15 Makanan Khusus Diet Alami yang Menyehatkan, Apa Aja?

Diet Sehat – Ada makanan khusus diet alami bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Dengan menggunakan cara alami tentu lebih aman dibandingkan menggunakan pil pelangsing. Selain itu, mengonsumsi makanan khusus untuk diet secara alami juga bisa membuat tubuh lebih sehat.

Terdapat berbagai jenis makanan alami dan sehat yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Selain mengonsumsi makanan khusus diet, Anda juga harus rajin berolahraga agar proses diet bisa membuahkan hasil. Bagi Anda yang ingin mengonsumsi makanan diet secara alami, 15 makanan berikut bisa dijadikan pilihan tepat. 

makanan khusus diet alami

Inilah Makanan Khusus Diet Alami yang Harus Diketahui

Berikut adalah daftar makanan khusus dan cara mengolahnya untuk diet sehat:

Konsumsi Sayuran Hijau

Makanan khusus diet alami yang pertama yaitu sayuran hijau. Sayuran hijau seperti bayam, sawi, dan kangkung bisa menjadi salah satu makanan yang bisa menurunkan berat badan. Kandungan serat di dalam sayuran hijau bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Hal ini tentu bisa menekan nafsu makan, sehingga berat badan akan turun secara perlahan. Sayuran hijau juga mengandung vitamin dan mineral yang bisa membantu proses pembakaran lemak dalam tubuh. Selain itu, adanya sifat antioksidan di dalam sayuran hijau bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan mengurangi risiko kanker.

Konsumsi Kentang Rebus

Makanan khusus diet alami selanjutnya yaitu kentang rebus. Rasanya yang enak dan mengenyangkan membuat kentang sangat cocok sebagai makanan khusus diet. Kentang juga mengandung kalium dan nutrisi yang berfungsi mengontrol tekanan darah dalam tubuh. Dengan mengonsumsi kentang secara rutin tentu bisa menurunkan berat badan dan membuat tubuh lebih sehat.

Konsumsi Daging Tanpa Lemak

Daging tanpa lemak menjadi salah satu makanan khusus diet alami yang bisa dicoba. Daging tanpa lemak mengandung protein yang cukup tinggi sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Bahkan makanan yang mengandung protein tinggi juga bisa membakar lemak hingga 100 kalori per hari. Hal ini tentu membuat proses penurunan berat badan menjadi lebih cepat dan maksimal. 

Konsumsi Ikan Tuna

Selain daging tanpa lemak, ikan tuna juga bisa dijadikan sebagai menu makanan khusus diet alami. Ikan tuna mengandung protein tinggi dan rendah kalori, sehingga bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Saat mengonsumsi ikan tuna sebagai menu makanan diet, sebaiknya Anda tidak memilih ikan tuna dalam kaleng. Hal ini karena ikan tuna segar lebih menyehatkan dibanding ikan tuna kalengan. 

Konsumsi Sayuran Cruciferous

Makanan khusus diet alami selanjutnya yaitu sayuran cruciferous. Sayuran cruciferous adalah sayuran yang terdiri dari kembang kol, kol, kubis, dan brokoli. Sayuran ini bisa membantu menurunkan berat badan secara alami. Sama seperti sayuran jenis lain, sayuran cruciferous juga mengandung banyak serat yang diperlukan oleh tubuh. 

Adanya kandungan serat dalam sayuran cruciferous bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga bisa menekan nafsu makan. Selain kaya akan serat, sayuran jenis ini juga memiliki protein tinggi yang bermanfaat bagi tubuh. Baca juga 7 Cara Diet Alami dan Mudah untuk Mengurangi Berat Badan.

Konsumsi Kacang-kacangan

Kacang-kacangan bisa dijadikan menu makanan tepat dalam program diet yang Anda jalani. Hal ini karena kacang-kacangan mengandung lemak sehat, protein, dan serat yang bermanfaat bagi tubuh. Kacang-kacangan juga mengandung nutrisi penting yang bisa meningkatkan sistem metabolisme tubuh. 

Konsumsi Oatmel

Makanan khusus diet alami selanjutnya yaitu oatmeal. Oatmeal mengandung serat tinggi, sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih lama. Selain itu, oatmeal juga mengandung magnesium, protein, fosfor, dan vitamin B1 yang berfungsi menghasilkan energi. Oatmeal juga berfungsi menjaga kadar kolesterol dan gula darah agar tetap stabil. Dengan memilih oatmeal sebagai menu makanan diet, tentu Anda bisa mendapatkan tubuh yang sehat dengan berat badan ideal. 

Konsumsi Buah Apel

Makanan khusus diet secara alami selanjutnya yaitu buah apel. Buah apel mengandung zat gizi yang baik dan bisa membantu menurunkan berat badan secara efektif. Adanya kandungan kalori dan serat dalam buah apel juga membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan rasa kenyang lebih lama, tentu Anda bisa mengontrol nafsu makan agar program diet berjalan lancar. 

Konsumsi Buah Alpukat

Selain buah apel, buah alpukat juga bisa dijadikan sebagai menu makanan khusus diet alami yang tepat. Buah alpukat yang memiliki rasa lezat ini mengandung banyak serat dan lemak sehat, sehingga sangat cocok sebagai menu makanan diet. Saat mengonsumsi buah alpukat, pastikan Anda tidak mencampurnya dengan gula berlebih agar program diet bisa membuahkan hasil.

Konsumsi Minyak Kelapa

Makanan khusus diet alami selanjutnya yaitu minyak kelapa. Minyak kelapa mengandung asam lemak yang mampu meningkatkan rasa kenyang dan dapat meningkatkan pembakaran kalori. Cara menggunakan minyak kelapa dalam program diet yaitu dengan menggunakan minyak kelapa untuk memasak. Dengan mengganti minyak kelapa untuk memasak, maka bisa membuat program diet bisa berjalan lancar dan membuahkan hasil. 

Konsumsi Cabai

Cabai sangat direkomendasikan bagi Anda yang sedang diet. Adanya kandungan capsaicin di dalam cabai bisa meningkatkan pembakaran lemak dalam tubuh dan bisa mengurangi rasa lapar. Meski bisa mengurangi berat badan, namun pastikan untuk tidak mengonsumsi cabai secara berlebih, karena bisa menyebabkan sakit perut. Anda hanya bisa mengonsumsi 1 gram cabai saja setiap harinya. 

Konsumsi Tahu

Menu makanan khusus diet secara alami selanjutnya yaitu dengan mengonsumsi tahu. Saat diet, tentu Anda harus memperhatikan waktu dan jenis makanan yang dikonsumsi. Bila merasa lapar saat malam hari, Anda bisa mengonsumsi tahu sebagai pengganjal perut. Rendahnya kalori di dalam tahu tidak akan membuat tubuh menjadi gendut. Selain itu, tahu juga mengandung serat tinggi sehingga bisa membuat rasa kenyang lebih cepat. 

Konsumsi Ubi 

Bila sedang diet, Anda bisa mengganti nasi dengan ubi. Sama seperti kentang, ubi juga memiliki rasa yang enak dan mengenyangkan. Ubi mengandung banyak karbohidrat, serat, dan rendah kalori, sehingga sangat pas bila dijadikan sebagai menu makanan diet. 

Selain itu, ubi juga mengandung berbagai nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh, seperti kalsium, protein, zat besi, dan lain sebagainya. Terdapat 3 cara mengolah ubi yang bisa Anda lakukan, antara lain dengan cara direbus, dikukus, dan dipanggang. 

Konsumsi Telur Utuh

Makanan khusus diet alami selanjutnya yaitu telur utuh. Protein tinggi dalam telur bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, telur juga mengandung asam amino yang berfungsi mendorong metabolisme dalam tubuh. Agar program diet membuahkan hasil, Anda bisa mengonsumsi telur rebus secara rutin saat sarapan.

Konsumsi Ikan Rendah Kalori

Menu makanan diet secara alami selanjutnya yaitu ikan rendah kalori. Terdapat berbagai jenis ikan yang memiliki kalori rendah, antara lain sarden, salmon, dan mackerel. Ikan jenis ini mengandung berbagai nutrisi penting yang baik untuk kesehatan tubuh dan bisa memberikan rasa kenyang lebih lama. 

Terdapat berbagai makanan khusus diet alami yang bisa dicoba mulai dari mengonsumsi sayuran hijau hingga ikan rendah kalori. Anda bisa memilih salah satu dari 15 makanan di atas untuk dijadikan referensi sebagai menu diet secara alami. 

Originally posted 2020-11-05 12:33:35.

Tinggalkan komentar