5 Contoh Menu Diet DEBM, Coba dan Dapatkan Manfaatnya!

DietSehat – Anda dapat mengonsumsi beberapa menu diet DEBM untuk menurunkan berat badan. Akhir-akhir ini DEBM menjadi salah satu cara alternatif untuk menurunkan maupun menjaga berat badan yang populer. Diet ini menyatakan mampu membantu untuk menurunkan berat badan hingga 2 kg dalam satu minggu. Menariknya lagi, Anda tetap dapat makan enak meski tanpa olahraga. Apalagi mengonsumsi obat pelangsing.

DEBM atau Diet Enak Bahagia Menyenangkan ini diperkenalkan oleh Robert Hendrik Liembono. Diet ini memfokuskan untuk lebih memperbanyak asupan protein dan lemak serta membatasi asupan karbohidrat. Berdasarkan pengalaman diet DEBM Robert mengaku berhasil menurunkan berat badan hingga puluhan kilo gram. Penasaran dengan diet yang satu ini? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

menu diet debm

Inilah Menu Diet DEBM Yang Bikin Bahagia

Alasan mengapa diet ini membatasi asupan karbohidrat sendiri adalah karena karbohidrat dianggap dapat menggemukkan badan serta meningkatkan nafsu makan. Nah, untuk Anda yang ingin menjalankan diet ini Anda dapat mencoba menu diet DEBM berikut. Menunya cukup simpel, Anda bahkan dapat membuatnya sendiri di rumah. Yuk, cari tau apa saja menu tersebut.

A. Menu Diet DEBM Asin

Ada beberapa menu DEBM asin yang bisa Anda coba. Menu ini sangat cocok Anda jadikan sebagai menu sarapan, makan siang, maupun makan malam Anda. Diantara dari menu diet sehat yang satu ini adalah Orak-Arik Buncis Telur, Sup Tomat Telur, Tumis Toge Dan Pepes Ayam Bumbu Rujak. Tenang, semua menu ini sangat mudah untuk Anda olah sendiri. Simak resepnya berikut ini:

1. Resep Menu Diet DEBM Sup Tomat Telur

Anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti tomat, telur, bawang merah bawang putih, Lombok, daun bawang, dan penyedap rasa secukupnya. Cara membuat menu diet DEBM yang satu ini juga mudah. Cukup tumis bumbu hingga wangi lalu masukkan telur. Jika telur sudah matang, maka Anda dapat menambahkan tomat yang telah dipotong-potong bersama air secukupnya. Terakhir tambahkan penyedap rasa.

2. Resep Menu Diet DEBM Orak-Arik Buncis Telur

Menu diet DEBM yang satu ini membutuhkan bahan-bahan seperti buncis, telur, bawang putih, bawang bombay, cabai, dan tomat. Selain itu Anda juga harus menyiapkan kaldu dan minyak secukupnya. Ada pun cara membuat menu ini cukup gampang. Anda tinggal menumis semua bumbu beserta telur. Jika sudah harum Anda dapat memasukan buncis, kemudian oseng-oseng hingga matang.

3. Resep Menu Diet DEBM Pepes Ayam Bumbu Rujak Anda

Anda dapat mengolah menu diet DEBM ini dengan menyiapkan bahan-bahan seperti 1,2 kg ayam potong sesuai keinginan dan 3 siung bawang putih . disamping itu siapkan juga 4 siung bawang merah, 4 cabai keriting , 7 kemiri dan 1 ruas kunyit. Siapkan juga 2 batang daun bawang, daun salam, serai, garam, dan daun pisang.

Untuk membuatnya pertama-tama haluskan semua bumbu. Lalu tambahkan potongan daun bawang, daun salam, dan serai. Lumuri ayam dengan bumbu yang telah dihaluskan. Diamkan hingga bumbu meresap. Setelah itu bungkus ayam yang telah dibumbui dengan daun pisang. Terakhir kukus hingga matang dan sajikan.

B. Menu Diet DEBM Manis

Meskipun sebaiknya Anda membatasi konsumsi makanan manis, namun bukan berarti Anda tidak boleh memakannya sama sekali. Bagi Anda yang menyukai makanan manis Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda dapat mencoba beberapa menu diet DEBM manis berikut ini:

1. Resep DEBM Menu Dadar Gulung Keju

Untuk mengolah menu diet DEBM yang satu ini, Anda perlu menyiapkan bahan-bahan seperti telur, agar-agar plain, paste coklat, cheese cream, dan keju parut. Selain itu Anda juga membutuhkan margarin dan air secukupnya. Caranya cukup mudah. Anda cukup mencampurkan dan mengaduk semua bahan, selain cheese cream dan keju parut.

Siapkan teflon dengan mengoleskan margarin. Tuangkan adonan tipis dan tunggu hingga matang. Setelah itu angkat lalu olesi dengan menggunakan cheese cream dan tambahkan keju parut. Lipat seperti melipat dadar gulung umumnya. Dadar gulung keju ala DEBM pun siap disantap.

2. Resep Menu Diet DEBM Martabak Keju

Diet DEBM menu martabak keju ini membutuhkan bahan-bahan seperti 1 sachet agar-agar plain, 3 butir telur, 1 blok keju, dan gula rendah kalori secukupnya. Selain itu Anda juga membutuhkan 1 sendok teh baking powder, 1 sendok teh SP serta margarin secukupnya. Adapun cara membuatnya dengan memasukan telur, agar-agar plain, ½ blok keju parut, SP, dan baking powder kedalam sebuah wadah.

Kemudian aduk semua bahan tersebut sampai warna nya terlihat putih dan sedikit mengembang. Siapkan teflon yang telah diolesi margarin. Lalu masukan adonan martabak biarkan hingga warnanya kecoklatan. Jangan lupa gunakan api yang sangat kecil. Setelah matang Anda dapat langsung memberi parutan keju di atas martabak. Lipat martabak dan iris sesuai keinginan.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Menjalani Diet DEBM

Ada beberapa peraturan yang harus Anda patuhi selama menjalani diet yang satu ini. selain menerapkan menu diet DEBM Anda juga harus mengimbanginya dengan memperbanyak minum air putih. Anda juga tidak boleh melewatkan sarapan. Tentunya menu sarapan Anda harus mengandung protein dan tinggi lemak. Anda juga harus tau bahwa batas makan adalah pada jam 6 sore. Selain itu meski Anda dapat melewatkan olahraga, namun Anda tetap disarankan melakukannya untuk hasil yang lebih optimal.

Jika dilihat dari peraturannya sekilas mungkin Anda akan mengira diet ini serupa dengan diet keto. Namun keduanya berbeda. Karena menu diet keto sendiri terdiri dari lemak sebanyak 75%, protein 20%, dan karbohidrat 5%. Sementara dalam DEBM yang paling utama adalah asupan protein hewaninya. Diet DEBM ini sangat menekankan prinsip pembatasan asupan karbohidrat dan meningkatkan asupan protein dan lemak. Karenanya ada beberapa jenis makanan yang harus Anda hindari saat menjalani diet yang satu ini.

Makanan Yang Harus Dihindari dan disarankan untuk dikonsumsi

Beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan dalam diet ini diantaranya adalah buah-buahan yang tinggi karbohidrat seperti pisang, pepaya atau semangka. Selain itu Anda juga tidak diperbolehkan mengonsumsi karbohidrat seperti nasi, sereal, pasta maupun olahan tepung lainnya.

Anda juga harus membatasi asupan gula maupun minuman manis lainnya seperti soda, teh, susu, coklat atau jus. Sayuran yang mengandung pati seperti kentang, labu,ubi, dan bit juga merupakan makanan yang harus dipantang. Sebagai gantinya Anda dapat mengkonsumsi telur, daging sapi, daging unggas, dan buah-buahan tinggi lemak.

Anda juga dapat mengkonsumsi susu dan produk turunannya seperti yoghurt, mentega, krim, dan keju. Di samping itu, Anda juga dapat mengkonsumsi semua jenis ikan khususnya ikan berlemak tinggi seperti salmon dan tuna. Sayuran yang dapat Anda gunakan yaitu sayuran yang tidak mengandung pati seperti wortel, kembang kol, buncis, brokoli, dan sayuran hijau lainnya.

Nah itu tadi ulasan lengkap mengenai menu diet DEBM yang dapat Anda coba sendiri di rumah. Cukup mudah bukan? Untuk mendapatkan hasil maksimal tentunya Anda harus mematuhi setiap panduannya. Anda juga tidak boleh berhenti di tengah jalan ya. Selalu semangat demi berat badan yang ideal. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar