikeluarkan melalui cairan tubuh seperti keringat dan urin. Mengonsumsi air dalam jumlah banyak dapat membantu program penurunan berat badan. Banyak minum akan membuat perut menjadi penuh dan merasa kenyang sehingga nafsu makan dapat ditekan.

6. Olahraga Minimal Tiga Kali Seminggu

Imbangi pola makan sehat Anda dengan melakukan kegiatan olahraga secara rutin minimal tiga kali seminggu. Anda juga dapat melakukan kegiatan olahraga yang sifatnya santai seperti jogging, jalan cepat, dan bersepeda. Apabila Anda tidak sempat berolahraga, melakukan aktivitas harian di rumah seperti mengepel dan bersih-bersih juga sudah cukup untuk membakar kalori.

Demikian ulasan tentang diet seimbang yang bisa dijelaskan. Dokter nutrisi diet akan merekomendasikan menu diet seimbang yang berbeda untuk tiap orang. Menu ini tergantung pada umur, jenis kelamin, aktivitas, dan apabila ada, jenis penyakit yang diderita. Anda harus mematuhi semua menu diet untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

About admin

Check Also

cara mengecilkan badan dan perut

8 Cara Mengecilkan Badan dan Perut yang Ampuh untuk Dilakukan

diet.sumbersehat.com – Cara mengecilkan badan dan perut dapat Anda lakukan untuk mendapatkan perut ideal. Memiliki

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *