Mau Tahu Macam-Macam Zat yang Dibutuhkan untuk Diet Sehat? Ada 6 Zat Lo!

Diet Sehat – Macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat bagi para pelaku diet harus benar-benar diketahui. Jadi ketika memutuskan untuk melaksanakan diet, sudah sepatutnya menguasai betul asupan apa yang dibutuhkan oleh tubuh. Jangan sampai setelah mati-matian menerapkan diet (yang dianggap) sehat ternyata malah keliru melaksanakannya. Sayang sekali kan. Maunya sehat yang ada malah malnutrisi. 

Kebanyakan orang menganggap bahwa diet adalah pola makan untuk menguruskan atau menurunkan berat badan. Namun sebenarnya bukan seperti itu. Diet merupakan kebiasaan makan seseorang dan telah menjadi gaya hidup. Contohnya, bila seseorang suka sekali mengkonsumsi makanan yang digoreng maka artinya ia telah menjalani diet tinggi lemak. Kalau senang konsumsi manis artinya diet tinggi gula.

Macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat

Inilah Macam-Macam Zat yang Dibutuhkan untuk Diet Sehat dan Aman

Mulai saat ini tepiskan pikiran bahwa diet hanya berlaku dan diperlukan oleh orang yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Sebenarnya diet dibutuhkan oleh siapapun yang menginginkan tubuhnya sehat. Jadi diet disesuaikan dengan tujuannya menjalani diet. Berikut adalah macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat dan aman:

Karbohidrat

Khususnya mereka yang menjalani diet menurunkan berat badan biasanya menghindari asupan karbohidrat. Banyak yang bahkan sampai merelakan tubuhnya menjadi lemas. Padahal asupan karbohidrat sangat dibutuhkan untuk menghasilkan tenaga. Karbohidrat seperti nasi bila berlebihan memang kurang baik. Bukan hanya bagi yang kelebihan berat badan. Namun untuk manusia umumnya. Baca juga 10 Pedoman Diet Gizi Seimbang Kemenkes.

Mengapa mengkonsumsi banyak karbohidrat, kurang baik? Karbohidrat yang bukan termasuk karbohidrat komplek banyak menghasilkan zat gula yang sulit dicerna tubuh. itulah sebabnya sangat dianjurkan agar macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat terdiri dari karbohidrat komplek. Karbohidrat komplek juga mengandung serat diantaranya adalah kentang, ubi, singkong, jagung, dan nasi merah. 

Protein

Untuk program diet sehat, protein sangat diperlukan. Karbohidrat sering diganti dengan asupan protein karena protein bisa membuat perut merasa kenyang lebih lama. Namun jangan sampai karbohidrat dihilangkan sama sekali ya. Setiap zat pasti diciptakan dengan manfaatnya masing-masing. Apabila dihilangkan maka pastilah akan membawa dampak yang kurang baik.

Macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat salah satunya adalah protein yang berfungsi dalam pembentukan otot. Protein terdiri dari protein hewani dan nabati. Protein nabati terdapat dalam kacang-kacangan. Sayur-sayuran tertentu juga mengandung protein. Sedangkan protein hewani berasal dari daging rendah lemak, ikan, telur, susu, dan keju. Massa otot yang padat membuat badan bugar dan kuat. 

Air

80% tubuh terdiri dari kandungan air. Oleh karena itu, air termasuk dalam macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat. Apa yang akan terjadi bila tubuh kekurangan cairan? Banyak bahaya yang menghampiri. Dehidrasi membuat tubuh harus bekerja ekstra keras mengendalikan metabolisme. Orang dapat dapat tahan lebih dari seminggu tanpa makanan. 

Namun, tanpa air orang hanya dapat bertahan maksimal tiga hari. Jangan sepelekan asupan cairan. Memang terkadang bila hanya mengalami dehidrasi tingkat rendah, orang tidak akan terlalu merasakan  tapi tubuh akan menjadi kurang fit. Kulit menjadi lebih kasar. Badan tidak sebugar bila asupan air terpenuhi. Air juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan. Bayangkan bila pencernaan tak lancar. Sembelit terjadi.

Bila sembelit sering terjadi, maka wasir dapat menyerang. Selain itu, metabolisme tubuh juga kacau. Jagalah asupan cairan setidaknya delapan gelas setiap harinya. Namun jangan jadikan minuman bersoda dan minuman manis sebagai pemenuh kebutuhan tubuh akan cairan. Terbaik adalah asupan air putih dan ini yang paling aman dan menyehatkan. 

Vitamin dan mineral

Untuk memenuhi macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat diantaranya adalah vitamin dan mineral. Agar organ dalam tubuh dapat berfungsi dengan baik maka dapatlah dicukupi dengan mengkonsumsi buah-buahan. Dalam buah-buah terdapat aneka vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Selain itu juga sayuran hijau merupakan sumber vitamin dan mineral.

Aneka vitamin sebaiknya dikonsumsi secara bervariasi. Jangan terpaku pada salah satu atau beberapa vitamin dan mineral saja ya. Namun konsumsi beragam agar semua dapat menjalankan fungsinya masing-masing. Konsumsi sayur dan buah-buahan membuat nutrisi dalam tubuh menjadi lebih seimbang. Dengan demikian metabolisme juga akan lebih terjaga. 

Macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat terdapat dalam buah-buahan dan sayur-sayuran. Keduanya merupakan. menu wajib untuk mereka yang menginginkan pencernaan lebih lancar. Bukan hanya itu kecantikan kulit dan rambut dapat lebih terjamin. Kaum hawa rata-rata sangat menyadari perlunya asupan sayur dan buah-buahan untuk proses regenerasi kulit dan sel-sel tubuh lainnya.

Lemak

Siapa bilang bahwa lemak merupakan zat yang tidak dibutuhkan dan berbahaya bagi tubuh? Banyak memang yang menyangka bahwa konsumsi lemak akan membuat tubuh lebih gemuk. Namun sebenarnya lemak sangat dibutuhkan oleh tubuh lho. Memang ada lemak yang tidak baik tapi ada juga lemak baik.

Macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat diantaranya adalah lemak baik. Lemak baik dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga sistem sel serta struktur jaringan tubuh tetap dapat berjalan sesuai fungsinya. Lemak jahat bisanya diproduksi oleh fast food, juga makanan yang digoreng dengan minyak berlimpah. Perhatikan bahwa makanan yang digoreng memang sangat sedap di lidah terutama lidah orang di negeri ini. Gorengan merupakan camilan favorit berbagai usia. 

Sayangnya dengan mengkonsumsi gorengan, maka lemak tak baik akan bertumpuk dalam darah. Akibat jangka panjang yang dapat timbul diantaranya adalah kolesterol menjadi tinggi. Penyumbatan dalam darah akan terjadi dan beresiko terkena penyakit jantung koroner. 

Sedangkan lemak baik bisa didapatkan dari ikan, unggas, bahkan dalam beberapa jenis sayuran terdapat lemak baik yang dibutuhkan. Ya memang untuk sehat kita harus berkorban dan tidak terlalu memanjakan apa yang enak di lidah. Perhatikan apa manfaatnya bagi tubuh dan apa akibat yang mungkin ditimbulkan. Jangan mengorbankan tubuh untuk kesenangan lidah yang hanya sebentar. 

Serat

Dengan kandungan serat maka proses pencernaan akan lebih lancar. Dengan lancarnya pencernaan, maka proses pembuangan dalam tubuh akan lebah lancar. Efeknya adalah metabolisme tubuh akan lebih lancar. Selain itu proses detoks atau pengeluaran racun dalam tubuh tidak akan terhambat. Tubuh akan lebih sehat dan bugar. 

Nah itulah macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat agar kondisi tubuh selalu bugar dan jarang terserang penyakit. Jangan lupa untuk memperhatikan jumlah asupannya. Dalam satu porsi piring makan maka perhatikan dengan baik jumlah idealnya. Seperempat untuk asupan karbohidrat. Seperempat bagian untuk asupan protein. Seperempat untuk sayur-sayuran. Seperempat untuk buah-buahan.

Perhatikan juga, untuk siapapun asupan tinggi gula memang wajib dihindari. Apalagi gula buatan. Bila tetap ingin mengkonsumsi gula, konsumsilah sedikit saja. Bila memungkinkan, gantilah dengan gula alami seperti madu atau buah-buahan. Akan lebih baik menghindari tubuh dari penyakit yang saat ini diderita banyak orang di seluruh dunia, yaitu diabetes.

Setelah mengetahui macam-macam zat yang dibutuhkan untuk diet sehat dan manfaatnya, mulai sekarang konsumsilah makanan yang sehat. Singkirkan perasaan ingin selalu memanjakan lidah dengan mengkonsumsi makanan tak sehat. Penyesalan akan datang belakangan bila sudah terserang penyakit. Selamat menjalani pola hidup sehat. 

Originally posted 2020-10-12 16:34:07.

About admin

Check Also

makanan khusus diet alami

15 Makanan Khusus Diet Alami yang Menyehatkan, Apa Aja?

Diet Sehat – Ada makanan khusus diet alami bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *