3 Jadwal Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui, Simak!

DietSehat – 3 Jadwal Diet Sehat Untuk Ibu Menyusui! Setiap wanita yang hamil pasti mengalami kenaikan berat badan secara drastis. Setelah persalinan, tubuh biasanya malah tetap melar. Sebagian ibu pasti merasa tidak nyaman dengan perubahan bentuk badan mereka setelah persalinan.

Banyak wanita menjadi merasa tidak percaya diri dengan perubahan bentuk badannya. Diet menjadi solusi untuk mengembalikan bentuk tubuh seperti semula. Namun, diet untuk ibu menyusui harus dilakukan dengan hati-hati, sebab mempertimbangkan gizi untuk kualitas ASI ibu. Diet bagi ibu menyusui tidak menakutkan jika dilakukan dengan tepat.

jadwal diet sehat

Makanlah Secara Terjadwal

Bagi ibu menyusui, penting untuk membuat jadwal diet sehat. Salah satunya mengatur jadwal makan diet. Sebaiknya Anda tidak mengurangi jadwal makan dalam sehari, yaitu pagi, siang dan sore menjelang malam. Jangan melewatkan satu jadwal pun, agar Anda dapat menekan kegemukan dan tidak takut terjadi penurunan kualitas ASI Anda.

Pakar kesehatan mengungkapkan bahwa ibu menyusui memiliki frekuensi makan yang berbeda dengan yang tidak menyusui. Pada umumnya ibu yang tidak menyusui makan sebanyak 2 sampai 3 kali sehari, maka ibu menyusui makan lebih banyak. Ibu menyusui makan minimal enam kali sehari, sarapan, makan siang dan makan malam. Sedangkan kudapannya 3 hingga 4 kali sehari. Hal tersebut agar produksi ASI yang dihasilkan tetap terjaga.

Namun, meskipun saat menyusui Anda makan lebih banyak, tidak akan membuat berat badan naik jika makanan yang dikonsumsi tepat. Anda harus mengonsumsi sayuran, protein hewani atau nabati, karbohidrat, buah-buahan yang mengandung banyak air seperti melon dan semangka. Sedangkan untuk camilan, Anda bisa memilih kacang-kacangan sepertialmond, mete dan edamame. Bisa juga memakan makanan olahan tepung yang tidak digoreng, seperti kue lapis.Penting sekali memasukanaturan pola makan ke dalam jadwal diet sehat Anda.

Makanan selingan bisa Anda makan setelah sarapan pagi sekitar pukul 10 pagi. Kemudian dilanjutkan pukul 3 sore dan setelah makan malam misal pukul 8 malam. Saat tengah malam kadang ibu menyusui belum tidur, maka bisa makan camilan lagi. Jangan lupa untuk memilih camilan yang sehat.

Perbanyak Minum Air Putih

Dalam jadwal diet sehat, Anda wajib mengatur konsumsi air putih setiap hari. Selain dapat menyehatkan badan, air putih dapat menekan nafsu makan. Selain itu, ibu menyusui membutuhkan energi dan cairan di dalam tubuh. Maka, aturlah minum Anda secara cukup setiap hari.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Salah satu hal penting dalam diet sehat ibu menyusui, yaitu mengatur makanan yang harus di konsumsi. Anda harus memastikan kecukupan kalori. Hal demikian karena telah banyak kalori yang terbakar ketika menyusui dan berolahraga. Anda perlu menambah kalori sebanyak 300 hingga 500 kalori per harinya, sehingga total konsumsi harian antara 2.200 dan 2.500 kalori.

Atur Jadwal Tidur

Istirahat dengan cukup juga penting untuk ibu menyusui yang sedang diet. Tidur yang cukup itu penting sama halnya dengan menurunkan berat badan setelah hamil seperti berolahraga dan diet. Namun, untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup menjadi sulit ketika Anda menyusui bayi yang baru lahir. Anda juga sebaiknya jangan tidur terlalu berlebih. Tetap atur jam tidur Anda dan masukan ke dalam jadwal diet sehat Anda.

Karena, ketika Anda tidur, tubuh akan memperbaiki dirinya sendiri kemudian kembali ke kondisi yang lebih sehat. Ketika tidur, tekanan darah akan kembali ketingkat normal, otot rileks. Saat tidur, jantung akan menjadi stabil, aliran darah ke organ dan otot meningkat dan pelepasan hormon pertumbuhan.Maka, tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi sehat.

Sering Menyusui

Jika bayi Anda sering menyusu, itu merupakan hal normal dan baik untuk perkembangannya. Bayi tahu yang mereka butuhkan, jadi Anda tidak perlu khawatir saat si kecil terlalu banyak menyusu. Kegiatan menyusui sebenarnya dapat membakar kalori. Jadi, jika bayi Anda kuat menyusu, akan banyak kalori Anda yang terbakar sepanjang hari. Maka, masukan kegiatan satu ini ke dalam jadwal diet sehat Anda.

Melakukan Olahraga Ringan

Olahraga merupakan bagian yang tidak terlepas dalam melakukan diet sehat. Olahraga sangat penting untuk mengurangi berat badan Anda. Tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup lakukan olahraga yang ringan-ringan saja. Contoh olahraga ringan, yaitu jalan, yoga, senam dan sebagainya.

Hal demikian agar lemak dan kalori pada tubuh dapat terbakar dengan cepat, sehingga masalah kegemukan dapat terhindari. Sebaiknya Anda memasukan olahraga kedalam jadwal diet sehat Anda. Tidak perlu waktu lama, tiga puluh menit sehari akan cukup untuk menurunkan berat badan. Asal dilakukan secara rutin, paling tidak dilakukan tiga kali dalam satu minggu.

Hindari Penurunan Berat Badan Secara Cepat

Banyak program diet yang menawarkan diet cepat dan ekstrem. Namun, jangan sampai Anda tergoda untuk melakukan diet seperti itu saat masih menyusui. Sebab, mengingat pentingnya produksi ASI Anda. Diet secara cepat dikhawatirkan akan berefek besar terhadap pasokan ASI, sementara menyusui adalah prioritas utama untuk bayi.

Berhati-hatilah melakukan diet bagi ibu menyusui. Jangan sampai pilihan diet yang salah membuat ASI Anda berkurang. Sebaiknya melakukan penurunan berat badan secara perlahan tapi pasti, seperti membuat jadwal diet sehat. ASI lancar, berat badan pun perlahan berkurang.

Selain dari langkah diet sehat tersebut di atas, Anda juga harus membuat jadwal-jadwal makan Anda. Memang tidak mudah untuk disiplin pada jadwal makan. Akan tetapi jika Anda berusaha konsisten, maka tubuh Anda bisa kembali ideal. Di bawah ini akan di sajikan jadwal diet sehat untuk ibu menyusui.

Jadwal Jam Makan Diet Sehat Ibu Menyusui

Nah, selama diet perhatikan jam makan Anda. Karena waktu-waktu makan dapat berpengaruh pada hasil diet. Cobalah aturjadwal diet sehat Anda sebaik mungkin dan lakukan secara konsisten. Berikut ini jadwal jam makan untuk diet ibu menyusui.

 Sarapan Pagi

Sebaiknya Anda melakukan sarapan pagi pagi pada pukul 06.00 sampai pukul 07.30. Pada jam tersebut sangat penting dalam membantu mengisi energi tubuh Anda. Apalagi biasanya Anda akan merasa sangat lapar di pagi hari karena banyak menyusui pada malam hari. Selain untuk mengisi energi, makan pada jam ini juga akan membuat perut Anda menjadi lebih nyaman hingga tengah hari.

 Makan Siang

Memasukanjam makan siang ke dalam jadwal diet sehat tetap perlu meskipun telah banyak makan pada pagi hari. Sebaiknya Anda makan pukul 11.00 sampai pukul 13.00. Makan siang akan membuat Anda tidak mudah sakit karena menahan lapar secara berlebihan. Selain itu, makan siang juga dapat membuat produksi ASI meningkat sehingga bayi Anda juga cukup ASI. Anda bisa memilih camilan berupa kacang-kacangan dan semua makanan yang mengandung protein.

Simak artikel lainnya disini.

 Makan Malam

Selanjutnya untuk makan malam, Anda bisa makan antara pukul 18.00 sampai 19.00. Makan lebih awal juga sangat disarankan, sekitar pukul 5 sampai 6 sore. Jam makan ini baik untuk Anda yang ingin segera mencapai berat badan yang ideal. Anda juga sebaiknya tidak makan berlebihan saat malam hari, karena dapat membuat Anda menerima banyak karbohidrat.

Demikian jadwal diet sehat untuk ibu menyusui yang bisa Anda praktikan di rumah. Jika Anda memenuhi semua jam makan dengan menu yang sehat maka ASI akan terus dihasilkan dengan baik oleh tubuh dan bayi Anda menerima ASI yang cukup sehat. Selain itu berat badan Anda juga tidak akan mengalami kenaikan. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda.

Originally posted 2020-10-10 09:50:00.

About admin

Check Also

Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga

11 Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga, Ampuh dan Mudah Dilakukan!

Diet Sehat – Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga seringkali menjadi salah satu pilihan terutama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *