7 Cara Mengatur Pola Makan Diet Alami, Praktikkan Yuk!

DietSehat – Mengatur pola makan diet alami dibutuhkan untuk membentuk tubuh ideal. Pola makan yang sehat, membuat tubuh menjadi semakin sehat dan berat badan menjadi lebih stabil. Tubuh yang ideal dan langsing banyak diimpikan dan diinginkan banyak orang. Berbagai cara dikakukan untuk mewujudkannya seperti meminum obat pelangsing, berolahraga berat, diet ekstrim, bahkan melakukan prosedur operasi untuk menghilangkan lemak.

Prosedur operasi obat pelangsing memang membutuhkan waktu instan untuk mengurangi lemak tubuh. Namun, terdapat efek samping yang mungkin terjadi dari prosedur tersebut. Maka dari itu,  lebih baik memperbaiki pola makan dengan diet alami untuk mengurangi berat badan. Selain lebih aman, hasil penurunan berat badan dengan memperbaiki pola makan akan lebih tahan lama. Berikut cara jitu mengatur pola makan diet alami yang sehat.

cara mengatur Pola Makan Diet Alami

Inilah Cara Mengatur Pola Makan Diet Alami

Adapun cara mengatur pola makan yang tepat untuk diet adalah:

Perbanyak Konsumsi Makanan Tinggi Protein

Cara mengatur pola makan diet alami yang pertama adalah dengan meningkatkan konsumsi makanan tinggi protein. Pada saat melakukan diet, lebih disarankan untuk memperbanyak konsumsi protein untuk membantu mengoptimalkan penurunan berat badan. Makanan yang tinggi protein dapat membantu proses diet karena berfungsi sebagai sumber tenaga untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Makanan yang tinggi protein membantu perut merasa kenyang lebih lama. Efek kenyang yang lebih lama tersebut dikarenakan protein termasuk ke dalam nutrisi yang lama dicerna. Selain itu, protein mampu meningkatkan metabolisme tubuh yang baik untuk proses pembakaran lemak. Melihat berbagai manfaat protein untuk membantu mengurangi berat badan, maka tak heran jika protein disarankan untuk dikonsumsi ketika sedang diet.

Mengkonsumsi Nasi Merah

Langkah kedua dalam mengatur pola makan diet alami adalah mengganti nasi putih dengan nasi merah. Meskipun karbohidrat menjadi salah satu hal yang harus dibatasi konsumsinya ketika diet, namun karbohidrat tetap diperlukan tubuh. Banyak orang yang merasa sulit untuk mengurangi porsi nasi putih pada pola makannya. Hal ini dikarenakan kebiasaan sebagian besar warga Indonesia yaitu mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok utama. Maka dari itu, nasi merah banyak dipilih untuk menggantikan nasi putih sebagai salah satu menu diet.

Nasi merah lebih baik dikonsumsi untuk mengurangi berat badan. Nasi merah memiliki serat yang lebih tinggi daripada nasi putih. Serat yang tinggi mampu membuat perut merasa lebih kenyang untuk waktu yang lebih lama. Nasi merah memiliki kandungan kalori yang lebih rendah dari nasi putih. Hal ini membuat nasi merah sebagai alternatif untuk mengatur pola makan diet alami yang baik untuk membentuk tubuh yang langsing.

Kurangi Porsi Makan, Tingkatkan Frekuensi Makan

Mengatur pola makan diet alami berikutnya dengan mengurangi porsi makan. Porsi makan yang banyak dan tidak terkontrol, meningkatkan potensi terjadinya kelebihan berat badan pada seseorang. Maka dari itu penting untuk mengontrol porsi makan. Ketika sedang menjalani diet, lebih baik untuk meningkatkan frekuensi makan daripada mengurangi frekuensi makan dengan porsi yang banyak.

Contoh yang dapat diterapkan untuk mengurangi porsi makan adalah dengan memakan makanan dengan porsi sedikit namun dengan durasi makan 3 jam sekali. Dengan menggunakan cara tersebut, porsi makan lebih dapat terkendali. Makan dengan porsi besar, membuat tubuh tidak dapat mencerna makanan dengan baik sehingga lemak dapat menumpuk di perut. Oleh karena itu, hindari mengkonsumsi makanan dengan porsi besar.

Hindari Makan di Atas Jam 6 Sore

Cara jitu mengatur pola makan diet alami selanjutnya adalah dengan mengindari makan di atas jam 6 sore. Cara ini banyak dipakai oleh orang ketika sedang menjalani diet. Banyak yang mempercayai jika makan di atas jam 6 sore dapat meningkatkan berat badan secara signifikan. Hal ini membuat makan di atas jam 6 sore seperti menjadi pantangan bagi seseorang yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.

Pada malam hari, aktivitas tubuh tidak sebanyak aktivitas pada siang hari. Jika pada jam-jam tersebut, seseorang memakan makanan yang banyak, maka kalori yang dikeluarkan tidak akan efektif. Hal tersebut mungkin dapat menjadi jawaban mengapa terdapat larangan makan di atas jam 6 sore. Jika merasa lapar pada jam-jam tersebut, maka lebih baik untuk mengkonsumsi sayur atau buah karena lebih rendah kalori dan lebih sehat bagi tubuh.

Konsumsi Smoothie Secara Rutin

Smoothie merupakan salah satu menu diet yang terbuat dari sayur dan buah. Smoothie dapat menjad salah satu menu diet yang baik untuk mengatur pola makan diet alami. Teksturnya yang lebih padat dan rasanya yang lezat membuat smoothie banyak digemari sebagai menu diet. Smoothie dinilai lebih sehat karena terbuat dari bahan alami seperti sayur dan buah. Smoothie dapat menjadi solusi bagi orang yang tidak suka mengkonsumsi sayur.

Terdapat banyak pilihan sayur dan buah yang dapat dijadikan smoothie. Sayur dan buah tersebut dapat dikombinasi untuk mencipatakan rasa yang enak. Rekomendasi buah yang dapat dibuat menjadi smoothie adalah semangka, pisang, nanas, apel, jeruk, melon, dan buah-buah lainnya. Selain itu, sayur yang dapat dijadikan sebagai minuman smoothie adalah bayam, selada, timun, dan sayur lainnya.

Smoothie dapat digunakan sebagai pengganti nasi saat sarapan untuk membantu defisit kalori. Konsumsi kacang-kacangan smoothie saat makan malam juga ampuh untuk mengurangi berat badan. Maka dari itu, konsumsi smoothie dapat menjadi cara untuk mengatur pola makan diet alami.

Konsumsi Kacang-kacangan

Pada saat melakukan program diet sering kali perut merasa lapar di luar jam makan. Mengkonsumsi camilan ringan untuk mengurangi rasa lapar. Sayangnya sering kali camilan menjadi salah satu hal yang banyak dihindari ketika diet. Namun, anggapan tersebut salah, karena camilan tetap dapat dikonsumsi selama kalori yang dikandung rendah. Makanan yang dapat digunakan sebagai camilan rendah kalori adalah kacang-kacangan.

Protein dan serat banyak terkandung di kacang. Protein dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga bagus untuk mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh. Selain itu, serat yang tinggi baik untuk mencegah rasa lapar pada perut. Kacang memiliki kandungan gula yang rendah sehingga baik dikonsumsi ketika diet. Contoh kacang yang baik dikonsumsi saat diet adalah kacang almond, kacang tanah, dan kacang-kacang lainnya.

Perbanyak Minum Air Putih

Air putih harus diminum dengan jumlah banyak ketika sedang menjalani program diet. Air putih mencegah terjadinya dehidrasi pada tubuh. Selain itu, air putih dapat mengurangi rasa lapar karena terkadang otak salah mengartikan kondisi tubuh ketika sedang haus. Sering otak mengira tubuh sedang lapar, padahal sebenarnya tubuh sedang haus. Maka dari itu, ketika tubuh sedang lapar, maka lebih baik minum segelas air putih terlebih dahulu.

Minum segelas air putih ketika bangun tidur dapat memberi rasa kenyang pada pagi hari. Minum air putih sebelum makan dapat digunakan secara efektif untuk mengurangi porsi makan. Oleh karena itu, minum air putih penting untuk mengatur pola makan diet alami.

Itulah cara jitu mengatur pola makan diet alami yang baik untuk mengurangi berat badan. Beberapa cara di atas dapat diterapkan untuk mencapai berat badan ideal. Jangan lupa untuk tetap berolahraga dan menjaga motivasi untuk tetap melakukan diet.

Originally posted 2020-11-09 12:45:49.

About admin

Check Also

menu diet sarapan pagi

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur

5 Deretan Menu Diet Sarapan Pagi yang sangat baik untuk menurunkan berat badan dengan teratur.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *