Ketahui 5 Panduan Diet Golongan Darah B yang Ampuh dan Efektif

Ketahui 5 Panduan Diet Golongan Darah B yang Ampuh dan Efektif – Diet merupakan salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk mendapatkan berat tubuh yang ideal. Cara yang sering dilakukan adalah dengan mengatur jumlah makanan yang dikonsumsi. Proses melakukan diet memang perjuangan yang susah, tapi dibalik semua itu memiliki manfaat yang cukup banyak. Tidak hanya untuk menurunkan berat badan, diet juga baik untuk menjaga kesehatan.

Saat ini terdapat berbagai macam diet yang banyak dicoba. Mulai dari diet ocd, diet keto, diet karbo dan bermacam diet yang lainnya. Ada beberapa yang sukses pada metode diet tertentu. Namun, tak jarang juga yang gagal melakukan metode diet yang serupa. Jadi, keberhasilan diet ternyata dipengaruhi oleh banyak faktor. Salah satu keberhasilannya adalah berdasarkan golongan darah dan belum banyak orang yang tahu.

diet golongan darah B
diet golongan darah B

Panduan Diet Golongan Darah B yang Ampuh dan Efektif

Setelah ditelusuri ternyata setiap golongan darah memiliki perbedaan dalam metode diet. Metode diet golongan darah B belum tentu cocok dilakukan oleh golongan darah yang lain. Begitu pula sebaliknya. Hal ini menunjukkan bahwa setiap orang dengan golongan darah tertentu perlu melakukan metode diet yang sesuai dengan golongan darahnya. Lalu bagaimana metode diet untuk orang bergolongan darah B, simak panduan lengkapnya di bawah ini;

1.Menjaga Makanan yang Dikonsumsi

Hal pertama yang dilakukan ketika akan melakukan diet adalah dengan mengatur makanan yang nantinya dikonsumsi. Pengaturan makanan ini memiliki peran penting dalam keberhasilan diet. Jadi, diet tidak hanya perkara mengurangi porsi makanan saja, tapi juga mengatur jenis makanan apa sajakah yang boleh dikonsumsi dan memberikan manfaat. Hasilnya, tidak hanya tubuh ideal saja yang diperoleh, tapi juga tubuh yang sehat.

Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi saat melakukan diet golongan darah B diantaranya adalah produk susu dengan kadar lemak rendah, oatmeal, sayuran kol, lobak putih, wortel dan brokoli. Makanan lain yang dianjurkan adalah buah-buahan seperti nanas dan pepaya. Seafood dan minyak zaitun juga sangat disarankan untuk orang yang bergolongan darah B saat melakukan diet. Nasi pun jadi makanan yang dianjurkan meskipun untuk beberapa metode diet seringkali dilarang.

2. Olahraga yang Dianjurkan Untuk Golongan Darah B

Untuk jenis olahraga saat melakukan diet bagi orang yang bergolongan darah B tidak bisa sembarangan. Beberapa jenis olahraga yang dianjurkan adalah olahraga aerobik, golf, bermain tenis, jalan santai dan mendaki. Semua jenis olahraga yang disebutkan memiliki tingkat intensitas yang sedang yang memang baik untuk orang dengan golongan darah B. Ini disebabkan orang dengan golongan darah B lebih banyak memproduksi hormon kortisol yang tinggi.

3. Gaya Hidup Diet Golongan Darah B

Terdapat hal penting yang harus diperhatikan untuk diet golongan darah B agar diet yang dilakukan berhasil, yaitu denga menerapkan gaya hidup sehat. Bukan saja yang berkaitan dengan makanan yang dikonsumsi, tapi tentang pola menjaga istirahat dengan cukup agar terhindar dari stres. Orang yang sedang diet sangat tidak sarankan terlalu stres. Hal yang demikian tentunya akan memberi efek yang tidak baik terhadap diet yang sedang dijalankan.

4. Jangan Memaksakan Diet Saat Tubuh Tidak Fit

Saat ini karena keinginan mendapatkan tubuh yang ideal sangat tinggi, metode diet apapun akan dilakukan. Termasuk diet golongan darah ini. Boleh saja melakukan diet metode apapun, yang wajib diingat adalah tidak terlalu memaksakan diet saat tubuh sedang tidak sehat. Terkadang karena ingin cepat mendapatkan hasil, hal yang tersebut sering diabaikan. Akhirnya, bukannya tubuh ideal dan sehat yang didapat justru sebaliknya.

5. Perhatikan Pantangan Makanan

Setiap metode diet biasanya terdapat daftar makanan yang boleh atau dianjurkan untuk dikonsumsi. Ada pula berbagai makanan yang jadi pantangan. Untuk diet golongan darah B makanan yang jadi pantangan antara lain tahu, kacang-kacangan, alpukat, kerang, kepiting, ayam dan tomat. Daftar makanan tersebut mengandung beberapa zat yang mampu membuat proses diet menjadi tidak efektif. Sebaik mungkin hindari makanan tersebut.

Menu Sehat Diet Golongan Darah B

Untuk mengoptimalkan program diet terdapat sejumlah menu makanan baik untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan atau ingin mendapatkan tubuh yang sehat. Menu makanan disesuaikan porsinya tanpa ada pengurangan bahan makanan karena diet yang baik memang seharusnya tidak mengurangi, hanya mengatur porsi terbaik dan pola makan yang baik pula. Berikut adalah beberapa menu sehat untuk diet bagi yang bergolongan darah B;

1.Daging dan Ikan

Menu sehat pertama bagi diet golongan darah B adalah menu makanan berbasis protein hewani yang tinggi misalnya ikan, daging domba, daging kambing, salmon, sarden dan kod. Dengan konsumsi daging dan ikan dalam jumlah yang tepat akan bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh yang baik untuk orang dengan golongan darah B.

2. Sayuran

Orang yang memiliki golongan darah B juga wajib untuk mengkonsumsi aneka jenis sayur. Utamanya sayur yang berwarna hijau yang diyakini dapat membantu dalam menurunkan berat badan. Sayuran hijau yang baik untuk dikonsumsi adalah kubis, kale, sawi-sawian, sawi hijau dan daun buah bit. Sayuran lainnya yang penting dikonsumsi adalah wortel, kubis merah dan putih, terong dan semua jenis paprika. Semua jenis sayuran tersebut adalah pilihan tepat untuk orang dengan golongan darah B yang sedang diet.

3. Beras dan Oat

Apabila beberapa metode diet melarang nasi, sebaliknya diet golongan darah B justru dianjurkan untuk memakan nasi. Terutama nasi merah. Nasi bermanfaat untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat golongan darah B. Sumber pangan yang lain yang dapat dikonsumsi adalah oat. Namun, orang bergolongan darah B tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi gandum, jagung dan produk turunannya karena berpotensi menghambat sistem kekebalan tubuh.

4. Jus Buah

Jus buah juga sangat dianjurkan bagi pemilik golongan darah B yang sedang berdiet. Jus yang dikonsumsi baik untuk menurunkan berat badan. Apabila tidak terlalu suka dengan jus bisa mencoba konsumsi smoothie berbagai jenis buah misalnya pepaya, pisang, mangga, cranberries dan yang lainnya. Selain jus minuman lain yang dianjurkan adalah teh. Baik teh hijau atau teh herbal sangat baik untuk dikonsumsi.

Simak juga artikel lainnya disini.

5. Kacang dan Biji-Bijian

Tidak semua jenis kacang dan biji-bijian baik dikonsumsi untuk mereka yang tengah diet golongan darah B. Namun, terdapat jenis kacang terbaik untuk dikonsumsi saat melakukan diet yaitu kacang merah. Kacang jenis ini memiliki manfaat membantu, menurunkan berat badan, mengontrol gula darah, dan menjaga kesehatan jantung. Kacang-kacangan lain yang baik untuk dikonsumsi adalah kacang kratok. Kacang yang memiliki biji besar ini dapat menyehatkan pencernaan.

Walaupun diet untuk golongan darah masih belum memiliki bukti ilmiah yang kuat, tapi menjaga pola makan yang baik dengan diimbangi olahraga yang sesuai akan bermanfaat bagi program diet. Dengan menjaga kedua hal tersebut akan sangat baik untuk mencegah timbulnya masalah kesehatan jangka panjang yang menghantui. Diet golongan darah B apabila tidak dilakukan secara ekstrim juga akan membawa banyak manfaat.

About admin

Check Also

diet golongan darah B

Diet Golongan Darah B, Apa dan Bagaimana 5 Penerapannya Agar Berhasil Menurunkan Berat Badan?

Diet Golongan Darah B, Apa dan Bagaimana 5 Penerapannya Agar Berhasil Menurunkan Berat Badan? –

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *